Daftar Teknologi Smart Home System untuk Kebutuhan Rumah Pintar

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jika semua perangkat dalam hidup kita dapat terhubung ke internet? Bukan hanya komputer dan smartphone, tetapi semuanya seperti jam, speaker, lampu, bel pintu, kamera, jendela, tirai jendela, pemanas air panas, peralatan, peralatan memasak, bahkan apa saja. Dan bagaimana jika semua perangkat itu dapat berkomunikasi, mengirimi Anda informasi, dan mendengarkan perintah Anda? Semua itu terasa ajaib jika Anda hanya melihatnya di siaran televisi, atau hanya gambaran yang berputar dalam pikiran Anda. Gambaran tersebut akan terlihat luar biasa dan nyata saat memiliki teknologi tersebut di dalam rumah Anda.

Secara sederhana smart home bekerja dengan sensor, masing-masing dari perangkat yang ada di dalam rumah memiliki chip yang bisa beroperasi menggunakan bantuan remot kontrolnya. Remot ini tidak serta merta berbentuk seperti remot, di beberapa kecanggihan teknologi remot ini bisa disinkronisasikan ke dalam bentuk telepon pintar yang sering Anda gunakan. Entah itu dengan bantuan aplikasi atau tanpa aplikasi, dengan tujuan memudahkan Anda untuk mengontrol seisi rumah hanya dalam genggaman.

Perangkat pendukung yang ada untuk mewujudkan rumah pintar Anda bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki, dengan banyak pilihan dan fungsi yang hampir sama Anda bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan rumah pintar sederhana. Yang terpenting jangan pernah berpikir bahwa rumah yang saat ini ditempati tidak bisa menjadi smart home impian Anda.

 

Pengertian Smart Home System

Daftar Teknologi Smart Home System untuk Kebutuhan Rumah Pintar
 

Rumah pintar bisa didefinisikan kepada pengaturan rumah yang nyaman di mana peralatan dan perangkat dapat dikontrol secara otomatis dari jarak jauh dan dari mana saja dalam koneksi internet dengan menggunakan perangkat seluler atau perangkat jaringan lainnya. Perangkat di rumah pintar saling terhubung melalui internet, memungkinkan pengguna untuk mengontrol fungsi seperti akses keamanan ke rumah, suhu, pencahayaan dari jarak jauh. Perangkat rumah pintar terhubung satu sama lain dan dapat diakses melalui satu titik kontrol seperti telepon pintar, tablet, laptop, atau konsol game.

Kunci pintu, televisi, monitor rumah, kamera, lampu, dan bahkan peralatan seperti lemari es dapat dikontrol melalui satu sistem otomasi rumah. Sistem dipasang di perangkat seluler atau jaringan lainnya, dan Anda dapat membuat jadwal waktu agar perubahan tertentu diterapkan. Peralatan yang ada dalam rumah pintar hadir dengan berbagai keterampilan, alat-alat tersebut diberi kemampuan untuk mempelajari para pemiliknya, menyelaraskan jadwal sehari-hari, serta menyesuaikan dengan kebutuhan. Seperti memberitahukan kepada pemilik rumah saat ada hal-hal yang mencurigakan terjadi di sekitar rumahnya secara otomatis.

 

Baca Juga   :   Kini Handphone Jadul Bisa Gunakan Google Asisten

 

Manfaat Menggunakan Teknologi Smart Home

Menggunakan teknologi untuk kebutuhan rumah pintar tentu memiliki manfaat tersendiri, selain menjadikan rumah sebagai tempat aman dengan bantuan teknologi, pekerjaan Anda juga bisa lebih mudah dengan teknologi yang ada di rumah. Beberapa hal tersebut bisa dinikmati bagi Anda yang menggunakan teknologi smart home system di rumah pintar miliknya.

 

  • Kegiatan Rumah Lebih Praktis


    Keunggulan yang diberikan oleh teknologi smart home membuat Anda memiliki akses untuk menggunakan fitur-fitur yang ada dalam satu genggaman. Kemudahan yang ada seperti mematikan lampu, televisi, menutup gorden menggunakan telepon pintar.

  • Menjamin Keamanan

    Keamanan rumah ataupun apartemen Anda lebih terjaga dengan bantuan teknologi smart home, Anda bisa memasang CCTV dan mengeceknya menggunakan smartphone atau dengan menambahkan perangkat keamanan smart lock pada pintu rumah.

  • Ramah Lingkungan

    Fitur utama dan paling penting dari teknologi ini adalah untuk memberikan perlindungan sumber daya serba terbatas yang ada di bumi. Semakin banyak yang sadar untuk menciptakan rumah cerdas dengan teknologi rumah pintar, maka semakin terjaga lingkungan yang tersisa.

  • Hemat Energi

    Perangkat elektronik yang mudah dikontrol dengan bantuan smartphone bisa membuat Anda lebih menghemat listrik di dalam rumah sehingga tidak terbuang secara percuma.

