Tips dan Trick Melakukan Interview Pekerjaan yang Pasti Diterima

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Wawancara kerja atau interview merupakan salah satu tahapan yang paling berpengaruh bagi seorang pelamar pekerjaan. Pasalnya, tahapan ini merupakan tahapan yang berhubungan langsung dengan keputusan diterima atau tidaknya Anda bekerja pada sebuah perusahaan. Untuk itu, sangat penting mengetahui tips dan trick interview pekerjaan agar pasti diterima.

Interview sebagai tahapan yang paling penting dan menentukan karena meski Anda sudah mendesain CV sebagus mungkin dan selengkap mungkin, saat wawancara tidak berhasil maka semuanya akan sia-sia. Itulah mengapa sangat diperlukan tips interview pekerjaan agar Anda benar-benar mampu dan siap melewati proses interview dengan mudah. Dengan begini Anda akan mendapatkan panduan dan prediksi yang bisa saja terjadi saat interview.

Umumnya HRD atau Human Resources Development akan memilah dan memilih siapa saja yang pantas direkrut dan diterima kerja. Cara merekrut ini juga mengikuti guide atau kriteria yang sudah mereka punyai sendiri. Untuk itu, jangan sampai Anda gagal di proses wawancaranya. Sebelumnya, ketahui juga apa itu pengertian interview di bawah ini!

 

Mengenal Apa Itu Interview

Interview kerja adalah wawancara yang terdiri dari percakapan antara pelamar pekerjaan dan pewawancara kerja yang dilakukan untuk menilai apakah pelamar kerja layak untuk dipekerjakan. Cara wawancara ini adalah salah satu perangkat yang paling populer digunakan untuk pemilihan karyawan. Wawancara sendiri juga bervariasi dalam sejauh mana pertanyaan terstruktur, dari percakapan yang sama sekali tidak terstruktur dan bebas, hingga wawancara terstruktur di mana pelamar diminta daftar pertanyaan yang telah ditentukan dalam urutan tertentu.

Pada umumnya, interview yang terstruktur biasanya dapat diprediksi dengan akurat mengenai pelamar manakah yang akan jauh lebih sesuai mengisi pekerjaan tertentu.Wawancara kerja biasanya mendahului keputusan perekrutan mengingat wawancara biasanya diawali dengan evaluasi resume yang diajukan dari kandidat yang tertarik, mungkin dengan memeriksa lamaran pekerjaan atau membaca banyak resume. Selanjutnya, setelah pemutaran ini, sejumlah kecil kandidat untuk melanjutkan tahapan interview akhirnya dipilih.

Baca Juga :  Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaru dan Paling Kreatif Tahun 2020

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjawab Pertanyaan Interview

 

Saat Anda menjawab pertanyaan interview tentu harus ada hal yang perlu benar-benar Anda perhatikan. Beberapa hal tersebut diantaranya :

  • Jawab pertanyaan dengan jujur

    Beberapa pertanyaan berikut mungkin akan diajukan kepada Anda saat melakukan proses interview. Apakah Anda sedang kuliah saat melamar pekerjaan? Apakah Anda masih belum resign dari perusahaan yang lama? Semua pertanyaan tersebut dapat membuat pewawancara bisa menyimpulkan apakah Anda seorang yang kompeten dan kredibel dalam sebuah pekerjaan.

  • Jawab pertanyaan dengan professional

    Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat melakukan proses interview adalah dengan tidak melebih-lebihkan jawaban . Anda tidak perlu menjawab dengan jawaban yang panjang atau bahkan tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.Cukup jawab pertanyaan yang diajukan secara wajar dan profesional sesuai dengan porsinya. Dengan begitu, Anda tidak akan terlihat sebagai orang yang berbelit-belit dalam melakukan sebuah pekerjaan.

  • Buatlah interviewer senang dengan sikap Anda

    Satu lagi yang perlu Anda perhatikan adalah sikap saat berada pada proses interview. Anda bisa duduk dengan tegap, menyapa pewawancara dengan ramah dan wajar. Kemudian, saat memasuki ruangan ada baiknya untuk menjabat tangannya dan membungkukkan kepala sebagai tanda penghormatan.

  • Perhatikan pula tata bicara Anda

    Terakhir yang perlu Anda perhatikan di saat melalui proses interview adalah menjaga tata bicara. Baik itu intonasi ataupun cara bicara yang Anda lakukan. Ada baiknya Anda berbicara dengan lancar tanpa adanya beban seperti berbicara kepada orang yang sudah Anda kenal sebelumnya.

Hingga saat ini, interview memang dipandang sebagai proses yang paling penting bagi sebuah perusahaan dalam mengevaluasi pelamar yang potensial. Untuk itu, selain mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan interview di atas, Anda juga perlu mengetahui trik dan tips interview pekerjaan.

