Content Marketing : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Content Marketing

Informasi, Technology / 0 | | 1

Melakukan kampanye pemasaran atau strategi pemasaran yang tepat merupakan cita-cita dari semua pebisnis. Tanpa adanya strategi pemasaran yang efektif, peluang yang ada cukup kecil bagi pebisnis kecil untuk mendapatkan pelanggan secara tepat dan menciptakan bisnis jangka panjang. Ditambah lagi perkembangan zaman yang semuanya serba digital menggunakan teknologi. Salah satu metode dari kampanye pemasaran yang efektif dan patut dicoba bagi bisnis kecil adalah dengan menggunakan Content Marketing (Pemasaran Konten).

Untuk pelaku bisnis yang masih memulai dari awal tentunya program strategi pemasaran ini sedikit sulit untuk diterapkan, berbeda dengan bisnis yang sudah berkembang besar. Kendala yang dialami oleh pelaku bisnis kecil adalah dipaksa untuk tetap berpegang pada strategi dengan kapabilitas yang terbatas karena kurangnya dana dan staf pemasaran yang kurang terlatih. Selain itu kesulitan lainnya adalah kurang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyusun strategi dan melaksanakan kampanye pemasaran mereka.

Dengan banyaknya rintangan yang dihadapi oleh pelaku bisnis yang masih merintis terdapat pengalaman yang membuatnya menjadi berkembang di kemudian hari. Solusi untuk masalah tersebut adalah menjalankan strategi pemasaran yaitu content marketing. Content marketing ini sendiri metode yang patut dicoba untuk melancarkan bisnis tersebut. Keuntungan lain dari content marketing adalah hemat biaya dan memiliki kesempatan berhasil yang cukup besar. Untuk Anda yang belum mengetahui tentang content marketing ini sebaiknya pelajarilah secara mendalam agar mudah penerapannya. Berikut ini akan dipaparkan hal-hal yang berkaitan dengan content marketing.

 

Pengertian Content Marketing

Content Marketing : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Content Marketing
 

Secara umum pengertian content marketing adalah proses pemasaran dari kegiatan bisnis untuk membuat dan mendistribusikan konten yang relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target konsumen. Pengertian lainnya adalah strategi pemasaran dimana Anda merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik pelanggan yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi customer. Dilansir dari Forbes, content marketing merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten untuk menarik perhatian para pelanggan yang dituju. Menurut Neil Patel, content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para pelanggan dalam jangka waktu lama. Maka itu, konten yang dibuat harus relevan agar tercipta perasaan butuh dari pelanggan yang akhirnya memiliki kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

 

Manfaat Content Marketing

 

Pastinya terdapat banyak manfaat dari penerapan strategi pemasaran content marketing ini. Dapat menggaet lebih banyak konsumen lewat media sosial itu merupakan salah satu manfaat yang didapat dari content marketing. Strategi pemasaran ini sangat cocok digunakan oleh pelaku bisnis kecil untuk menarik lebih banyak konsumen. Dengan konsep content marketing yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri. Berikut ini manfaat yang diperoleh apabila menggunakan content marketing :

  • Membangun Brand Awareness.

    Salah satu kunci utama kesuksesan strategi ini adalah konsisten dalam hal mempublikasikan konten baru dan unik di situs Anda dan mempromosikannya di media sosial, Anda sedang menciptakan lebih banyak peluang untuk pelanggan baru akan menjadi konsumen Anda. Ditambah lagi jika Anda membuat mereka merasa senang, mereka mungkin akan membantu menyebarkan berita tentang bisnis kecil Anda kepada teman-teman mereka, dan itu yang akan membantu Anda menjangkau lebih banyak orang.

  • Meningkatkan Traffic Pengunjung

    Maksud dari meningkatkan traffic disini adalah traffic pengunjung website maupun traffic penjualan Anda. Ketika konsumen potensial Anda mempunyai masalah atau kebutuhan tertentu, mereka akan mencari solusi. Mempunyai solusi, apakah itu informasi, panduan membantu atau bahkan hiburan, yang berarti pelanggan akan mengunjungi situs Anda. Konsumen akan menyukai ketika konten sesuai dengan kepentingan atau kebutuhan khusus mereka. Bahkan, itu sebabnya konten kustom disukai hingga 68% dari konsumen. Dengan menciptakan konten kustom untuk situs yang khusus dirancang untuk kebutuhan dan kepentingan target Anda, Anda akan membangun kepercayaan mereka dan memecahkan masalah mereka.

 

Baca Juga :  Cara Burn File ke CD / DVD dengan Mudah dan Cepat 

 

  • Meningkatkan Penjualan.

    Dengan semakin banyak orang yang telah mengunjungi situs Anda dan melihat konten Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk dikonversi menjadi leads dan akhirnya menjadi konsumen. Bahkan untuk usaha kecil, konsumen mengandalkan blog dan konten website ketika mereka membuat keputusan pembelian, orang ingin tahu sebanyak yang mereka dapat sebelum mereka membeli. Ditambah dengan menciptakan konten yang relevan dengan produk atau jasa perusahaan Anda. Itu akan membantu mereka memahami apa yang akan mereka peroleh dalam melakukan bisnis dengan Anda.

  • Meningkatkan Engagement.