 

Baca Juga   :    Aplikasi Design Rumah yang Gratis dan Mudah Digunakan

 

Daftar Teknologi Smart Home System

Daftar Teknologi Smart Home System untuk Kebutuhan Rumah Pintar
 

  1. Solusi Pencahayaan Cerdas

    Anda mungkin tidak menyadarinya, namun teknologi pintar telah mengintegrasikan hampir setiap aspek kehidupan di dalam rumah, termasuk pencahayaan. Anda bisa mengontrol waktu hidup dan mati lampu rumah Anda, memprogramnya sesuai jadwal dari mana saja berada sehingga membuat Anda mampu melakukannya tanpa harus pulang langsung ke rumah. Salah satu contohnya terdapat pada lampu dengan merek Holî Sleep Companion.
     
    Bola lampu pintar ini dirancang khusus untuk membangunkan Anda secara alami dengan warna biru yang disetel secara khusus yang mengurangi tingkat melatonin dalam tubuh Anda juga dilengkapi dengan mode lain untuk membantu Anda tertidur lebih cepat. Pada dasarnya, produk ini tidak hanya akan menerangi ruangan Anda, tetapi membantu Anda merasa lebih baik dalam waktu yang lama.

  2. Peralatan Rumah Tangga Cerdas

    Dengan teknologi rumah pintar, peralatan Anda menjadi lebih nyaman, aman, dan efisien. Peralatan rumah tangga pada umumnya tidak memiliki interaksi dengan penggunanya, contohnya ketika Anda membeli mesin pemanggang roti. Anda akan menggunakannya secara manual, saat rusak Anda tinggal menggantinya dengan yang baru.
     
    Berbeda jika menggunakan teknologi smart home system, peralatan tersebut bisa Anda beri perintah sederhana bahkan hanya dengan suara. Alat tersebut akan menerima perintah yang Anda katakan dan melakukan tugas sesuai yang dikatakan. Demikian juga setelah menjalankan perintah Anda, peralatan tersebut akan memberikan pemberitahuan yang bisa Anda mengerti. Hal ini menimbulkan interaksi antara Anda dengan peralatan tersebut.

  3. Kunci Pintu Cerdas

    Banyak sekali contoh baru dari teknologi rumah pintar yang memberikan kenyamanan, keamanan, konektivitas, dan ketenangan pikiran bagi pemilik rumah, tetapi tidak ada yang merasa sepenting dan mengubah hidup seperti kunci pintar baru ini. Anda bisa menggunakan dan mengunci pintu rumah tanpa menggunakan kunci secara fisik, entah itu dengan akses kode atau berbagai simbol hingga dengan hanya menggunakan sidik jari biometrik.
     
    Selain itu Anda juga bisa mengontrol jadwal dan orang-orang yang bisa masuk dengan akses yang mereka miliki, seperti pengurus rumah tangga yang hanya bisa masuk dan keluar dalam waktu pagi hingga siang hari dan pengasuh bayi yang memiliki jadwal kerja pada sore hingga malam hari sehingga akses mereka akan otomatis ditolak jika tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

  4. Jendela Rumah Cerdas

    Teknologi rumah pintar berfungsi untuk menjadikan rumah kita lebih nyaman dan aman untuk ditinggali, salah satu teknologi itu kini juga terdapat di jendela. Teknologi yang membuat Anda menghemat uang untuk membeli gorden baru sebagai alternatif untuk menghindari sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah, jendela cerdas ini bisa otomatis menutup seperti gorden dengan bantuan perangkat seluler. Anda hanya perlu mengklik pengaturan untuk membuka dan menutupnya dengan mudah.

  5. Kontrol Jarak Jauh Cerdas

    Salah satu teknologi dalam rumah pintar bisa adalah pengaturan kontrol dari jarak jauh, Anda bisa menggunakan remote dalam ponsel yang dimiliki. Kontrol penuh terkait Air Conditioner, pintu, lampu, televisi, jendela, bahkan kulkas dan barang elektronik lain bisa Anda lakukan dengan satu klik. Selain bisa digunakan secara manual, Anda bisa mengaksesnya meski dari luar rumah. Bahkan Anda bisa mengakses perangkat tersembunyi yang ada di dalam rumah Anda.

 

Baca Juga   :    Mengenal Lebih Jauh Tentang Google Home

 

Kesimpulan dan Penutup

Teknologi cerdas ini tidak hanya ada di luar negeri, bahkan rumah sederhana milik Anda bisa diubah menjadi smart home dengan beberapa teknologi yang sesuai. Bukankah menarik saat Anda memiliki rumah dengan teknologi cerdas seperti di film-film. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi ini juga membantu dalam keamanan di dalam dan luar rumah, mengurangi tingkat kemalingan yang sering terjadi karena sistem keamanan yang buruk. Kemudahan lainnya juga Anda dapatkan hanya dengan menggunakan ponsel yang bisa diakses di mana dan kapan saja.

Beberapa teknologi cerdas ini bisa jadi referensi Anda untuk mulai menciptakan rumah cerdas milik sendiri, sebelum melakukannya pastikan Anda sudah memahami kelebihan dan kekurangan serta cara menggunakannya. Karena kesalahan kecil yang Anda abaikan bisa menjadi celah teknologi smart home system tidak berjalan sebagaimana biasanya. Perangkat-perangkat yang mendukung terwujudnya smart home system untuk rumah cerdas Anda sudah banyak beredar di mana saja, mulai rencanakan dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Related Post :

popup image