Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat memasuki fase semester akhir dibangku sekolah menengah, Adakalanya beberapa orang belum mempunyai arah dan tujuan untuk melanjutkan studi. Hla yang sering jadi persoalan paling sering terjadi adalah bingungnya para peserta mencari jurusan untuk di ambil. Banyaknya alternatif jurusan yang menarik sering kali membuat bingung para pemburu kursi perguruan tinggi. Beberapa jurusan menawarkan program tertentu yang dapat memicu semangat ingin bergabung. Namun disisi lain ada juga faktor lain seperti cita-cita dan mata kuliah apa saja yang menjadi passion seseorang. Bagi Anda yang memiliki nilai dan raport dengan rata-rata terbaik di sekolah mungkin Anda bisa mencoba jalur seleksi SNMPTN.

Jalur seleksi ini membuka bagi siswa yang direkomendasikan sekolah atas prestasi akademik yang mereka peroleh.  Namun, jika Anda memiliki nilai yang pas-pasan atau tidak terlalu tidak bagus tenang saja karena masih ada jalur SBMPTN dengan sistem ujian. SBMPTN dilakukan serentak se Indonesia dan setiap tahunnya selalu diikuti oleh ribuan peserta di seluruh Indonesia. Bahkan menurut data yang dihimpun pada tahun 2020 jumlah pendaftar SBMPTN mencapai 702.927. Angka tersebut merupakan angka yang sangat fantastis. Bagi Anda yang sekarang sedang mempersiapkan diri masuk PTN atau PTS favorit harus segera menyiapkan strategi yang berguna agar tujuan Anda bisa dicapai.

Sebelum menyiapkan strategi tersebut Anda juga harus memiliki tujuan. Tujuan tersebut bisa jadi Universitas top atau jurusan yang top juga. Penting bagi Anda untuk mempersiapkan jurusan yang akan dipilih karena sebenarnya terdapat dua klaster besar penjurusan di Indonesia, yaitu Saintek dan Soshum. Nah, Bagi Anda yang masih bingungg dalam menentukan jurusan ada loh bebebrapa jurusan dengan peminat paling banyak setiap tahunnya. Mereka biasanya mengabil jurusan tersebut karena berbagai faktor. Misalnya : prospek kerja hingga bidang yang paling menjadi sarana asik dalam belajar. Bagi Anda yang masih bingung ingin pilih jurusan apa. Artikel berikut akan merekomendasikan.Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia :

 

 

Baca Juga : Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia 

 

Keunggulan Memilih Jurusan Favorit

 

Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia
 

Ketika Anda memilih jurusan favorit, Ada banyak hal yang dapat Anda rasakan. Memang ada beberapa anggapan bahwa jurusan favorit sangat memiliki jumlah peminat yang banyak dan takut dalam persaingan kerja. Namun tidak harus melulu begitu kok ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh seperti :

  • Memiliki Banyak Teman

    Dengan Jumlah peserta yang banyak maka Anda akan lebih mudah mendapatkan link dan ilmu baru dari berbagai jenis kepribadiann. Mereka dapat dijadikan teman diskusi maupun rekan kerja karena biasanya mereka yang berada dijurusan favorit memiliki skala dan pengalaman yang banyak.

  • Lebih Aplikatif

    Penerapan disiplin ilmu yang Anda terima akan lebih aplikatif. jurusan favorit biasanya banyak dipilih karena pembelajarannya yang menawarkan ilmu aplikatif dan dengan lulusan yang mampu bergerak didalam dunia kerja yang aplikatif pula

  • Anda di Anggap Kompeten

    Jika Masuk dalam jurusan favorit biasanya orang akan berfikir Anda adalah orang yang kompeten. Karena diangap mampu bersaing dengan banyak orang. Orang akan berfikir Anda adalah salah satu yang terbaik karena mampu bersaing dan mengalahkan ribuan peminatnya.

