Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Pekerjaan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sebelum melamar pekerjaan tentunya Anda harus melengkapi setiap persyaratan yang diajukan oleh perusahaan tersebut. Beberapa persyaratan tersebut adalah menyertakan resume atau yang biasa disebut dengan surat lamaran kerja. Pembuatan resume ini sangatlah penting karena dari resume itu perusahaan akan menilai apakah Anda layak diterima atau tidak.

Diluar sana mungkin ada banyak orang yang sedang melamar pekerjaan tetapi mereka kebanyakan tidak tahu cara membuat resume dengan benar. Akhirnya banyak orang yang ditolak karena tidak bisa membuat resume atau resume nya tidak diterima dengan baik oleh perusahaan. Sangat disayangkan apabila ada seseorang yang sangat mumpuni dalam suatu bidang dan akhirnya tidak diterima disuatu perusahaan karena gagal membuat resume.

Harapan seseorang pada saat melamar pekerjaan adalah segera diterima untuk bekerja, maka dari itu haruslah memenuhi salah satu persyaratan yaitu membuat resume. Ada beberapa tips ataupun langkah membuat resume yang benar. Hal ini perlu dilakukan agar Anda yang ingin melamar pekerjaan tidak mengalami kegagalan. Berikut cara membuat resume kerja yang baik dan benar untuk melamar pekerjaan.

 

Apa yang Dimaksud Dengan Resume

Dalam Bahasa Indonesia resume sering disebut dengan surat lamaran pekerjaan yang merupakan surat yang dibuat untuk keperluan permohonan bergabung atau bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi atau jabatan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahan penyedia lowongan kerja. Resume yang baik adalah resume yang memenuhi standar atau persyaratan yang diajukan oleh perusahaan.

Sedangkan pihak yang biasa mengecek resume dan menerima orang yang melamar kerja disebut dengan HRD (Human Research Development). Pihak HRD juga akan melakukan seleksi pendaftaran dan resume juga interview nantiny. Maka dari itu sebelum membuat dan mengirim berkas surat lamaran Anda ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar lamaran anda diterima dengan baik oleh HRD.

 

Tips Sebelum Membuat Resume

Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Pekerjaan
 

Agar hasil resume yang Anda buat memenuhi kriteria perusahaan maka sebaiknya hal yang pertama dilakukan adalah analisis diri (Self Analysis) ini dilakukan karena seseorang belum tentu mengenal dengan baik kemampuan, kekurangan, atau kelebihan dirinya sendiri. Untuk itu perlu ditelaah secara mendalam apa yang sekiranya adalah minat dan bakat Anda, dan bagaimana kemampuan atau skill Anda dalam hal tersebut.

Tips kedua adalah analisis karir (Career Analysis). Setelah Anda mengetahui secara jelas dan pasti tentang potensi dan skill diri yang Anda miliki, Anda perlu melakukan analisis yang berkaitan dengan karir Anda di masa yang akan datang. Jangan sampai salah dalam menentukan karir karena akan berakibat sangat fatal untuk kedepannya apabila tidak segera diatasi.

Terakhir yang perlu Anda lakukan adalah Analisis pekerjaan (Job Analysis) juga diperlukan dalam penulisan resume yang baik. Anda harus memiliki wawasan atau gambaran mengenai pekerjaan-pekerjaan di berbagai bidang karena setiap jenis pekerjaan memiliki aktivitas dan lingkungan yang berbeda. Ambilah pekerjaan yang cocok untuk menunjang karir Anda kedepannya.

Baca Juga :    Jawaban yang Tepat untuk Kekuatan dan Kelemahan Saat Wawancara Kerja

 

Syarat Resume Yang Baik dan Benar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya resume yang baik adalah yang memenuhi standar perusahaan atau paling tidak disesuaikan dengan contoh resume pada umumnya. Syarat umum resume yang baik sebenarnya sama dengan penulisan surat permohonan seperti biasanya. Berikut beberapa syarat membuat resume :

 

  • Kerapian (neatness)

    Resume sebaiknya dibuat atau dicetak diatas kertas bersih dan berkualitas baik, tidak ada coretan, dan bentuk huruf yang dipilih juga baik dan mudah dibaca. Tatanan paragraf harus disusun secara rapi agar mudah untuk dibaca. Kerapian ini adalah kunci utama dalam pembuatan surat apapun.

  • Kesederhanaan (Simplicity)

    Bahasa yang digunakan dalam resume sebaiknya adalah bahasa yang sederhana, jelas dan ringkas. Format resume juga harus dibuat agar enak dibaca. Resume tidak memerlukan desain yang terlalu banyak cukup dengan hiasan agar lebih menarik untuk dipandang.

  • Keakuratan (Accuracy)

    Dalam resume, informasi yang disajikan harus akurat dan dapat dibuktikan kebenarannya. Jika informasi yang disajikan dalam resume tidak akurat akibatnya akan sangat fatal karena HRD akan benar-benar mengecek keakuratan tersebut. Pengecekan bisa saja dengan menanyakan langsung kepada Anda apabila gagal dalam menjawab serta memberikan bukti Anda terancam tidak dapat diterima di perusahaan tersebut.

