Cara Membuat Proposal Usaha Untuk Lomba Dan Presentasi Ke Investor

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Apa yang Anda lakukan ketika akan mengadakan sebuah perlombaan? Sering kali panita perlombaan akan mempersiapkan berbagai kebutuhan termasuk salah satunya adalah dengan memastikan ketersediaan biaya. Biasanya, untuk menyelenggarakan sebuah acara seperti perlombaan, pihak sekretaris yang dibantu oleh semua panita akan membuat proposal. Untuk mengetahui, seseorang harus mengetahui cara membuat proposal dengan baik dan benar.

Namun, perlu diketahui bahwasannya sebuah proposal tidak serta merta hanya digunakan dalam acara perlombaan saja, melainkan juga pada presentasi sebuah perusahaan di depan investor. Peran proposal sangatlah penting yang nantinya akan memberikan sumbangsih dalam meningkatkan daya tarik investor untuk melakukan investasi pada sebuah perusahaan. Tidak mengherankan jika pihak perusahaan selalu berusaha membuat proposal dengan sangat baik dan mengacu pada cara membuat proposal.

Tanpa kehadiran sebuah proposal yang disusun dengan merujuk pada cara membuat proposal, nantinya proposal tersebut justru akan menjadi bumerang bagi orang yang bersangkutan. Sebagai contoh saat proposal tersebut digunakan untuk sebuah perlombaan, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan dana tambahan.
Sama halnya juga ketika proposal dimanfaatkan dalam pertemuan dengan investor, maka peluang investor untuk menanamkan modal usaha pada perusahaan tersebut juga sangat kecil. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memahami cara membuat proposal.

 

Apa yang dimaksud dengan proposal?

 

Secara umum, proposal bisa diartikan sebagai sebuah tulisan yang sengaja dibuat oleh seseorang dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai detail kegiatan yang akan diselenggarakan. Dalam cara membuat proposal, pihak yang bersangkutan akan memaparkan kegiatan tersebut dengan detail sehingga diharapkan tidak ada lagi pertanyaan yang terbesit pada benak para pembaca. Keberadaan proposal nantinya juga bisa dijadikan sebagai patokan dalam mengambil suatu keputusan oleh beberapa pihak bersangkutan.

Terlepas dari cara membuat proposal yang baik, untuk diketahui bahwasannya proposal tersebut pada dasarnya hanya sebatas usulan atas program yang akan diajukan. Dibuat dalam bentuk tulisan yang dibukukan dalam bentuk bendel, isi sebuah proposal pada hakikatnya terdiri dari beberapa bab yang masing-masing memiliki subbab untuk memberikan penjelasan lebih detail.
Untuk mengetahui lebih jauh terkait dengan apa itu proposal, berikut beberapa pengertian proposal dari beberapa sumber.

  • Tertulis dalam KBBI, bahwasannya proposal merupakan sebuah rencana yang kemudian ditungkan melalui suatu rancangan kerja yang disusun secara sistematis dan tersturktur.
  • Menurut pendapat dari Hasnun Anwar, bahwasannya proposal lebih merujuk pada suatu rencana yang dimaksudkan untuk menggambarkan kegiatan tertentu
  • Pengertian proposal juga diungkapkan oleh Keraf yang menyebutkan bahwa sebuah proposal lebih kepada saran ataupun permintaan yang ditujukan kepada seseorang ataupun lainnya dengan maksud untuk melakukan suatu pekerjaan
  • Pendapat tentang proposal juga datang dari Jay yang mengatakan bahwa proposal adalah sebuah alat bantu dalam mengatur manajemen sebuah perusahaan ataupun organisasi agar bisa berjalan dengan efisien dan efektif.

Dari pengertian tersebut, tanpa mengabaikan cara membuat proposal, disebutkan bahwa proposal lebih kepada pengajuan yang dibuat dalam sistematikan tertentu yang ditujukan kepada orang lain dengan maksud tertentu. Dalam sebuah proposal diuraikan dengan jelas mengenai kegiatan tersebut yang kemudian diharapkan bisa mendapatkan dukungan dari orang lain yang membacanya. Dukungan tersebut bisa berupa izin, persetujuan hingga dana yang akan membantu dalam terselenggaranya kegiatan tersebut.

 

Baca Juga:   Cara Membuat Cover Proposal Kegiatan dan Contoh yang Baik dan Benar

 

Struktur yang terdapat dalam sebuah proposal

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk cara membuat proposal memang ada beberapa aturan yang harus dipenuhi. Dalam hal ini, sebuah proposal memiliki bagian-bagian tertentu untuk kemudian harus dipahami bersama. Setiap bagian memiliki ulasan untuk menyampaikan maksud dan tujuan. berikut beberapa struktur dalam sebuah proposal yang perlu Anda ketahui.

  1. Sampul

    Bagian awal dari sebuah proposal adalah sampul yang berisikan logo. Pada sebuah sampul juga terdapat jenis kegiatan yang akan diselenggarakan.

