Mengenal Apa Itu Cyber Security dan Jenis Ancamannya

Informasi / 0 | | 1

Dengan peningkatan jumlah pengguna perangkat dan program di dunia modern yang berbasis digital saat ini juga membuka banyak kemungkinan termasuk kejahatan siber. Maka dari itu, perlu adanya kesadaran akan cyber security atau keamanan siber karena pengguna harus tetap menjaga data mereka.

Belum lagi, kecanggihan alat penyeran dunia maya juga semakin maju dan meningkat dengan teknik serangan yang berinovasi, membuat keamanan data dan informasi Anda sangat beresiko. Karenanya, Anda harus lebih teliti terutama jika Anda mendapatkan email spam yang mencurigakan.

Untuk membantu mengatasi serangan siber yang semakin aktif dan membuat para korbannya rugi, maka diperlukan adanya kesadaran akan cyber security lebih dulu dengan tidak mengklik link, mengunjungi website atau berbagi data pribadi begitu saja tanpa ada validasi.

 

Mengenal Apa Itu Cyber Security dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Cyber Security dan Jenis Ancamannya
 

 

Kalau dijabarkan, cyber security adalah proses melindungi sistem komputer, jaringan, data, dan program dari serangan melalui sarana digital. Dalam kebanyakan kasus kejahatan online, serangan siber dirancang untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi atau memeras uang dari pengguna.

Dengan tujuan mengatasi kejahatan ini, keamanan siber menggunakan berbagai metode, teknologi, dan proses untuk mengkoordinasikan upaya di semua sistem informasi, meminimalkan risiko serangan siber dan akses tidak sah ke sistem. Jadi bisa dikatakan kalau pada dasarnya keamanan siber dirancang untuk memberikan perlindungan berlapis di semua komputer, jaringan, dan program yang digunakan oleh bisnis.

Untuk menciptakan pertahanan terpadu terhadap potensi serangan siber, penting agar bisnis, karyawan, proses, dan teknologi terlibat harus dirancang untuk bekerja bersama tanpa hambatan. Suatu sistem keamanan siber yang berfungsi dengan baik akan dapat mendeteksi, menyelidiki, dan mengatasi potensi kelemahan dan kerentanan dalam sistem sebelum dapat dieksploitasi oleh peretas atau perangkat lunak berbahaya.

 

Baca Juga  :     Apa Itu Spoofing : Pengertian, Jenis, Dampak, dan Cara Mengatasinya

 

Jenis/Tipe Cyber Security

Secara singkat, cyber security dapat digambarkan sebagai metode, teknologi, dan proses kolektif untuk membantu melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan sistem komputer, jaringan, dan data, dari serangan siber atau akses yang tidak sah. Tujuan utama dari keamanan siber adalah untuk melindungi seluruh aset organisasi dari ancaman eksternal dan internal serta gangguan yang disebabkan karena bencana alam.

Karena aset bisnis perusahaan, instansi atau organisasi terdiri dari beberapa sistem yang berbeda, postur keamanan siber yang efektif dan efisien memerlukan upaya terkoordinasi di semua sistem informasinya. Oleh karena itu, keamanan siber terdiri dari sub-domain atau jenis berikut :

  • Keamanan Aplikasi (Application Security)

    Keamanan aplikasi melibatkan penerapan berbagai pertahanan dalam semua perangkat lunak dan layanan yang digunakan dalam suatu organisasi terhadap berbagai ancaman. Jenis security ini membutuhkan perancangan arsitektur aplikasi yang aman, menulis kode yang aman, menerapkan validasi input data yang kuat, pemodelan ancaman, dll. untuk meminimalkan kemungkinan akses tidak sah atau modifikasi sumber daya aplikasi.

  • Keamanan Awan (Cloud Security)

    Keamanan cloud berkaitan dengan merancang arsitektur dan aplikasi cloud yang aman untuk organisasi menggunakan berbagai penyedia layanan cloud seperti Google, AWS, Azure, dll. Konfigurasi arsitektur dan lingkungan yang efektif memastikan perlindungan terhadap berbagai ancaman.

  • Manajemen Identitas dan Keamanan Data (Identity Management and Data Security)

    Manajemen identitas mencakup kerangka kerja, proses, dan aktivitas yang memungkinkan otentikasi dan otorisasi individu yang sah ke sistem informasi dalam suatu organisasi. Keamanan data melibatkan penerapan mekanisme penyimpanan informasi yang kuat yang memastikan keamanan data saat istirahat dan dalam perjalanan.

  • Keamanan Seluler (Mobile Security)

    Keamanan seluler mengacu pada perlindungan informasi organisasi dan pribadi yang disimpan di perangkat seluler seperti ponsel, laptop, tablet, dll. dari berbagai ancaman seperti akses tidak sah, kehilangan atau pencurian perangkat, malware, dll.

