Tutorial Cara Melacak HP / Smartphone Dengan IMEI

Serba Serbi, Tips & Tricks / 4 | | 0

Kemajuan zaman dan bertambahnya pembaruan serta penemuan di bidang teknologi semakin mempermudah hidup dan kesejahteraan orang banyak. Mulai dari telepon seluler yang tanpa warna dengan keterbatasannya hingga inovasi smartphone yang memungkinan para penggunanya untuk salaing terhubung secara visual sekalipun.

Oleh karena itu tidak mengherankan kalau banyak dari kita yang menggantungkan pekerjaan maupun mengandalkan smartphone sebagai sarana bersosial selain juga untuk bekerja maupun berkomunikasi sebagai tujuan awal penciptaan telepon seluler ini. Sebagian besar dari waktu yang kita punya juga telah banyak dihabiskan untuk berselancar di dunia maya hanya melalui perangkat seluler di tangan kita masing- masing.

Tidak mengherankan jika banyak dari produsen penghasil atau pembuat smartphone berlomba- lomba setiap tahunnya untuk datang dan memberi inovasi terkini baik dari fitur- fitur yang diandalkan maupun faktor lainnya. Begitu juga para pembuat aplikasi yang juga turut menyumbangkan ide mereka seperti aplikasi yang dapat melacak smartphone yang telah dicuri. Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk melacak smartphone yang hilang adalah melalui IMEI, mari ketahui apa itu IMEI dibawah ini.

 

Mengenal Apa itu IMEI

International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah sebuah angka yang biasanya terkonfigurasi secara unik untuk mengidentifikasi ponsel 3GPP dan iDEN, serta beberapa telepon satelit. Angka ini biasanya ditemukan dicetak di dalam kompartemen baterai ponsel, tetapi juga dapat ditampilkan di layar pada sebagian besar ponsel dengan memasukkan * # 06 # pada dial pad atau di samping informasi sistem lainnya dalam menu pengaturan pada sistem operasi smartphone.

Jaringan GSM yang menggunakan nomor IMEI untuk mengidentifikasi perangkat yang valid dan dapat menghentikan ponsel curian untuk mengakses jaringan. Misalnya, jika telepon seluler dicuri, pemiliknya dapat meminta penyedia jaringan mereka menggunakan nomor IMEI untuk memasukkan daftar hitam telepon tersebut. Ini membuat telepon tidak dapat lagi digunakan pada jaringan tersebut dan kadang-kadang bahkan pada jaringan lain meski pencuri telah mengubah modul identitas pelanggan (SIM) telepon.

Perangkat tanpa slot kartu SIM biasanya tidak memiliki kode IMEI. Namun, IMEI hanya mengidentifikasi perangkat dan tidak memiliki hubungan khusus dengan pelanggan. Telepon mengidentifikasi pelanggan dengan mengirimkan nomor International mobile subscriber identity (IMSI), yang disimpannya pada kartu SIM yang secara teori dapat ditransfer ke handset apa pun. Tetapi karena kemampuan jaringan untuk mengetahui pemakai atau pemilik seluler saat ini, perangkat individu memungkinkan pengaktifan banyak fitur jaringan dan keamanan.

 

Cara mengetahui dan mendapatkan nomor IMEI

Untuk dapat melacak smartphone yang hilang, tentunya setiap pemilih smartphone harus mengetahui cara untuk mendapatkan dan mengecek nomor IMEI handphone mereka sebagai berikut :

 

  1. Temukan kembali kotak bungkus pembelian smartphone Anda yang biasanya juga mencantumkan barcode beserta nomor IMEI.
  2. Anda juga dapat mencoba menghubungi atau dial #04 yang akan menampilkan nomor IMEI smartphone Anda pada layar.
  3. Baterai smartphone juga menampilkan 15 atau 16 digit konfigurasi angka unik IMEI.
  4. Pengguna Android dapat mencoba cara dengan membuka menu Settings > About Phone > Status > IMEI Information pada smartphone mereka.
  5. Pengguna iPhone dapat mencoba cara dengan membuka menu Settings > General > About pada smartphone mereka.

Baca Juga : Tutorial Cara Lengkap Membuat Daftar Pustaka [LENGKAP]

 

Tutorial cara melacak HP/Smartphone dengan IMEI

Setiap ponsel dengan nomor IMEI telah terhubung langsung pada database kartu SIM operator seluler pilihan Anda. Maka dari itu, ponsel atau HP yang hilang akan membutuhkan surat keterangan dari pihak yang berwenang untuk meminta pihak operator seluler dalam melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI tadi.

Tentu saja cara ini akan memakan waktu dan proses yang tidak sedikit pula, karenanya Anda juga bisa menggunakan alternatif pencarian lain dengan akun Google atau Apple ID Anda. Proses pelacakan handphone melalui IMEI sangatlah tidak praktis dan efisien karena melibatkan beberapa pihak. Namun , ada 3 cara dalam melacak smartphone yang hilang yang bisa Anda tempuh seperti dibawah ini.