    Pembuatan konten yang menarik mungkin akan ditanggapi dengan baik oleh pelanggan dan itu akan membuka pintu bagi Anda untuk terlibat dengan mereka secara langsung. Ini memberikan kesempatan kepada Anda untuk lebih menyenangkan pembaca Anda, baik dengan terus menghibur mereka atau menjawab pertanyaan spesifik yang mereka ungkapkan.
    Di luar pelanggan, Anda juga harus terlibat dengan para pemimpin industri lainnya untuk membahas topik yang Anda tulis. Karena ini dapat memperluas jaringan dan membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan para pemimpin lainnya, yang memungkinkan Anda untuk menetapkan diri sebagai otoritas di industri tersebut.

 

 

Fungsi Content Marketing

Content Marketing : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Content Marketing
 

Selain memiliki manfaat yang sangat banyak dari penerapan content marketing. Terdapat pula fungsi-fungsi yang perlu Anda ketahui untuk menambah pengetahuan Anda tentang content marketing. Salah satu fungsinya adalah membangun dan mempertahankan identitas Brand yang terkait dengan pelanggan Anda dengan sukses. Berikut ini fungsi dari content marketing :

  • Lebih unggul secara kompetitif di antara para kompetitor bisnis kecil yang tidak menggunakan pemasaran konten.
  • Menjalin hubungan jangka panjang dan terpercaya dengan pelanggan dan mitra bisnis Anda.
  • Konsisten menghasilkan lebih banyak traffic web dan media sosial yang digunakan oleh bisnis Anda.
  • Menjadikan lebih banyak pengunjung situs web dan media sosial bisnis kecil menjadi suatu prospek dan berujung kepada peningkatan penjualan.
  • Visibilitas media yang lebih tinggi dan pengembalian investasi yang lebih baik.

 

Baca Juga :  Website untuk Design Email yang Mudah digunakan untuk Pemula 

 

 

Kemampuan yang Dibutuhkan Dalam Content Marketing

Sebelum membuat content marketing Anda harus memiliki kemampuan yang dibutuhkan yaitu seperti bercerita, komunikasi, menulis, dan lain-lain. Jika Anda merasa sudah memiliki skil-skil tersebut pastinya mudah untuk membuatnya. Untuk meringankan dan membantu Anda membuat content marketing Anda juga dapat membentuk sebuah tim yang dapat saling melengkapi atau memiliki skil yang berbeda. Dibawah ini terdapat penjelasan tentang kemampuan yang dibutuhkan dalam content marketing :

  • Menulis

    Bentuk konten yang dibuat dalam content marketing adalah tulisan. Baik itu artikel, copywriting, status di media sosial, atau naskah video. Anda harus bisa beradaptasi untuk menulis dalam bermacam-macam gaya yang sesuai dengan target audiens. Untuk latihan menulis, Anda harus banyak-banyak membaca dari berbagai sumber dan menelaah mana style yang pas untuk produk Anda. Latihan menulis tanpa membaca berbagai sumber lain akan membuat skill-mu berhenti di situ saja. Carilah inspirasi sebanyak-banyaknya sehingga Anda bisa selalu penuh ide dan karya.

  • Mengembangkan Cerita

    Membuat podcast atau video merupakan salah satu bentuk konten yang dapat Anda coba dalam content marketing. Nah, untuk mengajak audiens agar selalu menonton video atau mendengarkan podcast, dibutuhkan keterampilan bercerita yang lihai. Kalau Anda punya keterampilan dan bakat dalam bidang ini atau ingin mengasahnya, ikuti kelas public speaking atau kelas radio. Anda juga harus mendengarkan banyak radio, menonton video, atau mendengarkan podcast lain agar mengetahui bagaimana cara menghibur audiens tanpa visual.

  • Komunikasi

    Skill dalam berkomunikasi sangat penting untuk pekerjaan di bidang apa pun. Namun, pada content marketing kamu harus bisa mengasah skill komunikasi baik secara lisan dan tulisan (verbal, dan nonverbal).
    Hal tersebut dikarenakan dalam pekerjaan ini, Anda akan berhadapan dengan banyak orang. Konten yang dibuat pun harus bisa menyentuh banyak orang. Tidak hanya soal konten dan audiens, Anda juga akan bekerja di dalam tim sehingga komunikasi yang baik harus tetap dibina agar tidak ada kesalahpahaman.

 

Baca Juga : Apa itu VMware : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur dan Cara Download VMware 

 

Kesimpulan dan Penutup

Pembahasan diatas dapat Anda jadikan untuk menambah pengetahuan mengenai content marketing. Content marketing memang sangat cocok diterapkan pada bisnis yang masih kecil maupun yang sudah berkembang besar sekalipun. Pemasaran yang baik saat ini yaitu dengan menggunakan media sosial karena semua orang kini menggunakannya. Buatlah content se kreatif Anda dan usahakan terdapat keunikan tersendiri dibandingkan content yang lain.
Apabila dengan dengan menjalankan content marketing yang bagus, bisnis bisa berkembang, artinya Anda sudah berada di jalur yang benar. Usahakan memberikan ide-ide yang baru agar audiens tidak bosan dengan konten Anda. Bekerja sama dengan tim juga merupakan salah satu hal yang efektif untuk meningkatkan produktivitas Anda. Dengan saling bertukar pikiran akan menghasilkan konten yang luar biasa.

Related Post :