Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Nota kesepahaman ataus surat perjanjian juga dikenal Memorandum of Understanding (MOU atau MoU) adalah perjanjian formal yang dibuat di antara dua pihak atau lebih. Perusahaan dan organisasi sering menggunakan MOU untuk membangun kemitraan resmi mereka. MOU tidak mengikat secara hukum tetapi mereka memiliki tingkat keseriusan dan rasa saling menghormati yang lebih kuat, lebih kuat dari kesepakatan yang dibuat secara jabat tangan saja.

Seringkali, MOU adalah langkah pertama menuju berdasar kontrak hukum untuk lebih mengesahkan kesepakatan tersebut . Contohnya dalam hukum Amerika Serikat, nota kesepahaman identik dengan letter of intent (LOI), yang merupakan perjanjian tertulis tidak mengikat yang menyiratkan bahwa kontrak mengikat harus diikuti. Di beberapa negara, nota kesepahaman MOU ini dapat menjadi dokumen hukum jika kedua belah pihak menandatangani perjanjian.

MOU sendiri juga populer dalam hubungan internasional multinasional karena, tidak seperti perjanjian, mereka membutuhkan waktu singkat untuk meratifikasi dan dapat dirahasiakan. MOU juga dapat digunakan untuk mengubah perjanjian hukum yang ada. Karena setiap kesepakatan yang menyerupai kontrak mungkin akan dapat mengikat secara hukum dan karenanya dapat ditegakkan secara legal. Artikel ini menguraikan pertimbangan yang harus Anda perhitungkan saat berurusan dengan MOU.

 

Memahami Pengertian MOU (Memorandum of Understanding)

Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) adalah pernyataan tertulis singkat yang menguraikan perjanjian antara dua pihak atau lebih yang setuju untuk melakukan atau tidak melakukan hal-hal tertentu yang bergerak maju di masa depan. Dalam Kamus Bahasa Inggris Collins, dokumen tersebut adalah perjanjian antara pihak-pihak yang bukan dokumen hukum. Jadi, meskipun MOU tidak dapat ditegakkan secara hukum, ini adalah catatan tertulis yang sering bertindak sebagai langkah pertama dalam menciptakan kontrak formal.

MOU juga kadang-kadang dikenal dengan istilah lain yakni sebagai letter of intent. Namun, ini tidak sepenuhnya benar. Baik MOU dan letter of intent dapat digunakan untuk komunikasi diplomatik antara para pihak karena berfungsi untuk memastikan bahwa mereka yang terlibat berada di halaman dan melakukan apa saja yang telah disepakati bersama dari kedua belah pihak yang terlibat.

 

Cara Kerja MOU

Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama
 

Memorandum of Understanding adalah ungkapan persetujuan untuk dilanjutkan menjadi lebih sah dan mempunyai intensi yang sama dari semua pihak yang terlibat di dalamnya. Ini menunjukkan bahwa para pihak telah mencapai pemahaman dan bergerak maju. Meskipun tidak mengikat secara hukum, MOU adalah pernyataan serius bahwa suatu kontrak akan segera terjadi. Jadi secara singkat, MOU mempunyai cara kerja seperti :

  • MOU adalah dokumen yang menjelaskan garis besar kesepakatan yang telah dicapai dua pihak atau lebih.
  • MOU mengkomunikasikan harapan yang diterima bersama dari semua pihak yang terlibat dalam negosiasi.
  • Meskipun tidak mengikat secara hukum, MOU mengisyaratkan bahwa kontrak yang mengikat sudah dekat.
  • MOU paling sering ditemukan dalam hubungan internasional.

MOU mengkomunikasikan harapan yang diterima bersama dari orang-orang, organisasi, atau pemerintah yang terlibat. Mereka paling sering digunakan dalam hubungan internasional karena tidak seperti perjanjian, mereka dapat diproduksi relatif cepat dan rahasia.

Baca Juga  :     Cara Membuat Nota yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

 

Alasan Penulisan dan Komponen Isi dari Sebuah MOU

MOU sering digunakan dalam kemitraan komersial untuk menetapkan tujuan dan harapan bersama.Cara ini menetapkan hak dan kewajiban masing-masing pihak, yang akan dimasukkan ke dalam kontrak formal di kemudian hari. Anda mungkin ingin menggunakan MOU, terutama ketika Anda :

  • Anda tidak ingin membentuk hubungan hukum
  • Anda ingin menandai kemitraan yang saling menguntungkan
  • Anda ingin menguraikan tujuan bersama dari kemitraan komersial.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trick Membangun Team Work (Kerja sama Tim) yang Baik dan Benar untuk Bisnis

 

Komponen Isi MOU

Mengingat MOU dapat digunakan dalam hampir semua situasi di mana pihak-pihak yang terlibat tidak ingin menandatangani kontrak formal, maka MOU akan cukup mudah ditulis asalkan Anda memahami komponen utamanya seperti :

  1. Tanggal perjanjian

    Terletak di bagian atas kontrak, tanggal perjanjian menunjukkan bulan, hari, dan tahun di mana perjanjian dibuat dan berlaku.

