Apa Itu Coworking Space dan Bagaimana Asal Muasalnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Mungkin pekerjaan jarak jauh atau remote working dan hybrid sudah menjadi hal yang umum sejak dunia terserang pandemi 2020 lalu. Karena ada batasan sosial, maka perusahaan dan perkantoran dirombak secara cepat dengan melarang pekerjanya untuk datang ke kantor.

Pegawai tetap dapat bekerja dari rumah atau work from home. Selain dari rumah, ternyata pekerja juga bisa bekerja di coworking space. Ini adalah penyewaan tempat kerja khusus yang bisa disewa oleh perusahaan langsung atau secara personal baik itu harian atau dalam waktu tertentu.

Tapi tahukah Anda apa itu coworking space? Kenapa tempat kerja seperti ini semakin populer seiring waktu? Mari ketahui apa yang dimaksud dengan coworking space pada artikel singkat dibawah ini.

 

Apa Itu Coworking Space

Apa Itu Coworking Space dan Bagaimana Asal Muasalnya
 

 

Secara umum, definisi coworking space atau ruang kerja bersama adalah ketika orang berkumpul di ruang netral untuk bekerja secara mandiri pada proyek yang berbeda, atau dalam kelompok pada proyek yang sama. Ini berbeda dari ruang kerja kantor pada umumnya karena orang-orang di lingkungan rekan kerja umumnya tidak berasal atau bekerja untuk perusahaan yang sama.

Meski begitu, coworking space menawarkan fasilitas yang sama yang akan Anda temukan di kantor tradisional bahkan bisa jadi lebih baik lagi. Pembeda utama adalah fleksibilitas karena Anda tidak perlu menandatangani kontrak atau membeli bangunan jika Anda menggunakan coworking space.

Setiap coworking space biasanya akan selalu menawarkan berbagai kemudahan seperti jaringan WiFi, printer, ruang konferensi, hingga minuman dan makanan ringan. Tidak mengherankan kalau banyak perusahaan dan startup lebih memilih menyewa coworking space daripada membangun perkantoran mereka sendiri.

Belum lagi, coworking space akan membuat perusahaan dan bisnis bisa menghemat anggaran mereka, karena tidak ada lagi tuntutan dalam menyediakan infrastruktur umum seperti tempat dan meja kerja bagi karyawan. Anda tinggal membayar paket dan mulai bekerja sehingga Anda akan lebih fokus pada pekerjaan Anda saja.

 

Baca Juga   :      Kenali Pengertian, Fungsi dan Manfaat Penting Dari Inovasi

 

Sejarah Asal Muasal Coworking Space

Coworking space bisa sangat cocok dengan bisnis kecil yang baru saja memulai langkah mereka dan mempunyai keterbatasan dana. Tidak mengherankan kalau coworking space sangat populer di antara bisnis seperti startup hingga freelance. Mari ketahui sejarah asal muasal kenapa coworking space terkenal hingga saat ini.

  • Tahun 1995

    Coworking space pertama sebenarnya didirikan oleh peretas di Berlin. Idenya adalah untuk berbagi pemikiran, ruang dan informasi untuk menyelesaikan tugas kepada mereka yang bergabung dalam keanggotaan.

  • Tahun 1995

    Istilah coworking pertama kali digunakan oleh Bernard DeKoven, yang menggambarkannya sebagai “bekerja sama secara setara.” Individu yang wiraswasta atau bekerja untuk perusahaan yang berbeda tetapi dapat berbagi ide dengan alat dan pertemuan terkoordinasi melalui jaringan komputer. Sebuah ruang dibuka di New York pada tahun yang sama oleh sebuah perusahaan perangkat lunak dengan pengaturan meja yang fleksibel.

  • Tahun 2002

    Ruang kerja bersama pertama dibuka di Schrauben Fabrik, Wina, di sebuah pabrik tua yang telah direnovasi yang juga sebagai pusat komunitas untuk perusahaan. Kemudian tempat ini juga diperluas untuk mencakup pekerja lepas dan profesional lain. Dari sini berkembang dengan dikenal sebagai Connex Community.

  • Tahun 2005

    Brad Neuberg membuat coworking space pertama dia San Francisco yang menawarkan meja, wifi gratis, makan siang bersama, tur sepeda, meditasi dan pijat. Dari sini coworking lain juga di buka di London hingga Berlin.

