Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

IP Address merupakan sebuah alamat untuk mengidentifikasi atau mengenali tiap perangkat yang terkoneksi ke internet. Biasanya IP Address berupa sederet angka dan tentu saja perangkat yang berbeda juga memiliki IP yang berbeda. Ada banyak sekali fungsi dari IP Address ini, antara lain untuk melihat sebesar apa sebuah jaringa, mengenali skala jaringan yang dipakai dan lain-lain. Lantas, mengapa cara cek IP Address diperlukan?

Di dalam jaringan internet, umumnya terdapat IP Adress internal dan eksternal. Pengertian yang lebih sederhana, IP Adress eksternal merupakan alamat IP yang dapat dihubungi perangkat lain di internet. Berbeda dengan IP Address internal yang menandai setiap lokasi pada jaringan loka, jarang sekali orang yang memedulikan keberadaan IP Address ini, padahal sebenarnya IP Address merupakan informasi yang penting.

Karena, Anda bisa saja membutuhkannya sewaktu-waktu ketika tengah mengatur setup dimana terkait juga dengan koneksi internet, jadi penting untuk mengeceknya. Untuk mengecek alamat IP sendiri bisa dilakukan baik di komputer, laptop maupun smartphone dengan tahap yang berbeda. Berikut adalah cara cek IP Address di berbagai perangkat yang bisa Anda coba terapkan sendiri.

 

Cara Cek IP Address pada Komputer dan Laptop

Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah
 

 

Apabila komputer ataupun laptop Anda terhubung jaringan lokal dan jaringan internet, sudah bisa dipastikan bahwa perangkat elektronik tersebut mempunyai IP Address sebagai alamat untuk mengidentifikasi perangkat milik Anda. Untuk cara cek IP Address pada komputer dan laptop, bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini.

 

  • Menggunakan command prompt

    Yang pertama harus Anda lakukan jika mengecek alamat IP Address melalui cara ini yaitu dengan membuka command prompt dulu. Caranya mudah, yaitu dengan mengklik Start, kemudian klik Run pada kolom pencarian. Ada juga cara yang lebih mudah yaitu dengan menekan Win + R di keyboard. Ketika jendela Run sudah muncul, ketik “cmd” di kolom yang sudah tersedia. Setelah itu jendela Command Prompt akan muncul.
     

    Di jendela command prompt tersebut, kamu harus mengetik ipconfig lalu tekan enter. Tunggu sebentar sampai command prompt menunjukkan IP Configuration dari perangkat kamu. Tidak hanya IP Address yang ditunjukkan, namun juga ada informasi lainnya contohnya adalah default gateway.

  • Mengecek alamat IP lewat website

    Kalau ingin menggunakan cara ini untuk mengecek alamat IP, maka pastikan dulu bahwa perangkat komputer atau laptop Anda sudah terhubung dengan internet. Terdapat banyak website atau situs yang bisa dibuka untuk mencari informasi terkait alamat IP Address pada komputer dan laptop. Salah satunya adalah www(dot)whatismyipaddress(dot)com. Setelah membuka situs tersebut melalui browser, nantinya pada halaman utama dari website akan memberikan informasi mengenai IP Address dari perangkat dan juga beberapa informasi lain. Contohnya city, service, ISP, dan masih banyak lagi.
     

    Website lain yang juga menyediakan layanan untuk mengecek IP Adress pada komputer dan laptop adalah www(dot)ipaddress(dot)com. Untuk cara kerjanya, pilihlah menu My IP yang biasanya terdapat di bagian atas pada halaman website. Setelahnya, halaman website tersebut akan menunjukkan IP Adress dari laptop atau komputer saat ini, begitu juga dengan informasi seperti sistem operasi, kota, negara, zona waktu, ISP, Netspeed dan Proxy.

  • Menggunakan Control Panel

    Untuk cara cek IP Address pada komputer dan laptop yang terakhir ini tidak perlu terhubung dengan jaringan internet. Anda hanya perlu untuk mengklik Start, lalu pilih Control Panel, kemudian pilih Network and Internet dan Network and Sharing Center. Setelah itu, klik progil koneksi yang Anda gunakan. Klik kanan di profil koneksi itu, nani akan muncul pilihan status. Disana terdapat jendela yang isinya konfigurasi alamat IP dari komputer. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa mengklik details.

