Cara meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Berpikir Kritis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Di dalam dunia kerja pasti terdapat banyak masalah yang dihadapi oleh karyawan maupun atasan. Masalah tersebut bukan hanya masalah pribadi namun juga masalah dalam pekerjaan. Dibutuhkan kemampuan berupa soft skill yang mumpuni seperti problem solving dan berpikir kritis agar penyelesaian masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.

Kemampuan problem solving serta berpikir kritis yang baik tidak mudah dimiliki oleh semua orang. Banyak orang yang tidak mampu berpikir jernih saat pertama kali dihadapkan dengan masalah. Untuk meningkatkan kemampuan problem solving, kamu harus terbiasa menenangkan diri untuk berpikir positif. Saat sudah tenang barulah dapat berpikir dengan baik.

Membangun mindset yang baik sangat perlu dilakukan agar dapat berpikir kritis serta melakukan problem solving. Ingatlah bahwa setiap pasti ada jalan keluarnya. Apabila kalimat tersebut selalu diingat saat menghadapi masalah tentunya Anda dapat berpikir dengan tenang. Ada cara tertentu untuk meningkatkan kemampuan problem solving dan berpikir kritis yang akan dibahas kali ini.

 

Pengertian Problem Solving

Cara meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Berpikir Kritis
 

Problem solving adalah cara berpikir untuk mengidentifikasi masalah yang dialami agar mendapat solusi penyelesaian yang terbaik. Pada dasarnya kemampuan problem solving berkaitan dengan berbagai skills lain seperti kemampuan mendengar, menganalisa, meneliti, kreativitas, komunikasi, kerja tim, dan pengambilan keputusan. Sebenarnya arti dari problem solving bukan sekedar kemampuan menyelesaikan persoalan-persoalan tertentu saja.

Problem solving adalah sebuah mindset yang membawa seseorang berpikir positif untuk mencari jalan keluar dari permasalahan. Untuk menjadi seseorang yang bisa melakukan problem solving dengan efektif, Anda harus bisa berpikir sistematis dan logis dalam waktu yang sama. Anda harus bisa menggunakan pengalaman, keberhasilan, dan kegagalan untuk berpikir dalam menemukan jalan pintas untuk menyelesaikan persoalan.

Baca Juga :    Apa Itu Resesi Ekonomi, Dampak, Penyebab, dan Solusinya

 

Pengertian Berpikir Kritis

Erat kaitannya dengan pengertian problem solving. Pengertian dari berpikir kritis itu sendiri adalah suatu proses dimana seseorang atau individu dituntut untuk menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi untuk membuat sebuah penilaian atau keputusan berdasarkan kemampuan,menerapkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. Jika Anda sudah dapat berpikir secara kritis dalam menghadapi suatu masalah otomatis dapat melakukan problem solving.

Baca Juga :    Mengenal Apa itu Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill Pada Diri Sendiri 

 

Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Berpikir Kritis

Cara meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Berpikir Kritis
 

Ada berbagai cara yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan kemampuan problem solving. Orang yang belum memiliki kemampuan problem solving tersebut dapat melatihnya agar terbiasa berpikir kritis dalam menyelesaikan suatu masalah. Dari berbagai cara yang untuk meningkatkan kemampuan tersebut namun sebenarnya tidak semua cara dilakukan. Inilah beberapa cara penting yang dapat meningkatkan kemampuan problem solving dan berpikir kritis Anda.

 

  1. Berpikir Positif

    Kebanyakan orang saat menemui masalah adalah tidak dapat berpikir dengan jernih. Mereka cenderung akan cemas, gelisah, takut saat menemui masalah tersebut. Hal itu yang menjadikan masalah tersebut tidak selesai dan bisa menjadi tambah rumit. Sikap yang tepat saat menghadapi masalah adalah tetap tenang dan ingatlah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Mindset yang positif menjadikan kemampuan berpikir kritis dan problem solving makin terasah.

  2. Mengidentifikasi Setiap Masalah

    Cara kedua setelah berpikir positif adalah mulailah mengidentifikasi setiap masalah yang terjadi. Identifikasi bisa dimulai dari penyebab mengapa masalah ini muncul dan seterusnya sampai benar-benar menemukan solusi yang tepat. Pengidentifikasian ini harus dilakukan secara teliti dan juga perlu pendapat orang lain untuk memecahkan masalahnya.
     

