Cara Mengatasi ‘Your Connection Is Not Secure’ Pada Browser / Website

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sedang asyik berselancar dalam mesin pencari dari sebuah browser, tiba-tiba muncul pesan gangguan berupa ‘Your Connection Is Not Secure’ pada website yang ingin dituju. Tentu hal itu akan sangat mengganggu Anda yang sedang penting mengunjungi website tersebut, hal ini lumrah terjadi. Namun tetap saja merupakan hal yang menjengkelkan untuk dihadapi, entah itu pada website atau justru pada browser yang digunakan.

Tampilan pesan satu ini jika diartikan secara harfiah berarti akses internet yang digunakan tidak aman, pesan tersebut bisa muncul jika terjadi secure socket layer yang mengalami error. Secure Socket Layer atau disingkat dengan SSL sendiri digunakan untuk menjaga keamanan dari informasi yang Anda masukkan ke dalam sebuah website, sistem semacam ini banyak diterapkan dalam beberapa website yang ada. Jadi ketika Anda mengunjungi website dan mendapatkan pesan tersebut, besar kemungkinan bahwa website tersebut tidak terverifikasi atau tidak memiliki sertifikasi yang valid untuk melindungi privasi yang Anda miliki.

Jika mendapati pesan seperti itu, Anda perlu berhati-hati. Namun jika pesan tersebut muncul pada browser yang populer, Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut. Pesan yang muncul tersebut bukan tidak bisa untuk diatasi, ada cara yang bisa mengatasi hal tersebut. Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir untuk mengetahui cara mengatasinya dan mengenal lebih jauh terkait pesan Your Connection Is Not Secure berikut.

 

Apa Itu SSL?

Secure Sockets Layer / SSL adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah sesuatu protocol transfer TCP mengubah menjadi saluran komunikasi yang aman untuk berkomunikasi yang sensitif. Contoh : Paypal, Internet Banking, dan lainnya.

Kemananannya menggunakan kombinasi dari kriptografi kunci publik dan kriptografi kunci simetri bersamaan dengan sebuah infrastruktur sertifikat. Sertifikat adalah kumpulan data identifikasi dalam format yang telah distandarisasi. Data tersebut digunakan dalam sebuah proses verifikasi identitas dari sebuah entitas pada internet.

SSL menyediakan otentikasi terhadap pihak-pihak yang berkomunikasi. SSL dapat mengamankan koneksi antar dua titik dan tidak ada pihak yang dapat melakukan hal-hal yang bersifat destruktif atau mengakses informasi yang bersifat sensitif. SSL menyediakan sebuah saluran komunikasi yang aman tanpa perlu adanya pertemuan kedua pihak kedua pihak yang berkomunikasi untuk melakukan proses pertukaran kunci.

Fungsi SSL komunikasi aman sama fungsi seperti TCP pada komunikasi normal yaitu menyediakan infrastruktur komunikasi standart dimana sebuah aplikasi dapat menggunakannya dengan mudah dan hampir tidak dapat terlihat. SSL menyediakan sebuah komponen penting pada sistem yang aman.

Mekanisme otentikasi seperti penggunaan pada Telnet dan otentikasi HTTP menjadi sangat kuat ketika dieksekusi dengan SSL dibandingkan dengan TCP, dimana pada SLL password tidak lagi dikirim dalam bentuk plainteks. SSL mengenkripsi koneksi bukan data kedua pihak yang berkomunikasi dan tidak mengandung mekanisme untuk otentikasi user atau perlindungan password.

 

Baca Juga  :   Apa itu SSL : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya untuk Website / Aplikasi

 

Pengertian ‘Your Connection is Not Secure’

Cara Mengatasi ‘Your Connection Is Not Secure’ Pada Browser / Website
 

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu apa itu Your Connection is Not Secure tersebut. Bisa dikatakan bahwa istilah tersebut diartikan sebagai peringatan error yang berisi informasi bahwa website yang sedang Anda kunjungi tidaklah aman, sehingga halaman yang ingin Anda kunjungi tidak bisa dibuka. Pesan ini memberikan peran positif sehingga Anda tidak menjadi sembarangan dalam memasuki sebuah website, dengan pesan tersebut Anda otomatis akan menjadi lebih waspada sehingga tidak akan mengunjungi website itu kembali.

Penyebab terjadinya Your Connection is Not Secure sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa hal, bisa karena pengaturan tanggal yang tidak sesuai, antivirus yang terlalu sensitif, data browsing yang terlalu banyak dan masih banyak lagi. Cara paling mudah dan ampuh untuk mengetahui aman atau tidaknya sebuah website bisa dengan melakukan pengecekan pada Secure Socket Layer atau SSL pada URL yang tertera di bar website tersebut. Dengan menggunakan keamanan dari SSL maka website akan otomatis mengubah URL nya menjadi https://, namun hal ini tidak berlaku jika website yang dikunjungi tidak dilengkapi dengan SSL karena alamat URL akan tetap http://. Fungsi utama sebuah SSL adalah untuk membebaskan Anda dari ancaman pencurian data dengan menggunakan proses transfer yang terjadi secara private, bahkan SSL juga mampu memberikan pengaruh penting terhadap performa dari website entah itu dari segi SEO maupun ranking.

