Daftar DNS Server Milik Telkom dan Fungsinya untuk berbagai Kebutuhan

Serba Serbi / 1 | | 1

Bagi kalian yang sudah lama berkutat di internet dan teknologi tentu sudah tidak asing mendengar istilah DNS server. Sebelum memahami DNS Server, Apakah kalian sudah tahu tentang apa itu DNS? DNS sederhananya memiliki definisi sebuah sistem yang membantu mempermudah pencarian pada sistem komputer. Bagi kalian yang sering mengakses sebuah website, DNS inilah yang bekerja merubah URL website menjadi sebuah IP Address. Elemen kunci dari DNS ini adalah DNS Server yang ada di dunia.ss

DNS Server adalah server komputer yang terkoneksi ke DNS, tugas dari DNS server inilah yang mengatur perangkat jaringan khusus untuk memetakan IP Address yang didalamnya terdapat database network hostname. Nah, fungsi dari DNS ini adalah penerjemah hostname menjadi alamat IP maupun sebaliknya. Ada 3 komponen penting dalam pengelolaan DNS yaitu DNS Resolver, Recursive DNS Server, dan Authoritative DNS.

Di Indonesia sendiri saat mengakses internet kalian bagi pengguna layanan Telkom akan dibantu dengan DNS Telkom ini. DNS Telkom ini digunakan secara menyeluruh di Indonesia, jadi bisa digunakan bagi kalian yang tinggal di Negara Indonesia. Biasanya jika kalian mengalami masalah koneksi tiba-tiba website tidak tersambung, mungkin saja untuk memperbaikinya dengan cara mengganti DNS Server. Nah berikut pada artikel ini akan dijelaskan mengenai daftar dan fungsi dari DNS Server milik Telkom.

 

Mengenal Apa Itu DNS Server?

 

DNS Server sangat erat sekali kaitannya dengan alamat IP di situs-situs website. Nah, pengertiannya adalah sebuah server yang melayani pengguna internet untuk mengetahui alamat yang digunakan oleh sebuah domain. Studi kasus agar kalian lebih paham lagi adalah ketika kalian ingin mengakses website Idcloudhost.com, kemudian DNS Server akan bertugas mencari alamat dari website IDCloudhost agar perangkat komputer atau laptop dapat terhubung dengan IDCloudhost.

DNS Server ini biasanya sudah disediakan oleh penyedia jasa internet untuk kalian gunakan berselancar di peramban internet. Apabila kalian mempunyai sebuah router, kalian bisa banget membuat DNS server sendiri. Namun, tetap untuk urusan menangani pencarian alamat IP tetaplah tugas dari DNS Server yang dimiliki oleh provider internet. Terdapat 3 komponen penting yang terdapat pada pengelolaan DNS Server.

Komponen pertama adalah DNS Resolver, yaitu sebuah program klien di perangkat pengguna yang bertuga membuat permintaan DNS dari program aplikasi. Selanjutnya adalah Recursive DNS Server yang bertugas merespon permintaan tersebut dengan melakukan pencarian, apabila sudah dapat komponen inilah yang mengembalikan jawaban ke Resolver. Terakhir, Authoritative DNS Server yang memberikan jawaban terhadap permintaan Recursive.

Baca Juga:    Mengenal Apa itu DNS Server

 

Mengenal Fungsi dari DNS Server

Nah, dari penjelasan diatas pastinya kalian sudah memahami dan mengira kira-kira fungsi dari DNS Server itu apa? Secara jelas fungsi utama dari DNS server yaitu menyimpan informasi tentang cara menemukan Data DNS. Ketika kalian melakukan googling dan masuk ke dalam sebuah website maka kalian sudah membuat permintaan untuk sebuah domain, DNS server yang menyediakan lokasi untuk menemukan detail dari Data DNS. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari DNS server untuk menambah pengetahuan anda.

  • Menyimpan Informasi IP Address sebuah website berdasarkan nama domai
  • Menyimpan informasi URL website berdasarkan IP Address yang dimasukkan
  • Membantu mencarikan server yang tepat untuk mengirim sebuah email.

Mari kita simak penggambaran studi kasus berikut agar kaian lebih paham tentang sistem dan fungsi dari DNS. Kalian mengetikkan google.com ke dalam browser . Browser kalian menjangkau server nama root untuk semua nama domain .com dari Verisign (root) dan menemukan server nama untuk Google.com. Server nama tersebut adalah ns1.google.com. Sekarang, server nama itu mengarahkan Anda ke Manajer DNS untuk domain, google.com. Setelah memeriksa, Manajer DNS menyediakan 172.217.9.238 sebagai Data DNS untuk google.com. Browser Anda kemudian akan diarahkan ke Alamat IP di atas yang menunjukkan konten situs google.com.

