Jurusan Populer untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Persiapan untuk masuk ke kuliah tinggal beberapa bulan saja, apakah Anda sudah mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi? Bagi Anda yang memiliki nilai dan raport dengan rata-rata terbaik di sekolah mungkin Anda bisa mencoba jalur seleksi SNMPTN. Jalur seleksi ini membuka bagi siswa yang direkomendasikan sekolah atas prestasi akademik yang mereka peroleh. Namun, jika Anda memiliki nilai yang pas-pasan atau tidak terlalu tidak bagus tenang saja karena masih ada jalur SBMPTN dengan sistem ujian. SBMPTN dilakukan serentak se Indonesia dan setiap tahunnya selalu diikuti oleh ribuan peserta di seluruh Indonesia. Bahkan menurut data yang dihimpun pada tahun 2020 jumlah pendaftar SBMPTN mencapai 702.927. Angka tersebut merupakan angka yang sangat fantastis.

Bagi Anda yang sekarang sedang mempersiapkan diri masuk PTN atau PTS favorit harus segera menyiapkan strategi yang berguna agar tujuan Anda bisa dicapai. Sebelum menyiapkan strategi tersebut  Anda juga harus memiliki tujuan. Tujuan tersebut bisa jadi Universitas top atau jurusan yang top juga. Penting bagi Anda  untuk mempersiapkan jurusan yang akan dipilih karena sebenarnya terdapat dua klaster besar penjurusan di Indonesia, yaitu Saintek dan Soshum. Dalam setiap klaster tersebut nantinya akan berpengaruh pada jurusan yang akan kalian ambil misalnya saja Saintek yang dikenal dengan kelompok IPA sedangkan Soshum dikenal dengan kelompok IPS.

Dalam melihat sebuah jurusan Anda juga harus bisa memperhatikan prospek karir di masa depan. Meskipun memang tidak semua mahasiswa 100% terjun di disiplin ilmu yang mereka pelajari di sekolah. Selain itu, juga harus menentukan apakah jurusan ini sesuai passion Anda ataukah tidak, karena Anda nantinya akan menjalani kuliah selama 4 tahun, memang  bisa melakukan perpindahan jurusan dengan mengikuti ujian kembali namun bukankan waktu 1 tahun sebelumnya sungguhlah sangat disayangkan. Maka dari itu sebagai referensi dalam menentukan jurusan yang akan Anda pilih pada artikel ini akan dijelaskan mengenai apa saja jurusan populer yang ada di Indonesia.

 

 

Baca Juga : Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia 

 

Rekomendasi Jurusan Populer PTN dan PTS di Indonesia

 

Jurusan Populer untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia
 

Dalam menentukan jurusan untuk kuliah Anda nanti merupakan hal yang sangat penting, sudah disinggung diatas jika pembelajaran menentukan tentang karir masa depan, hal ini bukan tentang disiplin ilmu yang akan di ambil saja namun lingkungan, teman di jurusan itu, dosennya, dan apa ilmu sosial study yang Anda dapatkan. Maka dari itu, dalam mempertimbangkan sebuah jurusan  Anda harus memilihnya karena Anda suka dan tertarik. Berikut ini adalah rekomendasi jurusan populer di PTN dan PTS.

 

  1. Pendidikan Dokter

    Seperti yang sudah dibicarakan di artikel sebelumnya jika bidang kedokteran memang banyak sekali digemari oleh calon mahasiswa baru. Mahasiswa Kedokteran memang terkenal dengan kerajinan, ketekunan, dan kecerdasannya. Kuliah di jurusan kedokteran memang tidak bisa main-main, selain hal diatas, kedokteran juga dikenal dengan jadwal kuliah yang padat dan waktu lulus yang cukup lama. Untuk bisa menjadi dokter,Anda  harus menjalani tahap koas, berbagai ujian dan menempuh magang atau sering juga disebut praktek wajib.Setelah lulus dari sembrek tahap itu baru bisa menjadi dokter umum. Masih dokter umum ya, jika Anda ingin mengambil spesialisasi seperti dokter anak, kandungan dan lain ceritanya  harus melakukan tes ulang dan memenuhi segala persyaratan untuk kuliah lagi.

  2. Ilmu Komunikasi

    Jurusan komunikasi memang sudah sejak lama menjadi salah satu jurusan favorit. Di berbagai universitas jurusan ini pasti memiliki peminat yang banyak dan selalu memiliki passing grade yang tinggi, di beberapa universitas jurusan ini masuk kedalam Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, namun ada juga yang menjadi fakultas sendiri, seperti Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran. Di dalam jurusan komunikasi ini ada beberapa peminatan seperti Komunikasi Massa, Hubungan Masyarakat dan Periklanan. Anda bisa menemukan kampus favorit jurusan ini seperti Universitas Indonesia, Universitas Padajajaran, dan Universitas Pelita Harapan serta masih banyak lagi.

  3. Akuntasi

    Salah satu jurusan dari klaster soshum yang memiliki banyak peminat dan selalu menjadi jurusan favorit di berbagai universitas, maka tidak mengherankan jika akuntasi bisa menyandang jurusan paling populer yang ada di Indonesia. Jurusan yang biasanya dapat ditemui di bawah naungan Fakultas Ekonomi ini memiliki peserta yang sangat banyak di SBMPTN. Peluang kerja yangditawarkan memang sangatlah besar. Bagi Anda  yang memiliki ketertarikan tentang hitung-hitungan, ketelitian, dan rajin maka jurusan ini sangat cocok bagi  Anda.

