Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lengkap dan Tips & Triknya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Surat izin tidak masuk kerja bukan hal asing sebab karyawan bisa mengajukan permohonan kepada sang atasan. Permohonan izin yang diajukan kepada perusahaan atau instansi terkait tidak masuk kerja harus menyertakan alasan yang jelas. Maka dari itu setiap karyawan wajib tahu cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang bagus agar bisa disetujui oleh pihak yang bersangkutan.

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan seseorang perlu membuat surat izin tidak masuk kerja antara lain sakit, urusan keluarga, mengikuti pelatihan atau seminar, memenuhi panggilan pihak berwenang, dan lain-lain. Selama Anda memberikan alasan logis dan bisa dipahami, maka permohonan tidak masuk kerja bisa dimaklumi. Namun, Anda yang memberikan alasan mengada-ada bisa saja mendapatkan teguran atau sanksi yang tegas dari perusahaan.

Bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang baik? Surat kerja yang baik tentunya mempunyai format dan cara penulisannya tersendiri mengingat surat ini cukup formal yang nantinya akan dialamatkan kepada kantor, perusahaan atau instansi dimana Anda bekerja. Apakah Anda sedang memerlukan surat izin tidak masuk kerja? Mari simak ulasan lengkap mengenai tata cara membuat surat izin berikut ini.

 

Tiga Bagian Penting Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Contohnya

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lengkap dan Tips & Triknya
 

Dalam menuliskan surat tidak masuk kerja profesional, Anda harus paham tentang tiga bagian penting dalam surat izin yaitu :

  1. Bagian atas surat

    Pada bagian atas surat izin tidak masuk kerja, Anda harus mencantumkan tempat dan tanggal penulisan yang lengkap. Anda dapat menggunakan format penulisan pada pojok kanan atau kiri yang sesuai dengan format penulisan surat pada umumnya. Meski begitu, tidak ada batasan baku dalam format penulisan namun Anda tetap memerlukan format yang tepat.
     
    Setelah menuliskan tanggal dan tempat, cara membuat surat izin tidak masuk kerja adalah menuliskan tujuan surat kepada pihak HRD atau atasan di perusahaan. Jangan lupa untuk mencantumkan nama, jabatan dan alamat kantor Anda yang lengkap. Penulisan yang baik dan benar akan membuat opini positif dari pihak HRD pertama kali.

  2. Bagian tengah surat

    Cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang tak kalah penting adalah bagian tengah surat. Anda harus memperhatikan tentang penulisan identitas diri di kantor atau bagian divisi mana. Apalagi Anda yang menjadi staf atau salah satu karyawan kantor yang berjumlah ratusan hingga ribuan perlu penulisan bagian divisi yang jelas. Selanjutnya tuliskan alasan kenapa Anda meminta izin untuk tidak masuk kerja pada hari itu.
     
    Jika Anda memang tengah sakit atau menjalani urusan yang tidak bisa ditinggalkan, tuliskan berapa hari yang Anda butuhkan untuk cuti. Tambahkan lampiran surat sakit dari dokter untuk izin tidak masuk kerja akibat sakit dan perlu melakukan rawat inap atau rawat jalan.

  3. Bagian akhir surat

    Cara membuat surat izin tidak masuk kerja sebenarnya cukup mudah tergantung dengan alasan Anda mohon cuti. Sebaiknya sertakan ucapan terima kasih Anda pada pihak HRD atau atasan yang berkenan memberikan izin tidak masuk kerja. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dan nama terang Anda sebagai penulis surat yang legal. Cek kembali dan baca ulang untuk mengetahui bahwa tulisan tangan Anda sudah dilakukan sebaik mungkin. Jika ada kesalahan penulisan surat, Anda bisa mengoreksi sejak awal.

Baca Juga :    Tips dan Cara Pengaduan Layanan PLN untuk Rumah dan Kantor

 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Anda mungkin bisa langsung mempraktekkan cara membuat surat izin tidak masuk kerja berdasarkan ulasan lengkap di atas. Sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut, Anda bisa mencoba referensi contoh surat izin tidak masuk kerja karena alasan sakit berikut ini.

