Cara Memulai Podcast dan Persiapan Alat yang Digunakan untuk Podcast

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Banyak orang mungkin pernah mendengar siaran podcast tetapi belum memahami konsep siaran cara baru ini. Kebanyakan orang yang baru mengenal Podcast akan menyimpulkan bahwa Podcast merupakan salah satu layanan yang memiliki cara kerja layaknya radio. Meski benar begitu, tetapi sebenarnya Podcast dan radio itu berbeda. Keduanya hanya sama-sama berupa audio dan sekarang Podcast sudah bisa diakses dengan video.

Saat ini, terdapat berbagai jenis Podcast yang bisa Anda dengarkan. Bahkan pada iTunes, podcast juga menjamur hingga mencapai ribuan channel dan akun. Terlebih Anda bisa memilih siaran mana yang ingin didengarkan sesuka hati. Tak heran jika keberadaan radio saat ini kian menurun seiring naiknya berkembangnya Podcast. Selain itu, Podcast yang merupakan hasil rekaman ini umumnya tidak disiarkan secara langsung. Terlebih di dalam Podcast juga jarang sekali iklan yang muncul yang dengan begitu Anda akan lebih leluasa dalam mendengarkan audionya selain Anda pun juga tidak perlu menyesuaikan jadwal siaran seperti yang dimiliki oleh radio.

Podcast juga mempunyai fitur dan format audio bagi mereka yang memilih mendengarkan daripada menonton keseluruhan siaran. Audio ini juga bisa berbentuk rekaman yang bisa di dengarkan kembali kapan saja Anda mau. Ini membuat aplikasi streaming ini menjadi banyak pilihan penyiar individual maupun perusahaan yang juga bergerak di bidang media penyiaran. Jika Anda juga tertarik untuk membuat dan meluncurkan channel podcast Anda sendiri, berikut peralatan dasar yang harus Anda miliki dan juga dilengkapi sebelum memulai penyiaran online Anda di dunia maya.

 

Cara Memulai Podcast

Cara Memulai Podcast dan Persiapan Alat yang Digunakan untuk Podcast
 

Membuat Podcast bukan hanya sekedar merekam lalu mempublikasikan. Ada tips dan tricks yang jika dilakukan bisa membantu Podcast lebih menarik. Berikut ini beberapa berikan tips dan tricks membuat Podcast.

 

  • Menentukan Topik Podcast

    Tips dan trick membuat Podcast yang pertama adalah menentukan topik Podcast. Ketika Anda ingin membuat Podcast, yang harus Anda lakukan yang pertama yaitu Anda harus menentukan topik Podcast yang ingin Anda buat. Anda bisa membuat Podcast yang dengan memilih topik yang Anda sukai seperti topik tentang olahraga, musik, pendidikan, dan sebagainya. Jika Anda bingung dalam menentukan topik yang ingin Anda pilih, Anda dapat membaca 3 pertanyaan ini agar bisa menentukan topik Podcast. Untuk siapa Podcast tersebut Anda buat? Dengan kata lain siapa sasaran yang akan mendengarkan Podcast Anda? Jika sudah tahu jawabannya, lalu bayangkan serta cari tahu apa yang akan menjadi pertanyaan maupun masalah mereka? Pertanyaan seperti itu bisa membantu Anda agar bisa menentukan topik Podcast yang akan Anda buat.

  • Menyiapkan Alat yang Mendukung

    Selanjutnya adalah menyiapkan alat untuk membuat Podcast. Anda bisa menggunakan smartphone atau alat perekam khusus untuk merekam suara. Namun, karena yang akan mendengarkan di Podcast banyak orang, untuk itu Anda wajib mempertimbangkan kualitas audio yang akan Anda rekam. Agar kualitas audio tersebut baik, sebaiknya Anda gunakan alat seperti Tafware Mic, atau menggunakan microphone yang ada di laptop Anda dengan bantuan aplikasi suara untuk mendapatkan hasil yang jernih.

    Baca Juga   :    Apa itu Disclaimer : Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

  • Membuat Konten Podcast dengan Seksama

    Konten Podcast adalah hal yang paling krusial karena Anda harus membuat naskah mengenai apa yang akan Anda katakan. Selain itu, susun bagaimana sound atau musik yang akan mengiringi untuk dijadikan transisi antar pembahasan. Urutkan konten tersebut dan juga perkirakan durasinya. Rekam apa yang akan Anda bahas dan usahakan ketika merekam, jangan ada suara lain yang mengganggu, Anda bisa dapat menggunakan ruangan khusus ketika akan merekam suara Anda. Belajar mengulang atau mempraktikkan apa saja yang ditulis dalam naskah Anda adalah salah satu latihan terbaik terlebih lagi jika Anda melakukan live podcast.

