Daftar Biaya Pasang WiFi dan Paketnya untuk di Rumah dan Kantor

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Internet sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang di era yang serba digital ini. Penggunaan internet ini bermacam-macam fungsinya ada yang menggunakannya untuk kepentingan tugas kerja, tugas sekolah, berbisnis, dan masih banyak lagi. Internet juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi perilaku manusia sekarang karena hampir semua sektor kehidupan sekarang seakan bisa diakses dengan internet yang tentunya hal ini menuntut setiap manusia untuk tidak gagap teknologi menggunakan internet.

Bagi siapa saja yang ingin menggunakan internet harus memiliki sebuah paket data internet karena dengan paket data internet ini seseorang bisa mengakses sosial media, searching website, main game online, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan paket internet seseorang harus membelinya terlebih dahulu melalui kartu perdana mereka tetapi biaya untuk membeli paket internet ini cukup mahal dan kadang justru penggunaannya cenderung lebih boros. Namun, bagi pengguna internet yang aktif tidak perlu khawatir lagi karena terdapat teknologi WIFI untuk mengatasi masalah tersebut.

Siapa yang tidak tahu apa itu WiFi? WiFi sekarang sudah menjamur dimana-dimana dengan banyak sekali tempat-tempat umum yang memiliki area WiFi mereka sendiri. Kehadiran WiFi adalah solusi yang cocok bagi seseorang pengguna internet yang aktif karena mampu menekan  pengeluaran paket data internet bisa sedikit diperkecil. Biaya untuk memasang Wifi ini relatif murah tergantung dari paket yang dipilih dan juga provider yang melayani dan maka dari itu di artikel ini akan dijelaskan mengenai daftar biaya pasang WiFi di rumah dan kantor.

 

Mengenal Apa Itu WiFi

Daftar Biaya Pasang WiFi dan Paketnya untuk di Rumah dan Kantor

 

Wifi adalah sebuah teknologi nirkabel hasil dari kemajuan perkembangan internet. Wifi sering dikenal sebagai teknologi yang digunakan untuk saling bertukar data secara nirkabel dengan memanfaatkan perangkat-perangkat elektronik. Bagi para pengguna internet jika ingin menggunakan layanan Wifi ini harus memiliki gadget canggih seperti tablet, laptop, komputer, dan smartphone. Kebanyakan sekarang semua perangkat gadget pasti memiliki fitur untuk menyambung ke internet dan untuk bisa tersambung ke dalam Wifi tersebut perangkat harus berada daerah jangkauan atau bisa disebut area hotspot. Biasanya jangkauan sebuah wifi memiliki rata-rata

Kepanjangan dari Wireless Fidelity, WiFi dalam sejarahnya sendiri adalah Interbrand corporation  slogan andalan yang berbunyi “The Standard for Wireless Fidelity”, slogan ini tampil sesaat Wifi dikomersilkan pada tahun 1999. Banyak para customernya yang mengira pada waktu itu Wireless Fidelity adalah kepanjangan dari Wifi, meskipun sebenarnya itu salah. Untuk bisa terhubung dengan perangkat elektronik Wifi haru memiliki gelombang frekuensi antara 2,4 Ghz-5 Ghz.

Pada mulanya kebutuhan terhadap Wifi ini hanya sebagai sebuah kebutuhan tersier namun sekarang dengan meningkatnya kebutuhan akan internet tentu hal ini berdampak juga dengan kebutuhan terhadap Wifi yang seolah beranjak menjadi kebutuhan primer. Sekarang bagi anggota keluarga pasti mempunyai gadget masing-masing dan pastinya menggunakan internet setiap harinya sehingga tentu saja jika menggunakan paket internet secara sendiri-sendiri pengeluaran finansial akan lebih banyak. Begitu juga bagi perusahaan, di era sekarang Wifi merupakan hal penting yang harus disediakan perusahaan oleh pekerjanya, mengingat Wifi juga merupakan faktor hal yang dapat mempengaruhi produktivitas dan kinerja pekerjanya.

