Kumpulan Editor HTML Terbaik Untuk Development Website dan Aplikasi

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Kalau anda sudah paham dengan Coding HTML secara baik, anda bisa membangun website dengan mudah. Tetapi, pemahaman tentang coding belum cukup, anda diharuskan memakai tool yang sesuai supaya pekerjaan bisa semakin mudah dan tool itu disebut HTML editor. Anda juga harus mengetahui Editor HTML Terbaik untuk Develoment, sebab banyak pilihan HTML editor yang menggunakan berbagai fitur terbaik.

 

Apa Itu Editor HTML Terbaik Untuk Develoment?

Kumpulan Editor HTML Terbaik Untuk Development Website dan Aplikasi
 

Sebelum membahas lebih detal, ada baiknya kenali dahulu apa itu HTML editor. Editor HTML merupakan salah satu program di computer atau tool yang dipakai dalam membuat juga mengedit kode di HTML. Jadi, HTML sendiri merupakan seingkatan Hypertext Markup Language. Biasanya HTML dipakai dalam membuat sebuah halaman di website sekaligus dengan semua informasi yang ada di dalamya. Pemahaman anda tentang HTML digunkan dalam menyusun halaman di website dengan mudah berkaiatan dengan heading, tautan, paragra, dan sebagainya.

Editor HTML mempunyai peran dalam HTML editor yaitu membuat pekerjaan programen menjadi lebih cepat dan mudah. Sebab, HTML editor mempunyai banyak fitur secara otomatis misalkan tag pembuka serta penutup. Hal lain ada fitur highlight syntax yang digunakan menjuk kode apa yang dituliskan. Perkembangan yang anda menggunakan fitur dengan hadirkan sebuah HTML editor yang bervariasi.

Penyebab inilah yang menjadi pembeda HTML editor juga teks editor biasa misalkan, Notepad. Misalkan, anda dapat mengetikkan kode HTML di Notepad, tetapi fungsi yang diberikan oleh HTML editor ternyata lebih lengkap.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu HTML dan Cara Kerjanya

 

Jenis Editor HTML Terbaik Untuk Develoment

Kumpulan Editor HTML Terbaik Untuk Development Website dan Aplikasi
 

Umumnya ada dua jenis editor yang digunakan, yaitu tekstual serta WYSIWYG atau What You See is What You Get. Seperti namanya, HTML editor tekstual yang berbasis teks. Editor jenis pertama ini cocok dipakai para perogrammer yang telah mahir. Keunggulan yang diberikan adalah kemudahan supaya para programmer dalam mengoperasikan kendali secara penuh atas kode di HTML yang saat itu dikerjakan.

Tetapi, editor tersebut tentu tidak mempunyai fitur dalam menampilkan hasil review atay tempilan nyata dari website yang saat itu dikerjakan, Hal ini berbanding terbalik denga WYSIWYG yang bisa memungkinkan para programmer mengintip dari hasil coding dari live preview. Jenis editor kedua sudah mempunya tampilan antarmuka yang bisa memudahkan untuk para web developer pemula. Tidak kalah pentingnya dengan hadirnya berbagai fitur drag-and-drop yang ada di beberapa editor memungkinkan perogrammer bisa lebih cepat.

HTML editor dapat terbagi menjadi Offline dan Online dan keduanya tidak mempunyai perbedaan fungsi. Namun, editor secara online mungkin dapat melakukan coding lewat browser langsung misalkan ketika memakai Froala Online HTML editor serta sejenisnya. Editor offline harus melakukan instalasi dahulu.

 

10 Editor HTML Terbaik Untuk Develoment

Kumpulan Editor HTML Terbaik Untuk Development Website dan Aplikasi
 

Berbagai editor HTML yang bisa anda gunakan untuk membantu pekerjaan anda dan sebagian punya sifat multiplatform atau tidak dapat digunakan di berbagai system operasi. Berikut rangkumannya berbagai Editor HTML Terbaik untuk Develoment yang bisa anda coba:

  1. Notepad++

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment Notepad++ diciptakan untuk system -operas Windows. Adanya Notepad++ menjadi pelengjap kekurangan di teks editor bawaan Windows, yaitu Notepad. anda dapat mengunduh juga menggunakan Editor HTML Terbaik untuk Develoment ini dengan gratis. Banyak fitur di sajikan, salah satunya jika anda mengedit banyak dokumen dalam beberapa tab yang berbeda, anda dapat menggunakan fitur multi-document Notepad++

  2. Atom

    Editor -HTML Terbaik untuk Develoment Atom bukan hanya punya sifat open source juga gratis, tetapi telah di dukung dengan banyak system operasi atau multiplatform dan pengguna Atom kina hari semakin membludak. Keunggulannya banyak web developer secara langsung berkontribusi di kode secara bersama-sama. Hal lain Atom telah dikembangkan oleh orang yang ada di GutHub.

