Cara Memulai Blog dengan SEO untuk Blogger Pemula

Business, Search Engine Optimization / 1 | | 0

Halo IDCHoster, jumpa lagi di artikel idcloudhost hari ini. Kali ini idcloudhost akan membahas mengenai Blogger. Ayo yang merasa blogger atau mau belajar tentang blogger jangan lewatkan artikel kali ini yaa, dijamin bermanfaat buat temen-temen semua. yuk!

Bagi seorang blogger baru bisa dikatakan berhasil apabila blog yang dibangun memiliki banyak visitor dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tetapi faktanya untuk membuat blog yang mempunyai banyak pengunjung dan menghasilkan rupiah bukanlah hal yang mudah. Semuanya memerlukan usaha dan kerja keras, banyak hal yang harus kita tempuh dan salah satu peluang yang berpotensi menjaring banyak pengunjung adalah optimasi mesin pencari atau yang biasa disebut dengan istilah SEO. Dengan mengandalkan optimasi mesin pencari atau SEO, seorang pemula biasa dapat merasakan efeknya secara langsung dengan melihat trafik pengunjung yang terus meningkat setiap harinya.

Jika teman-teman adalah blogger pemula dan masih bingung bagaimana harus memulai SEO, berikut langkah-langkah SEO yang bisa teman-teman mulai untuk optimasi blognya:

  1. Langkah pertama. Pastikan teman-teman sudah mempunyai blog terlebih dahulu untuk dapat di optimisasi. Banyak sekali penyedia blog gratis yang dapat digunakan yaitu seperti blogspot.com, wordpress.com, mywapblog.com, dll. Namun jika teman-teman berniat membuat blog dengan domain pribadi (.com, .org, .co.id dll) kami sarankan untuk menggunakan template wordpress.org, silahkan teman-teman mulai membeli hosting pribadi. Hosting pribadi adalah pilihan yang paling baik karena memiliki value yang tinggi dan mudah untuk dioptimisasi serta memiliki hak sepenuhnya untuk kepemilikan file-file host.
  2. Langkah kedua. Pilihlah template blog yang seo friendly, biasanya banyak sekali penyedia template blog seo friendly gratisan yang bisa teman-teman pilih dan gunakan, silahkan teman-teman mencari dan download template blog seo friendly yang tampilannya menurut teman-teman cocok untuk blognya, template seo friendly sedikit berbeda denga template bawaan yang belum di modifikasi, pada umumnya template blog seo friendly strukturnya sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan hal-hal yang dianggap disukai oleh mesin pencari, tujuannya adalah agar blog yang menggunakan template tersebut artikelnya lebih disukai oleh robot mesin pencari sehingga akan mudah untuk ditemukan di posisi terbaik.
  3. Langkah ketiga. Buatlah minimal 5 artikel sebagai dasar utama blog teman-teman. Mulailah untuk membuat artikel yang berkualitas untuk pembaca, mudah dimengerti dan tentunya isi artikel harus sesuai dengan tema untuk blog teman-teman. Kalo teman-teman mampu disarankan untuk setiap artikel paling tidak memiliki 1000 kata atau lebih, menurut analisa yang pernah dikaji oleh serpIQ, terkait seo, artikel blog memiliki jumlah kata yang banyak yaitu 1500-2000 kata atau lebih itu akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari di urutan terbaik dan bisa bertahan dengan baik.
  4. Langkah keempat. Daftarkan blog teman-teman ke mesin pencari (Bing yang sudah terintegrasi dengan yahoo dan juga google webmaster tool(GWT), tujuan mendaftarkan blog ke mesin pencari adalah agar blog yang kita miliki lebih mudah untuk dikenali oleh mesin pencari tersebut, bagaimana mesin pencari bisa menemukan blog kita jika mengenal saja belum, tanpa didaftarkan sebenarnya blog kita masi dapat ditemukan google dengan sendirinya tetapi membutuhkan waktu yang lama sampai mesin pencari mengenali halaman blog kita. Oleh karena itu untuk mempercepat da mempermudah mesin pencari dalam mengenali blog kita, lebih baik kita daftarkan secara manual dan setelah teman-teman berhasil daftar silahkan submit juga sitemap didalamnya. Nantinya kita dapat mengontrol dan memonitor bagaimana aktivitas robot pencari terhadap halaman blog kita. Kemudian Submit blog dan setiap artikel blog kemudian submit URL di google. Serta submit ulang sitemap URL blog teman-teman di google webmaster tool setiap kali teman-teman selesai membuat artikel.
  5. Langkah kelima.  Pelajari dan libatkan optimasi SEO onpage dan offpage untuk blog teman-teman. Optimasi SEO onpage adalah segala bentuk upaya optimasi yang kita terapkan dari sisi internal blog itu sendiri. Sebagai panduan teman-teman bisa baca artikel

Baca Juga : Tips Optimasi SEO on-Page Website / Blog – IDCloudHost

Perlu teman-teman ketahui banyak sekali teknik-teknik optimasi SEO onpage yang bisa teman-teman gunakan untuk artikel blog. Teman-teman akan mendapat efek positif dari optimasi SEO onpage dengan mencoba dan melihat hasilnya, dan teman-teman akan mengetahui optimasi SEO mana yang cocok digunakan untuk artikel blognya. Sampai saat ini yang terasa paling berperan untuk memperbaiki ranking halaman situs di hasil pencarian adalah optimasi SEO offpage, salah satunya adalah peranan keberadaan backlink, banyak cara yang bisa kita upayakan untuk membangun backlink, tetapi untuk kasus yang satu ini sebaiknya teman-teman hati-hati, karena jika sembarangan bukan keuntungan yang didapat tetapi resiko terbesar bisa jadi tindakan web spam dan resikonya blog teman-teman dihapus dari peredaran.

Baca Juga : Pelajari Kesalahan-Kesalahan Fatal SEO untuk Bisnis Online

Terus bereksperimen teman-teman, yang perlu diketahui bahwa SEO tidak bisa kita tempuh dengan proses yang cepat, semuanya perlu waktu dan sepertinya SEO itu tidak ada ujunya semakin dikenalkan metode algoritma mesinpencari maka makin banyak yang harus kita pelajari. Semoga bermanfaat 😀

Related Post :

popup image