Cara Menggunakan Google Analytics Dalam Meningkatkan SEO

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Tips & Cara Menggunakan Google Analytics dalan SEO Website Kamu. Tahukah Anda bahwa lebih dari 25% orang mengklik hasil pencarian Google yang pertama kali muncul di pencarian mereka. Rasio klik-tayang turun menjadi 2,5% untuk posisi kesepuluh di Google, sehingga tidak dapat disangkal betapa pentingnya SEO untuk bisnis dari semua lini. Jadi, apa yang dilakukan SEO untuk mengklaim posisi SERP (Search Engine Result Pages) tingkat atas? Salah satu kerumitan SEO adalah tidak ada bisnis yang sama. Apa yang berhasil untuk satu bisnis mungkin tidak berhasil untuk yang lain.

Oleh karena itu, kebutuhan untuk mengukur kinerja SEO, memperbarui, memikirkan kembali, dan menerapkan kembali berdasarkan analisis terbaru menjadi suatu kebutuhan saat ini. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melacak metrik situs web di Google Analytics. Google Analytics tentunya berisi data penting yang dapat digunakan bisnis Anda untuk melacak dan meningkatkan inisiatif pencarian organik, mulai dari kata kunci (setelah dibuka kuncinya) hingga rujukan teratas situs web Anda dan metrik perilaku utama seperti waktu di halaman dan rasio konversi.

Tanpa adanya bantuan analitik, SEO akan tidak efektif atau tidak berguna karena Anda akan membuat keputusan  serta data yang asal. Di dalam SEO sendiri,  setiap keputusan yang Anda buat berbasis bukti yang valid baik itu ketika  halaman arahan perlu diperbarui, disaat memeriksa data apakah layak menerbitkan artikel di situs web pihak ketiga dan lain sebagainya. Berkut ini mari memahami apa itu Google Analytics dan pengaruhnya bagi setiap situs web.

 

Mengenal Google Analytics

Cara Menggunakan Google Analytics Dalam Meningkatkan SEO
 

Google Analytics adalah alat pintar yang memungkinkan Anda melacak, menganalisis, dan melaporkan data tentang situs yang Anda miliki. Seperti yang diketahui selama ini, Google Analytics berfokus pada data yang dikumpulkan melalui mesin telusur Google di mana Anda cenderung menghasilkan sebagian besar lalu lintas Anda.

Analytics akan bekerja dengan menggunakan blok kode Java Script yang ditambahkan ke halaman di situs web. Dengan ini, Analytics dapat melacak dan memantau aktivitas sehingga banyak bisnis yang menggunakan Google Analytics untuk melihat:

  1. Siapa yang mengunjungi situs web Anda?
  2. Dari mana pelanggan berasal?
  3. Berapa lama pelanggan berada di situs?
  4. Bagaimana pelanggan menghabiskan waktu mereka di situs web Anda?
  5. Apakah pelanggan mengonversi menjadi pelanggan yang membayar?

 

Baca Juga :  7 Data Utama Website yang dapat Diukur dengan Google Analytics

 

Mengapa Google Analytics Penting untuk SEO

Google Analytics merupakan alat yang sangat berguna dalam hal SEO. Mesin pencari yang digunakan orang untuk menemukan situs web Anda membagikan nugget data yang berguna dari segala penjuru agar Anda dapat meningkatkan situs web Anda dan menjadikannya sangat berharga.

Data SEO ini komprehensif dan akurat, memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi yang tak ternilai tentang target audiens dan demografis Anda. Dengan data yang ada, Anda dapat mulai membuat perubahan penting pada situs web Anda agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya, jika Anda melihat rasio pentalan pada halaman arahan tertentu tinggi, mungkin konten di sana perlu diperbarui. Selain itu jika Anda perlu lebih mengoptimalkannya untuk perangkat seluler, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menyewa agensi untuk membantu meningkatkan upaya pemasaran konten Anda.

Google Analytics benar-benar dapat mengubah cara situs web Anda beroperasi, dan membantu Anda mengutamakan pelanggan. Hal yang penting diingat adalah jika pengunjung Anda senang dengan konten, produk, dan tata letak situs web, kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian.

 

Baca Juga :   Memahami Istilah-Istilah dan Data Umum pada Google Analytics

 

Cara Menggunakan Google Analytics Dalam Meningkatkan SEO

Cara Menggunakan Google Analytics Dalam Meningkatkan SEO
 

 

Mengetahui dasar-dasar Google Analytics sangat bagus, namun akan lebih efektif dan maksimal jika Anda memadukannya dengan strategi SEO yang baik. Berikut adalah cara – cara menggunakan Google Analytics yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan SEO.

