Cara Menggunakan dan Memasang Google Form di WordPress

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dengan banyaknya fitur- fitur gratis dari Google seperti Google Classroom, Google Docs, Google Calendar, Google Sheets, Google Drive dan lainnya, kini Google juga membawa fitur atau produk baru yang dinamakan Google Form. Ini adalah formulir online yang bisa dirancang dan dibagikan untuk keperluan tertentu.

Google Form rasanya akan tidak asing bagi mereka yang bergerak dibidang yang bekerja dalam mengoleksi atau mengumpulkan data. Salah satu yang sering menggunakan Google Form untuk mengumpulkan data adalah brand atau mereka yang sedang mencari influencer dan memerlukan data mereka dengan detail.

Cara ini juga banyak dipakai oleh perusahaan atau e-commerce yang membagikan formulir online guna melakukan survei atau mengumpulkan data pelanggan dengan menggunakan newsletter. Dari sini perusahaan akan dapat mengevaluasi dan mencari kriteria khusus yang mereka inginkan nantinya. Google Form ini juga dikenal sebagai fitur ramah guna yang bisa diselipkan ke dalam website maupun blog seperti WordPress.

 

Mengenal Apa itu Google Form

Google Forms adalah alat yang memungkinkan pengumpulan informasi dan data dari pengguna melalui survei atau kuis yang dipersonalisasi. Informasi dan data tersebut kemudian dikumpulkan dan secara otomatis terhubung ke spreadsheet. Spreadsheet ini sendiri dapat di isi dengan survei dan respons kuis.

Layanan formulir Google ini juga telah mengalami beberapa pembaruan selama bertahun-tahun. Fitur-fitur baru telah ditambahkan hingga sejauh ini seperti pencarian menu, shuffle pertanyaan untuk pesanan acak, membatasi tanggapan untuk sekali per orang, penyingkatan URL yang lebih pendek, tema khusus, serta fitur yang dapat secara otomatis menghasilkan saran jawaban saat membuat formulir, dan ” Opsi unggah file “untuk pengguna menjawab pertanyaan yang mengharuskan mereka untuk berbagi konten atau file dari komputer mereka atau Google Drive.

Fitur unggahan ini sebelumnya hanya tersedia melalui G Suite. Hingga pada Oktober 2014, Google turut memperkenalkan add-on untuk Google Forms yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat alat baru untuk menambah lebih banyak banyak opsi dan keperluan khusus serta fitur ke dalam survei (kostumisasi).

 

Fitur- fitur menarik dari Google Form

 

Tentu saja Google Form menghadirkan banyak fitur dan opsi menarik bagi penggunanya seperti :

  1. Mengumpulkan dan mendapatkan jawaban survey lebih cepat karena tipe formulir yang simple dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Pengguna dapat membuat survei dengan membuat dan merancang formulir dengan menyesuaikannya menurut gaya mereka seperti menggunakan foto, logo, merubah warna dan bahkan memilih dari banyak pilihan set tema curated yang menarik
  3. Opsi untuk melakukan Q&A atau Tanya dan Jawab yang dapat dipilih mulai dari pilihan ganda hingga dropdown ke skala linier. Anda juga dapat menambahkan gambar, video dari YouTube, membuat page berbeda dalam satu formulir maupun opsi melewati atau skip pertanyaan.
  4. Membuat formulir yang responsif yang mudah dan fungsional yang dapat di edit dan melakukan respon formulir pada desktop maupun smartphone.
  5. Respon dari survei Anda akan dikumpulkan dengan rapi dan otomatis dalam Formulir dengan info dan grafik respon mengikuti waktu nyata atau real time yang membuatnya lebih terorganisir dan mudah di analisis.
  6. Tambahkan kolaborator untuk siapa pun yang Anda pilih untuk dapat membuat survei bersama seperti yang juga bisa dilakukan pada Google Docs, Spreadsheets dan Slide.

Baca Juga : Membuat Reminder dari Google Sheet ke Google Calendar

 

Kenapa Anda harus Menggunakan Google Form

 

Sebagai formulir online yang bisa diintegrasi ke dalam banyak platform seperti WordPress yang juga memiliki banyak ragam plugin dan kemampuan membuat formulir tersendiri seperti WPForm atau Contact Form7. Hanya saja kedua plugin ini harus menyimpan data dan informasi pengunjung ke dalam database saja. Sedangkan tujuan pembuatan formulir dengan fitur WPForm dan Contact Form7 adalah untuk mengumpulkan data dalam skala besar.

Apabila data pengunjung yang masuk hanya dalam segelintir saja tentunya akan berpengaruh pada server website dan data skala besar uang disimpan dalam database dengan jangka waktu yang lama juga turut mempengaruhi kinerja dari website Anda. Untuk mengatasi kesulitan seperti ini, Google hadir membawa solusi yaitu Google Form yang tidak akan memberikan pengaruh buruk pada server.

