Cara Memilih Layanan Server VPS Murah dan Terbaik untuk Website UMKM

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Saat ini hampir semua sektor kehidupan melakukan digitalisasi karena inovasi teknologi yang satu ini sangat membantu kemudahan hidup masyarakat dunia. Setiap orang juga lebih memilih melakukan pembelian dan transaksi online karena terasa lebih aman terutama disaat karantina kemarin maupun new normal saat ini. Sedangkan untuk brand sendiri, cara ini sangat membantu mereka dalam mengembangkan branding image dan penjualan mereka.

Tidak terkecuali bagi pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang juga turut mengikuti perkembangan dengan membuat website penjualan mereka sendiri di internet. Namun sayangnya banyak dari situs web UMKM masih belum memahami penggunaan dan kelebihan mempunyai server VPS tersendiri. Maka jika Anda berpikir untuk mendapatkan Virtual Private Server (VPS) untuk meng-host situs web Anda namun dengan begitu banyaknya host web yang tersedia, bagaimana Anda tahu mana yang tepat untuk Anda?

Penting untuk memahami kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi saat memilih rencana. Misalnya, penyedia VPS yang berkualitas harus memiliki server uptime yang tinggi dan dukungan pelanggan kelas satu. Terlebih lagi, ada keandalan dan kinerja keseluruhan untuk dipertimbangkan, belum lagi penetapan harga. Untungnya, tidak sulit untuk membuat pilihan yang kuat jika Anda tahu apa yang diharapkan. Masih bingung ? Mari kita simak bersama penjelasan berikut ini.

 

Cara Memilih Layanan Server VPS Terbaik

Cara Memilih Layanan Server VPS Murah dan Terbaik untuk Website UMKM
 

Ketika host web menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi satu server menjadi beberapa server virtual, Anda mendapatkan beberapa bagian yang dipartisi. Ini kemudian tersedia untuk pemilik situs web. Dengan demikian, ketika Anda memilih paket VPS, Anda mendapatkan sendiri salah satu dari server virtual ini.

Salah satu alasan utama untuk memilih paket VPS adalah karena sumber daya yang ditawarkannya ke situs web Anda. Tidak seperti dengan shared hosting, Anda tidak perlu khawatir tentang situs lain yang menggunakan ruang server dan menggunakan bandwidth. VPS dapat membantu membuat situs web Anda berjalan lebih lancar, dengan waktu pemuatan halaman yang lebih cepat.

Namun, walaupun mudah untuk melihat VPS sebagai peningkatan sederhana dari hosting bersama, ada fasilitas lain yang datang dengan VPS selain fitur kecepatan saja. Tetapi tentu saja apa yang akan Anda dapatkan tergantung pada penyedia hosting yang Anda pilih. Perusahaan tempat Anda meng-host situs Anda juga akan berdampak signifikan pada kinerja dan keamanannya yang berarti ini adalah keputusan yang ingin Anda harus Anda pikirkan dan pilih dengan hati-hati.

Baca Juga :    Cara Membuat Website untuk Pemula dan Bisnis Online (UMKM) di Indonesia

 

Perbedaan Penyedia VPS Baik dan Buruk

Jika Anda serius ingin beralih sepenuhnya kepada Server VPS, maka Anda perlu melihat beberapa fitur berbeda dari calon penyedia hosting VPS sebelum Anda membuat keputusan. Ini termasuk :

  • High Server Uptime

    Tidak ada yang menginginkan layanan hosting yang sering mati atau offline. Banyak penyedia hosting di luar sana akan memberi Anda jaminan uptime. Ini biasanya berbanding lurus dengan jumlah uang yang Anda bayarkan setiap bulan untuk layanan hosting.

  • Biaya tambahan

    Jika Anda membayar untuk jaminan uptime 99,99%, itu mungkin akan dikenakan biaya lebih dari jaminan 99,95%. Yang penting, bagaimanapun, adalah bahwa Anda tidak boleh mengambil apa pun yang kurang dari jaminan 99,95%. Apa pun di bawah ini yang akan menjadi terlalu tidak stabil bagi Anda untuk menjalankan bisnis.