  • Keamanan jaringan (Network Security)

    Keamanan jaringan melibatkan penerapan mekanisme perangkat keras dan perangkat lunak untuk melindungi jaringan dan infrastruktur dari akses, gangguan, dan penyalahgunaan yang tidak sah. Jenis ini adalah jenis perlindungan yang efektif membantu melindungi aset organisasi dari berbagai ancaman eksternal dan internal.

  • User education

    Siapa pun dapat secara tidak sengaja memasukkan virus ke sistem yang aman jika tidak mengikuti praktik keamanan yang baik. Mengajarkan pengguna untuk menghapus lampiran email yang mencurigakan, tidak mencolokkan drive USB yang tidak dikenal, dan berbagai pelajaran penting lainnya sangat penting untuk keamanan organisasi mana pun.

  • Pemulihan bencana dan kelangsungan bisnis

    Disaster recovery and business continuity planning (DR&BC) sangat penting untuk dimiliki bisnis yang sangat bergantung pada jaringan online. Jenis keamanan siber yang satu ini akan membantu bisnis dalam menentukan bagaimana organisasi merespons insiden keamanan siber atau peristiwa lain apa pun yang menyebabkan hilangnya operasi atau data. Kebijakan pemulihan bencana menentukan bagaimana organisasi memulihkan operasi dan informasinya untuk kembali ke kapasitas operasi yang sama seperti sebelum musibah terjadi.

 

Baca Juga  :     Cara Menghapus Virus/Malware dan Menjaga Keamanan Data di Komputer

 

Jenis- Jenis Serangan Cyber yang Diperangi Cyber Security

Cyber security adalah praktik penyebaran orang, kebijakan, proses, dan teknologi untuk melindungi organisasi, sistem kritis, dan informasi sensitif mereka dari serangan digital. Ada banyak jenis serangan yang tercatat saat ini, tapi pada dasarnya ancaman yang dilawan oleh keamanan siber ada tiga pembagian :

  • Kejahatan dunia maya mencakup pelaku tunggal atau kelompok yang menargetkan sistem untuk keuntungan finansial atau menyebabkan gangguan.
  • Serangan siber sering kali melibatkan pengumpulan informasi bermotif politik.
  • Terorisme siber dimaksudkan untuk merusak sistem elektronik sehingga menimbulkan kepanikan atau ketakutan.

 

Baca Juga  :      Rekomendasi Anti-Malware Terbaik untuk Laptop / Komputer OS Windows

 

 

Tips Menghindari Kejahatan Siber (Cyber Crime)

Mengenal Apa Itu Cyber Security dan Jenis Ancamannya
 

 

Sangat wajar untuk menjadi takut akan keselamatan Anda di dunia maya yang tak terbatas ini. Tapi bagaimana agar bisnis, perusahaan dan individu dapat menjaga diri dari ancaman dunia maya? Berikut adalah tip keamanan cyber yang bisa Anda terapkan :

  • Perbarui perangkat lunak dan sistem operasi Anda seperti menggunakan bantuan dari patch keamanan terbaru.
  • Gunakan perangkat lunak anti-virus untuk membantu dalam mendeteksi dan menghapus ancaman. Perbarui perangkat lunak Anda untuk tingkat perlindungan terbaik.
  • Gunakan kata sandi yang kuat dengan memastikam kata sandi Anda tidak mudah ditebak.
  • Jangan buka lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal yang bisa saja telah terinfeksi malware.
  • Jangan mengklik tautan dalam email dari pengirim yang tidak dikenal atau situs web yang tidak dikenal karena ini adalah cara umum penyebaran malware.
  • Hindari menggunakan jaringan WiFi yang tidak aman di tempat umum. Jaringan yang tidak aman membuat Anda rentan terhadap serangan man-in-the-middle.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu One-Time Password (Kode OTP) Dan Tips Melindunginya

 

Kesimpulan dan Penutup

Keamanan siber adalah perlindungan sistem yang terhubung ke internet seperti perangkat keras, perangkat lunak, dan data dari ancaman siber. Praktik ini digunakan oleh individu dan perusahaan untuk melindungi dari akses tidak sah ke pusat data dan sistem komputerisasi lainnya.

Strategi keamanan siber yang kuat dapat memberikan postur keamanan yang baik terhadap serangan jahat yang dirancang untuk mengakses, mengubah, menghapus, menghancurkan, atau memeras sistem dan data sensitif organisasi atau pengguna. Keamanan siber juga berperan dalam mencegah serangan yang bertujuan untuk menonaktifkan atau mengganggu operasi sistem atau perangkat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :