Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Adanya kemajuan dibidang teknologi seperti saat ini memang menjadikan berbagai aktivitas semakin mudah dilakukan, termasuk salah satunya kemudahan mengirim foto. Hal tersebut juga ditunjang oleh berbagai aplikasi pesan maupun jejaring sosial yang mempunyai fitur berbagai foto atau gambar. Akan tetapi, Anda pasti sering mengalami kendala ukuran foto yang terlalu besar sehingga mengharuskan Anda mengecilkan ukuran foto tersebut. Ketika Anda mengecilkan ukuran foto, biasanya ukuran foto yang semakin kecil membuat kualitas foto menjadi menurun. Akibatnya, foto yang telah dikecilkan ukurannya tersebut menjadi rusak atau pecah. Hal ini pasti sangat mengganggu terutama bagi Anda yang berencana menggunggah atau menyimpan foto.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kini banyak aplikasi komputer yang dikhususkan untuk mengecilkan ukuran foto. Adapun beberapa aplikasi komputer yang dimaksud antara lain CorelDraw, Photoshop, Paint dan sebagainya. Selain komputer, aplikasi serupa juga telah hadir di smartphone sehingga dapat membantu Anda mengecilkan ukuran berbagai foto sesuai kebutuhan. Meskipun saat ini banyak bermunculan aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto, namun tidak semua aplikasi tersebut mudah dipergunakan. Jika Anda merasa kesulitan memakai aplikasi saat mengecilkan size foto,

Anda bisa mencoba mengecilkan size foto secara online. Caranya cukup mengakses situs-situs yang menyediakan fitur meresize foto secara online secara gratis, sehingga ukuran foto Anda akan mengecil tanpa mengurangi kualitasnya. Mengecilkan size foto baik melalui aplikasi atau tidak merupakan pilihan Anda. Pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kenyamanan serta kepraktisan. Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman mengecilkan ukuran foto, di bawah ini akan dijelaskan cara meresize foto tanpa mengurangi kualitas secara lebih mudah

Baca Juga : Cara Membuat Surat Keterangan Domisili Untuk Berbagai Keperluan dan Contohnya 

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Mudah

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah
 

Bagi Anda yang selama ini memiliki kendala dalam mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto secara mudah, terdapat beberapa cara yang bisa Anda praktikkan. Tentunya cara-cara tersebut dapat Anda coba praktikkan baik secara online, offline maupun melalui aplikasi. Berikut cara-cara mengecilkan size foto tanpa mengurangi kualitas foto secara mudah yang perlu Anda ketahui :

 

  1. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online

    Mengecilkan size foto secara online memang cukup mudah dilakukan karena Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi baik melalui komputer maupun smartphone. Tak perlu khawatir, karena cara mengecilkan ukuran foto secara online ini bisa Anda lakukan melalui smartphone maupun PC.
     
    Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan yaitu silahkan kunjungi situs www(dot)imagecompress(dot)com/id/ melalui browser yang Anda inginkan. Lalu klik opsi unggah file yang ada di bagian tengah layar, kemudian pilihlah foto yang ingin Anda resize. Selain cara tersebut, Anda bisa melakukan drag adn drop foto secara langsung dari file manager menuju ke browser. Melalui cara ini, Anda bisa meresize hingga 20 foto sekaligus.
     
    Nantinya foto yang telah dipilih secara otomatis akan diunggah serta dikompres menjadi ukuran yang kecil tanpa mengurangi kualitasnya. Tunggulah beberapa saat sampai proses pengunggahan serta pengompresan selesai dilakukan. Sesudah proses tersebut selesai, Anda bisa langsung mengunduh foto tersebut. Namun jika Anda merasa ukuran foto masih belum sesuai keinginan, Anda bisa melakukan scroll ke bawah serta mengubah level kompresnya sesuai keinginan.
     
    Sesudah proses tersebut selesai, Anda bisa melihat dua versi foto yaitu foto yang belum dikompres dan yang sudah selesai dikompres. Di bagian sebelah foto juga akan terlihat slider indikator kualitas dari foto tersebut dan bisa Anda naikkan atau turunkan. Bila ukurannya sudah sesuai keinginan, silahkan klik unduh semua agar foto-foto hasil kompresan tersebut dapat terunduh di smartphone atau PC.