  • VPS Terkelola vs. Tidak Terkelola

    Poin lain yang ingin Anda bicarakan dengan calon penyedia adalah apakah VPS akan dikelola atau tidak dikelola. VPS yang dikelola membuat Anda kurang memiliki kontrol tetapi mengharuskan penyedia untuk memelihara server dan memperbaruinya dengan semua tambalan dan peningkatan keamanan serta cadangan data. Dengan server yang tidak dikelola, sebagian besar akan diletakkan di pundak Anda. Jika Anda adalah orang yang nyaman dengan teknologi, maka Anda dapat mengambil tugas ini. Jika tidak, maka serahkan ke ahlinya.

  • Harga

    Sepatah kata singkat tentang biaya penyedia yang seringkali merupakan gajah figuratif di dalam ruangan untuk pemilik situs web. Biaya rendah mungkin menjadi pertimbangan anggaran, tetapi ingat klise, “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.” Jika Anda berpikir bahwa layanan murah tepat untuk Anda, ingatlah bahwa ini mungkin akan mencakup lebih banyak gangguan downtime dan lalu lintas.
     

    Namun, gagasan bahwa server yang paling mahal adalah pilihan terbaik mungkin tidak benar. Server yang paling mahal hanya akan didedikasikan untuk situs web Anda dan perusahaan Anda mungkin tidak memerlukan investasi besar di muka. Pilih opsi yang tepat untuk kebutuhan Anda dan pastikan untuk mendapatkan jaminan uang kembali jika Anda bisa.

  • Dukungan pelanggan

    Akhirnya, Anda perlu bertanya tentang jenis opsi dukungan apa yang akan Anda terima dari penyedia. Jika penyedia Anda tidak menawarkan dukungan 24/7, maka pindahlah ke yang lain. Jika Anda memiliki masalah, Anda benar-benar harus bisa mendapatkan bantuan sehingga Anda tidak kehilangan pelanggan. Juga, periksa situs web tinjauan bisnis untuk mengetahui pendapat pengguna tentang ketersediaan dan kualitas dukungan.

 

Baca Juga  :    Cara Memberikan Pelayanan Terbaik untuk Pelanggan Bisnis Anda

 

5 Faktor dalam Menentukan Layanan Server VPS Terbaik

Cara Memilih Layanan Server VPS Murah dan Terbaik untuk Website UMKM
 

Untungnya, mengetahui apa yang harus dicari sebelumnya dapat membantu membuat proses memilih Anda lebih mudah. Berikut ini beberapa faktor-faktor kunci yang harus Anda pertimbangkan dalam mempersiapkan Anda untuk memilih penyedia VPS terbaik untuk kebutuhan Anda.

  1. Pertimbangkan Waktu dan Kinerja Server

    Waktu aktif server menunjukkan jumlah waktu server berfungsi penuh dan online. Alasan ini sangat penting adalah bahwa ketika server turun, begitu juga situs web Anda. Dengan kata lain, Anda ingin penyedia VPS Anda memiliki waktu aktif setinggi mungkin, untuk memastikan bahwa situs Anda selalu tersedia. Terlebih lagi, penyedia yang Anda pilih berdampak pada kecepatan situs dan waktu pemuatan halaman. Kecepatan lambat dapat membuat pengunjung menjauh, sehingga Anda ingin bekerja dengan perusahaan yang mengoptimalkan server VPS-nya untuk kinerja maksimum.

  2. Gunakan VPS dengan Akses Root Jika Anda Membutuhkannya

    Akses root memberi Anda kontrol penuh atas server Anda. Namun, tidak semua paket VPS dilengkapi dengan opsi ini. Faktanya, beberapa host web tidak menawarkannya sama sekali. Dengan akses root, Anda dapat mengedit file mana saja yang Anda pilih dan menginstal perangkat lunak server-lebar, seperti MySQL dan Apache. Anda juga bebas bekerja dengan Sistem Operasi (OS) apa pun yang Anda suka. Bagi pengembang khususnya, akses root dapat menjadi fitur penting untuk dimiliki.

  3. Perhatikan Ketersediaan fitur Customer Support (Dukungan Pelanggan)

    Dukungan pelanggan dapat sangat membantu Anda dalam pengaturan dan pengelolaan situs web. Bahkan pemilik dan pengembang situs yang paling berpengalaman pun terkadang membutuhkan bantuan. Plus, dukungan kualitas umumnya merupakan indikasi yang baik bahwa Anda telah menemukan host web yang dapat Anda percayai. Penyedia VPS yang berbeda menawarkan berbagai tingkat dukungan. Akibatnya, Anda mungkin ingin melihat bagaimana dukungan pelanggan diakses untuk setiap penyedia, dan jam berapa hari itu tersedia. Misalnya, apakah tuan rumah memiliki nomor telepon, alamat email, dan opsi obrolan langsung?