Baca Juga : Instagram for PC : Cara Download, Install, dan Menggunakannya


Menghubungi operator provider seluler Anda

 

Ini adalah cara pertolongan pertama yang harus Anda lakukan begitu Anda kehilangan smartphone. Hubungi service center operator dan beritahukan bahwa Anda telah kehingalang HP Anda dan ingin mencari keberadaannya saat ini. Pihak operator nantinya akan meminta surat keterangan hilang yang harus Anda urus di Polisi. Jika Anda memilih opsi ini maka sebaiknya Anda bersiap untuk menghubungi pihak yang berwenang untuk mendapatkan surat melacak IMEI tersebut.

Anda juga sebaiknya menghubungi dan memberitahu anggota keluarga dan rekan- rekan Anda mengenai handphone Anda yang hilang. Pencuri tentu juga akan mengganti kartu provider baru pada HP yang ia curi atau mematikan HP, provider Anda kemungkinan hanya mampu melacak lokasi terakhir saat kartu SIM Anda masih terpasang pada handphone.

Baca Juga : Fitur GoRide (GOJEK) dan Grabbike (GRAB) hilang dari Aplikasi karena Aturan PSBB

 

Aplikasi Google Find My Device bagi pengguna Android

 

Kerjasama Google dan Android adalah kewajiban para penggunanya untuk paling tidak mempunyai satu akun yang terhubung ke Google untuk mengaktifkan smartphone Android. Opsi ini adalah salah satu yang bisa Anda coba karena tidak membutuhkan nomor IMEI. Berikut langkah untuk menemukan Android handphone hilang dengan Google Find My Device :

 

  1. Buka situs Google Find My Device yang akan menampilkan peta beserta lokasi smartphone Anda berada.
  2. Aplikasi ini akan memberikan 3 opsi yang bisa Anda lakukan yaitu opsi bunyikan suara, amankan handphone dan hapus data.
  3. Pilih fitur opsi amankan handphone dengan mengklik Secure Device.
  4. Smartphone Anda akan secara langsung terkunci dan sign out otomatis dari akun Google Anda, tetapi Anda tetap dapat melacak seluler Anda meskipun telah melakukan sign out.
  5. Cari dan temukan smartphone Anda dari yang ditampilkan oleh peta.
  6. Apabila Anda telah sampai di lokasi yang ditunjukkan oleh peta, klik Play Sound untuk membuat handphone berbunyi dan mencari tahu keberadaan handphone.
  7. Anda juga dapat menggunakan opsi Erase Device untuk menghapus semua data smartphone Anda dalam keadaan terdesak.

Baca Juga : Daftar Link Melihat Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020

 

Aplikasi Find My iPhone bagi pengguna iPhone

 

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi pencarian smartphone milik Android diatas, hanya saja aplikasi ini hanya bisa digunakan bagi mereka pemilik iPhone iOS 5 keatas dengan valid Apple ID, telah menginstal aplikasi Find My iPhone dan tentu saja dengan koneksi internet. Simak cara menemukan smartphone iPhone yang hilang di bawah ini :

 

  1. Kunjungi dan masuk ke dalam web iCloud.
  2. Login masuk dengan menggunakan Apple ID Anda.
  3. Pilih dan klik menu Find My iPhone yang akan terhubung otomatis dalam melacak keberadaan dan lokasi iPhone yang terhubung dengan koneksi internet secara akurat.
  4. Jika iPhone tidak sedang terhubung dengan internet, Anda juga dapat mencoba mengaktifkan pilihan menerima email untuk melacak lokasi pada peta.
  5. iPhone akan memberi beberapa opsi yaitu menderingkan suara, mengirimkan pesan, menghapus semua data- data pribadi serta mengunci iPhone dari jarak jauh.

 

Kesimpulan dan penutup

Untuk melacak dan menemukan handphone yang hilang dengan nomor IMEI tentu merupakan proses yang tidak mudah. Selain berbelit- belit, kita juga harus meminta dan membutuhkan banyak kerjasama dari pihak berwenang atau kepolisian dan juga operator provider mengingat database IMEI tiap smartphone yang digunakan terhubung dengan SIM Card kartu operator seluler.

Cara ini tidaklah praktis dan sangat disayangka terlalu berbelit- belit karena sang pemilik tentu ingin menemukan handphone mereka sesegera mungkin. Sehingga cara ini masih saja hanya dapat digunakan sebagian orang karena sifatnya yang masih berbentuk privasi dan hanya pihak berwajib dengan otoritas khusus saja yang dapat melacak handphone yang dicuri.

Anda juga dapat mencoba opsi- opsi lain yang telah kami sebutkan diatas dan mengikuti langkah- langkahnya menyesuaikan dengan jenis smartphone yang Anda punyai. Jaga selalu barang dan handphone Anda, pastikan akun yang Anda punya terhubung dengan akun Google Anda dengan username dan password yang cukup diketahui oleh Anda seorang sebagai pemiliknya.

Related Post :