  2. Latar belakang masalah

    Pada bagian ini, penulis akan menjelaskan mengapa kegiatan tersebut memang perlu diselenggarakan. Secara umum, bagian ini menjelaskan perihal yang sifatnya umum menuju khusus.

  3. Nama kegiatan

    Tidak ketinggalan bahwa pada sebuah proposal juga terdapat nama kegiatan yang nantinya akan diselenggarakan.

  4. Tema

    Dalam cara membuat proposal, Anda juga wajib mencantumkan tema kegiatan. Tema ini dibuat berdasarkan pada kesepakatan bersama.

  5. Tujuan kegiatan

    Dalam sebuah proposal juga memiliki tujuan kegiatan yang nantinya juga menyangkut alasan mengapa kegiatan tersebut diselenggarakan.

  6. Jenis kegiatan ataupun acara

    Untuk jenis kegiatan lebih kepada model kegiatan yang akan diselenggarakan dan hal ini disusun melalui sebuah perencanaan yang sistematis dan matang. Pada bagian ini juga disebutkan tujuan serta maksud kegiatan sekalipun secara sepintas.

  7. Sarana promosi

    Pada bagian ini berisi sponsor yang turut mendukung acara tersebut. Pemberian dukungan itu nantinya bisa berbentuk uang yang akan digunakan dalam menyelenggarakan kegiatan.

  8. Estimasi anggaran

    Dalam cara membuat proposal, seseorang juga akan menuliskan estimasi anggaran yang nantinya akan dijadikan sebagai pertimbangan bagi mereka yang membaca proposal tersebut untuk turut andil dalam menyukseskan acara tersebut. Estimasi anggaran akan menyangkut berbagai keperluan yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan kegiatan itu.

  9. Penutup

    Bagian ini berisi ucapan terima kasih sekaligus juga permintaan maaf. Selain itu juga terdapat tanda tangan dan juga stempel dari pihak penyelenggaran kegiatan.

  10. Susunan panitia

    Untuk menyelenggarakan sebuah acara tentu saja ada susunan panitia yang dibentuk. Pembentukan susunan panitia tersebut nantinya akan membantu dalam memperlancar terselenggaranya kegiatan tersebut.

 

Baca Juga:   Bagaimana Cara Meyakinkan Ide Bisnis ke Investor

Membuat proposal yang baik dan benar

Untuk membuat sebuah proposal, Anda harus memperhatikan struktur proposal tersebut. Sebagai gambaran umum mengenai cara membuat proposal, berikut beberapa hal yang memang harus Anda perhatikan.

  1. Tentukan topic yang menarik untuk diangkat pada sebuah proposal. Hal ini nantinya akan menggungah keinginan orang lain untuk membaca proposal Anda dan turut andil atas kegiatan yang Anda selenggarakan.
  2. Pastikan juga Anda menentukan struktur proposal di saat Anda mengikuti cara membuat proposal yang baik dan benar.
  3. Dikatakan bahwa proposal memiliki ragam jenis yang masing-masing memiliki susunan tersendiri untuk kemudian dipahami terlebih dahulu sehingga maksud dan tujuan tersebut bisa tersampaikan.
  4. Untuk mempermudah dalam penyampaian pada pembuatan proposal, jangan lupa Anda membuat kerangka proposal
  5. Pastikan dalam membuat proposal juga berpaku pada sisi objektivitas yang nantinya didasarkan pada data dan fakta yang sesuai dengan lapangan
  6. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kaidah bahasa dan format sehingga proposal tersebut bisa diterima

 

Kesimpulan

Dalam membuat sebuah proposal memang diperlukan sebuah perencanaan terlebih dahulu. Dalam hal ini, perencanaan tersebut nantinya akan membantu Anda dalam menghasilkan proposal yang baik dan bisa diterima oleh banyak pihak. Ketika proposal tersebut mendapatkan sambutan baik dari berbagai kalangan, maka kegiatan yang akan Anda selenggarakan bisa dipastikan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Sayangnya, cara membuat proposal tidaklah semudah membalikkan tangan karena ada banyak hal yang memang harus dipertimbangkan. Pemilihan bahasa yang tepat, sistematika yang sesuai dengan standard serta objektivitas dalam penyampaian menjadi hal dasar yang memang sudah sepatutnya dipertimbangkan. Ketika Anda mengabaikan semua itu, maka proposal Anda nantinya akan ditolak hingga pada akhirnya acara yang Anda selenggarakan bisa dibilang kurang begitu sukses.

Jadi, pastikan dalam membuat proposal Anda selalu memperhatikan hal tersebut di atas. tentunya Anda tidak menginginkan jika acara yang sudah dirancang sedemikian rupa pada akhirnya harus berakhir dengan kekecewaan karena tiadak adanya sambutan baik dari pihak luar. Jika sudah demikian, Anda harus melakukan intropeksi diri atas kesalahan yang mungkin dilakukan dalam menyelenggarakan acara dan hal ini bisa disebabkan oleh adanya kesalahan dalam pembuatan proposal. Kondisi ini juga berlaku di saat Anda bertemu investor untuk membujuk mereka supaya berkenan melakukan investasi pada perusahaan Anda.

 

Related Post :

popup image