Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Rumah dan Kantor

Serba Serbi, Technology, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pada era digital yang semua dilakukan dengan internet, maka wifi merupakan solusi yang tepat untuk dipilih. Dengan menggunakan wifi tidak khawatir jika tiba-tiba kuota habis karena wifi bersifat unlimited. Pembayaran wifi dilakukan setiap bulan dan besar biayanya tergantung pada pilihan kecepatan wifi itu sendiri. Tidak heran jika wifi telah digunakan di berbagai fasilitas umum seperti sekolah, restoran, rumah sakit, terminal, dan lain-lain. Banyak juga sekarang yang memasang wifi untuk keperluan pribadi di rumahnya.

Dibalik semua kemudahan yang ditawarkan jika menggunakan wifi, ada hal yang membuat pengguna wifi merasa tidak nyaman yaitu koneksi yang lambat. Terkadang ada kalanya kecepatan wifi menjadi lambat dan tidak stabil. Sebagaimana diketahui bahwa wifi mempunyai jangkauan dengan jarak terbatas. Jadi jika koneksi wifi Anda lebih lambat dari biasanya, mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya dan cara memperbaikinya pun sebenarnya tidaklah rumit. Untuk memperbaikinya Anda harus bisa mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan kecepatan wifi menjadi lambat.

Dengan kendala wifi yang lambat membuat suatu kegiatan yang berhubungan dengan internet menjadi terganggu apalagi di masa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan bekerja dan belajar dari rumah. Penyebabnya tidak hanya jarak saja yang mempengaruhi kecepatan wifi tetapi juga terkadang terdapat gangguan dari provider wifi nya sendiri. Cara untuk mempercepatnya pun bisa dilakukan dengan merestart router atau jika terdapat kesulitan Anda bisa menelepon customer servicenya. Jika cara tersebut tidak menimbulkan perubahan maka haruslah ada tindakan lain yang harus dilakukan.

 

Faktor Penghambat Kecepatan Wifi

 

Sesuatu yang terjadi pasti ada faktor penyebabnya, tidak terkecuali dengan kecepatan wifi ini. Faktor penghambat ini mungkin tidak banyak orang menyadarinya. Dengan mengetahui faktor penghambatnya maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan solusi untuk mempercepat koneksi wifi tersebut. Berikut ini beberapa faktor penghambat wifi :

  • Penempatan Router yang Tidak Tepat

    Salah satu masalah yang sering mempengaruhi kecepatan wifi adalah jarak perangkat dari router. Lokasi router wifi akan menentukan kelancaran sinyal wifi. Router wifi yang diletakkan di lantai, misalnya, membuat sinyal yang didapat tidak maksimal. Router wifi yang terlalu jauh juga bisa membuat sinyal menjadi lambat karena router memiliki kapasitas jangkauan tertentu. Hindari juga meletakkan router dekat jendela, karena wifi akan mengirimkan sinyal ke luar jendela yang artinya sinyal internet akan terbagi.

  • Bandwith yang Rendah

    Kurangnya bandwidth yang disebabkan karena terlalu banyak pengguna yang mengakses wifi tersebut pada saat yang sama. Sebagian besar aplikasi streaming video dan audio mengkonsumsi banyak data. Dengan kondisi itu, internet menyebar dan dibagikan ke semua perangkat. Anda menemukan kecepatan internet menjadi sangat lambat di daerah ramai di masa puncaknya, terutama di daerah perkotaan. Dalam beberapa kasus, Anda akan memiliki sedikit atau tidak ada koneksi internet juga jika daerah tersebut sangat ramai. Solusi untuk masalah ini adalah mencoba menghindari menggunakan internet selama jam sibuk.

  • Masalah Pada Kabel LAN

    Kemungkinan lain adalah Anda salah menyambungkan kabel LAN atau mungkin Anda belum menyambungkan kabel LAN untuk wifi. Kabel LAN juga bisa rusak seperti terputus atau mengelupas. Namun, jika Anda kurang paham cara menyambungkan kabel LAN, sebaiknya Anda menghubungi pihak provider untuk meminta bantuan.

 

Baca Juga :  Keunggulan Standardisasi WiFi 6 Terbaru, Apa Kehebatannya?

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

 

Terdapat banyak cara untuk mempercepat koneksi wifi yang dapat Anda terapkan jika mengalami masalah tersebut. Cara menambah kecepatan wifi ini bisa digunakan menyesuaikan dengan kondisi Anda. Contoh cara dalam mempercepat wifi adalah dapat dengan tanpa aplikasi atau software yang berkaitan dengan router dan ISP yang digunakan, cara mempercepat koneksi wifi di android maupun cara mempercepat koneksi wifi di laptop. Dibawah ini terdapat penjelasan lebih lengkap mengenai hal tersebut :

  • Mengubah Letak Router

    Kebanyakan orang akan memasang router dekat dengan tempat colokan listrik. Selain itu, kebanyakan orang akan meletakkannya di mana pun, misalnya di meja, di lemari, atau bahkan di lantai. Padahal, lokasi wifi merupakan salah satu hal yang paling penting. Jika Anda termasuk orang yang meletakkan router di posisi tersebut, sebaiknya Anda memindahkan posisi router.

