logo Cara Membuat Teks Eksplanasi Yang Baik + Contoh - IDCloudHost

Cara Membuat Teks Eksplanasi Yang Baik + Contoh

Cara Membuat Teks Eksplanasi Yang Baik + Contoh

Teks eksplanasi mungkin tidak dipahami dan digunakan oleh semua orang awam. Terlebih lagi teks ini lebih umum digunakan dalam bidang akademis atau suatu lembaga dan instansi tertentu. Maka dari itu sekolah- sekolah di Indonesia yang saat ini menggunakan kurikulum baru 2013 telah mewajibkan adanya sub bab pada pelajaran khusus seperti mata pelajaran Indonesia.

Salah satu sub pembelajaran dalam Bahasa Indonesia tersebut adalah mempelajari mengenai teks eksplanasi. Materi ini lebih sering ditekankan pada jenjang kelas di SMU/SMK/MA. Meski pembelajaran ini telah diterapkan sejak SMP, namun teks eksplanasi tetap akan diajarkan untuk membantu siswa lebih menguasainya mengingat ini adalah salah satu dasar untuk membuat suatu penjelasan ilmiah dan laporan.

Tidak mengherankan karena dunia akademis memang selalu berkembang dan teks eksplanasi adalah penunjang dari semua itu. Dengan mempelajari teks eksplanasi, siswa diharapkan bisa membuat dan menjelaskan teks mereka sendiri. Untuk lebih mengenal apa itu teks eksplanasi dan cara membuatnya, mari simak artikel berikut ini.

 

Pengertian Teks Eksplanasi

Apabila ditelaah menurut etimologi atau bahasa, teks eksplanasi asalnya dari bahasa Inggris yakni “explanation” yang memiliki arti keterangan atau penjelasan. Sedangkan dari segi istilah teks eksplanasi merupakan sebuah paragrap yang mana di dalamnya mengandung informasi berkaitan tentang tahapan “mengapa” dan “bagaimana”. Teks ini memiliki beberapa rututan peristiwa yang kemudian diolah dalam bentuk teks yang lebih umum, peristiwa yang muncul umumnya peristiwa budaya, alam, ilmu pengetahuan, maupun sosial.

Masing-masing peristiwa yang ada di sekitar, pasti mengandung hubungan sebab dan akibat serta suatu proses yang ada di dalamya. Dari sini Anda dapat membuat rangkuman kejadian dari awal hingga akhir. Sehingga setelah keseluruhan susunan peristiwa telah menjadi bentangan teks yang lengkap, Anda dapat mencari dan menemukan pola serta peristiwa dengan lebih detail.

 

Ciri-Ciri Dari Teks Eksplanasi

Cara Membuat Teks Eksplanasi Serta Strukturnya Yang Baik Dan Benar [Beserta Contohnya]
 

Setiap teks jenis apapun pasti mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Ciri-ciri dari teks eksplanasi ini hanya di ada di teks tersebut, maka dari itu pembaca bisa lebih mudah membedakan dan mengetahui perbedaan daripada teks yang lainnya. Umumnya teks penjelasan ini yakni berupa teks penjelasan yang tidak sepenuhnya berusaha mempengaruhi pembaca agar percaya seluruh kajian yang diulas dalam teks. Justru teks eksplanasi ini lebih menekankan tentang penyajian informasi yang valid dan benar. Ciri- cirinya adalah sebagi berikut :

  1. Teks penjelasan merupakan jenis teks yang isinya informasi sesuai fakta dan ada nyatanya, maka jenis teks tersebut bukan fiksi maupun karangan belaka.
  2. Fakta dari informasi yang ada di teks penjelasan begitu ilmiah sesuai dengan ilmu pengetahuan.
  3. Teks penjelasan mempunyai 3 struktur sebagai pembangun, yakni pernyataan umum, sebab dan akibat, serta interpretasi.
  4. Paham akan sequence markers misalkan, pertama, kedua, ketiga, bahkan menggunakan kata pertama, berakhir, maupun berikutnya.

Baca Juga :   Cara Membuat Proposal Penelitian Ilmiah dan Skripsi Beserta Contohnya

 

Kaidah Dalam Pembahasan Teks Eksplanasi

Jenis teks masing- masing memiliki topik pembahasan tersendiri. Maka, seringnya pembahasan dari jenis teks yang satu dengan teks lain akan berbeda. Menggunakan kaidah dari pembahasan khusus itu, membuat para pembaca dapat menebak secara mudah jenis teks yang seperti apa yang sedang dibaca. Kaidah pembahasan yang digunakan dalam teks eksplanasi yaitu :

  • Teks penjelasan umumnya punya bahasa ilmiah atau istilah.
  • Pembahasan bersifat umum serta tidak mencakup adanya partisipan manusia.
  • Penulis membuat teks eksplanasi menurut peristiwa berdasarkan fakta yang benar terjadi.
  • Umumnya, teks penjelasan memakai kalimat yang pasif.
  • Dalam teks penjelasan terdapat konjungsi kausal serta waktu.
  • Penggunaan kata kerja dalam jenis teks penjelasan seringnya relasional serta material.

Baca Juga :   Apa itu Biografi : Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

 

Struktur Dalam Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi juga memiliki struktur tersendiri yang membedakan dari satu jenis teks dengan teks jenis lainnya. Sebab, struktur juga mempengaruhi teks yang disajikan, andaikan struktur tidak ada pada sebuah teks, tentunya teks tersebut akan sangat sulit dimengerti dan tidak terkondisikan dengan baik. Struktur teks penjelasan yang bisa anda ketahui adalah :

  1. Pernyataan umum

    Setiap struktur pada teks yang pertama muncul adalah sebuah pernyataan umum. Pernyataan umum sendiri adalah teks penjelasan yang menjelaskan sebuah topik yang menjadi dasar penulisan, serta proses yang berkembang dan terbentuk dari peristiwa tertentu.

