Rekomendasi Anti-Malware Terbaik untuk Laptop / Komputer OS Windows

Development & Security, Web Security / 0 | | 1

Kegiatan untuk melakukan browsing di internet merupakan hal yang mungkin dilakukan banyak orang setiap harinya. Browser sangat berguna karena memberikan banyak informasi, menyediakan semua hal yang Anda butuhkan, juga dapat mengunduh lagu, film, dan lain-lain. Mesin pencari atau browser ini memang dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia. Namun ada kalanya browser menjadi musuh bagi Anda karena dapat menyebabkan laptop atau komputer terserang oleh malware.

Jika Anda sering melakukan browsing di internet terutama membuka website yang tidak menggunakan SSL, biasanya rawan sekali terhadap ancaman malware. Selain itu bagi Anda yang suka mendownload software, film dan jenis file lainnya perlu berhati-hati karena biasanya ada malware yang sengaja disisipkan pada saat download. Untuk bisa mendeteksinya secara langsung nampaknya susah, Anda perlu menggunakan software anti malware pada komputer atau laptop.

Hingga saat ini banyak antivirus yang terbukti ampuh mendeteksi dan juga menghapus virus. Banyak orang berpikir bahwa antivirus dan anti-malware itu merupakan hal yang sama, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda. Seringkali antivirus juga tidak terbukti ampuh dalam memberantas malware. Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini karena sekarang sudah terdapat solusi untuk mengatasi malware ini yaitu berupa perangkat lunak atau software.

 

Pengertian Malware

 

Banyak orang yang beranggapan bahwa Malware dan Virus itu sama. Pengertian malware (Malicious Software) adalah program jahat yang dibuat dengan tujuan untuk merusak dan menyusup kedalam sistem komputer pengguna. Malware biasa menyebar melalui internet dengan file download, layanan email dan program komputer yang terinfeksi. Bahaya dari malware adalah merusak sistem komputer pengguna sehingga tidak bisa digunakan dan tindakan pencurian data dan informasi penting yang ada pada komputer. Malware bisa menghapus, mengubah, dan juga mengambil file komputer target tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Malware pada umumnya datang dari aplikasi yang Anda unduh (.exe), namun terkadang bisa juga berasal dari iklan yang muncul saat melakukan browsing internet. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena malware sebenarnya bisa dibersihkan, asal menggunakan antimalware yang tepat dan sesuai.

 

Baca Juga :   Mengenal Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware dan Worm

 

Rekomendasi Anti Malware Untuk Laptop atau Komputer

 

Sebagian besar aplikasi anti malware merupakan aplikasi gratis, bagaimanapun juga biasanya aplikasi anti malware ini tidak memiliki kemampuan untuk memblokir virus secara realtime, opsi penjadwalan dan hal-hal seperti analisis perilaku atau perlindungan terhadap phishing. Untuk menghilangkan pembatasan ini, pengguna perlu meng-upgrade ke versi berbayar jika tersedia. Keterbatasan lain adalah bahwa produk seperti ini biasanya hanya diperuntukan untuk penggunaan pribadi saja, oleh karena itu secara teknis tidak diperbolehkan untuk menjalankannya pada komputer dalam jaringan perusahaan.

 

  1. TotalAV

    TotalAV adalah pendatang baru di ruang anti-malware tetapi kemampuan memerangi malware yang kuat telah membantunya mendapatkan reputasi tinggi di dunia cybersecurity. Terlepas dari perlindungan malware dan virus penuh, TotalAV juga dilengkapi dengan banyak fitur tambahan seperti:

    • Performance & Optimization Tools: membersihkan hard disk Anda dan membuat perangkat Anda berjalan dengan lancar.
    • Safe Site: ekstensi peramban yang membantu Anda menghindari situs palsu dan penipuan “phising” yang menipu Anda untuk menyerahkan informasi pribadi Anda.
    • Password Vault: menjaga kredensial login Anda terorganisir dan aman.
    • Safe Browsing: Virtual Private Network (VPN) dengan data tanpa batas.
  2. Norton AntiVirus

    Banyak yang mempercayai Norton AntiVirus sebagai anti malware karena teliti saat scan virus hingga ke akar-akarnya. Tidak hanya itu Norton juga dilengkapi fitur Languard yang berguna untuk scan data di PC yang akan di bagikan. Norton 360 sejauh ini merupakan anti-malware terbaik. Ia menggunakan kecerdasan buatan sebagai bagian dari mesin pendeteksi malware, melindungi dari ransomware, spyware, dan banyak virus lainnya. Norton 360 juga memiliki sejumlah besar fitur tambahan, termasuk:

