Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lengkap dan Tips & Triknya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu sehingga seorang anak bisa menjadi seseorang yang berilmu dan mengantarkan mereka untuk meraih cita-cita. Kehadiran siswa di sekolah merupakan salah satu aspek penting dan berpengaruh pada penilaian terhadap siswa tersebut. Akan tetapi, dalam proses menuntut ilmu di sekolah pasti akan ada siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar karena beberapa alasan, seperti ada keperluan mendesak atau sakit. Hal tersebut dapat dimaklumi oeh pihak sekolah asalkan siswa tersebut mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah.

Seperti yang telah diketahui bahwa surat izin tidak masuk sekolah dibuat oleh orang tua atau wali siswa sebagai permintaan izin kepada pihak sekolah. Meski saat ini pemakaian surat sebagai media komunikasi semakin jarang dipergunakan oleh masyarakat, namun surat izin untuk tidak masuk sekolah tetap banyak digunakan. Sebab surat tersebut dianggap lebih formal, sopan dan bisa dipertanggungjawabkan dibandingkan mengajukan izin tidak masuk sekolah melalui telepon.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, ternyata menjadikan tidak semua orang mengetahui tata cara membuat surat izin tidak masuk sekolah. Sebetulnya surat izin tersebut bisa dibuat sendiri oleh siswa atau orang tua siswa.
Namun, pastikan surat izin tersebut disertai dengan tanda tangan dari pihak orang tua atau wali siswa supaya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Dengan demikian pihak sekolah bisa memaklumi serta memberikan izin untuk siswa bersangkutan yang mengajukan izin tidak sekolah. Lalu bagaimana cara membuat surat izin untuk tidak masuk sekolah yang baik dan benar? Berikut akan dijelaskan informasi lebih lengkapnya.

 

Unsur-Unsur Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

 

Surat izin tidak masuk sekolah memang dibuat oleh pribadi. Namun surat izin ini termasuk dalam jenis surat resmi. Sehingga penulisan surat izin ini sebaiknya perlu ditulis dengan bahasa baku dan jelas. Sebetulnya cara membuat surat izin memang cukup gampang. Akan tetapi Anda perlu memperhatikan unsur-unsur surat izin tersebut sehingga permohonan izin yang dikirimkan ke sekolah dapat diterima dengan baik oleh pihak sekolah. Di bawah ini beberapa unsur-unsur dalam pembuatan surat izin tersebut:

  • Tujuan Pengiriman Surat
  • Alasan Izin
  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Alamat tujuan surat.
  • Salam pembuka.
  • Kalimat pembuka.
  • Isi surat.
  • Salam penutup.
  • Nama pengirim dan tanda tangan dari orang tua atau wali siswa.

 

Baca Juga:   Cara Membuat Surat Permohonan : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Contoh Surat Permohonan

 

Tips Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Selain memperhatikan unsur-unsur surat izin tidak masuk sekolah, dalam pembuatan surat tersebut terdapat beberapa hal penting lainnya yang penting Anda perhatikan. Dimana hal penting tersebut berkaitan dengan tips pembuatan surat izin agar terkesan formal dan sopan. Berikut beberapa tips pembuatan surat izin tersebut:

  • Memakai Kertas HVS

    Penulisan surat izin tidak masuk sekolah sebaiknya memakai kertas HVS. Tujuannya agar surat izin tersebut terkesan lebih rapi dan sopan saat diterima oleh pihak sekolah.

  • Jangan Ada Coretan

    Saat Anda menulis surat izin tidak masuk sekolah, pastikan tidak ada coretan apapun di kertas surat tersebut. Apabila ada kesalahan penulisan, sebaiknya ganti kertas surat tersebut dengan kertas baru. Hindari melakukan ralat pada surat izin dengan membuat coretan atau tipe-x.

  • Lebih Baik Ditulis Tangan

    Penulisan surat izin tidak masuk sekolah sebaiknya menggunakan tulisan tangan dengan memakai bolpoin berwarna hitam.

  • Memakai Amplop

    Supaya surat izin tidak masuk sekolah terkesan lebih rapi dan sopan, maka surat tersebut harus dimasukkan ke dalam amplop.

