Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Semua manusia mempunyai jumlah waktu yang sama, yakni 27 jam sehari dan 7 hari seminggu. Dalam hal ini, semua orang berusaha memanfaatkan waktu mereka sebaik- baiknya baik itu untuk bekerja, sekolah, maupun beristirahat. Meski begitu, dalam waktu ini bukan berarti orang- orang harus bekerja lebih lama, malah sebaliknya, pekerja harus dapat membuat jam kerja mereka menjadi efisien secara cerdas.

Pekerja cenderung menggunakan waktu luang dan istirahat mereka di akhir pekan untuk tetap bekerja, dimana tentunya ini tidak boleh dilakukan karena manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat. Oleh karenanya, penting untuk memahami bagaimana mengatur waktu Anda, sehingga Anda dapat mencapai produktivitas yang optimal.

Terkadang, beberapa hal menghambat produktivitas seperti kebiasan buruk yang bisa mengganggu produktivitas tempat kerja juga ketika Anda lebih cenderung reaktif dibandingkan dengan proaktif. Meski solusi sederhananya adalah mengatasi kebiasaan buruk ini dan mengubahnya menjadi proaktif, berikut cara untuk meningkatkan produktivitas dan paling produktif di tempat kerja.

 

Definisi dan Manfaat Produktivitas Tempat Kerja

Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien
 

Produktivitas tempat kerja berkaitan dengan jumlah pekerjaan yang dapat dihasilkan oleh pekerja selama periode tertentu. Dengan kata lain, ini adalah ukuran dari total output (barang dan jasa) versus total input (tenaga kerja dan biaya). Setiap perusahaan akan memiliki pendekatan unik untuk efisiensi tempat kerja dan metrik khusus yang menentukan kinerja mereka. Mengembangkan pemahaman yang lebih besar tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja di tempat kerja sangat penting bagi kepemimpinan perusahaan.

Tempat kerja yang produktif sering kali menghasilkan lebih banyak karyawan yang terlibat dan metrik kinerja yang lebih baik. Karenanya ada banyak manfaat untuk mengolah tenaga kerja yang produktif. Selain peningkatan kinerja yang jelas, ada juga keuntungan nyata lainnya yang harus disebutkan. Untuk menjadi benar-benar produktif, perusahaan harus mengembangkan proses yang disederhanakan yang tidak menimbulkan beban administratif.

Semakin banyak waktu yang dihabiskan seorang karyawan untuk terlibat dengan pekerjaan mereka, maka semakin produktif mereka. Langkah pertama yang penting bagi perusahaan untuk ditangani adalah jumlah waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan administratif. Manfaat tambahan dari tempat kerja yang produktif adalah meningkatkan moral karyawan dan mengurangi kemungkinan kelelahan.

Karyawan merasa lebih berdaya dan produktif ketika mereka dapat mengarahkan bagaimana dan kapan pekerjaan mereka selesai. Ketika sebagian besar anggota tim terampil dalam mengelola pekerjaan secara produktif, hal itu juga dapat membantu meningkatkan kinerja semua orang yang terlibat dalam pekerjaan tersebut. Meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan yang benar-benar bernilai tambah juga berdampak langsung pada profitabilitas bagi perusahaan.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Surat Referensi Kerja untuk Melamar Pekerjaan

 

Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien

Pendekatan khusus yang diambil perusahaan untuk meningkatkan produktivitas tempat kerja akan sangat bergantung pada tujuan perusahaan saat ini, prosedur kerja, dan budaya tempat kerja. Mengingat semua faktor ini berkontribusi langsung pada produktivitas tempat kerja dan mewakili kerangka kerja penting yang dapat digunakan saat merancang inisiatif perubahan. Berikut beberapa cara praktis untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja dengan lebih efisien dan efektif.

  • Bekerja secara efisien

    Untuk menemukan cara meningkatkan produktivitas di tempat kerja, pertama-tama Anda harus melihat cara kerja Anda saat ini berjalan. Juga penting bahwa Anda terbuka untuk mengubah cara Anda bekerja. Bicaralah dengan staf atau tim Anda Anda dan tanyakan apakah ada cara untuk meningkatkan kinerja bersama atau apakah prioritas perlu diganti sehingga pekerjaan bersama akan lebih efisien.

  • Berhenti melakukan banyak tugas sekaligus/multitasking

    Banyak yang tergoda untuk ingin menyelesaikan beberapa tugas sekaligus, terutama jika tugas itu tampak kecil atau mudah. Tapi menurut profesor ilmu saraf Earl K.Miller, multitasking sebenarnya membawa pengaruh buruk dan tidak mungkin dilakukan secara manusiawi. Seringnya manusia beranggapan bahwa mereka bisa dengan mudah melakukan banyak hal seperti makan siang sembari tetap mengetik di depan layar komputer. Sebaiknya, fokus pada satu tugas pada satu waktu dan Anda benar-benar akan menyelesaikan tugas Anda lebih cepat.