Ponorogo, 06 Juni 2020

Kepada

Yth. Kepala HRD PT Kurnia Makmur

Jalan Pilangsari 12 Purbosuman

Ponorogo Jawa Timur

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap   : Deandra Kurniawati

Jabatan               : Staf keuangan

Alamat                 : Jalan Cut Meutia nomor 36, Sambit, Ponorogo

Memberitahukan bahwa saya tidak masuk kerja pada hari Sabtu, 06 Juni 2020 dikarenakan sakit. Sehubungan dengan masa menjalani perawatan berdasarkan instruksi dokter, saya mohon untuk tidak masuk kerja selama seminggu. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter terkait.
Demikian surat izin tidak masuk kerja yang saya buat atas kondisi sebenarnya. Atas perhatian dari pihak HRD, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Deandra Kurniawati
Contoh surat tidak masuk kerja karena sakit di atas bisa menjadi patokan Anda. Tentu Anda bisa memahami cara membuat surat izin tidak masuk kerja karena kepentingan lain yang hampir mirip. Cukup mudah, bukan?

Baca Juga :   Tips dan Trik Membangun Website Portofolio Yang Baik dan Benar

 

Tips atau Trik Membuat Surat Izin tidak Masuk Kerja yang Baik

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lengkap dan Tips & Triknya
 

Surat izin tidak masuk kerja merupakan syarat mutlak yang harus Anda penuhi saat hendak mengajukan permohonan libur atau cuti. Tanpa surat izin tidak masuk kerja, Anda bisa saja dianggap membolos dan bisa mendapatkan Surat Peringatan dari kantor. Jika Anda mendapatkan SP saja tak masalah, bagaimana jika Anda dipecat dari perusahaan tempat bekerja? Tentu ini akan sangat tidak menguntungkan bagi karir Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda paham cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang baik agar permohonan disetujui. Dewasa ini, surat izin tidak masuk kerja bisa ditulis lewat email, pesan Whatsapp atau tulisan konvensional. Sebaiknya Anda mempertimbangkan peraturan atau kebijakan yang telah diberikan pihak kantor. Perhatikan tips menulis surat kerja yang tak boleh Anda lewatkan berikut :

  • Menggunakan bahasa yang formal atau baku

    Anda harus menunjukkan rasa hormat kepada bagian HRD dengan menulis dalam bahasa yang formal atau baku. Mau menulis surat bahasa Indonesia atau bahasa asing, sesuaikan dengan peraturan atau policy yang biasa digunakan di kantor Anda.

  • Mengecek tipografi

    Cek kembali kesalahan penulisan yang mungkin terjadi. Tipografi memang hal yang wajar, namun Anda harus teliti sebelum menulis surat izin tidak masuk kerja. Cara membuat surat izin tidak masuk kerja wajib memperhatikan penulisan menggunakan bahasa yang benar termasuk struktur kalimat padat, singkat dan jelas sesuai EBI.

  • Menambahkan keterangan

    Selain lampiran yang munkgin diperlukan dalam membuat surat izin tidak masuk kerja, Anda juga bisa menambahkan keterangan tambahan. Apa saja yang bisa Anda kerjakan selama libur atau cuti bisa Anda tuliskan dalam surat tersebut. Setidaknya kantor bisa menelepon Anda jika ada hal yang harus diselesaikan. Apalagi Anda yang mungkin memegang jabatan penting yang tidak bisa diwakilkan pada pengganti.

 

Baca Juga :   Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana Kegiatan & Acara Lengkap

 

Kesimpulan dan penutup

Cara membuat surat izin tidak masuk kerja bervariasi tergantung dengan ketentuan setiap perusahaan. Masing-masing perusahaan memiliki aturan terkait permohonan tidak masuk kerja, bukan? Jangan sampai Anda melanggar peraturan yang telah ditetapkan perusahaan sehingga berimbas pada SP hingga pemecatan dan selalu pastikan untuk mengikuti policy yang sudah ditetapkan oleh perusahaan Anda.

Jika alasan Anda tidak masuk kerja karena urusan penting yang tidak bisa ditinggalkan, sebaiknya memberikan surat izin tidak masuk kerja jauh hari. Setidaknya Anda bisa menyiapkan keperluan dokumen atau menyelesaikan pekerjaan sebelum ambil cuti. Jangan sampai divisi mengalami kelabakan saat Anda mengajukan izin tidak masuk kerja secara mendadak.

Tentu ada konsekuensi yang harus Anda terima saat tidak masuk kerja sesuai kebijakan perusahaan, misalnya pemotongan gaji atau menggunakan kuota cuti yang ada. Bagi karyawan baru, cara membuat surat izin tidak masuk kerja wajib diperhatikan lebih teliti karena ini bisa saja menjadi surat izin pertama Anda karena Anda tentunya tidak ingin ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya.

Related Post :

popup image