 

Baca Juga :      Mengenal Apa itu URL dan Fungsinya untuk Website

 

Cara Cek IP Address pada HP / Smartphone

Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah
 

Apabila sebuah HP atau smartphone terhubung pada jaringan dan koneksi internet, tentu saja smartphone tersebut juga mempunyai IP Address. Berikut adalah beberapa cara untuk mengecek alamat IP melalui smartphone :

 

  • Melalui Situs

    Jika smartphone Anda sedang terkoneksi dengan internet, ada beberapa situs yang bisa Anda buka untuk mengetahui informasi mengenai IP Address dari smartphone. Cara ini sangat mudah dilakukan baik bagi pengguna Android maupun iOS dan kamu hanya perlu membuka aplikasi browser pada smartphone saja. Beberapa situs yang menyajikan layanan mengecek alamat IP antara lain adalah www(dot)locallhost(dot)com dengan tampilannya yang sederhana dan hanya memberi informasi alamat IP Address pada smartphone.
     

    Selanjutnya ada www(dot)intip(dot)net yang menampilkan beberapa informasi lain selain alamat IP, yaitu negara serta host name. Terakhir ada www.(dot)psaya(dot)com yang memberi banyak informasi yaitu IP Address, browser, jenis koneksi, kota, negara, proxy dan lain-lain. Mengetahui IP Address melalui website atau situs seperti ini lebih direkomendasikan bagi Anda yang tidak ingin ribet dan lebih suka cara cepat. Namun syarat utamanya tentu menggunakan koneksi internet.
     

    Baca Juga :   Apa itu Domain : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

  • Mengecek menu WiFi di smartphone

    Mengecek IP Address melalui cara ini sebenarnya terbilang cukup rumit sebab untuk bisa melakukannya Anda harus terhubung wifi, baik itu wifi public maupun wifi personal. Jika sudah terhubung, bukalah menu wifi, tekan pada wifi yang terhubung pada perangkat Anda. Setelah itu akan muncul sejumlah keteangan termasuk juga IP Address dari perangkat smartphone yang kamu gunakan beserta gateway. Ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan membuka pengaturan lalu masuk pada menu About Phone. Biasanya menu ini berada di paling bawah. Kemudian klik status dan disana kamu bisa melihat IP Address, MAC Address dan informasi lainnya.

  • Dengan memakai aplikasi pihak ketiga

    Cara untuk mengetahui alamat IP Address yang terakhir ini juga tidak sulit, yang perlu dilakukan hanyalah menginstall lebih dulu aplikasi pihak ketiga yang bisa ditemukan di playstore dengan mudah. Ada sejumlah aplikasi yang bisa Anda pilih, dan salah satu di antaranya adalah aplikasi bernama MyIP. Aplikasi ini tidak menyita banyak ruang penyimpanan karena ukurannya hanya sebesar 16.51 KB. Dengan bantuan MyIP, Anda bisa mengetahui IP Address pada smartphone beserta jenis sambungan dan nama host. Masalah dengan jaringan koneksi internet yang bisa terjadi kapan saja tentu saja membuatmu harus mengetahui informasi terkait IP Address baik itu di komputer, laptop ataupun smartphone. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengatasinya.

 

Baca Juga :    Mengenal Apa itu IP Address : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah artikel untuk cara cek IP Address di berbagai perangkat elektronik yang Anda miliki. Meski sedang tidak terhubung dengan internet pun, Anda masih bisa mengecek alamat IP Anda melalui pengaturan yang biasanya terdapat pada perangkat. Mengingat banyak kegunaan dalam menjadi alamat IP Address maka tentu saja ada banyak cara yang disediakan dan dipermudah.

Beberapa cara yang telah diulas di artikel ini pun mudah untuk dilakukan sehingga Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang diberikan saja tanpa kebingungan. Semua cara yang disediakan memang telah dirancang untuk mempermudah mereka yang membutuhkan. Sekian dan semoga informasi yang sudah diberikan dapat membantu kamu untuk mengetahui informasi terkait dengan alamat IP pada perangkat elektronik.

Related Post :

popup image