Baca Juga : Tutorial Cara Melacak HP / Smartphone Dengan IMEI

Kemudahan yang juga paling menonjol dari Google Form adalah semua datang yang ada akan disimpan ke dalam server Google atau Google Drive ketimbang disimpan pada server. Pengguna tidak lagi menggunakan database website untuk menyimpan data mereka karena penyimpanan dengan Google Drive jauh lebih aman dan tidak membebani server.

Anda bisa menggunakan data yang ada di Google Drive untuk penggunaan di website berbeda dengan mudah tanpa harus membukanya lagi dari database. Disamping itu, Anda juga dapat menjaga efisiensi penggunaan karena Google Drive dapat diakses dari mana saja dengan interface yang mendukung penggunaan perangkat apa saja termasuk perangkat mobile yang lebih menjadi banyak pilihan pengguna internet.

 

Cara Menggunakan dan Memasang Google Form di WordPress

 

Dengan tidak banyaknya perbedaan dalam pembuatan Google Form dengan cara biasa, membuat dan memasang Google Form pada WordPress hanya sedikit memerlukan penambahan dan penyesuaian kode embed Google Form ke dalam WordPress. Berikut panduan cara membuat Google Form dan kemudian menambahkannya pada WordPress.

  1. Membuat Google Form baru

    Dasar pertama yang harus Anda pelajari adalah bagaimana membuat formulir online baru dari awal yaitu dengan membuka laman https://docs.google.com/forms atau juga dengam mebuka Google Drive. Klik “New > More> Google Form > Form a Template”. Jika Anda ingin membuat formulir yang menyesuaikan kebutuhan Anda, Anda dapat memilih mencoba menggunakan opsi “Blank Form”.

  2. Memilih template

    Proses selanjutnya adalah Google Form akan meminta Anda untuk memilih salah satu template yang mereka sediakan. Google sendiri telah mempersiapkan banyak ragam jenis template yang bisa dipakai secara gratis dan dapat disesuaikan dengan template yang Anda butuhkan dan perlukan.

  3. Mengisi dan menentukan judul dan deskripsi

    Anda dapat mengisi judul dan deskripsi yang spesifik dan detail pada formulir yang dapat Anda sesuaikan dengan tujuan dan target pembuatan Google Form itu sendiri. Pada bagian bawah formulir, Anda dapat memasukkan semua opsi pilihan yang telah Anda targetkan yang nantinya akan diisi para pengisi survei. Jenis survei yang bisa Anda pilih adalah pilihan ganda, jawaban singkat, dropdown dan lain-lain. Anda juga dapat memberikan banyak macam pilihan yang dapat untuk mengubah jenis pertanyaan serta jawabannya.

  4. Menyalin kode embed

    Setelah formulir yang Anda inginkan telah selesai dan jadi, berikutnya adalah mengklik tombol “Send” pada pojok kanan atas dan Anda menjumpai bar Send Form. Klik pada icon embed (<>) , lalu klik “Copy” untuk menyalin kode HTML. Dengan cara ini Anda juga dapat mengubah dan mengatur formulir menggunakan opsi Width dan Height yang ada pada Send Form. google Form juga mewadahi para penggunanya di Facebook dan Twitter sehingga kedua platform media sosial tersebut juga dapat membagikan formulir online mereka.

  5. Memasukkan formulir online ke dalam WordPress

    Untuk memastikan formulir Anda muncul pada laman WordPress, pastikan untuk melakukan copy atau paste embed code yang disalin ke dalam text editor WordPress. Bila Anda menggunakan Classic Editor, cari dan temukan pilihan “Text” dan kemudian paste atau pindahkan pada tempat yang Anda inginkan. Sedangkan bagi pengguna Gutenberg adalah dengan mengklik iko “+” pada text editor dan pilih ember. Masukkan semua kode HTML yang telah disalin dari Google Form sebelumnya.

Baca Juga : Jadwal Imsakiyah Bulan Ramadhan Tahun 2020 / 1441 H (Seluruh Wilayah Jawa)

 

Kesimpulan dan penutup

Google Form dari Google ini memang mudah diintegrasikan pada hampir semua platform dan media sosial sekalipun. Sehingga tidak mengherankan banyak dari pengguna pribadi hingga kepada brand dan merek besar juga menggunakan formulir online ini untuk kepentingan pekerjaan dan bisnis serta tentunya menyaring data dan informasi pelanggannya.

Disamping itu Google Form juga mempunyai banyak kemudahan karena mudah dalam pembuatan, bisa di kostumisasi dengan pilihan template yang dapat disesuaikan lagi, dan juga dapat memuat banyak poin survey atau tanya jawab (Q&A) menyesuaikan setiap detil dan keperluan Anda dengan tampilan yang menarik dan personalisasi.

Anda dapat mengumpulkan semua data dan informasi feedback dari pelanggan, mengadakan survei panjang atau pendek, mengatur acara atau event, mendata dalam bentuk angka dan masih banyak pilihan dan keperluan kebutuhan lain yang bisa Anda coba. Penyimpanannya yang aman baik untuk jangka waktu pendek dan panjang juga menambah keunggulan Google Form di samping juga gratis dan bisa diakses oleh siapa saja.

Related Post :