Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Informatika Terbaik di Indonesia

Serba Serbi, Technology, Tips & Tricks / 1 | | 0

Kuliah di universitas terbaik dengan jurusan pilihan merupakan idaman semua orang. Diharapkan setelah lulus akan bekerja dengan baik serta terjamin masa depannya. Untuk Anda yang masih bingung dengan jurusan apa yang akan diambil nantinya waktu kuliah, maka tentukanlah mulai saat ini. Di era teknologi seperti ini pastinya banyak perusahaan atau instansi yang membutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi dan informasi.

Perkembangan teknologi telah menghasilkan sistem berbasis data, yang kini makin banyak digunakan. Dalam beberapa tahun ke depan, digitalisasi dan kemajuan teknologi informasi segera merambah hampir ke semua aspek kehidupan. Karena itu, data menjadi aset yang sangat penting. Maka dari itu, Tidak mengherankan apabila Jurusan Teknik Informatika semakin ramai peminat. Bahkan gak hanya di Indonesia, hasil survei QS World Ranking pun menyebutkan bahwa pada tahun 2020 nanti, Teknik Informatika menjadi salah satu program studi yang paling diburu.

Terdapat banyak jenis profesi yang bisa Anda tekuni nantinya sebagai lulusan Teknik Informatika, hal ini menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak remaja kini berminat memilih jurusan ini. Bahkan jurusan kedokteran yang sudah sejak lama menjadi pilihan terbanyak kini mulai tergeser dengan jurusan informatika ini. Banyak kampus swasta dan negeri yang menyediakan jurusan informatika. Berikut penjelasan lengkap rekomendasi tentang kampus swasta dan negeri dengan jurusan informatika terbaik.

 

Pengertian Jurusan Informatika

 

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Bila memutuskan untuk memilih jurusan Teknik Informatika, maka Anda akan cukup banyak berkutat dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya, Anda akan menjadi penerjemah suatu ide yang harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dalam prosesnya, Anda akan banyak membuat flowchart alias bagan alur bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter paling dasar yang harus Anda miliki.

 

Baca Juga :    Jurusan Populer untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Profesi atau Pekerjaan Dari Jurusan Informatika

Tersedia begitu banyak peluang atau prospek kerja teknik informatika. Ada banyak jenis profesi yang bisa Anda tekuni dengan mengambil jurusan teknik informatika. Peluang gaji yang didapatkan dari jurusan ini pun juga bagus. Berikut akan dibahas peluang kerja teknik informatika yang bisa Anda dapatkan.

  • Programmer

    Programmer adalah pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi mengingat saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Anda bisa memulai sebagai junior programmer terlebih dahulu. Gaji yang didapat untuk pemula bisa Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

  • Software Developer

    Software developer merupakan profesi yang berperan penting menciptakan software yang nantinya dipakai untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa didapat seorang software developer bisa mencapai Rp 8 juta. Profesi ini sangat dibutuhkan nantinya untuk menunjang kemajuan teknologi yang semakin pesat.

  • Web Designer

    Web designer bertugas merancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Kini website merupakan suatu hal yang penting dalam era teknologi seperti ini. Manfaat website adalah dapat untuk mencari informasi, berjualan atau membeli barang, dan lain-lain. Gaji yang bisa diperoleh web designer kurang lebih Rp 4 juta atau bisa lebih tinggi sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

  • IT Executive

    IT executive adalah salah satu contoh peluang atau prospek kerja teknik informatika yang bisa dibilang bergengsi. IT executive bertugas untuk memastikan kesiapan sistem sehingga dapat dioperasikan dengan efisien. Gaji yang diperoleh IT executive berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

 

Baca Juga :   Peluang Kerja Jurusan IT di Indonesia untuk Fresh Graduate

 

Rekomendasi Kampus Negeri Jurusan Informatika Terbaik

 

Pertama kali ini adalah rekomendasi kampus negeri jurusan informatika terbaik di Indonesia. Sudah dijelaskan di awal bahwa prospek kerja serta peminat jurusan ini sangat banyak. Di Indonesia, hanya ada enam perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki prodi Teknik Informatika berpredikat A di tahun 2019. Hal ini bersumber dari hasil akreditasi BAN-PT.

  • Institut Teknologi Bandung

    Sebelum jurusan Teknik Informatika naik daun seperti sekarang ini, sejak dulu Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung memang sudah masuk dalam jajaran prodi favorit ketika penerimaan mahasiswa baru. Jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung sudah mendapatkan predikat A sejak tahun 2015 oleh BAN-PT. Maka tak heran jika peminat jurusan ini cukup banyak melalui jalur penerimaan mahasiswa baru apapun. Pada SBMPTN 2019 ini, peluang masuk STEI berada di angka 3,49%, menyaingi Fakultas Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) yang jadi prodi terfavorit di ITB.

  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

    Kedua adalah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang terletak di Surabaya juga menjadi salah satu kampus yang memiliki jurusan Teknik Informatika terbaik di tanah air. Jurusan yang terletak di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi ini juga sudah mendapatkan predikat A dari BAN-PT. Secara institusi kampus, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga juga telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A.

