Jenis Layanan Data Center Indonesia

Informasi / 0 | | 0

Setelah mengenal pengertian dari Data Center Indonesia (Baca Juga : Mengenal Data Center Indonesia), maka sekarang kamu juga butuh mengenal jenis layanan pada penyedia jasa data center di Indonesia. Hal ini diperlukan karena kebutuhan akan pusat data di Indonesia makin hari makin meningkat. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan mengarah kepada big data mining. Lantas apa saja layanan yang ditawarkan oleh para penyedia jasa tersebut, berikut ulasannya.

Jenis Layanan Data Center Indonesia

1. Colocation 

Penyedia jasa Colocation Data Center Indonesia menawarkan sebuah jasa penitipan server melalui pusat data. Colocation Server ini dapat digunakan oleh perusahaan atau pengusaha di bidang telekomunikasi (provider), aplikasi online, perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi, serta beberapa perusahaan UKM lainnya yang sedang berkembang.

Baca Juga : Pengertian Colocation Server 

2. Disaster Recovery Service

Disaster Recovery Service merupakan sebuah layanan yang menyediakan solusi persiapan menghadapi gangguan aktivitas operasional IT perusahaan seperti banjir, demo kerusuhan anarkis, teror bom, gempa bumi, longsor dan bencana alam lainnya. Mulai dari penempatan perangkat IT perusahaan, ruang penyimpanan backup data yang selalu dapat diakses setiap saat , bahkan sampai kantor sementara pun disediakan oleh para provider data center di Indonesia.

3. Jasa Managed Service

Jasa Managed Service  memberikan layanan manajemen perangkat jaringan, monitoring jaringan, load balance jaringan, penyimpanan cadangan terjadwal, instalasi virtual server, konfigurasi cloud server, sampai keamanan server dan jaringan. Walaupun perusahaan besar biasanya sudah memilki team IT sendiri, namun bekerjasama dengan team IT dari data center tentu dapat lebih menguatkan operasional sistem informasi.

4. Dedicated Server

Dedicated Server merupakan layanan hosting yang tidak bercampur dengan pelanggan lain, sehingga aksesibilitas, keamanan, kecepatan dan kestabilan tetap terjaga. Untuk perusahaan menengah (UKM) lebih cocok menggunakan jasa dedicated server karena tidak perlu membeli server dan menyediakan team IT. Inilah solusi dari pertimbangan pemilihan antara membangun data center dengan menyewa colocation space di data center untuk server perusahaan anda.

Baca Juga : Mengapa Harus Menggunakan Dedicated Server?

Related Post :

popup image