    • Parental Controls: memblokir situs yang tidak pantas dan memungkinkan Anda memantau aktivitas online pengguna di rumah Anda.
    • Secure VPN: merahasiakan data Anda saat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi public dan memungkinkan Anda mengakses situs yang tidak dapat diakses di wilayah Anda.
    • Privacy Manager: menghasilkan password yang kuat, menyimpannya dengan aman, dan membantu Anda login ke akun Anda dengan satu klik.
    • Cloud Backup: menyediakan penyimpanan online dengan keamanan tinggi untuk dokumen sensitif Anda.
      Perlindungan kelas dunia Norton adalah pilihan tepat bagi siapapun yang membutuhkan program anti-malware yang kuat dan menyeluruh.
  3. Malwarebytes

    Malwarebytes adalah salah satu paket software melawan malware pertama di pasar dan itu masih salah satu yang terbaik di tahun 2020.anti-malware-3 Malwarebytes mudah digunakan, sangat dapat disesuaikan, dan intuitif. Malwarebytes Premium adalah produk antivirus dan anti-malware yang sepenuhnya mampu, menawarkan real-time protection dan analisis perilaku.
     
    Ada versi gratis dari Malwarebytes (yang aktif setelah uji coba gratis selama 14 hari) tetapi itu saja tidak cukup baik untuk dianggap sebagai antivirus mandiri. Malwarebytes memiliki salah satu mesin pemindaian anti-malware terbaik di luar sana. Walaupun versi gratisnya hanya bagus ketika menggunakan antivirus dengan real-time protection, Malwarebytes Premium memiliki beberapa perlindungan anti-malware 100% terbaik. Jika Anda membutuhkan program anti-malware yang solid dan ringan dengan pendekatan yang efisien untuk cybersecurity, Malwarebytes adalah pilihan yang bagus.

  4. Norman Malware Cleaner

    Norman Malware Cleaner merupakan salah satu software terbaik dalam mendeteksi dan menghapus malware. Software anti-malware ini otomatis akan menghapus malware yang terdeteksi tanpa bertanya kepada pengguna komputer. Norman juga akan memberhentikan proses yang diduga malware serta akan mengembalikan registry yang terinfeksi malware ke nilai yang benar. Software ini juga menjaga performance komputer agar tetap stabil.

  5. AdwCleaner

    Saat ini adware semakin merajalela di mana-mana. Ancaman buruk dari adware dapat mengacaukan aktivitas berselancar web seseorang dengan menambahkan iklan berlebihan ke tiap halaman, mengganti default browser secara paksa dan menginstal perangkat lunak berbahaya lainnya. AdwCleaner dari Xplode dapat mendeteksi semua infeksi ini.
     
    AdwCleaner adalah aplikasi ringan yang berfokus pada menghilangkan PUP(Potentially Unwanted Program), pembajakan dan toolbar agresif yang menginstal pada web browser populer tanpa otorisasi admin. Scan AdwCleaner sangat akurat dan membutuhkan sedikit waktu untuk menyelesaikannya. Selain pemusnahan adware yang sangat baik, AdwCleaner dapat menggagalkan serangan adware yang disebabkan paket aplikasi yang menjadi host untuk konten yang meragukan.

  6. Bitdefender

    Kecerdasan buatan dan mesin anti-malware berbasis pembelajaran mesin mendeteksi 100% file malware secara real-time. Itu berhasil mendeteksi, memblokir, dan menghapus semua malware sangat cepat (hampir secara instan menempatkan file di karantina dan menghapusnya dari PC). Bitdefender juga termasuk:

    • Optimasi perangkat one-click.
    • Alat keamanan internet.
    • Gaming and movie modes.
    • Microphone and webcam breach protection.

    Bitdefender juga merupakan salah satu alat anti-malware termudah. Harga paket Premium Security termasuk VPN tak terbatas Bitdefender cukup mahal dibandingkan dengan paket Norton 360 Premium, yang mencakup VPN dengan harga yang jauh lebih murah.

 

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Malware Serta Cara Mengatasi / Menghindari

 

Kesimpulan dan Penutup

Rekomendasi diatas dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk mengatasi masalah di laptop atau komputer Anda yang terkena malware. Dapat juga sebagai tindakan pencegahan dari masuknya malware ke komputer atau laptop Anda. Banyak software yang dapat digunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar. Bedanya adalah dari segi fitur, software yang berbayar memiliki fitur yang jauh lebih lengkap daripada fitur yang gratis. Tidak ada salahnya untuk mencoba apabila itu merupakan suatu kebutuhan penting untuk Anda.

Sebaiknya juga jika ingin melakukan browsing di internet carilah website yang sudah menggunakan SSL. Jika tidak maka kemungkinan laptop atau komputer Anda terkena malware akan tinggi. Hindari mendownload lagu, video, game pada website yang ilegal karena bisa jadi website tersebut sudah dimasuki malware. Sehingga apabila laptop atau komputer Anda belum dipasangi anti malware lama kelamaan akan merasakan akibat dari malware tersebut.

Related Post :