  1. Lacak referensi teratas situs

    Referensi adalah situs web yang menautkan ke situs Anda. Dengan kata lain, ini adalah situs web tempat Anda mendapatkan tautan balik dan menerima lalu lintas melalui tautan tersebut. Jika Anda tidak tahu apa itu backlink, itu adalah URL situs Anda yang digunakan situs web lain di situs mereka untuk mengarahkan pengguna mereka ke situs Anda untuk konten atau produk tertentu.
    Tautan balik adalah salah satu faktor peringkat mesin pencari teratas . Lebih banyak backlink dari situs otoritas tinggi dapat membantu meningkatkan posisi situs Anda dalam hasil pencarian secara dramatis. Anda Cukup navigasi ke Wawasan »Laporan dari dashboard WordPress Anda. Kemudian, Anda akan melihat sumber rujukan Anda tercantum dalam laporan Ikhtisar.

  2. Lacak Google AMP

    Google AMP menawarkan pengalaman penjelajahan super cepat bagi pengunjung seluler Anda yang tiba di situs Anda dari Google. Studi menunjukkan bahwa 90% penayang yang mengaktifkan AMP mendapatkan rasio klik-tayang yang lebih tinggi dan 80% penayang mendapatkan lebih banyak penayangan.
    Jika Anda adalah penayang yang ingin mengarahkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs Anda, Anda dapat menambahkan Google AMP ke situs web Anda. Untuk menganalisis interaksi pengguna di halaman AMP, Anda harus menambahkan pelacakan Google Analytics. Anda dapat menemukan data AMP dengan membuka Perilaku » Konten Situs » Semua Halaman di akun Google Analytics Anda. Ketik /amp di bilah pencarian di atas tabel untuk menemukan laporan lalu lintas hanya untuk halaman AMP Anda.

  3. Lacak kata kunci organik dengan Google Search Console

    Google Search Console adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda memantau dan mempertahankan keberadaan situs Anda di hasil pencarian Google. Anda dapat menghubungkan akun Google Analytics Anda dengan Google Search Console, sehingga Anda tidak perlu lagi mengekspor data konsol pencarian Anda ke file spreadsheet untuk melakukan analisis lebih lanjut.
    Anda dapat melihat kata kunci organik peringkat teratas situs web Anda dengan mengunjungi Wawasan » Laporan » Search Console. Jika Anda ingin melihat laporan ini di akun Google Analytics Anda, Anda dapat mengklik ‘Lihat Laporan Kueri Lengkap’ di bagian bawah laporan. Atau, Anda dapat membuka situs Google Analytics di browser Anda, masuk ke akun Anda, dan pergi ke Akuisisi » Search Console » Query. Data ini memberi informasi tentang cara pengguna menelusuri untuk menemukan halaman Anda dan relevansi halaman Anda dengan kueri tersebut. Dalam laporan ini, Anda dapat menemukan metrik yang berguna seperti klik, tayangan, RKT (Rasio Klik Tayang) dan posisi rata-rata.

  4. Lacak demografi dan minat pengunjung anda

    Ingin mengetahui informasi tentang usia, jenis kelamin, dan minat pengunjung website Anda? Mengumpulkan data demografi dan minat memungkinkan Anda mengetahui lebih banyak tentang pengunjung Anda, sehingga Anda dapat mengirimkan konten atau membuat produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Menelusuri laporan demografi dan minat memungkinkan Anda mengidentifikasi siapa pelanggan yang berpotensi tinggi.
    Jika Anda ingin melihat laporan ini di platform Google Analytics, Anda dapat mengklik tombol ‘Lihat Laporan Lengkap’ di bagian bawah setiap laporan. Atau, Anda dapat masuk ke akun Google Analytics dan membuka Audiens » Demografi » Ikhtisar .Untuk mendapatkan laporan demografi yang mendetail, Anda dapat mengklik menu Usia atau Jenis Kelamin di bawah tab Demografi di taskbar kiri. Untuk mendapatkan gambaran umum tentang data minat, Anda dapat mengunjungi Audiens » Minat » Tinjauan. Anda juga dapat menemukan laporan minat khusus pada kategori afinitas, segmen dalam pemasaran, dan kategori lainnya dalam Google Analytics.

 

Baca Juga :   Panduan Lengkap Google Analytics Untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Apakah Anda siap untuk mulai memanfaatkan kekuatan SEO yang dimiliki Google Analytics? Dalam semua analisis data SEO, jangan lupa memposisikan diri dalam pikiran pelanggan ideal Anda. Pemahaman yang mendalam tentang pelanggan akan menghasilkan informasi yang benar-benar kuat dari data Anda. Semakin Anda melihat data, semakin akrab Anda dengan orang-orang yang menggunakan situs web Anda. Tapi yang lebih penting adalah mengambil tindakan. Tidak ada yang lebih utama daripada menganalisis Google Analytics, namun hal tersebut dapat menjadi sia-sia jika Anda tidak membuat perubahan dan peningkatan situs web dan SEO secara teratur.

Demikian beberapa peluang yang dapat Anda manfaatkan di Google Analytics. Menggunakan alat gratis ini secara maksimal dapat membantu mendorong wawasan pemasaran yang sangat berharga yang dapat membantu merumuskan strategi SEO yang lebih kuat. Melacak hasil SEO Anda di Google Analytics memberi Anda informasi tentang cara mengoptimalkan konten untuk meningkatkan peringkat SEO Anda.

 

 

 

Related Post :