10 Platform Media Sosial Terpopuler untuk Bisnis Anda

Social Media Marketing / 0 | | 1

Media sosial diklaim sebagai media yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Berbagai informasi bisa dengan mudah didapatkan hanya dengan melihat media sosial, sehingga media sosial juga bisa disebut sebagai sumber informasi. Penasaran apa saja media sosial terpopuler saat ini? 

Seperti yang dilansir dari laporan We Are Social, dimana jumlah pengguna aktif media sosial khususnya di Indonesia sebanyak 191 juta orang per januari 2022. Apalagi jika melihat dari trennya, jumlah pengguna media sosial akan terus mengalami peningkatan. 

10 Platform Media Sosial Terpopuler untuk Bisnis Anda

Lalu, Apakah media sosial bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis? Bagi Anda yang ingin memulai bisnis dan bingung harus menggunakan media sosial apa saja untuk memasarkan produk. Jangan khawatir, diartikel ini Anda akan menemukan apa saja media sosial populer untuk bisnis. Silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

  • Youtube

Media sosial terpopuler pertama diawali oleh Youtube. Pengguna youtube di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 88 persen . Biasanya media sosial yang satu ini digunakan untuk memutar video, sebagai media hiburan,promosi bahkan media pembelajaran. 

Sama halnya dalam dunia bisnis, penggunaan YouTube bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan mengenalkan brand milik Anda kepada audiens. Melalui youtube Anda bisa menganalisis target pasar yang sesuai dengan bisnis Anda.

Misalnya Anda bisa membuat konten video secara konsisten yang mengenalkan tentang keunggulan produk yang Anda miliki. Jika dilakukan terus menerus, cara ini bisa menaikkan brand awareness bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru 2022

  • Tiktok

Media sosial terpopuler kedua adalah Tiktok. Platform ini rilis tahun 2016 dichina  dengan berbagai fitur menarik, dimana semua orang bebas untuk mengekspresikan dirinya lewat video kreatif berdurasi sekian detik bahkan menit. Ditambah lagi, pengguna tiiktok Indonesia menepati posisi kedua dengan pengguna terbanyak di dunia sebesar 99,1 juta per April 2022.

Hal ini tentu mencuri perhatian pemilik bisnis, untuk memanfaatkan platform satu ini sebagai wadah untuk mendemontrasikan produk. Tiktok juga mendukung Anda dalam berbisnis dengan dua fitur baru yang bisa Anda gunakan yaitu Live Tiktok yang berfungsi untuk menjual produk Anda dengan membangun interaksi bersama audiens. Kedua adalah fitur Tiktok Shop sebagai toko online yang memudakan audiens untuk membeli produk yang sudah Anda tawarkan.

  • Instagram

Media sosial terpopuler ketiga adalah Instagram. Platform ini awalnya hanya digunakan sebagai tempat untuk mengupload foto atau video. Namun semakin bertambahnya pengguna, banyak fitur-fitur baru yang muncul untuk menunjang kreatifitas dan kebutuhan penggunanya. 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, Instagram adalah salah satu platform yang bisa dimanfaatkan dengan beberapa layanan fitur yang ada seperti feed,instastory, serta IG TV. 

Caranya Anda bisa memulai untuk membuat konten menarik tentang produk Anda, selanjutnya Anda bisa menggunakan Live Instagram untuk mempromosikan produk, Feed untuk meningkatkan branding produk Anda serta IG TV sebagai video tutorial dari produk Anda.

  • WhatsApp

Media sosial terpopuler keempat adalah WhatsApp. Saat ini sebagian besar orang pasti menggunakan Whatsapp, platform ini disebut sebagai pengganti dari pesan bawaan yang biasanya ada dalam smartphone. Secara umum, fungsi Whatsapp sebagai alat untuk memudahkan komunikasi bersama teman,kerabat bahkan keluarga. 

Namun, berbeda dari aplikasi umumnya, dalam bisnis akun whatsapp dapat diubah menjadi akun bisnis. Dengan menggunakan akun bisnis, Anda akan lebih mudah mengelola bisnis  seperti membangun kepercayaan pelanggan, bisa membalas pesan secara otomatis,bisa menambah katalog produk Anda.