  • Universitas Negeri Semarang

    Menyandang predikat A dari BAN-PT, jurusan Teknik Informatika di Universitas Negeri Semarang memang memiliki banyak peminatnya. Di Jawa Tengah, prodi Teknik Informatika berpredikat A bisa ditemukan di Universitas Negeri Semarang. Prodi bernama Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer ini, berada di bawah Jurusan Elektro, Fakultas Teknik. Namun gelar bagi lulusannya tetap S.Pd meski masuk dalam Fakultas Teknik.

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

    Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang kerap disingkat ITS merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit yang berlokasi di Surabaya. Perguruan tinggi ini pertama kali didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) pada tahun 1975. Menyusul Institut Teknologi Bandung, kampus IT ini juga memiliki jurusan Teknik Informatika yang sudah mengantongi akreditasi A dari BAN PT. Berdiri kurang lebih selama 30 tahun, jurusan Teknik Informatika di IT masuk dalam jajaran jurusan yang paling banyak diminati.

  • Universitas Negeri Padang

    Di Sumatera, Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Padang mendapat predikat A dari akreditasi BAN-PT tahun 2017. Sama seperti Universitas Negeri Semarang, prodi ini berada di bawah Fakultas Teknik namun gelar lulusannya tetap S.Pd.

  • Universitas Hasanuddin

    Jurusan Teknik Informatika di Universitas Hasanuddin nyatanya sudah terbukti memiliki kualitas pendidikan yang baik karena sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Predikat ini bisa membuka peluang bagi calon mahasiswa di Sulawesi untuk memperdalam ilmu di bidang IT.

 

Rekomendasi Kampus Swasta Jurusan Informatika Terbaik

Selain kampus negeri yang memiliki predikat terbaik dalam jurusan informatikanya, sekarang akan dipaparkan kampus swasta dengan jurusan informatika terbaik. Kampus swasta ini juga memberikan kualitas pendidikan terbaik di jurusan ini tidak kalah dengan kampus negeri. Berikut rekomendasi kampus swasta jurusan informatika terbaik adalah :

  • Universitas Presiden

    Universitas Presiden atau President University merupakan salah satu universitas dengan standar internasional yang berada di Jababeka. Saat ini akreditasinya sudah A sesuai SK BAN PT. Universitas Presiden juga dilengkapi dengan lingkungan Berbahasa Inggris, kurikulum internasional komunitas multinasional dan pengalaman kerja.

  • Universitas Bina Nusantara

    Awalnya, Universitas Bina Nusantara ini hanyalah sebuah institusi pelatihan komputer modern pada tahun 1974. Dan kemudian di tahun 1986 pun berkembang menjadi STMIK Bina Nusantara dengan bidang Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Berawal sebagai sekolah komputer, tak mengherankan apabila Universitas Bina Nusantara memiliki jurusan atau program studi komputer dan teknologi yang jempolan. Selain telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT, Universitas Bina Nusantara juga sudah menjalin kerjasama dengan IBM, Microsoft, Oracle, CiSCo, dan vendor-vendor dunia yang lain.

  • Universitas Esa Unggul

    Berada di wilayah Jakarta Barat, Universitas Esa Unggul juga memiliki jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia. Mendapatkan predikat A dari BAN-PT, jurusan Teknik Informatika masuk dalam ranah Fakultas Ilmu Komputer. Peminatan jurusan ini nantinya ada lima, yakni Software Engineer, Game and Embedded System Program, Database System, Computer Networking, dan Artificial Intelligence. Istimewanya lagi, para alumni jurusan Teknik Informatika Universitas Esa Unggul kabarnya akan mengantongi berbagai sertifikasi internasional seperti Cisco Network Academic Program, SAP Edugate, maupun Sun Microsystems International Java Programming & Unix.

  • Universitas Telkom

    Universitas ini sering juga disebut Telkom University, adalah perguruan tinggi swasta yang ada di Bandung, Jawa Barat. Fakultas Informatika adalah salah satu fakultas yang diunggulkan di kampus ini. Menurut Channel SMB Telkom University dosen fakultas Informatika berjumlah 92 orang yang merupakan lulusan universitas ternama di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu terdapat juga laboratorium riset yang mutakhir yang bekerjasama dengan lembaga riset maupun perusahaan multinasional.

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari penjelasan diatas tidak heran jika jurusan informatika ini merupakan jurusan yang paling diminati dari tahun ke tahun. Serta adanya kampus negeri dan swasta yang memberikan kualitas pendidikan terbaik di jurusan ini menambah minat para calon mahasiswa. Jurusan informatika juga merupakan jurusan yang sangat berguna di masa depan dengan perkembangan dunia teknologi ini. Di era digital memungkinkan semua orang akan beralih menggunakan mesin dan aplikasi untuk beraktivitas. Dengan menguasai ilmu yang berkaitan dengan teknologi, Anda akan mudah untuk beradaptasi.
Dibalik semua kelebihan jurusan informatika, tahukan Anda apa yang sebenarnya akan dipelajari pada saat Anda kuliah nanti? Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, pemrograman dan komputasi, arsitektur dan jaringan komputer.

Related Post :