Tutorial Cara Mengarahkan Domain ke Email Hosting

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Dalam mengembangkan sebuah bisnis. Selain membutuhkan aplikasi ataupun website, kita juga membutuhkan berbagai macam strategi digital marketing. Apalagi dalam mengembangkan bisnis online yang anda miliki. Hampir setiap hari  banyak sekali penawaran online yang dilakukan oleh banyak website atau aplikasi guna bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Begitupula dalam membangun sebuah website, yang harus mempunyai komponen seperti hosting dan domain. Nama situs website anda merupakan gambaran dari produk anda. Maka, dari itu usahakan agar anda memilih nama domain yang berbeda dari lainnya.

Digital marketing sangat luas bahasannya, salah satunya ialah email hosting. Email hosting memang memiliki strategi yang bagus dalam mempromosikan produk anda. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh Email hosting, Lalu bagaimana cara mengarahkan domain ke email hosting? yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa itu Hosting

 

Hosting adalah sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website kita, seperti file HTML, file PHP, ataupun gambar. Hosting dapat juga diibaratkan sebagai flash disk atau hard disk dimana alat tersebut berfungsi sebagai media penyimpan semua file dan data yang ada di komputer kita. Dengan hosting, file yang anda simpan akan bisa diakses pada Internet.

 

Mengenal Apa Itu Email Hosting

 

Email hosting merupakan sebuah layanan yang berfungsi untuk menyimpan data email dan menyediakan fasilitas mengirim serta menerima email.

Layanan Email hosting biasanya menggunakan server khusus yang hanya difungsikan untuk email. Jadi bukan server gado-gado.

Baca Juga : Memilih Web Hosting yang Cocok untuk Blogger

 

Manfaat Menggunakan Email Hosting

 

Setelah anda mengetahui apa itu hosting dan email hosting. nah, keduanya memiliki perbedaan bukan berarti email hosting sama dengan hosting. selanjutnya, apa saja manfaat dari email hosting ini ?

  1. Branding usaha anda makin keren

    Siapa bilang branding usaha anda hanya berkutat pada desain logo, kemasan atau website semata? Email hosting menggunakan nama domain perusahaan tentu menambah nilai lebih pada branding usaha anda. Penamaan domain dengan merek/brand pada email hosting perusahaan anda juga dapat dijadikan senjata untuk meningkatkan brand awareness.

  2. Tidak sekedar keren, tetapi juga meningkatkan reputasi

    Manfaat email hosting satu ini, merupakan hal yang pasti. Dengan menggunakan email hosting menggunakan nama domain perusahaan, tentu akan menambah profesionalitas dan kredibilitas perusahaan anda. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan/klien kepada perusahaan anda. Selain itu, menggunakan email dengan nama domain sendiri juga akan lebih memudahkan pelanggan/klien dalam mengingat alamat email anda.

  3. Terdapat Fasilitas Backup Email

    Dalam berbisnis, pastinya terjadi pertukaran berbagai informasi, penawaran, dan transaksi penting dalam bentuk email. Agar email-email tersebut tidak hilang, Anda memerlukan fitur backup. Sebenarnya penyedia email gratis yang dikenal secara luas seperti Gmail menyediakan fasilitas tersebut. Akan tetapi, fitur backup gratis biasanya terbatas. Pada layanan email hosting, Anda dapat melakukan backup dan restore terhadap semua akun email yang terhubung dengan domain perusahaan Anda.

  4. Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

    Layanan email gratis biasanya hanya menyediakan penyimpanan dengan kapasitas kecil. Akun Gmail, contohnya, hanya memiliki kapasitas 15GB yang digunakan untuk penyimpanan Google Drive dan Google Photos juga. Hal tersebut mungkin bukan masalah dalam penggunaan pribadi. Akan tetapi, banyaknya email yang keluar masuk dalam kegiatan berbisnis tentunya tidak akan muat dalam penyimpanan yang terlalu terbatas.

  5. Dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang siap melindungi

    Email spam menjadi salah satu email yang meresahkan, bukan? Untuk itu, dengan email hosting yang dilengkapi dengan Spam Filtering dan SpamAssasins yang akan melindungi inbox email perusahaan anda dari serangan email spam. Sehingga, tak akan ada lagi ceritanya email hosting anda tiba – tiba penuh karena ulah bombardir email spam.

 

Cara Mengarahkan Domain ke Email Hosting

 

Agar anda bisa menggunakan layanan email hosting anda membutuhkan nama domain. Pada suatu kesempatan ada hal lucu, yaitu ada pelanggan yang membeli paket email ditempat kami.

Kemudian pelanggan tersebut bertanya tentang bagaimana cara mengirim email. selanjutnya pihak IDCloudHost akan mengecek, apabila ternyata domain yang dimasukkan belum aktif atau belum di beli. Ya bagaimana bisa kirim email kalau domain belum di beli.

Sehingga kami menginformasikan ke yang bersangkutan, agar email dapat bekerja dan berjalan maka harus membeli domain juga. Mengarahkan domain kamu ke email hosting, kamu bisa mengikuti panduan berikut:

 

  1. login ke layanan hosting anda.
  2. Klik menu Domain untuk membuka menu My Domains sesuai petunjuk pada gambar
  3. Pilih tombol icon Setting di sebelah kanan domain yang Kamu pilih.
  4. Pilih menu konfigurasi dengan mengeklik icon setting pada menu My Domains
  5. Kamu akan masuk ke menu Setting Domain seperti pada yang ada di bawah
  6. Pada sidebar sebelah kiri, silahkan pilih Setting DNS
  7. Setting DNS
  8.  Pilih tab MX Record kemudian masukkan data MX Record email hosting Kamu. sesuai format berikut ini.

Baca Juga : Tutorial Cara Mengubah Blogspot Menjadi Nama Domain (CloudFlare)

 

Kesimpulan dan Penutup

Email hosting merupakan sebuah layanan yang berfungsi untuk menyimpan data email dan menyediakan fasilitas mengirim serta menerima email. Hal ini berbeda dengan hosting yang memiliki pengertian yaitu sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website kita, seperti file HTML, file PHP, ataupun gambar.

Selanjutnya, anda pasti masih kebingungan dalam menilai apa saja manfaat dari email hosting ini? manfaat dari email hosting ini ialah Email hosting menggunakan nama domain perusahaan tentu menambah nilai lebih pada branding usaha anda.

Mengapa bisa demikian? hal, ini agar menjadikan perusahaan anda lebih gampang di ingat oleh pelanggan. Lalu email hosting juga memiliki  fitur backup email. Sering kali kita lihat bahwa email yang sudah dikirimkan namun tidak mempunyai backupan sehingga kemungkinan data yang dikirim tidak dapat digunakan lagi. Selamat Mencoba!

Related Post :