 

Kelebihan dari DNS Server

 

Manfaat yang dapat diterima oleh pengguna internet atas penggunaan DNS ini cukup banyak. Bahkan tanpa bantuan DNS Server ini mungkin orang tidak bisa mengakses sebuah internet. Maka dari itu ada beberapa manfaat yang akan kalian terima jika menggunakan DNS Server ini seperti yang pertama mudah dalam mengakses internet. Tugas kalian tidak perlu sampai mengingat berderet-deret angka alamat IP, tentu akan lebih mudah jika mengingat nama websitenya saja. Adanya DNS server membantu kalian menyediakan komunikasi tersebut.

Kelebihan selanjutnya dari penggunaan DNS Server ini adalah mudah dilakukan konfigurasi. Jadi ketika kalian mengalami sebuah kendala pada alamat IP yang digunakan, kalian bisa banget mengganti alamat IP yang berbeda dengan mudah dan cepat. Dengan cara melakukan pembaruan data pencocokan DNS dan alamat IP. Terakhir, yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan DNS akan membantu keamanan aktivitas transfer data saat kalian berinternet. Sistem DNS akan membantu mencegah terjadinya peretasan oleh pihak-pihak yang mengganggu.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu DNS, Fungsi, Jenis-Jenis, Dan Cara Kerjanya

 

DNS Telkom Tercepat di tahun 2020

Pengaturan DNS bisa berpengaruh terhadap kecepatan dan kestabilan internet yang kalian gunakan. Usahakan menggunakan pengaturan yang tepat agar internet berjalan dengan maksimal tanpa hambatan dan gangguan apapun. Provider layanan internet seperti Telkom biasanya sudah melakukan pengaturan alamat DNS bagi para penggunanya. Nah, salah layanan internet Telkom seperti Indihome misalnya, tentunya sudah mengatur alamat DNS bagi penggunannya.

Meski sebenarnya kalian bisa banget mengganti alamat DNS tersebut supaya memperoleh jaringan internet yang lebih optimal. Dengan internet yang stabil dan cepat maka pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Apalagi di kala pandemi seperti ini yang mengharuskan setiap orang untuk tetap di rumah masing-masing. Serta melakukan kegiatan melalui rumah seperti bekerja, belajar, hingga mencari hiburan. Nah berbicara mengenai DNS Telkom berikut ini akan ditampilkan DNS Telkom dari menyeluruh nasional hingga regional.

    1. DNS Telkom Menyeluruh Nasional
      No Keterangan DNS
      1. Ns1.telkom.net.id 203.130.196.6
      2. Ns2.telkom.net.id 222.124.204.34
      3. Ns3.telkom.net.id 202.134.1.5
      4. Dns1.telkom.net.id 202.134.0.62
      5. Dns2.telkom.net.id 222.124.18.62
    2. DNS Telkom Kota Jakarta
      No Keterangan DNS
      1. nsjkt1.telkom.net.id 202.134.0.155
      2. nsjkt2.telkom.net.id 203.130.196.5
      3. nsjkt3.telkom.net.id 203.130.196.155
      4. nsjkt4.telkom.net.id 202.134.0.61
      5. nsjkt1.telkom.net.id 125.160.2.226
    3. DNS Telkom Kota Surabaya
      No Keterangan DNS
      1. nssby1.telkom.net.id 202.134.1.10
      2. nssby2.telkom.net.id 125.160.4.82
    4. DNS Telkom Kota Bali
      No Keterangan DNS
      1. nsdpr1.telkom.net.id 61.94.192.12
      2. nsdpr1.telkom.net.id 125.160.2.34
    5. DNS Telkom Kota Batam
      No Keterangan DNS
      1. nsbtm1.telkom.net.id 203.130.193.74
      2. nsbtm2.telkom.net.id 61.94.230.13
    6. DNS Telkom Kota Bandung
      No Keterangan DNS
      1. nsbdg1.telkom.net.id 202.134.2.5
    7. DNS Telkom Kota Semarang
      No Keterangan DNS
      1. nssmg1.telkom.net.id 203.130.208.18

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itu tadi penjelasan mengenai daftar DNS Telkom yang bisa dijadikan informasi dan referensi bagi pengguna internet yang menggunakan layanan Telkom utamanya Indihome. Penting banget bagi pengguna internet untuk mengetahui apa itu DNS server, sebab ketika mereka melakukan akses di internet, maka siapa lagi kalau bukan DNS server yang membantu mereka untuk bisa mengakses domain website yang ingin mereka tuju.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah DNS Server. DNS server fungsi utama yang paling bermanfaat adalah peran untuk menyediakan detail informasi tentang DNS. Disini sudah jelas jika kata server mempresentasikan sebagai sebuah tempat untuk menyimpan. DNS server juga bermanfaat untuk kalian bisa tetap bisa mengakses internet, selain itu keamanan juga akan lebih terjaga. Demikianlah artikel mengenai Daftar DNS Server Milik Telkom dan Fungsinya untuk berbagai Kebutuhan

Related Post :

popup image