Daftar Usaha Tanpa Modal yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah dan Menguntungkan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pada masa sulit seperti saat ini dan banyaknya perusahaan yang gulung tikar. Menjadikan karyawan-karyawan dirumahkan atau sebutannya adalah Putus Hubungan Kerja (PHK). Selain itu kondisi ekonomi para pedagang kecil pun juga terkena imbasnya. Sepinya pembeli membuat penghasilan menjadi berkurang. Sebagian besar ekonomi warga memang cukup sulit pada masa sekarang, namun Anda juga tidak boleh mudah menyerah dengan keadaan.

Berdasarkan kenyataan di masyarakat, terdapat fakta menarik dari karyawan kantoran bahwa mereka mungkin memiliki gaji kecil, tetapi nyatanya banyak dari mereka yang memiliki waktu luang yang besar. Sayangnya, sebagian besar dari mereka tidak memanfaatkan waktu luang tersebut dengan optimal dan mengubahnya menjadi uang. Solusi dari permasalahan ekonomi yang dihadapi adalah usaha sampingan. Usaha sampingan merupakan pilihan bebas untuk karyawan dan perusahaan tidak melarangnya, selama tidak bertentangan dengan peraturan atau bisnis dari perusahaan.

Terdapat kendala yang selalu menjadi alasan utama mengapa banyak karyawan tidak memulai usaha sampingan adalah modal. Banyak diantara masyarakat yang beranggapan bahwa tanpa modal yang kuat atau besar, maka bisnis sampingan tersebut tidak akan mulai. Namun jangan berkecil hati terlebih dahulu, masih terdapat usaha sampingan tanpa modal yang dapat Anda jalankan. Untuk mengetahui usaha apa saja yang dapat dilakukan tanpa modal, simaklah penjelasan berikut ini.

Pengertian Bisnis Tanpa Modal

 

Daftar Usaha Tanpa Modal yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah dan Menguntungkan
 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang diikuti dengan dengan penetrasi internet dan kepemilikan gadget yang tinggi membuat berbagai macam kegiatan bisa dijalankan dengan sistem online. Hanya dengan menggunakan gadget dan koneksi internet, Anda bisa menjalankan banyak aktivitas dari rumah, misalnya berbelanja online, bekerja, juga berbisnis online.

Untuk menghasilkan uang, Anda tidak perlu keluar rumah dan menyewa tempat usaha. Asalkan terhubung dengan jaringan internet, Anda bisa menjalankan bisnis di mana saja dan kapan saja. Selain bisnis secara online, Anda juga bisa bekerja secara remote dari rumah tanpa perlu pergi ke kantor setiap hari. Sistem pekerjaan ini dikenal dengan bekerja freelance dan bisa dikerjakan di rumah. Dengan demikian, Anda bisa meminimalkan ongkos transportasi juga menghemat waktu dan energi.

 

Baca Juga : Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah 

 

Hal yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Bisnis

 

Daftar Usaha Tanpa Modal yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah dan Menguntungkan
 

Sebelum memulai bisnis tentunya Anda harus memiliki niat yang kuat terlebih dahulu. Hal tersebut karena tidak ada yang tahu apa yang akan dengan bisnis Anda kedepannya. Selain itu, menjalankan bisnis harus dilakukan dengan fokus dan penuh perencanaan. Apalagi jika Anda ingin bisnis Anda berkembang dengan lancar. Ketahui dahulu beberapa hal penting yang harus Anda miliki sebelum memulai bisnis. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan miliki sebelum memulai bisnis adalah :

 

  • Memprioritaskan kebutuhan konsumen

    Faktor yang paling menunjang keberhasilan suatu bisnis adalah konsumen. Serta kepuasan konsumen menjadi kunci utama dalam perkembangan usaha. Anda mungkin mempunyai ide dan rencana bagus untuk bisnis Anda, namun perlu diketahui bahwa ide dan rencana bagus saja tidak bisa menarik konsumen dengan mudah. Produk atau jasa yang Anda tawarkan haruslah sesuatu yang dibutuhkan serta menarik hati pelanggan.

  • Komitmen yang Tinggi

    Dengan adanya komitmen tinggi dan niat yang kuat sebuah usaha apapun pasti akan berkembang. Dalam sebuah usaha pastilah terdapat banyak rintangan yang kecil maupun besar. Maka dari itu dengan komitmen tersebut semua permasalahan dapat teratasi. Anda harus secara berkelanjutan berusaha meningkatkan keahlian, belajar hal baru, dan mencari cara untuk meningkatkan penjualan demi keuntungan bisnis Anda.

  • Menganalisis Keunggulan

    Semua perusahaan, produk, dan layanan pasti punya keunggulan jika dibandingkan dengan pesaing. Keunggulan tersebutlah yang membuat perusahaan, produk, atau jasa tersebut menjadi pilihan konsumen. Ketahui keunggulan yang Anda miliki, serta kelebihan produk atau layanan bisnis Anda agar kompetitif dengan para pesaing.