    Namun seperti tahap sebelumnya, mengidentifikasi masalah ternyata juga tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Kebanyakan orang hanya memikirkan akibat terburuknya saja dan tidak menyelesaikan masalah hingga ke akarnya. Hal ini mengakibatkan masalah akan muncul lagi dan lagi bahkan bisa menumpuk di masa depan.
    Cara untuk mengasah kemampuan mengidentifikasi masalah ini adalah banyak berlatih memilih pertanyaan-pertanyaan tepat yang bisa menguak sumber permasalahan. Jangan banyak berasumsi dan menebak secara buta sebelum mengambil keputusan. Problem solving yang baik diawali dari informasi yang lengkap mengenai masalah yang ada.

  3. Menemukan Ide

    Melakukan brainstorming untuk menemukan ide adalah cara yang tepat bagi Anda yang ingin mengembangkan kemampuan problem solving. Pengertian dari brainstorming adalah sebuah kegiatan di mana sebuah tim berusaha mengeluarkan setiap hal yang muncul di kepala secara spontan untuk menyelesaikan suatu masalah. Semua ide, apapun itu, harus dicatat. Dalam melakukan brainstorming untuk kebutuhan problem solving, jangan terburu-buru mengkritisi setiap ide yang muncul, baik itu berasal dari kepala Anda atau dari rekan setim.
     

    Otak tidak bisa berpindah secara cepat dari mode mengkritisi sesuatu ke mode memikirkan ide. Jika Anda sudah punya ide di kepala, jangan ragu untuk mengeluarkannya. Jangan mematikan proses kreatif Anda dengan terburu mengevaluasinya. Setelah waktu brainstorming diputuskan selesai, barulah setiap ide dalam daftar tadi dibahas satu persatu. Kemudian pilih ide yang paling efektif dalam problem solving serta paling mungkin untuk dilakukan.

  4. Melakukan Evaluasi

    Setelah melakukan brainstorming untuk mendapatkan ide. Hal yang tidak kalah penting dilakukan adalah melakukan evaluasi. Evaluasi ini dilakukan agar ide yang didapat tersebut bisa digunakan dengan baik dan tidak menyebabkan masalah menjadi lebih rumit. Pengevaluasian ide tersebut berdasar pada impact atau dampak yang ditimbulkan dan tingkat kerumitan ide tersebut. Kerumitan bukan tentang seberapa sulit ide tersebut untuk diimplementasikan. Pikirkan berdasarkan dua hal, yaitu waktu dan sumber daya.

  5. Eksekusi Ide

    Penguasaan problem solving tidak hanya sampai penentuan ide lalu melakukan evaluasi. Hal yang paling perlu dilakukan menjalankan ide tersebut. Anda juga harus mampu mengimplementasikan ide tersebut hingga benar-benar terbukti menyelesaikan masalah yang ada. Anda tidak harus menjadi eksekutor secara sepenuhnya, tapi seorang yang menguasai problem solving pasti bertanggung jawab juga pada implementasi solusi yang diajukannya.
     

    Banyak orang yang melakukan meeting panjang hanya untuk membicarakan ide, tanpa mengetahui bagaimana mereka akan mengeksekusinya. Untuk memastikan ide tersebut terlaksana, buatlah perencanaan dengan menggunakan jadwal, deadline, checklist, apapun yang bisa membantumu mengawasi implementasi solusi tersebut.

  6. Cari Ide Lain

    Jika Anda ingin memiliki kemampuan problem solving yang handal perlu juga mengantisipasi apapun yang terjadi seterusnya. Biasakan untuk berpikir untuk mengatasi masalah-masalah yang akan datang di masa depan, jangan menunggu masalah berikutnya terjadi. Lakukan sedikit perubahan yang berarti secara berkelanjutan dengan inisiatif sendiri. Hal ini akan terus membuat problem solving skill yang kamu miliki berkembang dengan pesat.

 

Baca Juga :     Bagaimana Menentukan Tujuan Karir untuk Masa Depan Kamu (Profesional atau Wirausaha)

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap manusia yang hidup pastilah menemukan permasalahan dalam hidupnya. Permasalahan tersebut hadir untuk menjadikan diri seseorang semakin kuat. Jika seseorang tidak pernah mendapat masalah dalam hidupnya kemungkinan orang tersebut akan mudah rapuh karena tidak terbiasa menghadapi sesuatu yang sulit. Untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul tersebut haruslah dipikirkan dengan kepala dingin atau tenang.

Menyelesaikan masalah dengan ketenangan tidak dimiliki oleh semua orang apalagi jika memiliki sifat yang kurang sabar. Kemampuan menyelesaikan masalah dapat diasah jika Anda mau untuk melakukan caranya mulai dari awal. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin didunia ini selagi Anda mau mencoba dan berusaha.

Related Post :

popup image