Cara Mengetahui Alamat IP Website dengan Mudah dan Cepat

Development & Security, Serba Serbi, Technology, Tips & Tricks, Web Security / 0 | | 0

Internet adalah sebuah tempat yang tepat bagi penggunanya untuk mengumpulkan berbagai macam informasi. Jutaan bahkan milyaran informasi bisa diakses dengan begitu mudah dan cepat. Penggunaan internet pun bisa dibilang sangat mudah. Bahkan, untuk orang awam pun dapat dengan mudah menggunakan internet.

Dibalik penggunaan internet yang serba mudah dan cepat tersebut terdapat beberapa faktor komponen yang menunjangnya. Salah satunya adalah IP Address. IP Address inilah yang turut membantu pengguna internet mencari informasi yang tersebar secara online. IP Address seperti sebuah jembatan yang menghubungkan pengguna dengan informasi yang ingin diperoleh.

Sebagai pengguna internet yang aktif istilah “IP Address” pastinya sering kita jumpai. Namun, ternyata banyak dari kita yang belum tahu secara detail mengenai pengertian IP Address, manfaatnya, fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya. Nah, dalam artikel ini kita akan menemukan jawabannya bersama-sama.

 

Mengenal Apa Itu Address?

 

Jadi, Apa itu IP Address? IP Address (Internet Protocol Address) adalah sebuah identitas angka yang digunakan semua perangkat komputer agar saling berhubungan dalam jaringan internet. IP Addres juga sering disebut sebagai seperangkat aturan yang mengatur kegiatan internet dan membantu memberikan fasilitas dalam menyelesaikan tindakan di internet. Sebuah IP Address terdiri dari sekumpulan angka-angka. Angka-angka tersebut dikelompokkan menjadi 4. Setiap kelompok angka tersebut terdiri dari 1 sampai 3 digit angka. Rentang angka dalam IP Address berkisar antara 0 sampai dengan 255. Contoh IP Adress adalah 192.168.38.1.

Di dalam sebuah IP Address terdapat 2 bagian yaitu Network ID dan Host ID. Network ID adalah bagian dari IP Address yang memberitahu dimana jaringan itu aktif. Dalam contoh diatas Network ID ditunjukkan dengan 3 angka di awal. Sedangkan Host ID adalah bagian dari IP address yang merujuk pada identitas perangkat dalam jaringan. Dalam contoh diatas Host ID terletak pada angka yang terakhir.Dalam sebuah jaringan, Network ID dapat dianalogikan sebagai sebuah perumahan. Sedangkan, Host ID adalah nomor-nomor rumah yang ada dalam perumahan tersebut.

Lantas IP Address ini juga bisa temukan dibalik domain-domain website. Sebenarnya website tanpa domain hanyalah sebuah kumpulan ip address. Dengan bantuan domain ini yang berguna sebagai pembungkus sehingga mudah diingat maka ip address agaknya sulit untuk dilihat. Nah, maka dari itu pada kesempatan artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara melihat ip address atau alamat ip pada sebuah website. Caranya sangatlah mudah dan simpel ada hanya bermodal tersambung dengan internet kalian bisa melihat ip address sebuah website. Pada bagian selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana cara mengetahui ip address dari sebuah website.

 

Baca Juga :   Cara Cepat Melihat IP Address di Laptop [Valid]

 

Manfaat Pencarian IP

 

Asalkan kalian tahu, ada lebih dari satu cara untuk mengakses situs web. Anda dapat melakukannya dengan nama domainnya atau dengan alamat IP. Anehnya, banyak pemasar Internet meremehkan pentingnya memastikan portal sama mudahnya untuk dikunjungi menggunakan kedua cara tersebut. Tidak memerlukan keterampilan teknis lanjutan untuk menemukan alamat IP situs web. Dan menggunakan alat pemeriksa IP yang tepat dapat membantu Anda dengan pengoptimalan mesin telusur.

