Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di Android dan iPhone

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

WhatsApp yang didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada 2009 lalu kini telah mengalami perubahan yang cukup menarik terlebih lagi setelah bergabung dibawah bendera Facebook. Sejak aplikasi perpesanan terkenal dunia ini meluncurkan Stiker pada 2018 lalu, memungkinkan para pengguna untuk mengirim dan menerima stiker satu sama lain yang membuat bertukar pesan menjadi lebih menarik.

Bahkan adanya perkembangan berbagi Stiker ini memberi peluang bagi pengguna untuk membuat dan meluncurkan Stiker mereka sendiri. Ada beberapa cara untuk membuat stiker WhatsApp, tetapi cara termudah adalah dengan mengunduh aplikasi yang memungkinkan Anda membuat stiker dengan cepat. Ini juga akan berlaku pada pengguna ponsel pintar Android dan iPhone dalam membuat Stiker mereka.

Selain membuat Stiker pada situs web WhatsApp, ada contoh aplikasi yang disediakana oleh WhatsAPp sehingga pengguna dapat membuat perubahan pada sticker, ada juga bantuan aplikasi pihak ketiga. Pengguna bisa memilih aplikasi pendukung jika mereka merasa ingin membuat Stiker yang lebih advance atau tetap menggunakan yang disediakan oleh WhatsApp dan mengirimkannya ke App Store atau Google Play.

 

Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di Android dan iPhone

Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di Android dan iPhone
 

Stiker WhatsApp telah diterima dan sukses instan sejak diluncurkan untuk perangkat Android dan iOS. Meskipun ada sejumlah paket Stiker WhatsApp, Anda dapat membuat paket stiker Anda sendiri untuk WhatsApp. Berikut cara membuat Stiker WA untuk pengguna Android dan iPhone.

 

Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di Android

Pengguna Android adalah pengguna smartphone terbanyak di dunia karena ini adalah sistem operasi yang sangat terkenal dan mudah digunakan. Belum lagi, kebanyakan brand dari smartphone saat ini menggunakan sistem operasi Android. Berikut cara membuat Stiker di WA untuk pengguna perangkat Android.

  • Buka Google Play Store dan cari aplikasi ‘Pembuat stiker untuk WhatsApp/Sticker maker for WhatsApp’.
  • Unduh aplikasinya dan jalankan di smartphone Anda.
  • Pada bagian atas di tombol opsi “Buat paket stiker baru/Create a new sticker pack”.
  • Masukkan nama dan penulis paket stiker dimana ini hanya untuk tujuan deskriptif dan stiker khusus Anda tidak akan dapat diakses oleh pengguna WhatsApp lainnya.
  • Ketuk opsi daftar baru dan halaman akan terbuka dengan baki stiker kosong.
  • Dari sini tambahkan ikon paket stiker lalu ketuk baki berikutnya untuk menambahkan stiker baru yang disesuaikan.
  • Ketuk baki kosong untuk menambahkan stiker baru dan Anda akan diminta untuk mengambil foto baru atau mengimpornya dari galeri Anda.
  • Setelah Anda memilih foto untuk dijadikan stiker, maka foto akan diunggah pada editor gambar.
  • Pangkas/edit gambar dengan ujung jari Anda, berdasarkan apa yang Anda butuhkan dari gambar tersebut untuk stiker baru.
  • Sekarang, simpan gambar dan ulangi langkah-langkah ini jika ingin menambahkan lebih banyak stiker khusus ke paket.
  • Setelah Anda selesai menambahkan stiker ke paket, ketuk opsi Terbitkan Paket Stiker.
  • Anda akan diminta untuk menambahkan stiker ini ke aplikasi WhatsApp Anda, terima dan buka aplikasi WhatsApp untuk menikmati stiker khusus baru ini.

 

Baca Juga  :    Cara Buat WhatsApp Link dan Rekomendasi Aplikasi Generatornya

 

Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di iPhone

Meskipun pengguna iPhone tidak umum seperti pengguna Android, namun WhatsApp tetap popular di antara pengguna smartphone ini. Berikut cara membuat Stiker di WA untuk pengguna perangkat di iPhone.

  • Unduh Pembuat Stiker/Sticker Maker untuk WhatsApp dari App Store Apple.
  • Kemudian, buka aplikasi Pembuat Stiker untuk WhatsApp dan ketuk opsi Ketuk untuk Mulai.
  • Sekarang, ketuk opsi Buat lalu ketuk opsi Stiker Saya untuk membuat paket stiker baru.
  • Selanjutnya, ketuk ikon gambar untuk memilih sumber Anda. Anda dapat memilih gambar dari Galeri, Template Emoji, atau Kamera ponsel Anda. Anda juga dapat Memilih Beberapa Gambar untuk membuat beberapa stiker sekaligus.
  • Setelah Anda memilih gambar, potong/edit sesuai kebutuhan Anda.
  • Anda dapat memilih untuk bermain dengan fitur seperti Bingkai Bentuk dan Efek Foto. Setelah selesai, ketuk panah di sudut kanan atas lalu ketuk ikon Centang di sudut kanan atas aplikasi.
  • Sekarang, ketuk ikon Tambahkan ke WhatsApp di sudut kiri bawah aplikasi lalu ketuk opsi Buka WhatsApp.
  • Setelah membuka aplikasi WhatsApp , ketuk opsi Simpan untuk menyimpan paket stiker ke koleksi Anda.