Baca Juga: Menelusuri Penyebab Facebook, Instagram, dan WhatsApps Down / Tidak Bisa Diakses

  • Facebook

Media sosial terpopuler kelima adalah facebook. Platform ini dirilis oleh Mark Zukerberg pada tahun 2004 dan berubah nama menjadi Meta. Facebook masih memiliki banyak pengguna yang bertahan dari awal kemunculannya hingga bertambah banyak seperti sekarang. 

Jika ingin menaikan performa bisnis milik Anda, facebook bisa dimanfaatkan dengan membuat halaman khusus facebook bisnis. Lalu, Anda bisa membuat konten yang memperkenalkan produk Anda, kemudian gunakanlah berbagai fitur seperti traffic website,facebook ads serta leads untuk menaikkan  engagement.

  • Linkedin

Media sosial terpopuler keenam adalah Linkedin. Umumnya, platform ini banyak digunakan untuk mencari pekerjaan dengan menampilkan branding profil diri yang profesional untuk menarik perhatian HRD. Selain itu, Linkedin juga menjadi tempat berkumpul para pemilik usaha maupun bisnis.

Linkedin sangat mendukung bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis dengan halaman Linkedin business. Disana Anda bisa membuat konten untuk mempromosikan produk Anda. Setelah konten dibuat, Anda bisa melihat pergerakan dari interaksi orang-orang yang mengunjungi halaman konten Anda menggunakan Linkedin Analytics. 

  • Twitter

Media sosial terpopuler ketujuh adalah Twitter. Biasanya platform ini digunakan untuk mengekspresikan peristiwa yang terjadi lewat teks yang sering disebut sebagai cuitan. Tak hanya teks, foto dan video juga bisa Anda temukan disini. Sama seperti platform lainnya, Twitter bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Caranya dengan menggunakan tagar dan Twitter Marketing. Anda bisa membuat tagar khusus untuk produk bisnis Anda, selanjutnya buatlah tweet yang berisi promosi, kemudian tweet tersebut akan muncul di berbagai timeline pengguna dan akan menghasilkan interaksi yang bisa meningkatkan exposure bisnis Anda lebih tinggi.

  • Line

Media sosial terpopuler kedelapan adalah Line. Jika dilihat dari banyak pengikut, Line masih menjadi platform yang memiliki jutaan pengikut. Hal ini membuatnya cocok untuk dijadikan salah satu media sosial yang dipakai untuk bisnis. Strategi bisnis yang akan Anda jalankan bisa menggunakan fitur-fitur yang mendukung seperti [email protected]

Bukan hanya [email protected] Anda juga bisa mempercantik timeline Anda, agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan, kemudian gunakan fitur bot Line yang bisa dimanfaatkan sebagai room chat saat menjual produk Anda pada konsumen. 

  • Google+

Media sosial terpopuler kesembilan adalah Google+. Platform buatan Google ini sedikit asing didengar apalagi digunakan untuk bisnis. Tetapi, bisa Anda gunakan untuk menarik konsumen dengan menggunakan tagar.

Bedanya dengan Twitter, jika Anda ingin membuat produk semakin dikenali oleh konsumen. Anda wajib untuk menggunakan tagar di setiap postingan konten produk Anda. Ini bertujuan agar produk Anda bisa lebih mudah dikenali pada mesin pencari Google.

  • Pinterest

Media sosial terpopuler kesepuluh adalah Pinterest. Platform ini dikenal menyediakan berbagai jenis gambar terbesar. Anda hanya perlu menggunakan fitur pin untuk menyimpan gambar yang diinginkan. Sama seperti media sosial lainnya, untuk bisnis Pinterest juga memiliki halaman khusus bernama Pinterest Business. Halaman ini, bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis anda, mengaktifkan eksistensi digital bisnis serta meningkatkan brand awareness.

Baca Juga: 5+ Ide Konten Instagram untuk Akun Bisnismu 

Penutup 

Itulah 10 media sosial terpopuler yang bisa Anda coba untuk mempromosikan produk Anda. Anda bisa memulainya dengan memilih satu media sosial yang sesuai dengan target pasar dari bisnis Anda. Selanjutnya, buatlah konten dan konsisten dalam membuat konten agar branding bisnis Anda semakin meningkat!

Related Post :

popup image