    Baca Juga : Mengenal Atom Text Editor

  3. Brackets

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment Brackets merupakan HTML editor yang ringan namun tangguh dan telah support dengan berbagai system operasi yang digunakan. Brackets dapat menjadi sebuah HTML editor yang menjadi andalan, kelebihan lainnya Brackets tidak mengharuskan membayar atau gratis. Banyak fitur disediakan menjadi favorit web developer. Anda juga dapat menambah berbagai fitur di extension kalau anda membutuhkan.

  4. Sublime Text

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment ini mempunyai fitur sangat lengkap dan masih tergolong HTML editor ringan. Sublime Text disediakan di seluruh system operasi, editor tersebut bisa di unduh secara gratis. Anda bisa membeli lisensi supaya bisa selalu menggunakannya, Fitur yang paling terkenal adalah multiple selection yang bisa digunakan dalam menciptakan banyak perubahan di sekali edit. Selain itu ada banyak fitur otomatis misalkan, autocompletion dan autosave, split editing, command Palette, serta masih banyak pilihan kustomisasi lengkap.

    Baca Juga : Sublime : Cara Download Sublime Gratis dan Cara Kerjanya

  5. Ligh Table

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment adalah HTML editoryang bisa digunakan di semua system operasi. Menggunakan tampilan apik dan editornya cukup ringan. Pengunduhan dan penggunaan secara gratis serta ada banyak fitur istimewa, salah satunya watcher. Fitur tersebut bisa mengamati setiap perubahan pada value kode di HTML yang di inginkan. Fitur yang lainnya, command pallete dan fuzzy finder yang bisa mempermudah programmer dalam mengekseskusi perintah dan melakukan pencarian lebih cepat.

  6. Bluefish

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment adalah editor multiplatform dengan fitur yang disediakan sangat lengkap. Bluefish bertujuan supaya programmer maupun web developer yang telah mahir semakin lebih mudah menjalankan pekerjaannya. Namun, untuk pemula juga dapat mencoba menggunakan editor ini dimulai dari yang simple. Banyak fitur yang ada, autocompletion, autotag, full-screen editing, search-and-replace, autosave, juga autorecovery option yang bisa membantu programmer menjadi lebih mudah.

  7. Aptana Studio

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment dapat digunakan pada coding bahasa pemograman yang lain misalkan, Ruby, Python, JavaScrips. Sifatnya multiplatform mempunyai banyak fitur yang bisa di andalkan dalam membangun websute secara mudah. Aptana Studio bisa diunduh dan digunakan dengan gratis. Berbagai fitur unggulannya adalah CodeAssist dan Integrasi Git, yang bertujuan untuk menunjukkan bagaimana tingkat dukungan di browser populer, serta masih banyak kustomisasi lainnya.

  8. CoffeCup

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment satu ini bisa menjadi teman bercoding ria anda, HTML editor ini dapat dipakai pada windows juga MacOS. Anda dapat memakai yang gratis, namun fitur yang ada terbatas. Sedangkan fitur premium diharuskan membeli versi yang lengkap seharga 29 USD. Banyak fitur yang ada yaitu, tag library, validasi HTML sampai Split-Scree Preview.

  9. BBEdit

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment ini populer untuk kalangan programmer system operasi MacOS. Anda dapat mengunduh dan menggunakan secaraa gratis selama 30 hari dengan semua fitur yang ada. Setelah itu anda harus membeli lisensi secara pribadi senilai 49,99 USD.

  10. TextMate

    Editor HTML Terbaik untuk Develoment adalah HTML editor paling baik untuk macOS TextMate, sering digunakan juga di Ruby dan Java. TextMate bisa diunduh dengan gratis, namun kalau ingin membeli harus membayar lisensi personal senilai 48,75 USD.

 

Kesimpulan

Berbagai Editor HTML Terbaik untuk Develoment di atas bisa anda pilih sesuai keingnan anda. Pilihan Editor itu semua mempunyai fitur dan keunggulan masing-masing yang bisa Anda gunakan untuk melakukan development atau pengembangan untuk website dan aplikasi Anda.

Nah bagi kamu developer, kira kira bisa komentar dibawah ini untuk kita diskusi plus minus editor pengembangan website ini bareng, jika kamu punya referensi lain selain yang disebutkan diatas boleh juga untuk mencantumkan pada kolom komentar mengenai keunggulan dan mengapa kamu menggunakan editor tersebut. Ditunggu ya 😀

Related Post :