Daftar Peluang Usaha Tanpa Modal dan Menguntungkan di tahun 2020

Serba Serbi, Startup & Bisnis, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mencari uang di zaman sekarang sangatlah mudah, bahkan sambil bersantai di rumah dan rebahan saja uang bisa datang ke kita. Bagaimana caranya? Tentunya seseorang harus pintar-pintar mencari sebuah peluang bisnis yang trend dan memiliki untung yang banyak. Nah, pastinya seseorang akan berpikir bahwa ketika ingin menghasilkan keuntungan dan profit yang lebih harus membutuhkan modal yang banyak. Semua ini bisa dikatakan tidak benar bahwa sebenarnya modal adalah salah satu faktor dari sekian hal yang dapat menumbuhkan sebuah usaha.

Kadang orang masih ragu untuk mencoba berbisnis melalui internet, apakah benar-benar menguntungkan? Modalnya yang dibutuhkan berapa? Bisnis apa yang cocok dengan dirinya. Sebenarnya keraguan tersebut bisa dijawab dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dipaparkan di artikel. Membuat sebuah bisnis online sangatlah menguntungkan bagi mereka yang benar-benar memiliki niat. Modal yang diperlukan juga tidak terlampau besar, bahkan ada yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

Apabila kalian benar-benar terjun ke dunia bisnis online, aturan pertama yang harus kalian pegang adalah tidak menjalankan dengan setengah-setengah. Jika digali lebih dalam banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari mencoba bisnis online ini. Namun, bagi para pemula jangan mudah untuk tergiur dengan keuntungan-keuntungan yang didapat saja. Sebab yang namanya sebuah bisnis pasti memiliki tantangan, kerugian, dan kekurangan bagi yang menjalaninya. Nah, oleh karena itu di artikel ini juga akan dipaparkan tips untuk memulai bisnis online ditambah lagi ada beberapa contoh daftar bisnis online tanpa modal. Yuk mari kita simak ide apa saja yang berpeluang menguntungkan di tahun 2020 dengan modal yang tidak terlalu banyak.

 

Mengenal Apa Itu Bisnis Online?

Bisnis online? Mungkin dari anda sudah ada yang tau tentang istilah ini? Bisnis online secara sederhananya adalah bisnis yang dijalankan secara daring atau melalui media internet. Baik itu lewat website, marketplace, hingga sosial media. Sepertinya setiap media yang ada bisa dijadikan tempat untuk melakukan aktivias bisnis. Bagi para pembaca pastinya sudah pernah melakukan pembelian pada suatu situs e-commerce atau bahkan sering. Nah, situs e-commerce tersebut merupakan bagian dari sebuah sistem bisnis online.

Jadi, Bisnis online adalah sistem atau cara berbisnis melalui internet, mulai dari transaksi, pemasaran, dan hal lainnya dilakukan melalui internet. Menjalankan sebuah bisnis online ini sangatlah mudah, seseorang tidak perlu membangun atau menyewa sebuah toko untuk menjalankan bisnis mereka.

Memang tidak bisa dipungkiri jika pengguna internet dari tahun ke tahun akan terus mengalami pertambahan. Menurut data APJII jumlah pengguna internet Indonesia sudah menembus angka 170 juta. Dengan jumlah yang sedimikian fantastis tentu ini merupakan pasar yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis. Pelaku bisnis akan lebih mudah menjangkau pelanggan mereka. Market share yang begitu besar tersebut akan mempermudah pelaku bisnis online untuk menjual bisnis mereka. Banyak sekali perusahaan yang sukses karena penjualan di internet contoh situs Amazon yang berhasil membuat pemiliknua sebagai orang terkaya di dunia.