Ingin tahu bagaimana pemeriksa IP dasar dapat membantu Anda meningkatkan SEO? Manfaat lain apa yang dapat Anda peroleh dari pencarian domain? Ayo lihat! Mereka membantu menolak situs (tautan) yang tidak relevan. Mesin pencari seperti Google cenderung menghubungkan portal Anda dengan alamat IP terkait. Jika situs ini curang atau tidak relevan, hal itu dapat berdampak negatif pada peringkat mesin telusur situs Anda.

Dengan beberapa alat pencarian IP, Anda dapat mengetahui tentang platform berbahaya atau tidak relevan yang ditautkan ke platform Anda. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menolak situs dan tautan ini menggunakan salah satu alat daring yang tersedia.

  • Kanonikalisasi IP. Pemeriksa IP dapat membantu memastikan bahwa nama domain dan IP menyelesaikan ke alamat situs web yang sama (proses ini disebut “kanonikalisasi IP”). Jika Anda tidak membuat domain dan IP Anda menghasilkan URL yang sama, mesin telusur dapat membagi lalu lintas situs Anda di antara beberapa laman. Pada gilirannya, ini dapat berdampak negatif pada SERP Anda.
  • Peningkatan keamanan. Anda dapat memblokir situs web palsu dan situs yang dipenuhi malware, serta email yang tidak diinginkan. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan keamanan komputer Anda.
  • Akses ke informasi tentang pemilik portal. Banyak layanan (seperti pemeriksa WHOis) menawarkan data mendalam tentang pemilik situs web. Itu termasuk geolokasi dan informasi kontaknya. Anda dapat menggunakan info ini untuk menjangkau mereka (misalnya, untuk mendapatkan tautan balik atau mengatur rencana pemasaran).

 

Baca Juga :     Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah

 

Cara Cek IP Website Melalui Command Prompt (Windows, Linux, Mac)

Setiap sistem operasi memiliki prompt perintah yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pencarian IP situs web. Hampir tidak membutuhkan keterampilan dan hanya membutuhkan beberapa langkah. Mari kita lihat cara kerjanya di OS paling populer. Buka Command Prompt di Windows (“Command Shell” – untuk Linux; “Network Utility” – di Mac).

Masukkan perintah berikut:

  • Untuk Windows: Ketik “ping”, alamat situs web, tambahkan “-t” (dengan spasi di antara setiap bagian perintah). Ini akan terlihat seperti: ping google.com -t. Lalu, tekan “Enter”.
  • Untuk Mac: Klik pada bagian “Traceroute” dan masukkan alamat situs web.
  • Untuk Linux: Seperti di Windows, ketik “ping” dan masukkan URL domain untuk melakukan pencarian IP situs web dengan cepat.

 

Cek IP Address dengan Website IP Checker Tools

Ada cara lain untuk melakukan pencarian IP standard dan reverse. Untuk mendapatkan akses ke informasi tambahan, termasuk info DNS dan catatan IP historis, Anda dapat memanfaatkan berbagai alat dan layanan pemeriksa IP situs web yang tersedia secara online. Kami pikir itu adalah cara termudah dan tercepat untuk mengetahui informasi yang diperlukan tentang lokasi dan pemilik sebagian besar platform online. Dan ada banyak sekali layanan seperti ini di Internet, baik gratis maupun berbayar.

Seperti yang kami sebutkan, ada berjuta layanan pemeriksa IP situs web di luar sana. Masing-masing dapat dengan mudah menjawab pertanyaan: “Siapa yang menghosting portal ini?”. Namun, beberapa layanan menawarkan beberapa wawasan tambahan. Berikut adalah daftar dari beberapa layanan pemeriksa IP paling populer yang pasti patut Anda perhatikan. Mari kita dalami!

  1. WhatIsMyIpAddress

    Kami memulai daftar ini dengan alat pencarian IP dasar (dan gratis). Bertentangan dengan namanya, WhatIsMyIPAddress dapat memeriksa situs web apa pun. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan nama host (alamat domain) ke kolom dan klik “Cari Alamat IP.” Anda akan mendapatkan informasi IPv4 dan IPv6 dalam sekejap. Klik salah satu alamat yang diberikan untuk mendapatkan statistik lebih rinci tentang domain. Ini berisi nama host situs web, ASN, ISP, jenis IP (statis atau khusus). Bahkan ada bagian komentar untuk setiap domain.

