Kumpulan Pekerjaan Sampingan Untuk Programmer / Developer di 2020

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pekerjaan sampingan memang banyak sekali menjadi incaran oleh para programmer. Bagaimana tidak, pekerjaan yang fleksibel, dan pemasukan tambahan menjadi salah satu alasan pekerjaan sampingan ini.

Jika anda berprofesi sebagai seorang developer, biasanya anda banyak menangani berbagai macam masalah dengan pembuatan aplikasi yang menjadi salah satu solusinya. Nah, disaat pemecahan masalah ini yang membuat anda banyak mendapatkan portofolio sehinga dapat dipercaya untuk mengerjakan pekerjaan sampingan dari perusahaan lainnya.

Bermacam – macam pekerjaan sampingan yang dapat anda kerjakan. Namun, anda perlumemastikan pekerjaan sampingan ini tidak mengganggu pekerjaan tetap anda. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang pekerjaan sampingan seorang developer atau programmer. Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Programmer

 

Programmer adalah seseorang yang membuat sebuah software atau aplikasi dengan cara memberikan perintah kepada komputer untuk melaksanakan suatu tugas dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Biasanya para programmer memiliki latar belakang pengetahuan tentang komputer dan programming yang terdiri dari berbagai macam bahasa pemrograman dan platform tertentu, misalnya dapat memahami SQL (Structure Query Language), Perl, XML (Extensible Markup Language),PHP,HTML,C,C++ dan Java.

Baca Juga : Kumpulan Website Lowongan Pekerjaan Terpercaya & Terbaik [Lengkap]

 

Kumpulan Pekerjaan Sampingan Untuk Programmer di 2020 

Mencari pekerjaan sampingan memang sulit didapatkan, mengingat sedikit sekali pekerjaan freelance yang membuka jobdesk sesuai skill yang anda miliki. Nah, berikut ini beberapa referensiuntuk anda yang ingin mencari pekerjaan sampingan.

 

1. Mentoring Online

 

Kini banyak sekali aplikasi yang menyediakan tempat untuk anda membuat pembelajaran online seperti mentoring ini. Biasanya, Mentoring banyak diperlukan oleh programmer pemula maupun orang umum yang tertarik belajar pemrograman. Disini, anda nantinya akan bekerja memberikan arahan agar pekerjaan coding yang mereka dilakukan beserta penyelesaian masalahnya secara detail.

Mentoring ini hampir sama dengan bimbingan belajar atau bimbel, hanya saja bimbingan dilakukan secara online dan selalu melihat progres dari mentoring ini dari hari ke hari.

 

2. Konsultan Online

 

Kini perusahaan yang ingin meningkatkan keuntungan dan mengurang beban kerja yang berlebih biasanya lebih senang mencari konsultan online untuk mendapatkan pendapat ahli.  Diharapkan konsultan dapat membawa perspektif baru ke dalam sebuah diskusi.

Selain itu, konsultan online diharapkan juga untuk mengidentifikasi masalah dan memberikan wawasan secara objektif. Bidang ini banyak peminatnya. Konsultan online dapat ditemukan di sektor swasta dan publik, mereka bekerja di bidang berketerampilan tinggi seperti personal finance, IT, medis, bisnis, dan sebagainya.

Selain memacu perubahan dalam lingkungan kerja dengan memberikan pendapat independen, konsultan online juga dapat diminta untuk mengajarkan keterampilan baru, atau membantu tim sebagai anggota tambahan.

Tidak ada cara apapun yang dapat membuat Anda menjadi seorang konsultan terkemuka di industri ini. Yang perlu dilakukan hanyalah fokus pada bidang pekerjaan yang sudah Anda lakukan dan menjadi seorang ahli.

Sepertinya wajar untuk mengatakan bahwa kini siapapun bisa menjadi ahli, asalkan mereka selalu belajar dan cukup percaya diri dengan ilmu yang didapatkan dari pengalaman.

 

3. Admin Online

 

Admin adalah istilah umum yang mengacu pada berbagai jenis pekerjaan. Biasanya Anda akan menemukan berbagai pekerjaan seperti juru ketik, transkrip, panitera, dan coder.