    Meletakkan router di tempat yang rendah atau terhalang berbagai benda di rumah merupakan salah satu penyebab koneksi wifi memburuk. Selain itu, hindari meletakkan router di tempat yang terhalang tembok atau besi, karena hal ini akan mempersulit sinyal wifi untuk penetrasi. Masalah ini sering kali dijumpai di rumah yang luas dengan banyak kamar namun hanya memiliki satu router, tanpa repeater. Biasanya, hal ini akan menyebabkan sinyal wifi di kamar-kamar terujung akan menjadi buruk.

  • Reboot Router

    Hal yang harus diperhatikan adalah hindari reboot router hanya ketika internet sedang lambat saja. Buatlah jadwal rutin untuk melakukan reboot router secara berkala. Atur jadwal otomatis agar router bisa reboot satu kali atau dua kali dalam seminggu. Ini akan menjadi salah satu cara untuk refresh router agar bisa bekerja lebih maksimal.

  • Periksa Penggunaan WiFi dari Perangkat Lain

    Hal ini sering terjadi tiba-tiba ada banyak orang yang terhubung dengan wifi . Anda yang akan menyebabkan kecepatan wifi menjadi lambat. Ini karena bandwidth internet Anda terbagi-bagi untuk perangkat yang sedang tersambung sehingga koneksimu jadi tersendat. Anda juga perlu mematikan koneksi WiFi dari perangkat yang tidak digunakan karena bisa saja aplikasi background nya masih memakai bandwidth walaupun layarnya sudah dimatikan.

  • Mengubah Setting DNS Komputer

    Istilah DNS memang masih terdengar asing untuk orang awam. Jadi arti dari DNS adalah menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan jaringan TCP atau IP. Ubah pengaturan DNS pada komputer melalui DNS Google. Apabila setelah perubahan koneksi internet masih lambat, sebaiknya lakukan reset jaringan dan flushing DNS. Caranya, klik kanan pada mouse> pilih menu run administrator > ketik flushdns > tekan enter, lalu coba akses internet berulang kali.

  • Gunakan WiFi adapter

    Selanjutnya adalah dengan menggunakan WiFi adapter. Trik ini dikhususkan untuk kamu yang menggunakan laptop atau komputer yang tidak memiliki adapter WiFi, atau memiliki adapter WiFi yang sudah ketinggalan zaman. Wifi adapter yang juga biasa disebut dengan WiFi dongle dapat tersambung ke port USB yang ada di laptop dan komputer. Pastikan bahwa WiFi dongle yang kamu beli memiliki teknologi WiFi 802.11n atau 802.11ac untuk mendapat kecepatan maksimal.

  • Perhatikan Arah Antena

    Sama seperti antena televisi yang harus digerakkan untuk mendapatkan jaringan yang jernih, cara ini juga bisa dilakukan untuk antena router kamu. Menurut beberapa sumber, antena router harus berada dalam posisi vertikal. Ini dilakukan agar sinyal bisa terpancar secara horizontal dan menjangkau seluruh bagian ruangan.

    Tapi ada pula yang menyatakan antena router bisa diposisikan saling tegak lurus satu sama lain. Satu antena mengarah vertical, sedangkan satu antena mengarah ke horizontal. Ini dilakukan agar jaringan internet bisa menutupi seluruh sudut.

 

Baca Juga:  Daftar Biaya Pasang WiFi dan Paketnya untuk di Rumah dan Kantor

Kesimpulan dan Penutup

Memang koneksi yang lambat akan membuat Anda kesal dan pusing untuk memperbaikinya. Sudah melakukan banyak cara namun tidak membuahkan hasil yang baik. Untuk itu disarankan untuk menghubungi customer service atau memanggil petugas untuk memperbaiki nya. Jangan sampai Anda dikecewakan dengan performa wifi yang lambat tetapi Anda sudah membayar mahal untuk itu. Sebelum berlangganan wifi ada baiknya untuk mengecek apakah layanan wifi tersebut memberikan layanan yang bagus atau tidak.

Pilihlah provider yang dinilai memiliki kualitas yang baik agar Anda tidak merasakan kekecewaan pada akhirnya. Tanya kan terlebih dahulu apa keunggulan dan kekurangan dari provider tersebut. Selain harga juga pertimbangkan kualitas dari wifi itu sendiri. Tidak ada salahnya untuk menambah sedikit biaya di awal daripada menghabiskan banyak biaya diakhir. Namun memang faktor penyebab kecepatan wifi itu beragam dan tidak dapat diprediksi terlebih jika penyebabnya memang dari provider itu sendiri.

Related Post :