 

Baca Juga : Daftar Program Affiliate Marketing yang Menguntungkan dan Mudah 

 

Daftar Usaha Tanpa Modal

Setelah mengetahui pengertian dan hal apa yang harus dimiliki untuk memulai usaha langkah selanjutnya adalah memikirkan usaha apa yang Anda jalankan. Berbagai jenis usaha sudah banyak tersedia di masa sekarang. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan teknologi tadi. Hanya mengandalkan smartphone dan internet sebuah bisnis tanpa modal dapat terjadi. Jangan salah walaupun dijalankan tanpa modal tetapi dapat menghasilkan untung yang besar. Terdapat beberapa daftar usaha tanpa modal yang dapat Anda jalankan seperti berikut ini :

 

  • Dropshipper

    Sistem penjualan barang dengan dropship yang dimaksud yakni, Anda sebagai dropshipper akan mencatat semua order pembeli lalu setelah itu baru membeli barang tersebut ke penjual utama barang. Dengan kata lain, Anda mengumpulkan order-order tersebut sampai ke jumlah tertentu, dan tidak menyimpan stok siap jual sendiri. Jadi, memulai usaha ini tak memerlukan modal sepeser pun. Pernahkah Anda membayangkan sebuah toko yang menjual barang yang tidak dimilikinya? Hal itulah yang terjadi pada toko toko yang menggunakan teknik dropshipping.Seperti yang dijelaskan, toko online dengan teknik dropshipping tidak membutuhkan adanya stok barang. Hal ini dikarenakan dropshipping akan membuat Anda menjual barang-barang yang dijual oleh mitra kerja sama Anda saja. Jadi Anda bertindak sebagai reseller atau penjual kembali barang dari suatu toko tertentu.

  • Jasa Titip Jual

    Pembeda dari jasa titip jual dengan jasa titip beli adalah, jasa titip jual membantu orang menjual barang dagangannya namun dengan harga tambahan sebagai bayaran dari jasa bantu yang Anda lakukan. Usaha sampingan tanpa modal ini biasanya dilakukan dengan bantuan media sosial ataupun chat messenger. Misalnya, Anda membantu menginfokan pada seluruh mahasiswa (melalui LINE) di sekitaran kampus A bahwa ada orang yang menjual TV flat bekas dengan harga murah. Harga yang ditawarkan sudah termasuk jasa jual Anda, sehingga jika barang laku, Anda langsung mendapat komisi.

  • Menjual foto di internet

    Jika Anda suka fotografi maka Anda juga dapat memulai menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Caranya dengan menjual foto online. Anda dapat mendaftarkan diri ke website penjualan foto seperti IstockphotZ(dot)com dan ShutterStock(dot)com. Kemudian mengupload foto Anda. Jika ada pengunjung yang ingin membeli foto Anda maka Anda akan mendapatkan komisi. Untuk Istockphoto komisinya adalah 15% per foto dan ShutterStock 20-30% per foto. agar mendapatkan komisi itu dengan mudah Anda dapat membuat akun di PayPal, sehingga situs-situs tersebut dapat mengirimkannya lewat PayPal.Modal yang Anda butuhkan hanyalah kamera digital. Anda dapat menggunakan kamera Smartphone Anda dan memulai mengambil gambar. Pastikan foto Anda berkualitas tinggi dan memiliki karakter atau menjelaskan cerita tertentu. Target pasar Anda adalah website online yang membutuhkan foto untuk website mereka.

  • Desain Grafis

    Usaha tanpa modal ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Beberapa marketplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribu(dot)com dan projects(dot)co(dot)id, 99designs(dot)com, elance(dot)com, serta upwork(dot)com {dulu bernama odesk(dot)com}. Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan Anda. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini.

  • Les Privat

    Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Awalnya Anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan anda yang keliling tapi para murid yang akan datang ke rumah anda. Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil.Jika Anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi. Jika Anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan Anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa Anda tentukan berdasarkan pasaran biaya les di lokasi Anda.

  • Membuat Blog

    Menjadi seorang blogger merupakan sebuah kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Kunci sukses dari sebuah website adalah traffic atau jumlah pengunjung yang banyak. Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak orang yang berpikir instan dengan membeli traffic ke penyedia layanan jasa traffic. Hal tersebut sangatlah keliru. Pengunjung yang datang dari jasa ini bukanlah manusia, tapi fake traffic yang tidak memberikan keuntungan apapun bagi pemilik website.

    Untuk memulai bisnis blog ini, pilihlah tema yang sesuai dengan passion atau hal-hal yang sangat Anda sukai seperti misalnya barang-barang elektronik, makanan, musik, dan lain sebagainya. Kemudian isi blog anda dengan konten tersebut yang bisa berupa artikel, ulasan, komentar, atau apapun. Jika konten blog Anda berkualitas, maka pelan tapi pasti akan banyak pembaca yang berkunjung. Traffic blog akan naik dengan sendirinya, backlink dari situs web lain juga mudah didapatkan. Apabila traffic blog Anda bagus, maka blog kemudian bisa di-monetize untuk mendapatkan uang. Caranya pun beragam, mulai dari buka space iklan untuk pengiklan lokal sampai dengan tergabung dalam jaringan periklanan profesional layaknya Google Adsense. Menariknya, hanya butuh modal maksimal Rp1 juta untuk membuka usaha ini.

 

Baca Juga : Profesi Web Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya 

 

Kesimpulan dan Penutup

Semua usaha dibutuhkan profesionalitas dan komitmen yang kuat dalam menjalankannya. Walaupun usaha di atas bersifat sampingan tanpa modal dan bukan usaha utama, Anda harus berkomitmen, jangan sampai usaha tersebut mengganggu pekerjaan utama Anda. Semua yang dilakukan sangat tergantung dari apa yang diniatkan. Jangan sampai Anda hanya semangat di awal dan lupa akan niatnya sebelum memulai usaha sampingan. Kalau hal tersebut terjadi, dapat membahayakan bisnis Anda, semua pekerjaan jadi keteteran.

Untuk memulainya pilihlah bisnis yang Anda kuasai di bidangnya. Tekuni satu hal terlebih dahulu. Setelah merasa cukup maka boleh Anda melanjutkan jenis usaha di bidang lain. Segala sesuatu yang baik maka sebelumnya juga melewati proses yang sulit. Sebaiknya nikmatilah proses ketika Anda baru pertama kali menjalankan sebuah bisnis tanpa modal. Penghasilan yang dapat pastinya akan sangat membantu perekonomian Anda pada masa seperti ini.

Related Post :