  • Tahun 2006

    Chris Messina salah satu pendiri Twitter membuka Coworking Wiki di San Francisco. Dengan co-founder lain seperti Brad Neuber dan Tara Hunt, mereka membuka coworking space penuh waktu di Hat Factory.

  • Tahun 2007

    Untuk pertama kali kata coworking space ada di database Google karena pencarian yang meningkat pesat. Karena itu, kata kunci coworking space menjadi trending dan akhirnya tercatat di Wikipedia.

  • Tahun 2012

    Coworking space di seluruh dunia bertambah hingga lebih dari 2.000 didirikan. Bahkan di Twitter mencatat peningkatan tweet yang sayang besar karena adanya tagar coworking yang muncul terus menerus.

  • Tahun 2019

    Menurut dari dari Statistica, ada hampir 19.000 ruang kerja bersama di seluruh dunia.

 

Baca Juga   :       Apa Itu Prototype? Kenali Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

 

Kelebihan Menggunakan Coworking Space untuk Bekerja

Apa Itu Coworking Space dan Bagaimana Asal Muasalnya
 

Peningkatan berkelanjutan dari coworking space di kota-kota di seluruh dunia didorong oleh banyak faktor yang berbeda. Beberapa di antaranya faktor ekonomi dan dana bagi perusahaan yang mulai berbisnis atau pekerja freelance yang bekerja di tempat yang menyediakan perlengkapan penuh dengan dana terbatas. Karena itu coworking space sangat menarik oleh faktor- faktor :

  • Biaya lebih rendah

    Salah satu manfaat utama dari ruang kerja bersama adalah efisiensi biaya yang lebih besar. Dengan berbagi hal-hal seperti fasilitas kantor, layanan resepsionis, internet, dan printer dengan karyawan dari perusahaan lain, bisnis dengan anggaran terbatas dapat menghindari biaya layanan dan memotong banyak overhead biasa yang terkait dengan sewa bangunan jangka panjang.

  • Fleksibilitas yang lebih besar

    Sebagian besar penyedia coworking space tidak mengharuskan Anda untuk berkomitmen pada kontrak jangka panjang. Sebagai gantinya, pekerja lepas dan pemula dapat memanfaatkan sewa yang lebih pendek dan persyaratan bayar sesuai penggunaan yang fleksibel. Tentunya ini akan dapat membantu menjaga hal-hal tetap terjangkau bagi perusahaan kecil yang baru memulai bisnis mereka.

  • Bantuan komunitas

    Coworking diciptakan untuk membantu wirausahawan untuk lebih berbaur dan menjalin networking. Ruang kerja bersama menghubungkan Anda dengan kelompok profesional yang berpikiran sama. Ketika Anda berbagi ruang fisik dengan pekerja dari industri Anda sendiri dan di luarnya, Anda membuka peluang potensial, membangun hubungan yang kuat, dan mengembangkan koneksi yang langgeng dengan orang-orang baru.

  • Membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas

    Berbagi ruang kerja bersama dengan sekelompok rekan kerja yang bersemangat dan fokus adalah cara yang pasti untuk meningkatkan produktivitas Anda sendiri. Selain itu, coworking space juga mendorong Anda untuk lebih kreatif dan mungkin bisa saja dapat membantu memulai proses pemikiran baru dan memperkenalkan perspektif dan ide yang belum Anda pertimbangkan sebelumnya.

 

Baca Juga  :    Kenali Pengertian Brainstorming, Fungsi dan Tujuannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Akhir-akhir ini meski awalnya coworking space lebih banyak digunakan oleh bisnis kecil dan freelancer yang mempunyai keterbatasan dana, coworking space juga ternyata digunakan oleh perusahaan besar yang ingin mengurangi ruang kantor mereka yang tidak terpakai. Dengan cara begini, banyak perusahaan yang meninggalkan perkantoran tradisional yang menuntut banyak biaya dan lebih memilih menyewa coworking space yang lebih fleksibel.

Dikarenakan peningkatan ini, maka coworking space kembali meroket dan menjadi cara hemat bagi bisnis yang sedang berkembang untuk berekspansi dengan mengurangi resiko membuka perkantoran sendiri. Bahkan, coworking space juga menjadi semakin lengkap dan nyama yang membuat bisnis lebih baik menghemat dana mereka dengan menyewa tempat yang sudah lengkap di coworking space dibandingkan jika harus menyediakan semua infrastruktur sendiri.

 

 

Related Post :