Rekomendasi Layanan Security Website

Rekomendasi Layanan Security Website

Di era saat ini data atau informasi pribadi pelanggan adalah aset berharga yang rentan terhadap risiko. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah situs web yang dijalankan aman dan layanan security website apa yang sesuai? Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai rekomendasi layanan security website terkini yang  membantu Anda menjaga situs tetap aman dan melindungi data berharga. 

Baca Juga: Ini Dia Tips Meningkatkan Keamanan Data

5+ Rekomendasi Layanan Security Website

Keamanan internet sangat penting ketika berselancar di dunia maya, terutama di situs web. Membahas mengenai layanan security website yang aman dan terjamin, tentunya terdapat beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mendorong keterlibatan dan loyalitas pelanggan. Berikut 5+ rekomendasi layanan security website yang perlu Anda ketahui:

1. Let’s Encrypt – Sertifikat SSL

5+ rekomendasi layanan security website yang pertama adalah SSL. Sertifikat Secure Sockets Layer (SSL) adalah file data kecil yang menciptakan koneksi terenkripsi dan aman antara host situs web dan browser individu. SSL memastikan bahwa data yang dibagikan antara kedua pihak tersebut aman dan pribadi, melindungi informasi dari para peretas.

Situs web yang menggunakan protokol SSL memiliki domain yang dimulai dengan https://. Memiliki sertifikat ini pada situs web sangat penting, terutama jika pengguna melakukan aktivitas pertukaran informasi sensitif, seperti nomor kartu kredit atau unduhan file yang aman. SSL inilah yang nantinya akan menunjukkan kepada pengunjung bahwa Anda sedang mengambil langkah-langkah untuk melindungi informasi mereka.

Google juga memberi prioritas kepada situs web dengan URL https:// dalam peringkat pencariannya. Dalam melakukan browser pada Google Chrome akan diberitahu kepada pengguna tentang keberadaannya melalui ikon gembok di bilah URL. Google akan segera memberitahu jika melakukan pencarian di situs yang tidak aman dan merekomendasikan untuk menuju situs yang berbeda.

2. Cloudflare – Web Application Firewall

Web Application Firewall (WAF) menganalisis lalu lintas situs web masuk untuk aktivitas yang mencurigakan dan memblokir ketika melakukan browser berdasarkan serangkaian aturan yang telah ditentukan sebelumnya. WAF dapat melindungi dari serangan yang ditargetkan secara umum seperti DDoS, cross-site scripting, dan injeksi bahasa pencarian terstruktur (SQL)

Cloudflare adalah layanan WAF yang akan menyaring lalu lintas masuk dan melindungi situs Anda dari para pelaku jahat. Layanan ini menggunakan alat pembelajaran mesin yang kuat untuk belajar dari serangan terhadap 25 juta situs yang dilindunginya, sehingga proses pemindaiannya otomatis dan tidak memerlukan masukan tambahan. Namun, jika Anda melihat bahwa ada serangan berulang dan spesifik terhadap situs, Anda dapat menentukan serangkaian aturan sendiri dan memblokir alamat IP tertentu.

3. Google CDN – Jaringan Pengiriman Konten Global

Jaringan pengiriman konten (CDN) adalah sistem dari server-server yang terhubung dan membuat situs dapat diakses, serta dimuat dengan cepat bagi pengguna di seluruh dunia. Dari segi keamanan, CDN global pada situs sangat penting karena hal ini memastikan bahwa server pusat Anda tidak terlalu terbebani oleh traffic. Server yang terlalu padat dapat membuat situs Anda lebih rentan terhadap serangan spam.

Anda dapat memahaminya seperti ini: jika Anda pemilik situs yang menggunakan server berbasis di Florida, server yang sama tersebut harus melayani web di Washington D.C., Paris, dan Singapura. Server tersebut mungkin tidak mampu mengelola traffic dari seluruh dunia, tetapi CDN global dapat melakukannya melalui jaringan server yang didistribusikan secara global. Sistem ini mampu meningkatkan kinerja halaman bagi semua web browser, tanpa memandang lokasi.

Cloud CDN adalah layanan cepat dan handal yang dengan cepat dan aman mengirimkan konten situs kepada pengguna di seluruh dunia. Hal ini dilakukan melalui alamat IP anycast yang diakui secara global yang dapat mengurangi kecepatan muat situs dan mengoptimalkan kinerja last mile. Hal ini membuat semua konten situs tersedia, bukan hanya elemen-elemen yang dimuat pertama kali di situs Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Website Jual Foto Online Terbaik 2024

4. LogicMonitor – Layanan Pemantauan Situs Web

Salah satu cara paling sederhana untuk memastikan keamanan situs web adalah dengan menggunakan layanan pemantauan situs web (Website Monitoring Service atau WMS). Alat-alat ini memantau kinerja situs, seperti gangguan halaman, serta kerentanannya yang mengancam keamanan situs. Pada dasarnya, WMS mengidentifikasi masalah secara proaktif sehingga Anda dapat mengatasinya sebelum menjadi masalah yang sulit diatasi.