  4. Sesuaikan Kebutuhan Anda dengan Managed Plan atau Unmanaged

    Paket hosting VPS hadir dalam dua cara umum yakni dikelola dan tidak dikelola. Dengan paket terkelola, penyedia hosting Anda akan menangani sebagian besar masalah terkait server, serta beberapa pemeliharaan dan optimalisasi situs Anda. Di sisi lain, paket yang tidak dikelola menawarkan Anda lebih banyak kontrol, dan memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi VPS sesuai keinginan Anda.
    Paket yang Anda pilih akan tergantung pada kebutuhan dan pengalaman Anda. Misalnya, Anda mungkin menginginkan rencana terkelola jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan tentang server, dan Anda lebih memilih untuk fokus pada aspek lain dari bisnis Anda.
     

    Di sisi lain, jika Anda mencari kebebasan untuk mengatur VPS sesuka Anda, rencana yang tidak dikelola mungkin tepat untuk Anda. Penting juga dicatat bahwa rencana VPS yang tidak dikelola bisa jauh lebih murah daripada kebanyakan rencana terkelola yang sebanding. Di sisi lain, biaya tambahan dari rencana terkelola dapat melunasi dengan cepat dalam waktu yang dihemat dan kinerja situs web yang andal.

  5. Lakukan Perbandingan Biaya dan Manfaat untuk Setiap Paket

    Biaya tentu saja merupakan pertimbangan utama ketika memilih paket hosting. Namun, kecuali anggaran Anda sangat terbatas, penting untuk tidak hanya pergi dengan host termurah yang dapat Anda temukan. Sebagai gantinya, Anda ingin melihat dengan cermat apa yang Anda dapatkan untuk uang yang Anda investasikan di hosting situs Anda.
     

    Harga VPS cenderung sangat tergantung pada spesifikasi teknis masing-masing paket, seperti RAM dan bandwidth yang Anda dapatkan. RAM menentukan berapa banyak situs dan aplikasi yang dapat Anda jalankan pada saat yang bersamaan, sedangkan bandwidth adalah jumlah data yang diizinkan untuk Anda transfer dalam sebulan. Berapa banyak dari masing-masing yang Anda perlukan tergantung terutama pada seberapa besar situs web Anda, dan berapa banyak yang Anda kelola pada paket VPS yang sama.
     

    Tentu saja, bisa sulit untuk memprediksi dengan tepat apa yang dibutuhkan situs Anda, terutama jika Anda belum membangunnya. Menjangkau dukungan calon penyedia Anda dan mengajukan beberapa pertanyaan dapat membantu. Selain itu, mencari penyedia yang membuat peningkatan rencana Anda menjadi ide yang bagus, sehingga Anda dapat membayar apa yang Anda butuhkan dan mengakses lebih banyak sumber daya seiring pertumbuhan situs Anda.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Laporan Keuangan Untuk UMKM, Perusahaan dan Usaha

 

Kesimpulan dan penutup

Memilih layanan hosting web VPS yang ideal untuk proyek dan situs web UMKM Anda kadang-kadang sulit, terutama ketika ada begitu banyak layanan penyedia untuk dipilih. Hanya saja pilihlah plan dan layanan yang memberi Anda sumber daya terbanyak dengan harga yang wajar seperti paket layanan VPS IDCloudHost. Anda juga harus memeriksa spesifikasi fisik server sebelum memutuskan pilihan Anda.

Selalu pastikan persyaratan yang ditawarkan kepada Anda dan pilih perusahaan yang mampu memberikan apa yang Anda butuhkan. Dukungan untuk customer support juga harus menjadi pertimbangan utama mengingat jika Anda tidak begitu mengenal bahasa dan istilah pemrograman. Jika Anda masih ragu, Anda juga dapat menghubungi layanan pelanggan IDCloudHost untuk mencari lebih banyak lagi informasi paket VPS yang akan menyesuaikan kebutuhan UMKM Anda.

 

 

Related Post :

popup image