  • Edit Rekaman Anda dengan Editing Software Profesional

    Edit rekaman Anda dengan editing software professional khusus untuk mendapatkan hasil rekaman dengan kualitas terbaik serta jernih dari suara latar yang sekiranya mengganggu. Hal-hal yang perlu Anda edit antara lain menghapus bagian salah, jeda yang terlalu lama, menambahkan efek, mengkonversi format yang tadinya audio menjadi mp3, menambahkan meta tag misalnya album, nama artis, no track, dan sebagainya. Salah satu perangkat editing suara yang bisa Anda gunakan seperti Audacity yakni perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengedit audio ataupun merekam audio dengan komputer Linux, Mac, maupun Windows secara gratis.

  • Gunakan Cover dan Judul yang Menarik

    Sebuah cover tentunya mempunyai peranan dalam menarik pendengar untuk mampir, mengklik podcast Anda dan mendengarkannya. Sama seperti YouTube, cover atau thumbnail di platform ini menarik visual mata lebih dulu disertai dengan judul yang tak kalah uniknya. Begitu juga podcast Anda, gunakan cover dan judul yang berbeda namun tetap relevan dengan isi podcast Anda agar pendengar tidak kabur.

 

Baca Juga  :     Tips Menjadi Content Creator Instagram, YouTube dan TikTok di Indonesia

 

Peralatan yang Diperlukan Saat Membuat Podcast

Cara Memulai Podcast dan Persiapan Alat yang Digunakan untuk Podcast
 

Sebelum Anda memulai untuk membuat Podcast, selain telah membuat naska isi konten, tentu saja ada beberapa alat yang perlu disiapkan. Beberapa alat tersebut antara lain :

 

  • Mikrofon

    Mikrofon adalah alat yang paling mendasar yang wajib bagi setiap penyiar podcast. Anda dapat memilih berbagai mikrofon dengan kualitas dan ragam harga yang sesuai dengan budget Anda. Begitu pula jenis tipe mikrofon yang juga menunjang kepraktisan pilihan Anda mulai dari mikrofon USB hingga mikrofon analog tetapi pastikan untuk menggunakan mikrofon yang berkualitas sehingga pendengar bisa mendengarkan suara jernih Anda.

  • Audio interface

    Alat satu ini wajib ada khusus bagi Anda yang menggunakan mikrofon analog. Alat ini sendiri digunakan untuk mengkonversi audio analog menjadi audio digital. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tetap menjaga kualitas audio yang bersih dan jernih meski di dengarkan melalui perangkat berbeda- beda.

  • Komputer atau laptop

    Setelah Anda merekam suara dengan memakai mikrofon, maka Anda bisa mengeditnya. Baik itu untuk memotong suara yang dirasa tidak perlu, suara latar yang mengganggu atau menambahkan editan lain yang diperlukan. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan laptop atau komputer untuk mengedit rekaman suara tersebut.

  • Webcam atau kamera

    Berbeda dengan dulu yang mana Podcast sangat identik dengan audio saja, podcast juga menambahkan visual dalam penyiaran mereka. Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuat Podcast video sangat diperlukan webcam atau kamera yang memadai untuk merekam gambar. Perhatikan kualitas kamera yang Anda gunakan karena itu akan berpengaruh pada kejernihan gambar dan penangkapan serta penyelarasan audio.

  • Digital Audio Workstation

    Digital Audio Workstation merupakan sebuah software yang dapat digunakan untuk memperhalus suara yang sudah direkam. Software ini sendiri memiliki banyak pilihan, seperti PreSonus, Reaper, Wavepad, dan masih banyak lag dan menariknya Anda bisa mendapatkan software ini dengan gratis.

  • Pop Filter

    Software lain yang mungkin Anda perlukan adalah Pop Filter. Software ini dapat Anda gunakan untuk membuat audio Podcast menjadi lebih profesional yang dapat membantu penggunanya untuk menghilangkan noise dan menjernihkan suara rekaman. Hanya saja, software ini berbayar maka jika dirasa tidak diperlukan Anda bisa tidak menggunakannya.

 

Baca Juga  :      Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Membuat channel atau akun podcast merupakan hal yang banyak dilakukan oleh orang- orang saat ini karena peluang hobi ini dapat memberikan mereka kendali penuh akan konten yang ingin mereka bagikan. Pemilik podcast juga bisa melakukan podcast mereka dimana saja dan kebanyakannya melakukan penyiaran online ini dari kediaman pribadi atau bahkan menyediakan studio pribadi. Jadi tidak sekedar kegunaan pribadi, podcast telah meluas menjadi sebuah karir profesional yang menjanjikan meski dikerjakan secara personal.

Hanya saja, dikarenakan ada banyaknya channel podcast di luar sana, Anda harus memikirkan tema dan benang merah untuk podcast Anda. Hindari membahas suatu tema yang sama yang bahkan mungkin sudah pernah dibicarakan dan menjadi suatu tren di masa lalu. Gunakan kreatifitas Anda, lakukan riset sebelum membahas suatu topik dan tentu saja, selalu konsisten untuk membawa konten Anda agar channel podcast Anda akan lebih banyak di dengar.

Related Post :