 

Baca Juga :   Daftar Usaha Tanpa Modal yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah dan Menguntungkan

 

Tips Sebelum Memulai Bisnis Online

 

Sebelum masuk ke dalam pembahasan macam-macam peluang bisnis dengan modal nol, kurang lengkap rasanya jika kita tidak sama-sama belajar tips apa saja yang harus dipakai untuk bekal menjalankan sebuah bisnis online. Motivasi untuk meraih keuntungan saja tidak cukup malahan hal itu bisa membuat anda terjerumus pada sebuah kerugian. Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang harus dikuasai oleh seorang pemilik bisnis sebelum memulai bisnis mereka. Meskipun bisnis online memang telihat gampang dalam pengelolaannya namun bukan berarti tantangan yang akan dijalani nantinya mudah. Maka dari itu, berikut ini adalah tips bagaimana membangun sebuah bisnis online bagi pemula.

  • Memahami Jenis Bisnis yang Dijalankan

    Akan aneh dan lucu jika pemilik bisnis tidak memahami tentang bisnis apa yang dijalankan secara jauh. Asalkan jalan saja intinya, yang penting untung dan dapat pembeli. Inilah yang justru membahayakan bagi pelaku bisnis online. Apabila seorang pelaku bisnis online tidak memahami secara detail akan berdampak sekali bagi perkembangan dari bisnis tersebut. Nah, untuk itu seorang pelaku bisnis wajib mengetahui tentang bisnis mereka secara detail, mulai dari produk apa yang mereka jual. Ketahui produk yang akan dijual secara spesifik, jenisnya, kualitasnya, kuantitasnya.
    Baru setelah itu pelaku bisnis bisa mendalami ilmu bagaimana sistem bisnis yang dijalankan. Berapa modalnya, biaya pengeluarannya, alurcashflownya, dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan cara memasarkannya, siapa saja segmentasi pasar yang cocok untuk produknya. Jadi pahami dan kenali terlebih dahulu tentang bisnis yang ingin dijalankan.

  • Mencari Model Bisnis Online

    Setelah tadi berusaha untuk mengenali bisnis apa yang ingin dijalankan, jika sudah saatnya bagi pelaku bisnis mencari bisnis yang cocok. Model bisnis berperan pada bagaimana bisnis tersebut dikelola. Seseorang bisa jadi menjual barang yang sama namun model bisnis yang dijalankan berbeda. Menentukan model bisnis yang dijalankan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan pelaku bisnis.

  • Mencari Model Bisnis Online

    Bisnis yang sehat dan keren adalah bisnis yang mengetahui seluk beluk kompetitornya. Maka oleh karena itu, seorang pelaku bisnis akan lebih baik jika melakukan riset tentang kompetitor mereka. Ketahui tentang kelebihan dan kekurangan bisnis mereka. Kekurangan yang dimiliki oleh kompetitor bisa dijadikan kelebihan pada bisnis yang anda dijalankan dan kelebihan dapat memberikan gambaran untuk memulai inovasi yang bisa menyaingi hal itu.

  • Membuat Brand Bisnis

    Memperkenalkan sebuah bisnis kepada pelanggan diperlukan sebuah identitas yang bisa melekat di pikiran mereka. Inilah yang disebut sebuah brand bisnis, brand akan membantu bisnis anda dikenal oleh khalayak. Membangun brand bisnis yang baik maka bukan tidak mungkin menjadikan bisnis anda lebih dikenal masyarakat. Contoh saja merk air mineral Aqua. Siapapun orang yang membeli air mineral kemasan sepertinya selalu mengucapkan aqua pada saat membeli padahal air mineral kemasan yang dibeli memiliki nama merk yang berbeda. Itulah kekuatan dari sebuah brand, buatlah sebuah nama dan logo yang dapat menjadi market share masyarakat.

 

Baca Juga:   Perbedaan Antara Reseller dan DropShipper untuk Bisnis Anda

 

Daftar Bisnis dengan Modal Nol/Tanpa Modal

Layaknya internet yang terus berkembang dari waktu ke waktu, peluang bisnis online juga akan terus berkembang bahkan mungkin bisa jadi muncul peluang bisnis yang baru. Banyak sekali sebenarnya bisnis online yang tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan bisnis yang dijalankan ini bisa dilakukan di rumah saja bahkan rebahan. Meskipun begitu juga jika pelaku bisnis ingin mendapatkan keuntungan yang lebih maka usaha yang dilakukan tidak boleh seenaknya. Bagi anda yang ingin memiliki bisnis online inilah rekomendasi yang kami berikan.