 

Baca Juga   :    Rekomendasi Anti-Malware Terbaik untuk Laptop / Komputer OS Windows

 

Cara Mengatasi Your Connection is Not Secure

Cara Mengatasi ‘Your Connection Is Not Secure’ Pada Browser / Website
 

Selain karena website yang tidak aman, browser juga rentan terjadi. Bahkan pada browser yang sudah terkenal seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, jika Anda menjumpai pesan error ini pada salah satu dari keduanya tidak perlu khawatir. Sebab mengatasi error pada keduanya tidak jauh berbeda, berikut ulasannya.

 

  1. Cek Pengaturan

    Jika website yang Anda kunjungi terlihat aman-aman saja namun error masih tetap terjadi, cobalah untuk melihat pengaturan tanggal dan waktu pada komputer yang Anda gunakan. Karena bisa saja pengaturan waktu yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya bisa menjadi penyebab error pada browser yang dipakai, sehingga browser akan mengira bahwa sertifikat keamanan yang dimiliki website sudah mengalami kadaluarsa atau expired. Cek dan gantilah pengaturan tanggal ke angka yang akurat, jika data tanggal dan waktu Anda atur secara otomatis bisa dengan matikan untuk sementara waktu. Dan lakukan pengaturan secara manual, lakukan refresh pada browser yang digunakan dan tunggu hingga error tidak lagi muncul.

  2. Menghapus Data Browsing

    Secara tidak langsung browser yang Anda gunakan untuk melakukan browsing akan menyimpan data semestara ataupun gambar-gambar yang terdapat pada website yang sudah dikunjungi, hal ini terjadi karena penggunaan bandwidth yang bisa lebih berkurang dan loading berjalan dengan cepat. Kondisi ini bisa memicu terjadinya Connection Not Secure, Anda bisa mencoba untuk menghapus data browser seperti pada history browser, download browser, cache and cookies dan sebagainya.

  3. Non Aktif Sementara Fitur pada Antivirus

    Jika error masih saja terjadi setelah Anda mencoba dua cara di atas, bisa jadi error yang terjadi disebabkan oleh antivirus yang Anda gunakan terlalu sensitif. Proteksi yang ketat bisa membuat antivirus melakukan pemblokiran pada berbagai jenis situs, bahkan pada situs yang sudah aman sekalipun. Sehingga jika hal ini yang terjadi Anda bisa mematikan terlebih dahulu fitur scan SSL antivirus untuk sementara waktu, cara ini bertujuan untuk melakukan pengujian apakah antivirus Anda sumber masalahnya atau tidak. Jika website menjadi baik-baik saja setelah dimatikan fitur pada antivirus, bisa dikatakan bahwa antivirus Anda sumber masalahnya. Kalau saja Anda tidak menemukan fitur scan, Anda bisa mematikan antivirus secara total untuk membuka website yang dikunjungi.

  4. Menghapus Pesan Error

    Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah dengan menonaktifkan pesan peringatan error Your Connection is Not Secure pada pengaturan browser Anda, langkah ini tidak begitu direkomendasikan sebab bisa menyulitkan browser untuk mendeteksi situs-situs yang benar-benar tidak aman sehingga bisa mengganggu dan mengancam keamanan browser Anda.

  5. Scan Perangkat

    Solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan scan malware secara keseluruhan pada perangkat Anda dengan menggunakan antivirus yang ada, karena virus-virus yang ada tanpa disadari dan tidak terdeteksi bisa mengganggu Anda saat menjelajah situs di Internet.

 

Baca Juga  :     Mengenal Protokol Secure Sockets Layer (SSL)

 

Kesimpulan dan Penutup

Your Connection is Not Secure bukanlah sesuatu yang baru, ia bisa terjadi pada siapa saja. Pesan error ini akan sangat mengganggu ketika Anda sedang asyik berselancar di halaman internet, tidak hanya pada website error semacam ini juga bisa terjadi pada browser yang digunakan. Bahkan bisa terjadi pada browser terkenal seperti Google, namun tidak perlu khawatir ketika menemukan kendala ini. Anda bisa mengatasinya secara mandiri, tanpa harus menemui ahlinya.

Setelah mengetahui lebih lanjut terkait Secure Socket Layer dan informasi terkait connection not secure, Anda harus lebih berhati-hati dalam mengunjungi website-website yang ada di halaman internet. Anda juga perlu untuk mengetahui cara mengatasi jika terjadi pesan error satu ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Related Post :