 

Baca Juga:   Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lengkap dan Tips & Triknya

 

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

 

Jika Anda ingin menulis surat izin tidak masuk sekolah, maka pastikan Anda mengetahui cara-cara pembuatan surat tersebut. Terlebih di era digital seperti saat ini, kemungkinan banyak orang yang mungkin belum atau lupa cara penulisan surat izin yang baik dan benar.

Berikut cara-cara pembuatan surat izin tidak masuk sekolah yang perlu Anda ketahui:

  1. Mempersiapkan Alat Tulis

    Langkah pertama pembuatan surat izin tidak masuk sekolah yaitu mempersiapkan alat tulis. Dimana alat tulis yang dibutuhkan yaitu bolpoint tinta hitam dan kertas HVS. Kemudian Anda bisa mulai menulis surat izin dengan tulisan yang rapi supaya mudah dibaca dan dipahami oleh penerima surat.

  2. Menuliskan Tanggal Pembuatan Surat

    Ketika menulis surat izin, Anda harus menulis tempat yang diikuti tanggal pembuatan surat di bagian pojok kanan atas kertas. Contoh : Madiun, 4 September 2020.

  3. Tulis Alamat Tujuan

    Tujuan surat berisi informasi untuk siapa surat tersebut ditujukan. Satu hal penting yang perlu Anda perhatikan saat menulis tujuan pengiriman surat. Ketika Anda sudah menulis kata “Kepada” sebaiknya Anda tidak perlu lagi menggunakan kata “ Yth”, begitu juga sebaliknya. Tulislah nama penerima dan alamat tujuan surat izin tidak masuk sekolah tersebut di bagian pojok kiri atas surat. Pastikan nama dan alamat tujuan surat sudah benar dan sesuai.
    Contoh :
    Kepada Ibu/Bapak Guru Wali Kelas X
    Di SMAN 1 Madiun
    Jalan Pahlawan No. 57, Madiun

  4. Salam Pembuka

    Langkah berikutnya, Anda harus menulis salam pembuka surat izin tidak masuk sekolah dengan menggunakan kalimat “ Dengan hormat,”. Salam pembuka merupakan bagian yang penting dan tidak boleh dihilangkan supaya surat tersebut terkesan sopan.

  5. Kalimat Pembuka

    Sesudah salam pembuka, Anda harus menuliskan kalimat pembuka untuk menerangkan secara singkat tentang penulis surat. Isi kalimat pembuka ini sebaiknya singkat, padat dan jelas supaya mudah dipahami. Selain itu, kalimat pembuka harus memakai bahasa yang baik dan benar atau sesuai kaidah supaya mudah dipahami.

  6. Isi Surat Izin

    Bagian isi surat izin berisi alasan tidak masuk sekolah yang disampaikan sejelas mungkin dalam surat izin. Contoh : “ …tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah dikarenakan sakit…”.

  7. Kalimat Penutup

    Sesudah menulis isi surat izin tidak masuk sekolah, Anda harus menulis kalimat penutup surat izin yang berisi kalimat permohonan supaya diberi izin oleh pihak sekolah.

  8. Salam Penutup

    Salam penutup ditulis sesudah kalimat penutup dan diletakkan di pojok kanan bawah. Salam penutup biasanya berupa kalimat “ hormat saya” dan diikuti tanda koma “,”.

  9. Tanda Tangan

    Tambahkan tanda tangan dan nama jelas di bawah salam penutup.

  10. Masukkan Surat Ke Dalam Amplop

    Setelah penulisan surat izin tidak masuk sekolah selesai dilakukan, Anda harus memasukkan surat tersebut ke dalam amplop. Pastikan ukuran amplop yang Anda gunakan ukurannya sesuai dengan ukuran kertas surat yang sudah dilipat.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pembuatan surat izin tidak masuk sekolah ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Meskipun surat izin ini termasuk jenis surat resmi, namun surat tersebut adalah salah satu surat yang sederhana untuk dibuat.

Akan tetapi dalam pembuatan surat izin tidak masuk sekolah, sebaiknya perlu memperhatikan unsur-unsur yang wajib disertakan. Dengan demikian surat izin tersebut tidak hanya memenuhi syarat surat yang baik dan benar tetapi juga terkesan formal dan sopan. Bagi para orang tua atau wali siswa yang selama ini masih kebingungan saat membuat surat izin tidak masuk sekolah bagi putra dan putrinya, sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab proses pembuatan surat izin tersebut ternyata sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Related Post :