  • Menyelesaikan tugas sulit lebih dulu

    Aktivitas apa pun yang paling Anda takuti atau mempunyai kesulitan tinggi mungkin adalah aktivitas yang harus Anda selesaikan pertama kali di pagi hari.Banyak orang cenderung memeriksa email di pagi hari karena setelah memeriksa daftar email, mereka merasa terlalu lelah. Ini adalah langkah pertama yang salah karena Anda sudah merasa letih karena hanya memulai hari Anda dengan task paling kecil. Melakukan tugas-tugas sederhana seperti memeriksa email terlebih dahulu di pagi hari tidak baik untuk Anda. Sebaliknya, lakukan tugas-tugas sulit lebih dulu karena Anda memiliki lebih banyak energi di pagi hari untuk menyelesaikannya.

  • Menetapkan tujuan yang realistis

    Banyak dari pekerja menjalani hidup dan karir mereka dengan tujuan atau impian yang telah mereka tetapkan. Menetapkan tujuan bukan hanya tentang menetapkan arah umum untuk hidup tetapi tentang memberi diri Anda tonggak pencapaian yang memberikan kepuasan sepanjang perjalanan begitu Anda mencapainya.

  • Beristirahatlah secara teratur

    Kedengarannya berlawanan dengan budaya hustling saat ini, tetapi mengambil istirahat yang dijadwalkan sebenarnya dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa istirahat sejenak selama tugas-tugas panjang membantu Anda mempertahankan tingkat kinerja yang konstan; saat mengerjakan tugas tanpa istirahat menyebabkan penurunan kinerja yang stabil.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Pekerjaan

 

Manfaat Adanya Penerapan Produktivitas Dalam Bekerja

Cara Praktis Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Efisien
 

Kebanyakan orang dalam dalam dunia kerja sangat menyadari banyaknya keuntungan bisnis yang dapat diperoleh dari memiliki karyawan yang lebih produktif serta dari jalur produksi yang lebih efisien. Manfaat produktivitas jelas dan dirasakan secara luas ketika diterapkan dalam lingkungan kerja. Berikut adalah beberapa alasan mengapa produktivitas harus segera Anda terapkan.

  • Mengurangi rasa jenuh/burnout pada Karyawan

    Ketika seseorang memiliki terlalu banyak hal yang harus dilakukan dan tidak cukup waktu untuk melakukannya, hal ini dapat mengakibatkan stres, depresi, atau kelelahan total. Bekerja lebih efisien apakah pengurangan waktu yang dihabiskan untuk proses sehari-hari atau realokasi peran dan tanggung jawab. Dengan begitu akan menghasilkan orang yang mampu mengatasi beban kerja mereka dengan lebih baik dan menyelesaikan tanggung jawab mereka dalam waktu yang dialokasikan untuk mereka.

  • Meningkatkan kesejahteraan

    Manfaat lain dari peningkatan produktivitas adalah kesejahteraan pribadi. Kesejahteraan dapat digambarkan sebagai keadaan di mana Anda sehat, nyaman dan bahagia. Ketika Anda lebih bisa mengendalikan beban kerja Anda, Anda bisa lebih mengendalikan hidup Anda, memiliki waktu untuk berolahraga, mempunyai pola makan yang sehat, beristirahat dan memiliki quality time bersama keluarga.

  • Meningkatkan semangat

    Ketika perusahaan membantu karyawan menjadi lebih terorganisir dan produktif, mereka berinvestasi dalam kesejahteraan karyawan. Banyak pekerja melihat produktivitas sebagai cara untuk memeras lebih banyak pekerjaan dari pekerja dimana ini adalah kesalahan dan harus segera diubah. Peningkatan produktivitas adalah hasil positif bagi semua yang terlibat. Karena ketika karyawan memahami apa artinya meningkatkan efisiensi bagi mereka, mengurangi stres dan meningkatkan kontrol, kesejahteraan dan fokus, mereka kemudian dapat berproses dan menerima manfaat yang dapat diperoleh. Ketika karyawan menuai manfaat dari peningkatan efisiensi, biasanya juga meningkatkan moral dan komitmen mereka terhadap perusahaan.

 

Baca Juga  :   Jawaban yang Tepat untuk Kekuatan dan Kelemahan Saat Wawancara Kerja

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan budaya yang serba cepat, membuat banyak pekerja lebih fokus dalam menyelesaikan tugas mereka lebih cepat bahkan walau harus melakukan multitasking sekalipun. Padahal memahami produktivitas dalam pekerjaan itu sangat diperlukan karena ini akan membantu pekerja untuk beristirahat dan bekerja lebih efisien. Mengetahui lebih banyak tentang pentingnya produktivitas tempat kerja bermanfaat bagi perusahaan mana pun.

Produktivitas didefinisikan oleh seberapa efisien sumber daya digunakan untuk menghasilkan keuntungan atau keuntungan melalui penawaran produk atau layanan, mengevaluasi hasilnya kemudian mengambil langkah-langkah yang diperlukan berdasarkan hasil untuk meningkatkan penjualan dan menurunkan biaya. Intinya, produktivitas sangat vital dan menjadi kunci sukses di setiap perusahaan. Perusahaan yang produktif berkinerja lebih baik dan cenderung bertahan lebih lama di industri yang mereka jalankan.
 

Related Post :