Baca Juga : Peluang Kerja Jurusan Komputer di Indonesia untuk Fresh Graduate

 

5 Tips Interview Pekerjaan Agar Diterima

 

Tips interview pekerjaan sangat penting untuk diketahui bagi Anda yang masih tergolong pemula dalam mencari pekerjaan. Anda bisa menggunakan beberapa tips interview pekerjaan tersebut agar nantinya diterima dan berhasil melakukan interview. Di bawah ini merupakan tips interview pekerjaan yang perlu Anda perhatikan :

  1. Gunakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan budaya perusahaan

    Tips interview pekerjaan yang pertama adalah dengan mengenakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan budaya di perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Mengapa? Hal ini tak lain agar Anda bisa mendapatkan kesan yang baik sebagai seorang pelamar kerja. Ada baiknya siapkan penampilan yang sesuai saat datang untuk interview. Jika kantor memiliki budaya pakaian layaknya anak muda yang casual, maka hindari berpakaian yang terlalu kaku. Akan tetapi jika perusahaan memiliki budaya formal, maka pastikan Anda berpenampilan dengan formal dan professional.

  2. Usahakan untuk bersikap dengan tenang dan santai

    Tips interview pekerjaan yang selanjutnya adalah berusaha untuk bersikap dengan lebih tenang dan santai. Jangan gugup! Pastikan untuk bersikap dengan baik, tarik napas panjang untuk lebih merasa relaks. Pastikan keadaan mental dan fisik Anda lebih tenang dan Anda pun juga dapat berlatih didepan kaca terlebih dahulu untuk lebih membantu. Selain itu, perhatikan juga sikap Anda saat berjabat tangan. Jabat tangan pewawancara Anda dengan yakin dan percaya diri sendiri sehingga memiliki kesan yang positif.

  3. Gali informasi tentang perusahaan yang Anda lamar

    Sebelum Anda melakukan proses interview, tips interview pekerjaan yang satu ini bisa Anda lakukan dengan mencari tahu dahulu mengenai perusahaan yang dilamar. Anda bisa mengetahui bagaimana posisi perusahaan tersebut, siapa saja pesaingnya, apa saja keunggulan yang dimiliki, serta seperti apa cara terbaik agar perusahaan tersebut maju. Anda bisa menggali informasi mengenai perusahaan secara lebih mendalam. Dengan begitu, saat perusahaan bertanya Anda apa yang diketahui tentang mereka Anda bisa menjawabnya dengan tepat.

  4. Cobalah untuk berlatih menjawab pertanyaan interview

    Meskipun berlatih menjawab pertanyaan interview belum tentu membuat jawaban Anda sempurna, akan tetapi hal tersebut akan membantu Anda menciptakan kesan yang baik. Untuk itu, tips interview pekerjaan kali ini adalah dengan berlatih menjawab pertanyaan interview. Anda bisa mencari tahu apa saja jenis pertanyaan yang sering ditanyakan saat proses interview tersebut. Kemudian, Anda bisa menjawabnya di depan cermin agar bisa menyimpulkan sendiri bagaimana cara Anda menjawab pertanyaan tersebut, apakah terkesan gugup atau tidak sehingga Anda bisa menentukan sikap yang sesuai.

  5. Saat interview, perlihatkan antusias kerja Anda

    Tips interview pekerjaan yang terakhir Anda harus bisa menunjukkan pewawancara bahwa Anda benar-benar serius dan berkomitmen untuk berkontribusi dengan baik bagi perusahaan. Anda juga bisa meyakinkan pewawancara bahwa Anda juga siap sedia untuk turut serta memajukan perusahaan dengan baik.

Baca Juga :  Cara Membuat Surat Keterangan Kerja dan Contohnya

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah beberapa tips interview pekerjaan yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Pada intinya, bagaimana pun proses interview yang Anda lakukan Anda harus percaya diri dan yakin berhasil melewati proses tersebut. Jangan terlalu gugup dan cemas sampai Anda mengalami kecemasan berlebih dalam wawancara kerja yang akan mengganggu kelancaran proses interview.

Perhatikan dengan baik beberapa tips interview pekerjaan di atas, agar saat Anda melakukan interview benar-benar dalam keadaan yang sudah siap. Persiapkan diri dengan sebaik mungkin karena setiap pekerjaan yang Anda inginkan tentu saja melalui proses wawancara. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar pantas dan layak untuk menduduki posisi yang diinginkan dan selalu semangat. Dengan begitu, bukan tidak mungkin Anda akan diterima di pekerjaan tersebut dengan proses yang mudah.

Related Post :

popup image