Linux Web Hosting Vs Windows Web Hosting

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Pada postingan sebelumnya teman-teman sudah mengetahui tentang Linux Web Hosting, yang merupakan bagian dari web Hosting. Jika belum, yuk cari tahu di sini! Jenis web Hosting Indonesia yang dipakai memang tergantung pada hal database yang digunakan dalam membuat website. Bila teman-teman bingung dalam memilih antara Linux Hosting atau Windows Hosting untuk server website, IDCloudHost akan membantu teman-teman dalam menjelaskan sedikit mengenai perbandingan antara Windows Hosting dan Linux Hosting.

Ketika memilih web hosting rencana untuk website kita, salah satu keputusan pertama yang perlu kita buat, adalah apakah platform Windows atau Linux akan paling cocok untuk kebutuhan kita?. Jika teman-teman belum memulai riset untuk rencana hosting yang sempurna teman-teman lebih baik terbiasa dengan ikon yang menunjukkan Windows hosting atau hosting platform Linux.

Sebuah platform hosting menunjukkan jenis sistem operasi yang terpasang pada server yang pada akhirnya akan menjadi tuan rumah website kita. Kesalahan yang paling umum dilakukan adalah berpikir bahwa untuk menggunakan program Linux hosting kita harus memiliki Linux diinstal pada PC dan untuk memiliki rencana Windows hosting kita harus memiliki Windows pada PC. Pada kenyataannya, sistem operasi yang diinstal pada PC kita tidak relevan dengan hosting platform yang kita gunakan. 

  • Security / Keamanan: adalah hal yang vital bagi semua orang yang menggunakan jasa hosting, baik itu yang menggunakan Linux ataupun windows. Tetapi saat ini banyak orang yang memiliki persepsi kalau linux itu jauh lebih aman dibandingkan dengan windows, padahal itu salah besar. Windows juga sebenarnya memiliki keamanan yang canggih dan selalu update, hanya semua itu tergantung kepada perusahaan yang menyediakan jasa layanan hosting tersebut. Apakah perusahaan tersebut dapat memberikan keamanan yang baik untuk layanan hostingnya.
  • Fitur: Meskipun teman-teman dapat meng-host situs secara efektif melakukan fungsi yang sama di kedua platform Linux atau Windows, perbedaan adalah bagaimana mengembangkan fungsi tersebut. Sebagai contoh jika teman-teman akan membuat website dengan database yang dinamis pengembang teman-teman dapat memilih untuk menggunakan PHP / MySQL pada platform Linux atau ASP / MS SQL pada platform Windows untuk mencapai hasil yang sama efektif. Solusi ideal adalah untuk mengembangkan website menggunakan solusi yang didukung oleh kedua platform. Jika pengembang teman-teman menggunakan instrumen berbasis Microsoft seperti InterDev, COM atau piranti lunak MS, maka ini tidak akan kompatibel dengan platform Linux hosting. Jadi umumnya pilihannya ke preferensi pemograman pengembang lebih dari fitur ditetapkan.
  • Performance : Linux pada umumnya lebih stabil dan mampu memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan windows ketika Sistem Operasi dituntut untuk menangani banyak proses dalam waktu yang sama.
  • Server Access : Jika teman-teman ingin SSH or Telnet access, seperti teman-teman ingin melakukan akses file langsung ke server tanpa mentransfer ke penyimpanan lokal, tentu linux memberikan keuntungan lebih. Sedangkan untuk windows lebih mengunggulkan dengan menggunakan remote desktop atau virtual console.
  • Language support : bahasa pemrograman yang di dukung dari Linux dan Windows. Dalam hal dukungan bahasa pemgrograman, nampaknya windows masih lebih unggul. Di windows, kita dapat mengimplementasikan bahasa ASP.NET, PHP, Ruby, Access, MySQL, HTML, Javascript, dan banyak lagi. Sedangkan linux terbatas hanya beberapa bahasa pemrograman yang open source saja.

Nah, sekarang teman-teman sudah tidak bingung lagi mau menggunakan web Hosting yang mana. Kami merekomendasikan menggunakan layanan Hosting dari IDCloudhost, untuk melakukan order hosting bisa menuju ke halaman SSD Cloud Hosting

Related Post :