  2. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan PC Windows

    Bagi Anda yang setiap harinya bekerja di depan komputer tetapi tidak selalu terhubung dengan jaringan internet maka cara yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Sebab Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi apapun karena hanya perlu menggunakan aplikasi Photos dari Windows.
     
    Langkah untuk menerapkan cara mengecilkan ukuran foto memakai PC Windows pertama Anda harus mencari serta memilih foto yang akan dikecilkan ukurannya melalui file manager. Kemudian klik kanan pada foto tersebut, pilih Open With pada menu lalu pilih opsi Photos. Sesudah foto Anda terbuka melalui Photos, silahkan klik tiga titik pada bagian sisi kanan atas layar. Lalu akan muncul menu drop down dan klik resize.
     
    Anda bisa memilih ukuran yang diinginkan mulai dari small, medium hingga large. Kemudian pilih ukuran yang Anda inginkan hingga muncul window Save As yang berfungsi untuk menyimpan foto yang sudah diresize. Simpanlah foto tersebut pada folder yang diinginkan dan berikan nama baru pada file foto tersebut dan klik save.

  3. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Ponsel Android

    Mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya, dapat Anda lakukan dengan memakai aplikasi di ponsel android. Jenis aplikasi yang bisa Anda pergunakan pada ponsel android tersebut yaitu Photo Compress Resize yang dikembangkan Lit Photo. Cara menggunakan aplikasi ini yaitu pertama Anda harus menginstall aplikasi melalui Google Play Store.
     
    Kemudian buka aplikasi yang sudah terinstall dan pilih menu Compress Photos. Anda bisa memilih foto yang akan dikompres hingga mencapai 100 foto sekaligus. Sesudah Anda selesai memilih foto, silahkan klik tanda centang di bagian kanan atas dari aplikasi. Anda akan diberikan dua opsi untuk mengecilkan ukuran foto yaitu mengecilkan foto berdasarkan ukuran atau kualitasnya. Apabila Anda memilih opsi kualitas, silahkan geser slider sampai mencapai persentase kualitas yang Anda inginkan.
     
    Dengan semakin besar persentase maka akan semakin besar pula ukuran maupun kualitasnya dan begitu juga sebaliknya. Sedangkan bila Anda memilih opsi ukuran, maka Anda dapat mengecilkan ukuran foto tersebut secara lebih spesifik. Contohnya untuk hasil kompres foto berukuran 200 KB, silahkan geser slider ke angka 200 KB. Ketika ukuran dan kualitas foto sudah sesuai keinginan, selanjutnya silahkan klik Start Compresing. Lalu tunggulah beberapa saat hingga foto Anda akan secara otomatis tersimpan pada folder LitPhoto. Nantinya foto yang sudah diakses pada File Manager atau Gallery.

Baca Juga : Tokoh Inspiratif yang Bisa dijadikan Motivasi untuk Kesuksesan Hidup 

 

Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini menjadikan proses mengecilkan ukuran foto semakin mudah dan cepat dilakukan. Bahkan Anda tak perlu khawatir lagi karena proses pengecilan ukuran foto tersebut sama sekali tidak akan berpengaruh pada kualitasnya sehingga foto tidak akan pecah atau rusak. Proses mengecilkan size foto dapat Anda pilih baik menggunakan PC atau smartphone sesuai dengan kenyamanan Anda.

Baca Juga : Cara Melakukan Screenshot Di Laptop Windows dan Mac OS (Macbook) 

Kesimpulan dan Penutup

Bagi Anda yang belum pernah mengecilkan ukuran foto sendiri, maka cobalah untuk menerapkan cara-cara di atas karena dijamin praktis dan mudah. Kebutuhan ukuran foto yang kecil dan berkualitas kini bukan lagi menjadi suatu hal yang sulit karena Anda bisa mempersiapkannya kapan saja dan dimana saja tanpa mengeluarkan biaya.

Jadi bagi Anda yang sedang membutuhkan foto berukuran kecil dan berkualitas untuk berbagai kebutuhan maka Anda bisa mengecilkan sendiri ukuran foto tersebut. Bahkan Anda bisa memilih ukuran dan kualitas yang diinginkan sehingga foto tersebut berukuran kecil tanpa mengalami penurunan kualitas. Terlebih proses mengecilkan ukuran foto dapat dilakukan melalui smartphone sehingga semakin praktis dan ekonomis.

Related Post :