  4. Manajemen

    Manajamen adalah program studi dibawah naungan fakultas ekonomi dan bisnis yang mempelajari bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Program studi ini sudah banyak ditemui di seluruh universitas yang ada di Indonesia. Maklum saja jurusan ini menjadi salah satu dari sekian jurusan yang paling diminati oleh siswa-siswi SMA/SMK. Namun, untuk masuk kedalam jurusan ini tidaklah mudah, karena tentu banyak persaingan yang terjadi untuk basuk masuk kedalam jurusan ini. Manejemen merupakan disiplin ilmu yang sangat general, bagi Anda yang menginginkan kampus favorit Anda bisa menaruh perhatian pada kampus ITB, UI, maupun UGM.

  5. Teknik Informatika

    Teknik Informatika adalah jurusan penddidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinspip ilmu komputer serta analisis sistematis untuk melakukan pengujian, perancangan, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak, dan kinerja komputer. Prospek kerja yang diberikan di Teknik Informatika ini juga sangat menarik jika kita melihat sekarang gencar-gencarnya didengungkannya Revolusi Industri 4.0. Jurusan Teknik Informatika merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai dunia pemrograman perangkat lunak.

  6. Sistem Informasi

    Jurusan ini mungkin masih terbilang baru, namun seiring perkembangan zaman yang serba digital lulusan  dari jurusan ini sangat dibutuhkan. Untuk dapat masuk jurusan Sistem Informasi ini dengan segala keuntungan dan prospek karir yang menjajikan tentu kalian harus berjuang sangat keras. Sebab jurusan ini memiliki passing grade yang tinggi dan banyak diincar oleh anak-anak SMA yang memiliki passion di dunia IT. Maka tidak jarang jika sistem informasi selalui menjadi salah satu jurusan favorit di berbagai universitas.

  7. Hubungan Internasional

    Siapa diantara Anda yang ingin bekerja sebagai diplomat? Bisa bekerja sambil jalan-jalan ke luar negeri dengan gratis. Salah satu langkah kalian untuk mencapai impian Anda tersebut Anda bisa masuk ke dalam jurusan Hubungan Internasional. Hubungan Internasional ini merupakan jurusan yang favorit di berbagai universitas. Namun, lulusan jurusan ini tidak hanya terjun di dunia diplomat saja namun juga bisa terju ke dunia politik. Salah satu tokoh Menteri Luar Negeri yang sekarang menjabat, Retno Marsudi, merupakan lulusan dari jurusan Hubungan Internasional tepatnya di Universitas Gadjah Mada.

  8. Arsitektur

    Jurusan yang juga digemari oleh banyak orang dan terkenal dengan segala perhitungannya, siapa yang tidak kenal dengan jurusan Arsitektur. Bagi Anda yang suka mengotak-atik rancangan sebuah bangunan dan ingin menciptakan sebuah karya bangunan maka jurusan ini sangatlah tepat. Ilmu matematika sangat diperlukan dalam jurusan ini. Memang tidak bisa dipungkiri jika seorang arsitektur memungkinkan Anda untuk bisa bekerja dari mana saja.

  9. Teknik Industri

    Jurusan ini sering dibilang memiliki kemiripan dengan jurusan Manejemen di klaster Soshum. Bahkan banyak juga yang menyebutnya sebagai IPS-nya jurusan IPA. Hali itu bisa dibuktikan dengan mata kuliahnya yang selain memperdalam bidang teknik ternyata juga belajar tentang manajemen, matematika, fisika, fisiologi dan masih banyak lagi. Bagi  yang memiliki passion tentang mengatur produktivitas perusahaan maka jurusan ini cocok bagi  Anda.

  10. Psikologi

    Jurusan yang terkenal dengan banyak jumlah perempuan ini banyak berbicara tentang sisi non-fisik manusia seperti mental, perilaku, dan pemikirannya. Mungkin bagi ,Mahasiswa Psikologi sering dibilang sebagai seseorang yang bisa membaca pikiran atau membaca masa depan padahal sebenarnya hal itu tidak seutuhnya benar. Pada jurusan ini mahasiswa harus mempelajar bahwa teori tentang menghubungkan dengan perilaku manusida, bersikap kritis, dan mengerjakan banyak makalah.

 

 

Baca Juga : Cara Mengetahui Alamat IP Website dengan Mudah dan Cepat 

Apa itu Dedicated Server : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya 

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan tentang rekomendasi jurusan populer di berbagai universitas. Baik di universitas negeri maupun universitas swasta. Memilih sebuah jurusan adalah perkara yang penting dan tidak boleh disepelekana karena ini juga menyangkut masa depan . Biasanya akan lebih mudah memilih sebuah jurusan itu dengan memperhatikan apakah kita memiliki kesukaan dan minat. Bayangkan jika Anda  memang memiliki minat di jurusan tersebut maka sangatlah mudah untuk menjalani kehidupan kampus.

Bagi Anda yang ingin memasuki jurusan ini penting banget untuk mengenalnya terlebih dahulu, mulai dari apa itu jurusan ini, mata kuliah nya apa saja, prospek jenjang karirnya bagaimana, dan lain-lain. Sehingga dengan mempertimbangkannya kalian bisa memilih gambaran tentang langkah Anda kedepannya.

Related Post :