  1. Memulai Bisnis Dropshipping

    Bisnis selanjutnya ini juga memiliki kesamaan seperti bisnis reseller, yaitu menjual kembali barang dari supplier. Nama bisnis ini adalah Dropshipping, namun perbedannya adalah bisnis dropship tidak mengharuskan untuk membeli barang dari supplier hingga menyetoknya. Dropshipper panggilan pelaku bisnis dropship, bisa menjual barang yang berada di tangan supplier tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Dropshipper hanya berperan sebagai pihak ketiga untuk menghubungkan supplier dengan pembeli. Biasanya dropshipper akan menyepakati harga yang akan dijual dengan supplier, nah disitulah seorang dropshipper mendapat keuntungan.

  2. Menjadi Seorang Copywriter

    Menulis adalah sesuatu yang mudah. Namun, menulis dengan baik dan bisa membuat pembacanya terpengaruhi oleh tulisan yang ditulis merupakan hal yang cukup sulit. Bagi siapa yang mau mempelajarinya sebenarnya sangatlah mudah. Kemampuan seperti ini disebut dengan copywriting. Copywriting merupakan pekerjaan yang sekarang lagi naik daun. Banyak perusahaan yang memerlukan jasa copy ini. Sekarang banyak sekali kursus yang diinternet yang menjelaskan dasar-dasar ilmu copywriting ini. Nah, orang yang membuat copy ini disebut copywriter. Seorang copywriter memliki role kerja seperti membuat iklan yang menarik. Kkata kata yang disampaikan harus menarik, bisa berkomunikasi dengan pelanggan, dan dipahami.

  3. Menjadi Seorang Blogger

    Menjadi seorang blogger merupakan pilihan tepat jika kita tidak memiliki modal yang banyak atau tidak memiliki modal sama sekali. Dengan bermodal keahlian menulis saja kalian bisa langsung mendapat uang. “Tetapi kan menjadi blogger harus membuat website terlebih dahulu?” Hal itu memang benar namun sekarang sudah banyak penyedia layanan web builder yang gratis seperti WordPress, Blogger, dan Wix. Kalian bisa memanfaatkan pembuatan website ini dan mencoba menaruh blog kalian.

  4. Menjual Jasa Desain Grafis

    Bisnis jasa desain juga sangat bisa dicoba bagi seseorang yang memiliki keahlian yang oke banget saat mendesain. Biasanya jasa desain ini berguna bagi seseorang yang membutuhkan jasa pembuatan banner, poster, undangan, dan masih banyak lagi. Jasa desain ini patut dicoba karena modal yang dikeluarkan tidak banyak. Asalkan bisa mendesain jenis usaha ini bisa dijalankan dengan mudah.

  5. Persewaan Barang

    Memiliki sebuah barang tapi tidak digunakan setiap harinya pastinya akan sedikit mengurangi value dari barang tersebut. Maka dari itu, daripada barang tersebut menganggu  akan lebih baik jika dimanfaatkan pada hal lain. Misalnya disewakan, dengan menyewakan ini anda bisa menambah penghasilan anda. Contohnya memiliki kamera yang tidak digunakan setiap harinya anda bisa menyewakan bagi mereka yang memerlukan dengan memasang tarif sesuai dengan lama waktu peminjaman. Bisa jadi dengan menyewakan ini anda bisa balik modal pembelian barang yang disewakan dalam waktu yang cepat.

