Control Panel/cPanel Hosting : Definisi dan Fitur- Fitur Terbaiknya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 2

Saat Anda mengelola sebuah website, Anda membutuhkan pengetahuan terkait administrasi sistem (sysadmin) dan mengetahui beberapa cara untuk mengontrol layanan server dari penyedia hosting. Mulai dari menggunakan GUI yang disediakan, hingga menggunakan cara yang lebih teknis seperti mengetik beberapa perintah pada CLI (Command-line interface).

Jika Anda adalah seorang developer, menggunakan CLI dapat menjadi cara yang lebih efektif untuk mengelola keseluruhan website Anda. Namun untuk kasus sebagian besar seorang admin sistem, menuliskan code untuk perintah kepada layanan tertentu pada server akan menyulitkan terlebih ketika mengalami kendala error atau tidak familiar dengan tampilan CLI. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan Control Panel Hosting (cPanel Hosting).

Control Panel Hosting sendiri telah menyediakan cara yang lebih mudah untuk mengelola dan memonitoring seluruh layanan hosting yang Anda gunakan melalui GUI (Graphical User Interface). Dengan beberapa klik pada GUI Anda dapat mengelola layanan seperti web hosting, email, server database, dan sebagainya hingga melakukan monitoring yang mana fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang penting pada Control Panel. Beberapa Control Panel Hosting bahkan menawarkan Anda cara agar tetap dapat mengikuti penggunaan CPU, memori, juga bandwidth Anda.

 

Definisi Control Panel Hosting

Control Panel/cPanel Hosting : Definisi dan Fitur- Fitur Terbaiknya
 

Control Panel Hosting adalah sebuah GUI (Graphical User Interface) atau bisa disebut sebagai tampilan berbasis website yang tersedia secara online dan menyediakan tools untuk mengelola sebuah website, akun hosting, dan server. Ketika Anda menyewa jasa hosting website, Anda tidak perlu khawatir karena hampir setiap perusahaan hosting memiliki Control Panel. Beberapa paket hosting website yang disediakan penyedia biasanya mencantumkan informasi fitur – fitur dari Control Panel yang dapat menentukan kualitas dari pengalaman Anda sebagai pelanggan jasa ini.

Fungsionalitas dari Control Panel bervariasi tergantung dari penyedia hosting website Anda, tetapi biasanya beberapa fitur penting akan memiliki kesamaan dan hanya berbeda pada tampilan GUI saja. Mari simak fitur – fitur dan dukungan yang disediakan dari Control Panel Hosting berikut.

 

Baca Juga  :    Cara Cepat dan Mudah Install WordPress di cPanel

 

Fitur – Fitur Terbaik Control Panel Hosting

Beberapa perusahaan hosting website menawarkan fungsionalitas umum dari Control Panel Hosting hingga ke tingkat advanced untuk Anda. Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa fitur serta dukungan yang umumnya dimiliki penyedia hosting.

 

Fitur Dasar Control Panel

Saat Anda menggunakan Control Panel, Anda akan melihat beberapa informasi yang berguna untuk Anda seperti informasi akun Anda. Anda dapat mengatur setting seperti mengubah kata sandi Anda, bahasa yang Anda gunakan, atau mengatur email sebagai preferensi untuk notifikasi. Beberapa informasi penting seperti berapa banyak resources yang Anda gunakan untuk website agar Anda dapat memastikan batasan dari sumber yang dibutuhkan, serta informasi bersifat teknis yang Anda mungkin lihat pada GUI Control Panel adalah :

  • IP Address
  • Version Identification
  • Hosting Package
  • Bandwidth Usage
  • Disk Space Usage
  • Path to Sendmail
  • MySQL Database
  • FTP Accounts
  • Mailing List dan fitur – fitur sesuai dengan paket hosting yang Anda gunakan.

 

Fitur Aplikasi

Banyak perusahaan hosting website yang telah menyediakan fitur one-click applications yang membantu meningkatkan website Anda seperti software aplikasi pihak ketiga atau beberapa paket bundle yang mencakup beberapa aplikasi yang mungkin membantu Anda seperti :

  • Customer Support System
  • Content Management System
  • Classified Ad Management
  • Image Galleries
  • Project Management
  • FAQ Management
  • Ecommerce Solutions
  • Surveys dan Polls
  • Calendars dan beberapa aplikasi lainnya yang disediakan perusahaan hosting

 

Baca Juga  :      Perbedaan Control Panel Plesk dan Control Panel cPanel untuk Website

 

Fitur File Management

Salah satu fitur yang terpenting dari Control Panel Hosting adalah sistem manajemen file untuk konten website Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memudahkan Anda mengunggah dan mengunduh dokumen ke situs Anda dengan membuat akun FTP, membuat backup file Anda, dan mengelola seluruh file, direktori, dan sub direktori seperti membuat, memindahkan, menyalin, menghapus, atau mengubah izin dari file dan folder.