Pekerjaan ini biasanya dilakukan secara berulang – ulang yaitu memperbarui informasi pada database menggunakan program pemrosesan data. Data yang harus mereka kerjakan dapat berupa rekaman audio, kertas, atau file digital. Menjadi entri data harus memperhatikan detail, fasih berbahasa Inggris, dan dapat bekerja dengan cepat.

 

4. Penerjemah

 

Pekerjaan sebagai penerjemah mungkin sangat cocok bagi anda yang menyukai belajar berbagai bahasa. Apalagi jika anda memiliki sertifikat bahasa tersebut. Pekerjaan remote ini adalah opsi tepat untuk yang suka membaca dan mahir menerjemahkan teks dengan berbagai topik.

Biasanya, pekerjaan ini selalu ada permintaan untuk penerjemah yang fasih,  mengingat bahwa kini dunia tak lagi memiliki batasan dalam berkomunikasi. Selama berbagi informasi masih diperlukan, penerjemah tidak akan pernah kehilangan pekerjaan.

Bekerja sebagai penerjemah juga bisa sebagai freelancer atau bergabung dengan agensi. Mereka dibutuhkan dalam semua jenis industri, dari bidang teknis hingga industri kreatif. Misalnya, penerjemah bahasa arab, korea, mandarin maupun english.

 

5. Video Editor

 

Video editor mengolah rekaman mentah menjadi produk akhir yang sesuai dengan persyaratan dan penilaian tim produksi. Selain memiliki keterampilan dan pengalaman teknis, video editor diharapkan untuk dapat berpikir kreatif, sabar, dan berorientasi pada detail.

Apalagi saat ini banyak sekali studio photo yang mencari skill viedographer ini. Skill dan kemampuan inovasi yang bagus, akan menciptakan video yang bagus. Misalnya, untuk moment nikahan, lamaran, ulang tahun dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Gimana Rasanya Kerja di Startup ?

 

6. User Experience Tester

 

Jika Anda sangat tertarik pada detail dan tertarik untuk meningkatkan user experience suatu aplikasi atau situs, bidang ini sangat cocok untuk kerja remote. Sebagai target-end user, input Anda sangat berharga bagi perusahaan yang ingin meningkatkan usability website atau aplikasinya.

UX tester mendapatkan uang dengan memberikan feedback jujur ​​setelah melakukan beberapa task pada software atau website. Ada banyak platform yang menawarkan pekerjaan ini, beberapa diantaranya adalah UserTesting, Respondent, dan uTestl.

 

7. Copywriter

 

Jika anda memiliki hoby menulis, copywriting merupakan pekerjaan remote yang tepat. Biasanya, copywriting digunakan untuk memasarkan produk atau jasa, namun nyatanya tidak hanya terbatas pada hal tersebut

Anda akan menyadari bahwa bidang ini mirip dengan content writing, yang tujuannya menginformasi pembaca. Copywriter juga dapat bekerja di berbagai industri, mulai dari IT, hiburan, bisnis, dan lainnya. Hal tersebut menjadi peluang sempurna untuk mempelajari berbagai topik. Anda dapat mengikuti lomba blog berhadiah, jika anda memiliki blog yang aktif saat ini.

 

Kesimpulan dan Penutup

Mendapat pekerjaan memang menjadi keinginan setiap orang. Namun, jika anda memiliki skill yang sudah expert, tidak ada salahnya mencoba mencari pekerjaan sampingan. Selain dapat menjadi portofolio anda dengan penyelesaian masalah yang berbeda – beda.

Anda juga bisa mendapatkan pendapatan tambahan. Namun, usahakan apabila anda bekerja sampingan dan mimiliki pekerjaan tetap harus lebih pintar untuk mengelola waktu. Biasanya ini juga menjadi permasalahan beberapa orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap dan juga memiliki pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan berbeda – beda. Misalnya anda bisa menjadi mentoring online, kemudian vdeographer, serta penerjemah. Banyak sekali situs yang menawarkan freelancer yang dapat anda temui dengan mudah. Selamat Mencoba!

Related Post :

popup image