  6. Menjadi Seorang Freelancer

    Bagi seseorang yang mempunyai keahlian di bidang tertentu seperti editing video, desain grafis, menulis blog, membuat copy promosi dan masih banyak sekali bisa banget untuk menjadi seorang influencer. Pekerjaan influencer sangat cocok bagi seseorang yang ingin kerja di rumah dan malas untuk datang ke kantor setiap harinya. Pekerjaan jenis ini juga bisa menghasilkan uang yang banyak. Tergantung seberapa banyak klien yang akan dilayani. Namun, akan lebih baik jika saat menjadi seorang influencer juga memperhatikan setiap project dari para klien.

  7. Menjadi Podcaster

    Pasti kalian sudah mengenal tentang podcast bukan? Podcast merupakan hal baru di Indonesia yang sekarang banyak digandrungi. Menjadi seorang podcast berarti anda harus membangun sebuah channel yang menyediakan konten audio on demannd yang dapat diakses secara online. Kalian bisa membuat konten podcast apa saja, namun tetap perhatikan apa yang menjadi topik yang sering dibahas oleh masyarakat. Hal ini membantu anda menentukan jenis topik yang akan diangkat.

  8. Menjadi Youtuber

    Jangan kira Youtube hanya bisa dijadikan sebagai tempat hiburan mata saja, padahal sebenarnya anda bisa menjadikan youtube sebagai ladang rejeki. Memulai membangun channel Youtube dapat menjadi sebuah ide bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Faktanya banyak sekali youtuber sukses yang meraih puluhan juta dari youtube. Anda cukup membuat konten yang menarik dan bermanfaat lalu melakukan monetizing.

  9. Membuka Jasa Tutor Online

    Ditengah pandemi yang tidak kunjung selesai membuat aktivitas-aktivitas semua masyarakat terhambat, salah satu yang terdampak adalah siswa-siswa sekolah. Kalian bisa menawarkan tutor jasa online kepada mereka. Sebab, pembelajaran secara online selama ini banyak yang mengatakan kurang efektif, maka kalian bisa mengambil kesempatan ini untuk memberikan pembelajaran secara intens dengan waktu yang lebih lama dari pembelajaran sekolah.

  10. Bisnis Affiliate Marketing

    Bisnis yang paling mudah dan banyak sekali penggemarnya ini merupakan bisnis favorit yang bisa dijalankan oleh kaum rebahan. Modal untuk bisnis ini sangatlah tidak ribet, cukup bermodal sebuah website maupun sosial media uang akan masuk ke kantong dengan sendirinya. Bisnis affiliate marketing ini adalah sebuah program kerjasama antar seseorang dan sebuah perusahaan untuk mencantumkan iklan di halaman website atau situs media sosialnya. Seseorang akan dibayar bilamana pengunjung dari website atau sosial medianya itu mengklik iklan baik itu iklan poster atau apapun. Pengunjung jika mengklik iklan tersebut akan diarahkan langsung ke situs atau aplikasi dari perusahaan. Mudah bukan cara untuk menjalankan bisnis ini. Dengan tidur-tiduran bahkan rebahan di rumah saja uang akan terkumpul dengan sendirinya.

 

Kesimpulan dan Penutup

Memulai bisnis modal kecil bisa sekali dilakukan oleh masyarakat baik itu orang dewasa, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, bahkan pelajar atau mahasiswa. Motif yang digunakan mereka pun cukup beragam ada yang ingin mendapat penghasilan tambahan, menabung untuk masa depan, atau sekedar menambah uang jajan. Memang dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan semua itu akan terwujud.

Ada banyak sekali bisnis kecil-kecilan bermodal minim yang bisa dicoba. Meskipun bermodal kecil namun untung yang dihasilkan tidak bisa diremehkan. Semua itu tergantung pemilik bisnis dalam mengelola bisnis yang dilakukannya. Meskipun begitu bisnis kecil-kecilan ini memiliki pengelolaanya yang cukup mudah. Nah itu tadi penjelasan mengenai peluang bisnis denan modal kecil terbaik dan menguntungkan di 2020. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu masyarakat menemukan ide untuk bisnis apa yang akan mereka jalanakan.

Related Post :