 

 

Baca Juga : Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Informatika Terbaik di Indonesia 

 

Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia
 

Setelah membaca keunggulan memilih jurusan favorit di atas, Apakah Anda sudah berencana untuk memilih Jurusan favorit ? Diindonesia sendiri jurusan favorit meamang menjadi alternatif pilihan untuk dipilih beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Kedokteran

    Program studi kedokteran memang masih menjaid alternatif yang banyak dipilih. Terutama bagi yang memilih sainstek. Kedokteran banyak dipilih karena bidangnya banyak dibutuhkan dan menjadi cita-cita sebagian besar orang walaupun biaya kuliahnya yang terbilang cukup mahal.

  • Manajemen

    Manajemen merupakan jurusan dengan jumlah peminat paling banyak bagi Anda yang memilih soshum. Manajemen biasanya berkaitan dengan bisnis, akuntansi, dan pengelolaan perusahanaan. Biasanya mereka yang mengambil program studi ini meniti karir di perusahaan- perusahaan tertentu.

  • Hukum

    Hukum juga merupakan jurusan favorit sejak zaman dahulu. bahkan lulusan mencapai ribuan orang. Terdiri dari Hukum tata negara, perdata, maupun murni ilmu hukum. Lulusannya biasanya terjun kedalam bidang politik, bukan hanya pengadilan saja.

  • Ilmu Komunikasi

    Ilmu komunikasi juga merupakan program yang banyak diambil. Terlebih saat ini banyak pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi. Dan semakin berkembangnya zaman ilmu komunikasi akan semakin banyak mendapatkan tempat.

  • Teknik Sipil

    Diantar banyak nya program studi di fakultas teknik. Teknik sipil merupakan program yang paling banyak diminati dan menajadi jurusan favorit di fakultas teknik. Terutama bagi laki-laki. Namun kini juga banyak kok perempuan yang mengambil Jurusan teknik.Program studi Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tetapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya.

  • Psikologi

    Psikologi menjadi jurusan favorit dengan rata-rata gaji di luar negeri bisa mencapai US$74.724 per tahun. Diindonesia sendiri psikologi menjadi jurusan favorit bagi peserta SBMPT dan merupakan jurusan yang tidak pernah sepi peminat.

  • Ilmu Hubungan Internasional

    Ilmu Hubungan Internasional dianggap sebagai jurusan yang keren. Karena lulusan nya biasanya bergerak didalam bidang diplomasi, Isu-isu internasional , dan lain-lain. Lulusannya dapat bekerja di kementerian luar negeri. Selain itu image jago bahasa inggris juga melekat bagi pengambil program ini. Tak jarang anak-anak HI juga dianggap trend center fashion di kampus karena rata-rata mahasiwa nya modis loh!

 

 

Baca Juga : Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia 

 

Kesimpulan dan Penutup

Jurusan memang menjadi hal yang membuat bimbang. Namun saat ini apapun jurusan yang Anda pilih hal terpenting yang harus diingat adalah kemampuan Anda. Semua jurusan memiliki point-point nya tersendiri. Terlebih di era modern seperti ini Pekerjaan ada berbagai macam dan mungkin menjadi salah satu faktor penyebab Jurusan berkembang pesat dan memiliki banyak jenis. Bagi Anda yang ingin memasuki jurusan ini penting banget untuk mengenalnya terlebih dahulu, mulai dari apa itu jurusan ini, mata kuliah nya apa saja, prospek jenjang karirnya bagaimana, dan lain-lain. Sehingga dengan mempertimbangkannya kalian bisa memilih gambaran tentang langkah Anda kedepannya.

Jadi itu tadi DaftarJurusan favorit khusunya diindonesia yang selalu ramai peminat dan memiliki passing grade yang tinggi. Bagi Anda yang ingin masuk salah satu jurusan diatas mulai lah mempersiapkan diri.Berbicara lagi mengenai jurusan memiliki saingan sangat ketat untuk masuk kesana, tentunya Anda juga harus belajar lebih giat untuk lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Perlu Anda ketahui juga prospek lulusan jurusan dengan  sangat baik. Beberapa pilihan karir yang tersedia juga harus Anda pertimbangkan tentunya. Agar mampu bersaing di dunia kerja.

 

Related Post :