LogicMonitor adalah alat WMS yang mendapat peringkat tinggi. Ini adalah SaaS hibrida, yang berarti bahwa ia beroperasi di cloud dan sebagai alat ringan di dalam jaringan situs. Seperti namanya, layanan ini memantau situs dan membuat dasbor analitik yang menjelaskan kinerja situs dan memberitahu Anda tentang ancaman yang ada atau yang akan datang.

5. Duo Security – Autentikasi Dua Faktor

layanan security website

Otentikasi dua faktor adalah solusi keamanan sederhana untuk melindungi diri dari serangan yang ditargetkan, seperti upaya masuk dengan paksa. Sementara alat lainnya berfokus pada keselamatan situs. Solusi keamanan ini memastikan bahwa hanya orang yang memiliki alat keamanan situs, seperti administrator yang dapat mengaksesnya.

Duo security melindungi berkas-berkas aman dan data-data sensitif dengan menggunakan dua sumber untuk mengonfirmasi identitas pengguna yang masuk ke situs Anda. Otentikasi keamanan ini seperti kode sandi yang dipilih serta pemberitahuan login pada perangkat lain.

Solusi ini merupakan layanan otentikasi dua faktor yang memastikan akses aman bagi administrator atau pengguna situs. Ini menggunakan otentikasi multi-faktor, akses jarak jauh dengan VPN aman, dan kebijakan akses adaptif untuk memberikan atau menolak akses berdasarkan peran pengguna.

6. SiteGround – Hosting Situs Aman

Hosting adalah kerangka situs web Anda, karena itulah Anda dapat memiliki situs yang aktif. Tanpa hosting, situs Anda tidak akan ada. SiteGround adalah pilihan yang bagus ketika mencari penyedia web hosting dengan pendekatan keamanan terutama. 

Platform SiteGround dibangun dengan mempertimbangkan keamanan dan kecepatan, serta memiliki semua fitur keamanan yang dibutuhkan situs Anda. Fitur ini berupa SSL gratis yang terpasang secara default, WAF cerdas bawaan pada semua server, pencadangan harian yang didistribusikan secara geografis pada semua paket, pemantauan server 24/7, sistem anti-bot berbasis kecerdasan buatan, PHP yang dikelola, laporan keamanan bulanan yang komprehensif, alat dan plugin keamanan khusus WordPress, dan banyak lagi. 

Selain itu, pengguna SiteGround dapat menambahkan Site Scanner perusahaan – alat pemindaian berkas, domain, dan URL untuk mencegah unggahan dan penggunaan berkas berbahaya dan memastikan situs web Anda terlindungi dengan baik. Semua situs WordPress yang hosting di SiteGround dapat memanfaatkan fitur keamanan khusus WordPress tambahan seperti:

  • Pembaruan otomatis WordPress yang dikelola dengan plugin dan opsi terjadwal
  • Plugin Keamanan SiteGround yang telah memenangkan penghargaan, yang sudah terpasang pada semua paket
  • Staging WordPress yang aman dengan pencadangan otomatis saat dipublikasikan

7. Dropmysite – Cadangan Situs Web

Elemen penting lainnya untuk situs adalah memiliki cadangan berkas situs jika terjadi peretasan berencana untuk beralih penyedia hosting. Mencadangkan situs Anda adalah cara untuk memastikan bahwa berkas Anda tetap aman dan tersedia ketika diperlukan. Meskipun memungkinkan untuk mencadangkan berkas Anda secara manual atau mungkin melalui penyedia hosting Anda, Dropmysite menawarkan proses otomatis.

Dropmysite adalah alat cadangan dan pemulihan yang andal yang menggunakan kredensial SFTP, FTP, atau RSYNC. Kredensial ini berfungsi untuk mencadangkan dan menyimpan berkas situs Anda ke dalam basis data cloud secara aman. Prosesnya sepenuhnya otomatis dan dilengkapi dengan opsi pemulihan satu klik untuk berkas dan konten situs yang mungkin sengaja terhapus.

Baca Juga: Mengenal WooCommerce dan Cara Kerjanya Untuk Bisnis Online

Kesimpulan

Ancaman cyber dapat muncul tanpa pemberitahuan dan kesalahan kecil dapat berdampak besar. Melalui pemilihan layanan security website yang tepat, maka dapat diketahui bahwa situs Anda terlindungi dengan baik. Mulai dari pemantauan, perlindungan, cadangan dan otentikasi dua faktor. Pilihan layanan keamanan yang telah direkomendasikan diatas dapat membantu Anda untuk menjaga situs web tetap aman.

Mengingat peran penting SSL dalam peringkat mesin pencari dan kepercayaan pengguna. Maka, penting untuk menggunakan SSL Certificates sebagai langkah cerdas untuk meningkatkan visibilitas dan keandalan situs web Anda. Dapatkan SSL Certificates dari IDCloudHost sekarang dan hadirkan perlindungan terbaik untuk situs web Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update