  2. Pendahuluan

    Pengantar harus memberikan gambaran umum perjanjian, mengidentifikasi tujuan dokumen, pihak-pihak yang terlibat, dan mengapa pihak-pihak yang terlibat memasuki perjanjian. Pendahuluan juga harus menawarkan rincian tentang masing-masing pihak yang terlibat.

  3. Tujuan MOU

    Inilah alasan MOU dibuat. Ini harus merinci bagaimana para pihak yang terlibat akan menggunakan peningkatan kapasitas yang disediakan oleh MOU. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, jalankan pencarian Internet untuk MOU sampel. Baca contoh kalimat sehingga Anda dapat menyusun pernyataan tujuan Anda sendiri.

  4. Lingkup cakupan MOU

    Daftar lembaga dan yurisdiksi yang termasuk dalam perjanjian dan hubungannya dengan pihak-pihak yang terlibat. Ini termasuk pengguna akhir, tingkat komando / pemerintah, dll. Misalnya, apakah ada lembaga pemerintah yang akan menggunakan sumber daya yang termasuk dalam MOU?

  5. Ketentuan kolaborasi

    Bagian ini harus merinci kegiatan proyek yang akan dilibatkan. Kegiatan biasanya termasuk dalam dua kategori:
    a. Kerjasama yakni kegiatan yang dilakukan dan mitra mana yang akan melakukannya.
    b. Sumber daya yakni dana dan sumber daya lain yang dibawa masing-masing mitra ke perjanjian.

  6. Discalimer

    Pernyataan umum yang menunjukkan bahwa semua kegiatan yang terjadi berdasarkan MOU harus sesuai dengan hukum negara bagian dan federal.

  7. Kondisi perubahan atau pemutusan kesepatakan

    Bagian ini mengklarifikasi kondisi dan ketentuan di mana MOU dapat diakhiri, diubah, atau diubah baik itu poin maupun tujuan kesepakatannya.

  8. Tanda tangan

    Masing-masing pihak kemudian menandatangani MOU. Jika satu atau lebih pihak yang terlibat adalah perusahaan, CEO, ketua departemen, direktur, atau eksekutif perusahaan lain yang terlibat harus menandatangani atas nama korporasi.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Laporan Keuangan Untuk UMKM, Perusahaan dan Usaha

 

Perbedaan MOU dan Surat Kontrak

Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama
 

Terkadang banyak orang yang merasa bingung akan penggunaan serta perbedaan dari MOU dan surat kontrak. Mari simak perbedaan MOU dan kontrak dibawah ini :

Kontrak :

  • Persyaratan mengikat secara hukum
  • Ditegakkan oleh pengadilan
  • Para pihak berniat membentuk hubungan hukum
  • Harus memiliki pertukaran janji
  • Perjanjian yang ditulis bersifat pasti dan lengkap

 

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Resmi dan Contoh-Contohnya

 

MOU :

  • Persyaratan biasanya tidak mengikat secara hukum
  • Biasanya tidak ditegakkan oleh pengadilan
  • Para pihak tidak berniat membentuk hubungan hukum
  • Tidak perlunya ada bertukaran janji
  • Kesepakatan masih bisa dalam proses negosiasi

 

 

Contoh dan Template MOU Perjanjian Kerjasama

Pada dasarnya ada beberapa macam contoh dan ragam template yang biasa digunakan untuk menulis MOU kerjasama tergantung untuk tujuan MOU tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh mau pun template yang lebih umum digunakan oleh untuk banyak tulisan tujuan penulisan MOU.

Contoh Surat Perjanjian MOU Kerjasama Pembagian Bagi Hasil

Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama
 

 

 

Contoh Surat Perjanjian MOU Kerjasama Investasi 

 

Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama
 

 

 

Contoh Surat Perjanjian  MOU Kerjasama Perorangan

Contoh MOU dan Kumpulan Template MOU untuk Perjanjian Kerja Sama
 

 

 

Kesimpulan dan penutup

Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) tidak mengikat secara hukum tetapi tetap dipandang sebagai dokumen serius oleh hukum. Di Amerika Serikat, suatu MOU sama dengan letter of intent, yang merupakan perjanjian tidak mengikat yang menyatakan bahwa perjanjian mengikat akan segera menyusul. MOU paling sering digunakan sebagai bagian dari hubungan internasional multinasional karena, tidak seperti perjanjian, mereka cepat dan dapat dirahasiakan.

Namun, MOU juga dapat digunakan di dalam negeri dan sebagai alat untuk memodifikasi perjanjian yang ada. Nota Kesepahaman MOU berbeda dalam panjang dan kompleksitas, tetapi setiap pemahaman mewakili harapan yang diterima bersama antara orang, organisasi atau pemerintah. Kesamaan kunci lainnya antara semua MOU adalah mereka tidak mengikat secara hukum dan tidak melibatkan pertukaran uang.

 

Related Post :