  2. DNS Checker

    DNS Checker adalah alat sederhana dan berguna untuk pencarian IP situs web dengan fungsionalitas tambahan. Ini juga memungkinkan Anda untuk melihat DNS dan data lokasi yang dikumpulkan dari berbagai server di seluruh dunia. Cukup masukkan alamat situs web yang ingin Anda periksa. Alat ini akan menunjukkan kepada Anda siapa yang menghosting domain ini dari lebih dari 25 server DNS. Ini dapat membantu Anda untuk melihat apakah ada negara yang tidak dapat mengakses domain tertentu. Anda juga dapat menambahkan server DNS khusus untuk menguji wilayah tertentu. Selain itu, ada pencarian lokasi IP yang sangat mudah. Ini memungkinkan Anda untuk melihat geolokasi domain yang tepat, serta memberi Anda info lengkap (misalnya, lintang, bujur, dan ISP).

  3. Domain IP Lookup

    Domain IP Lookup Tool adalah layanan gratis fantastis lainnya yang dibuat oleh Small SEO Tools. Ini adalah pemeriksa massal yang memungkinkan Anda memeriksa dengan cepat beberapa alamat IP situs web secara bersamaan. Masukkan hingga 10 alamat domain dan tekan “Pencarian IP Domain” untuk segera mendapatkan akses ke info yang diperlukan. Alat tersebut menunjukkan lokasi yang tepat, zona waktu, ISP, dan info kontak pemilik domain. Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk membantu Anda dalam pengoptimalan mesin pencari. Bagaimana? Itu dapat menemukan alamat IP situs web yang ditautkan ke portal Anda oleh mesin telusur Google. Kemudian, Anda dapat menolak tautan ke situs yang tidak relevan atau berbahaya, yang dapat meningkatkan peringkat mesin telusur Anda.

  4. IP Checker

    Ingin mempelajari tentang asal mula email berbahaya atau tidak diinginkan untuk memblokirnya? Dengan IP Checker oleh Geotek IT-Outsourcing, Anda dapat dengan mudah mengetahui lokasi, pemilik, dan penyedia domain, situs web, atau alamat IP apa pun. Alat ini menampilkan ARIN dan WHOdata kontak untuk platform apa pun (di mana pun lokasinya). Selain pencarian IP, situs ini memiliki fungsi berguna lainnya. Ini termasuk pemindai virus, pemeriksa port TCP / UDP, dan bahkan REST API untuk pertanyaan data geolokasi. Anda dapat memeriksa semua alat ini tanpa biaya.

  5. Who.is

    Dengan Who.is, Anda dapat mengakses berbagai informasi domain dengan melakukan pencarian IP standar dan IP terbalik. Selain itu, Anda dapat memeriksa informasi tentang pemilik portal, penyedia, dan menemukan alamat kontak mereka. Ingin mendapatkan nama domain baru? Sebagai tambahan, Anda dapat menggunakan Who.is untuk melihat domain yang tersedia untuk dibeli.

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengecek Ip address website melalui command prompt dan website checker ip tool. Mengencek sebuah ip address ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, bukan hanya menjawab penasaran anda ternya terdapat manfaat lain di dalamnya. Nah hal ini didukung dengan kemudahan mengecek ip addres dengan membuka command promot di berbagai OS kalian atau dengan website ip checker tool.

Dengan command prompt kalian harus mengetikkan command yang tentunya berbeda di setiap sistem operasi. Sedangkan, Alat pemeriksa IP situs web menawarkan cara termudah dan paling praktis untuk memperoleh informasi tentang domain apa pun. Dan, seperti yang Anda lihat, bahkan layanan gratis dapat bermanfaat bagi pengguna biasa dan pemilik situs web. Demikianlah artikel mengenai cara mengetahui alamat ip website dengan mudah dan cepat.

Related Post :