 

Fitur Statistik

Agar bisa mengetahui performa dari website Anda, sebagian besar Control Panel menyediakan opsi analisis statistik seperti menganalisis traffic website untuk SEO (Search Engine Optimization), memonitoring keamanan dari website, atau menentukan efisiensi dari website Anda. Adapun informasi umum yang Anda temukan dari data statistik website yaitu :

  • Browser yang digunakan
  • Seberapa lama visitor mengunjungi website Anda
  • Jumlah visitor website Anda
  • Visitor terakhir yang mengunjungi dan sebagainya yang dapat digunakan untuk menargetkan iklan, mengoptimalkan website Anda agar dapat berjalan seefisien mungkin

 

Fitur Keamanan dan lainnya

Fitur penting lainnya memungkinkan Anda memperketat keamanan dari website Anda seperti menentukan izin khusus untuk berbagai bagian website. Anda dapat membuat direktori yang dilindungi dengan kata sandi sehingga informasi tertentu yang diakses memerlukan kata sandi, memblokir IP visitor yang menyebabkan masalah agar tidak dapat mengakses website Anda, atau mengaktifkan fitur hot link protection sehingga seseorang tidak dapat mencuri bandwith Anda.

Beragam fitur yang disediakan Control Panel yang dapat membantu Anda mengelola website seperti Domain Management, MySQL settings, PHPMyAdmin, Automatic Notifications, Image Manager, dan sebagainya. Semua fitur pada Control Panel Hosting yang telah diabstraksikan, yang artinya Anda tidak perlu mengetik puluhan hingga ribuan code pada CLI untuk menggunakan semua layanan website Anda, melainkan hanya melalui beberapa klik pada GUI.

 

Baca Juga  :    Panduan Cara Login ke Cpanel Website dan Blog

 

Manfaat Control Panel

Control Panel/cPanel Hosting : Definisi dan Fitur- Fitur Terbaiknya
 

Dari semua fitur terbaik Control Panel Hosting yang dijelaskan diatas, Anda pasti telah mengetahui beberapa manfaat dari cPanel ini. Dari banyak manfaat dari menggunakan Control Panel Hosting diantaranya adalah :

  • Kesederhanaan

    Karena menggunakan GUI, Anda tidak perlu memiliki banyak pengetahuan teknis karena Anda hanya perlu menggunakan beberapa klik dan langsung dapat menggunakan layanan hosting bahkan bagi pemula sekalipun.

  • Management yang mudah

    Mengelola konten dari sebuah website melalui CLI akan sedikit rumit jika Anda tidak terbiasa mengetik perintah yang Anda ingin. Seperti fitur file management, Anda dapat dengan mudah mengelola file dan folder hingga bahkan melakukan backup data Anda.

  • Aman

    Penyedia hosting memastikan Anda dapat menggunakan fungsi untuk melindungi data website Anda dengan Control Panel dengan hanya beberapa klik saja. Manfaat ini juga didapatkan dengan penggunaan CLI, namun Anda perlu mengetik perintah berupa code, nama file, dan beberapa sintaks yang perlu Anda deskripsikan.

 

Baca Juga Panduan  :     [UPDATE] Perkenalkan Jupiter, Tampilan Baru cPanel

 

Penutup dan Kesimpulan

Control Panel atau cPanel Hosting adalah sebuah GUI yang tersedia secara online dan menyediakan beragam tools untuk mengelola website maupun server Anda. Menggunakan Control Panel Hosting dapat menjadi opsi bagi Anda ketika tidak familiar dengan penggunaan CLI (Command-line Interface) untuk mengelola sebuah website. Ini dikarenakan Control Panel memudahkan Anda dalam menggunakan layanan website hanya dengan satu klik pada fitur – fitur yang disediakan dari pihak penyedia.

Anda tidak perlu mengetik perintah yang panjang untuk mendapatkan apa yang Anda ingin kelola di website. Beberapa fitur terbaik memungkinkan Anda melakukan pekerjaan administrasi sistem dan melalui beberapa analisa Anda mungkin dapat meningkatkan efisiensi website. Penyedia Control Panel Hosting terpopuler memiliki GUI yang ramah pengguna dan fungsionalitas yang bahkan dapat membuat Anda menginstall ratusan aplikasi hanya dengan satu klik saja.

Related Post :