Mengenal Perbedaan MariaDB dengan MySQL

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

MySQL merupakan manajemen basis data relasional yang dikembangkan oleh Michael “Monty” pada tahun 1990-an untuk memenuhi kebutuhan basis data yang cepat dan fleksibel untuk aplikasi web. Sedangkan MariaDB merupakan manajemen basis data relasional yang dikembangkan dari kode sumber MySQL. MariaDB lahir dikarenakan kekecewaan pengembang terhadap kualitas dan perkembangan dari MySQL yang tidak begitu baik semenjak diakuisisi oleh Sun pada 2008 yang diakuisisi oleh Oracle pada 2009.

Order :  SSD Cloud Hosting Murah Indonesia

Kesamaan MariaDB dan MySQL
MariaDB merupakan pengembangan dari MySQL yang kompatibel satu sama lainnya. Port, socket, dan API klien yang digunakan kompatibel satu sama lain. Selain itu, sintaks keduanya sama-sama menggunakan SQL. Jadi, tidak perlu khawatir saat akan bermigrasi dari MySQL ke MariaDB.

MariaDB dikembangkan dari kode sumber MySQL yang kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh komunitas pengembang maupun pengembang enterprise. Sehingga, MariaDB menawarkan performansi yang lebih unggul dari MySQL dan juga sedikitnya bug yang ada pada MariaDB.

Performansi MariaDB
Performansi pada MySQL sebenarnya sudah baik. Namun, MariaDB mengembangkan kembali untuk mencapai performansi yang lebih baik dari MySQL. Antara lain yang disempurnakan dari MySQL adalah replication, tambahan fitur seperti users statistics, table elimination pada subquery, dan lain-lain.

Bug merupakan salah satu kendala yang mengganggu pengembang. Pada MariaDB, bug diperbaiki dengan cepat dikarenakan komunitas pengembang yang luas. Sehingga, sebisa mungkin banyaknya bug ditekan pada MariaDB.

Mengapa IDCloudHost?
Mengapa anda perlu menggunakan produk kami? Produk kami menggunakan MariaDB sebagai manajemen basis data untuk seluruh paket hosting kami. Kami memutuskan migrasi agar dapat memberikan performansi yang lebih baik, melihat penggunaan jangka panjang, karena kedepannya sangat mungkin MariaDB akan tidak kompatibel penuh dengan MySQL. Selain itu, dukungan komunitas yang sangat kental pada MariaDB juga mendorong kami untuk migrasi ke MariaDB.

Referensi

[1] Bartholomew, D. (2012). MariaDB vs. MySQL. Dostopano, 7(10), 2014.
[2] Suomeksi. (2015). 10 reasons to migrate to MariaDB (if still using MySQL). Available online : https://seravo.fi/2015/10-reasons-to-migrate-to-mariadb-if-still-using-mysql

 

Related Post :