 

Baca Juga  :     Cara Menghapus Clear Cache & History di Browser Smartphone dan Laptop

 

Daftar Biaya WiFi Berdasarkan Provider di Indonesia

Daftar Biaya Pasang WiFi dan Paketnya untuk di Rumah dan Kantor

 

Berikut ini akan dipaparkan mengenai paket-paket Wifi dari setiap provider yang menawarkan paket Wifi di Indonesia. Banyak sekali Provider yang memberikan layanan Wifi yang cukup menggiurkan sehingga masyarakat bisa memilih paket Wifi sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya paket Wifi yang ditawarkan memiliki perbedaan pada kecepatannya, mulai dari 10 Mbps bahkan sampai lebih dari 100 Mbps. Selain itu setiap paket juga memiliki keunggulan-keunggulan yang berbeda. Berikut ini akan dijelaskan mengenai daftar biaya Wifi berdasarkan provider di Indonesia.

 

  • Indihome

    Indihome merupakan salah satu layanan yang tergabung dalam naungan Telkom Group. IndiHome juga biasanya sering dikenal sebagai layanan yang dapat menjangkau hingga ke desa dan pelosok daerah. Selain itu, layanan Indihome juga memiliki harga yang kompetitif dan terjangkau. Apabila anda ingin menikmati layanan dari Indihome ini Anda akan dikenakan tarif mulai dari harga Rp 360 ribu dengan kecepatan internet up to 10 Mbps. Dengan harga tersebut, anda sudah bisa menikmati layanan telepon, IPTV UseeTV, dan akses gratis ke layanan streaming seperti Catchplay.

  • Biznet

    Biznet adalah provider yang lebih dikhususkan untuk segmen pelaku bisnis, namun bagi pelanggan rumahan juga tetap bisa menikmati layanan Biznet sebab Biznet sudah menyiapkan layanan khusus untuk mereka. Berbeda dengan layanan Indihome sebelumnya, layanan Biznet ini lebih murah, dengan harga Rp 325 ribu per bulan Anda sudah bisa menikmati internetan dengan kecepatan up to 75 Mbps, tetapi biaya untuk instalasi dari Biznet ini cukup mahal yaitu untuk instalasi pertama sebesar Rp 750 ribu serta dengan biaya sewa perangkat Rp 900 ribu.
     

    Baca Juga :     Cara Mendapatkan Kuota Internet GRATIS dari Kemendikbud Ri (Kuota Belajar Kemendikbud)

  • First Media

    Tidak kalah dengan provider sebelum-sebelumnya, First Media juga menawarkan paket yang menarik dan harga yang cukup murah bagi pelanggan rumahan maupun pelaku bisnis.Biaya per bulan yang dibayar pelanggan First Media hanya sebesar Rp 323 ribu dan dengan layanan tersebut Anda sudah bisa menikmati internet dengan kecepatan up to 12 Mbps. Bagi anda yang bingung dengan biaya instalasi dan pemasangan yang mahal tidak perlu pusing lagi jika menggunakan layanan melalui provider ini. First Media menggratiskan biaya pemasangan dan instalasi bagi para pelanggannya.

  • MNC Play

    Pasti bagi masyarakat Indonesia sudah tidak awam dengan nama MNC Group, perusahaan ini ternyata juga menyediakan layanan internet juga dengan basis fiber. Nah, selain internet yang ditawarkan MNC Play juga memberikan paket yang sudah tergabung dengan layanan IPTV, aplikasi OTT, dan MNC Now. Harga paling murah untuk layanan yang diberikan MNC Play ini sebesar Rp 290 ribu dengan kecepatan internet yang diberikan mencapai 10 Mbps, dengan 19 channel FTA Internasional, 23 channel FTA loka, 15 HD channel, dan 33 channel premium.

