Manfaat Google Bisnisku untuk Bisnis Anda

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 1

Google membuat bisnis Anda mudah ditemukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Jika Anda pernah mengakses Google, Anda pasti sudah terbiasa dengan tampilan hasil pencarian seperti yang terdapat di dalam gambar. Ada 4 poin penting yang dapat Anda optimalkan untuk memunculkan keberadaan bisnis Anda di dunia digital.

  • Kata kunci pencarian Google.
  • Hasil pencarian organik
  • Bisnis listing
  • Iklan Google AdWords

 

Baca Juga : Fitur Website Gratis dari Google Bisnisku

Cepat Menggunakan Google Bisnisku, Anda dapat membuat atau mengklaim listingan gratis untuk bisnis Anda. Pemilik bisnis dapat membuat atau mengklaim listingan bisnis dengan mengunjungi google.com/business. Untuk mengelola informasi, bisnis harus diverifikasi – yaitu, pemilik bisnis harus membuktikan kepemilikannya. Pembuktian dapat dilakukan dengan berbagai cara; kebanyakan pemilik bisnis meminta untuk dikirimkan kartu pos yang berisi kode PIN melalui pos.

Setelah listingan bisnis diverifikasi, pemilik dapat melihat kumpulan laporan terintegrasi yang disebut “Insight”. Pelacakan dimulai saat verifikasi. Insight Lokal memberikan penjelasan mengenai cara konsumen menemukan listingan bisnis di Google Penelusuran dan Maps. Insight berfokus pada cara mereka menggunakan Penelusuran dan Maps untuk menemukan listingan bisnis, dan apa yang mereka lakukan setelah menemukannya. Lihat laporan pertama yang berlabel “Bagaimana pelanggan mencari bisnis Anda”.

Laporan ini menunjukkan jumlah total penelusuran yang memunculkan informasi bisnis Anda di Google. Dari total tersebut, Anda juga dapat mengetahui 2 cara pelanggan menemukan bisnis Anda.
Pertama: Tayangan langsung. Tayangan langsung adalah hasil pencarian alamat atau pencarian nama langsung (misalnya, penelusuran “Toko Roti Anita”).

Kedua, Anda dapat melihat tayangan penemuan. Tayangan penemuan menunjukkan bahwa pelanggan menemukan listingan Anda saat menelusuri menurut kategori, membuka Maps, atau menampilkan informasi Anda di penelusuran “Orang-orang juga mencari” (misalnya, penelusuran “toko roti di sekitar saya”). Setelah Anda mengetahui cara orang-orang menemukan informasi Anda, apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Jika Anda memiliki sedikit tayangan langsung, berarti Anda harus melakukan pengenalan brand karena penelusur mencari karena hal tersebut.

Jika jumlah tayangan kategori Anda sedikit, berarti listingan bisnis Anda butuh lebih banyak informasi untuk membantu Google memahami karakteristik bisnis. Pastikan semua info bisnis Anda dipilih. Periksa kembali kategori bisnis (Anda dapat menambahkan hingga 10; kategori pertama adalah yang utama). Minta pelanggan untuk menulis ulasan, dan balas ulasan mereka. Tambahkan foto. Seiring waktu, cara ini akan berguna.

Selanjutnya, Anda dapat melihat laporan yang berlabel “Di mana pelanggan melihat bisnis Anda di Google”. “Listingan di Penelusuran” berarti mereka melihat informasi Google Bisnisku milik Anda menggunakan Google Penelusuran. Ini berbeda dari pelanggan yang menemukan situs web Anda – laporan ini menunjukkan bagaimana info Google Bisnisku ditampilkan. “Listingan di Maps” berarti informasi Anda ditemukan orang saat menelusuri atau menjelajahi Google Maps. Menggabungkan informasi ini dengan cara pelanggan menemukan informasi, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang cara pelanggan menemukan bisnis Anda. Banyaknya hasil “Listingan di Penelusuran” dan persentase penelusuran “Langsung” yang lebih tinggi (dari slide sebelumnya) berarti pelanggan memasukkan nama bisnis Anda secara langsung ke dalam Penelusuran, bukan mencari bisnis Anda di Maps.

Apa yang harus dilakukan: periksa listingan Google Bisnisku untuk memastikan lokasi bisnis Anda dimasukkan dengan benar. Apakah Anda memilih kategori yang terbaik? Apakah alamatnya benar? Apakah penanda pin di peta berada di tempat yang benar? Apakah Anda menentukan area layanan, atau bisnis berlokasi fisik?

Dan ketiga, laporan lain yang Anda lihat disebut “Tindakan pelanggan”. Setelah calon pelanggan menemukan bisnis Anda, ada banyak hal yang dapat mereka lakukan secara langsung dari listingan Anda. Situs web adalah cara terbaik untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis, sehingga Anda dapat melihat jumlah orang yang mengklik langsung ke situs web Anda dari listingan Google Bisnisku. Jika bisnis Anda adalah bisnis yang dicari pelanggan, mereka akan meminta petunjuk arah langsung ke bisnis Anda. Tindakan ini hanya dilacak jika mereka mengklik untuk mendapatkan petunjuk arah langsung dari listingan Anda.

Laporan ini tidak melacak orang yang secara langsung memasukkan alamat Anda.
Informasi ini tidak tersedia untuk bisnis jasa sistem panggilan (bisnis dengan alamat tersembunyi).
Terkadang cara terbaik untuk mengetahui detail bisnis adalah dengan menelepon langsung. Insight melacak jumlah orang yang mengklik opsi untuk menelepon bisnis Anda. Data ini kemudian diperinci menjadi grafik sekunder dan Anda dapat melihat pada hari apa listingan menghasilkan paling banyak panggilan.

Related Post :