 

Baca Juga  :    WhatsApp Business : Pengertian, Keunggulan, Fitur dan Cara Kerjanya

 

Aplikasi Pembuat Stiker WhatsApp Terbaik

Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) di Android dan iPhone
 

Disamping menggunakan emoji dan GIF untuk mengekspresikan perasaan dan emosi Anda, Stiker menjadi semakin populer di kalangan pengguna smartphone karena keserbagunaannya. Jika Anda suka menggunakan stiker, Anda mungkin ingin mengoleksi paket stiker baik yang personal dengan foto dan gambar- gambar pilihan Anda. Dengan bantuan aplikasi pembuat stiker, kini Anda dapat membuat stiker unik Anda sendiri untuk dibagikan secara online. Adapun aplikasi pembuat stiker WhatsApp terbaik dan populer yang bisa Anda coba adalah :

  • Wemoji

    Aplikasi ini mungkin salah satu aplikasi pembuat stiker yang populer yang juga memiliki antarmuka yang mudah digunakan agar Anda dapat menikmati pembuatan semua jenis stiker. Setelah menambahkan gambar Anda, Anda memiliki opsi untuk memotong dalam bentuk persegi, memotong lingkaran, atau menggunakan fitur potong tangan bebas. Anda juga bisa memperbesar untuk memastikan Anda memotong stiker dengan detail sebanyak yang Anda butuhkan.
    Dengan opsi untuk menambahkan emoji dari keyboard, Anda dapat membuat stiker apa pun untuk dibagikan di WhatsApp dan situs media sosial lainnya. Selain itu pengguna juga dapat menggunakan kaca pembesar untuk memperbesar tampilan gambar yang mereka potong. Jika Anda tidak membutuhkannya saat melakukan editing, Anda dapat masuk ke pengaturan dan mencegahnya muncul saat sedang editing.

  • Sticker Studio

    Salah satu aplikasi pembuat stiker WA terbaik lainnya adalah Sticker Studio yang memiliki dan menawarkan beberapa opsi untuk menyesuaikan stiker Anda, seperti memotong dan menambahkan teks secara bebas. Anda dapat membuat paket stiker tak terbatas untuk WhatsApp dan menskalakannya ke ukuran yang sesuai kebutuhan di aplikasi ini. Pengguna juga dapat menggunakan kamera untuk mengambil foto atau memilih gambar yang ada dari galeri Anda.
    Dengan Sticker Studio, membuat stiker menggunakan GIF dan video juga mudah dan cepat, dan Anda dapat terhubung dengan Google Drive untuk membuat cadangan. Apabila pengguna ingin mendapatkan fitur font, warna bingkai dan menghindari iklan yang bisa cukup mengganggu, juga dapat memerptimbangkan untuk bergabung dalam versi pro aplikasi ini dimana stiker yang dibuat juga dapat digunakan di aplikasi perpesanan lainnya yakni Telegram.

  • Animated Sticker Maker

    Tidak kalah bagusnya, Animated Sticker Maker adalah salah satu aplikasi pembuat stiker yang memberikan ide segar dalam format animasi. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat stiker dari foto kamera mereka, video bahkan hingga dapat menggambar animasi tersendiri. Setiap stiker yang Anda buat dapat diimpor dengan format GIF dari GIPHY, menggunakan stiker kosong, atau mengimpor video dari galeri Anda. Menjadi pilihan populer juga, penggunanya dapat menambahkan teks dan emoji selain juga mengedit setiap bingkai stiker animasi mereka sehingga lebih menarik dan lucu.

 

Baca Juga  :    Cara Memindahkan / Import Chat WhatsApp ke Telegram dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Sejak diluncurkan, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi perpesanan sosial paling populer di dunia. Dengan basis pengguna terluas di dunia, saat ini aplikasi perpesanan sosial ini digunakan tidak hanya untuk bertukar pesan teks dan berbagi video dan gambar, tetapi juga untuk berbagi sejumlah item kreatif seperti Stories, GIF, dan Stiker yang semakin kreatif karena setiap penggunanya juga berbagi stiker personal mereka kepada sesama pengguna.

Jadi bisa dikatakan kalau Stiker WhatsApp adalah cara yang bagus untuk meningkatkan obrolan penggunanya, menambahkan banyak warna, berbagi hal- hal jenaka dan karikatur kartun ke percakapan sehari- hari. Meski WhatsApp tidak memiliki pilihan emoji yang luar biasa secara default, tetapi dengan mencari opsi pencarian paket stiker lain, pengguna dapat menambahkan ratusan emoji maupun gambar ke dalam koleksi stiker WA mereka atau juga membuat stiker dengan bantuan aplikasi ketiga untuk menyalurkan ide kreatif lebih jauh lagi.
 

Related Post :