  • XL Home

    XL Axiata juga tidak ingin menyiakan pangsa pasar yang besar ini, pada akhir tahun 2018 lalu , XL Axiata meluncurkan layanan XL Home. Layanan internet rumahan yang diberikan oleh XL ini menggunakan teknologi jaringan fiber optik. Biaya pasang untuk Wifi XL Home ini dimulai dengan harga termurah yaitu Rp 349 ribu dengan kecepatan internet up to 100 Mbps dan ini juga sudah mencakup untuk biaya instalasi. Kabar baik lainnya XL Home ini menggandeng DensTV untuk menyediakan layanan IPTV di paket yang mereka tawarkan.

  • MyRepublic

    MyRepublic merupakan provider internet yang berasal dari Singapura, perusahaan ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2015. Layanan yang diberikan oleh perusahaan ini sangat menggiurkan, dengan harga Rp 329 ribu saja Anda sudah bisa menikmati kecepatan internet mencapai 30 Mbps. Apabila Anda ingin menikmati layanan tambahan TV kabel Anda diharuskan membayar Rp 425 ribu, harga tersebut belum termasuk dengan biaya pemasangan sebesar Rp 500 ribu dan Pajak PPN 10%. Bagi para gamer sangat cocok sekali menggunakan layanan ini karena MyRepublic memberikan kecepatan download dan uploud 1:1 serta menggunakan IP Static yang lebih stabil dibandingkan IP dynamic standar.
     

    Baca Juga :     Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Facebook

  • CBN Fiber

    Mungkin bagi pengguna yang awam pasti nama CBN Fiber kurang terkenal di telinga mereka. Namun, meskipun begitu layanan ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dan sudah terkenal di kalangan profesional. Untuk pengguna rumahan harga pasang Wifi CBN dimulai dengan harga Rp 299 ribu per bulan dengan kecepatan mencapai 20 Mbps. Harga instalasi di awal sebesar Rp 500 ribu dan dikenakan pajak 10%, hharga tersebut CBN sudah memberikan layanan TV online Dens TV.

  • Indosat GIG

    Sama dengan XL Axiata, Indosat juga telah menyediakan layanan WiFi pada tahun 2015 lalu dengan nama Indosat GIG. Bagi Anda yang ingin memiliki layanan Indosat ini, Indosat mematok harga mulai dari Rp 280 ribu per bulan untuk dapat menikmati kecepatan internet mencapai 20 Mbps. Biaya Instalasi diawal harus dibayar pengguna sebesar Rp250 ribu dengan pajak PPn 10%, belum lagi sewa perangkat sebesar Rp40 ribu serta buat Anda yang menginginkan kapasitas internet besar, Indosat menyediakan layanan 1 Gbps.

 

Baca Juga :     Cara Mengganti Password WiFi Indihome dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Kebutuhan akan internet  di Indonesia memang sudah menjadi hal penting bagi masyarakatnya meski bermula hanya sebagai kebutuhan tersier sekarang Wifi seolah-olah berubah menjadi kebutuhan primer. Memang tidak bisa dipungkiri jika semua pekerjaan di berbagai sektor sekarang pasti menggunakan internet dan dengan adanya internet pekerjaan yang sebelumnya ribet berubah menjadi lebih efisien dan efektif.

Untuk bisa berinternet ria masyarakat dituntut untuk mempunyai paket data internet tapi penggunaan paket data internet sendiri memiliki kekurangan yang boros. Bagi pengguna keluarga maupun rumahan lebih cocok untuk menggunakan layanan WiFi karena layanan ini pengguna lebih bisa meminimalisir pengeluaran untuk internet. Penggunaan Wifi memang diawal memerlukan biaya yang cukup besar namun hal tersebut merupakan investasi yang bersifat tetap yang seterusnya pengguna dapat membayar dengan harga yang cukup terjangkau dan lebih efisien.

Related Post :

popup image