  • Kejujuran (Honesty)

    Informasi yang disajikan dalam resume adalah fakta yang tidak mengada-ada. Misalnya, kejujuran dalam mencantumkan umur, status perkawinan dan latar belakang pendidikan. Setiap pekerjaan yang dilakukan haruslah mengutamakan sikap jujur.

 

Baca Juga :    Mengenal Apa Perbedaan Resume dan CV untuk Melamar Pekerjaan

 

Format Penulisan Resume

Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Pekerjaan
 

Pada umumnya format penulisan resume ini sama tidak ada perbedaan yang signifikan. Format ini haruslah ditulis secara urut dan benar. Jika terbalik ataupun ada salah satu bagian yang tidak tercantum ini akan mengurangi kesempatan Anda untuk diterima kerja. Dibawah ini beberapa format penulisan resume.

 

  • Tanggal dan Tempat Penulisan
  • Nama Perusahan dan Alamat Lengkap Perusahaan
  • Salam Pembuka / Salam Hormat
  • Tulis Kata Pengantar yang Baik
  • Lengkapi Biodata Diri
  • Cantumkan Pengalaman Kerja atau Keahlian yang anda miliki
  • Penutup dan salam

 

Baca Juga :    Glints Website Lowongan Kerja dan Pengembangan Karir Indonesia

 

Contoh Resume yang Baik dan Benar

Beberapa contoh ini akan memberikan Anda gambaran bagaimana penulisan surat lamaran kerja atau resume yang benar. Sesuaikan sendiri dengan data-data pribadi Anda. Inilah contoh dari penulisan resume yang baik dan benar.

 

Jakarta, 20 Juli 2019

Kepada Yth.
HRD PT. Surya Jaya
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                    : Rudi Sanjaya
Tempat & tanggal Lahir    : Malang, 5 Juni 1996
Alamat                                  : Jalan jeruk, RT 01 RW 03 Jakarta Barat
No. HP                                  : 085 768 207 239

 

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu Pimpinan untuk diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

Fotocopy Ijazah Terakhir

Fotocopy SKCK
Fotocopy KTP
Pas Foto 4×6

Demikian untuk menjadikan periksa adanya, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Rudi Sanjaya

 

Baca Juga :    Cara Membuat Surat Referensi Kerja untuk Melamar Pekerjaan

 

Malang, 18 April 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 8 Lembar

Kepada

Yth. Bapak/Ibu HRD
SENTOSA GROUP
Jl. Mangga Besar, Jaya Estate, Sawojajar
Malang 66754 – Indonesia

Dengan Hormat,

Berdasakan informasi yang saya baca dari situs loker pada tanggal 18 April 2019. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk bekerja di PT. SENTOSA GROUP sebagai Content Creator.

Berikut ini data singkat diri saya :

 

Nama : Rizki Prayoga

Tempat & Tgl.Lahir : Karang Rejo, 20 Januari 1996

Pendidikan akhir : Diploma III – Teknik Telekomunikasi

Politeknik Negeri Medan, Lulus dengan I.P.K 3.42

Alamat : Jl. Pendawa Dusun Cikal Bakal Desa Karang Rejo Kec. Stabat

HP : 085210596447

Email : [email protected]

 

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik, mampu membangun komunikasi dengan baik dan mampu bekerja secara personal maupun tim. Saya mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Dengan pengalaman kerja di dunia teknologi selama 2 tahun saya mampu bekerja menggunakan aplikasi komputer seperti Program SAP, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Photoshop. Saya juga Memahami beberapa bidang IT seperti HTML, Blogger, WordPress dengan Hosting, Memiliki Pengalaman di Bidang SEO ( Search Engine Optimization ) & SEM ( Search Engine Marketing ), Internet Marketing dan dapat mengetik dengan cepat.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan :

 

  • Pas Photo Berwarna
  • Photo Full Body.
  • Daftar Riwayat Hidup ( CV / Resume ).
  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy Ijazah.
  • Fotocopy Transkrip Nilai.
  • Fotocopy Sertifikat Pendukung
  • Fotocopy Sertifikat TOEFL

 

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Rizki Prayoga, A.Md

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu ikuti. Buatlah surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan. Hal yang perlu kamu ingat adalah, surat lamaran yang menarik selain sesuai ketentuan, akan menjadi pilihan yang banyak dipilih atau difavoritkan. Namun hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah Anda bisa menghias surat lamaran kerja tersebut tetapi tidak boleh terlalu banyak hiasan yang membuat bingung pembaca.

Surat lamaran yang menarik akan memberi peluang lebih besar untuk mendapat perhatian bagi para pimpinan perusahaan pencari kerja atau minimal pegawai yang ditugaskan perusahaan untuk mencari pegawai baru seperti Manajer dan HRD. Jika dapat menunjukkan kemampuan dan bakat Anda secara langsung dihadapan HRD maka kesempatan Anda diterima sangat besar. Jangan lupa untuk menjaga sikap tetaplah menjadi diri sendiri.

Related Post :

popup image