  2. Urutan sebab akibat

    Dalam memahami sebuah cerita tentu diperlukan adanya sebuah urutan atau kronologi cerita. Maka struktur kedua akan berisi mengenai penjelasan berkaitan tahapan dari peristiwa yang disusun menggunakan cara bertahap, dimulai dari awal hingga akhir.

  3. Interpretasi

    Bagian ketiga ini berhubungan dengan pemberian pernyataan berkaitan dengan topic yang diuraikan dalam teks. Bahkan struktur ini bisa dikatakan kesimpulan dari teks penjelasan itu sendiri sehingga para pembaca dapat menginterpretasikan keseluruhan isi teks yang mereka baca.

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik & Benar [Beserta Contoh]

 

Bagian- bagian Teks Eksplanasi

Cara Membuat Teks Eksplanasi Serta Strukturnya Yang Baik Dan Benar [Beserta Contohnya]
 

Bagian teks penjelasan ini digunakan untuk mendukung fungsi teks itu sendiri. Maka teks tersebut biasanya dibuat dengan uraian yang mudah dipahami. Berikut susunan atau panduan yang bisa Anda ikuti :

  • Pembuka

    Biasanya dalam teks penjelasan bagian pembuka isinya penulis bercerita mengenai topik yang mereka pilih dan bahas dalam teks tersebut secara umum.

  • Isi

    Bagian isi merupakan bagian pada tentetan penjelasan berhubungan dengan fenomena yang ada dan mengapa ia dibahas pada teks tersebut.

  • Penutup

    Penutup ini isinya lebih menekankan semua summary atau rangkuman inti penjelasan yang telah dibahas pada teks.

Baca Juga :  Tips dan Trick Melakukan Interview Pekerjaan yang Pasti Diterima

 

Contoh Teks Eksplanasi Dan Strukturnya

Untuk lebih mudah dan memahami teks eksplanasi, salah satu cara yang terbaik adalah membaca dari contoh yang ada dan kemudian bisa Anda coba sendiri. Berikut ini contoh yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Contoh teks penjelasan kali ini akan mengenai masalah sosial yang membahas mengenai kemiskinan.

  • Pernyataan umum sebagai pembuka

    Kemiskinan merupakan tingkat penghasilan yang ada dalam masyarakat berekonomi rendah yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok (tempat tinggal, makan, pendidikan, dan lain-lain). Biasanya masyarakat miskin tinggal di kolong jembatan, gubuk, serta bantaran kali. Tidak jarang banyak masyarakat miskin yang membangun rumahnya sendiri pada tanah Negara. Kemiskinan telah terjadi pada seluruh dunia serta sebagian besar negara berkembang mempunyai masalah kemiskinan yang sama

  • Deretan penjelasan atau isi

    Kemiskinan yang terjadi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya keterbatasan kelangkaan pemenuhan kebutuhan setiap hari serta pendidikan. Perbudakan, bangkrut, musibah, bahkan struktur sosial juga menjadi penyebabnya. Adanya struktur sosial serta perilaku lebih mendominasi dalam faktor masalah kemiskinan. Perilaku gengsi, konsumtif, serta pengeluaran yang tidak sama dengan pemasukan adalah salah satu diantaranya.
    Faktor dalam struktur sosial berhubungan dengan masalah turun temurun (misalkan masalah pendidikan yang dikenyam oleh masyarakat miskin). Maka akan muncul gengsi, yakni masyarakat lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan.
    Sejatinya terdapat banyak usaha yang dapat dilakukan baik pemerintah juga masyarakat dalam mengatasi kemiskinan.
    Contohnya, ,menaikkan upah kerja minimun, menambah lapangan kerja, menyediakan pendidikan gratis, serta menyediakan tempat tinggal yang terjangkau. Masyarakat juga harus mendukung dengan tidak hidup berlebihan, suka menabung, serta senang menolong orang lain. Dengan adanya kerjasama yang bagus dari kedua belah pihak kemungkinan besar penuntasan kemiskinan bisa berjalan sangat efektif.

  • Penutup atau interpretasi

    Kemiskinan seharusnya tidak ada di Indonesia, jika berbagai pihak bisa menerima serta bersyukur dengan apapun yang dimiliki. Maka, sikap inilah yang seharusnya dihilangkan serta kerja sama dari pemerintah juga masyarakat harus terus terjalin supaya kemiskinan bisa berkurang dan kesetaraan mulai merata dari Indonesia.

 

Kesimpulan dan penutup

Jika Anda telah mengikuti langkah- langkah di atas dengan seksama, tentunya Anda akan dapat mencoba membuat teks eksplanasi Anda sendiri. Anda juga dapat menentukan tema penulisan Anda sendiri. Hanya saja Anda harus tetap menulis dengan pandangan penulis yang netral dan menampilkan fakta lebih dominan ketimbang opini pribadi mengingat teks jenis ini dibuat untuk memaparkan fakta.

Anda juga dapat mencari sumber- sumber penulisan yang sudah ada dan merangkumnya dengan data yang Anda dapatkan sendiri. Selalu perhatikan struktur, bagian dan isi penulisan yang sesuai dengan semua yang Anda pelajari diatas. Edit dan sortir kembali teks Anda, hindari typo atau salah eja/penulisan dan jika perlu minta penilaian dari pihak lain demi mendapatkan teks eksplanasi yang benar dan baik. Selamat mencoba!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image