Memahami Apa Itu Marketing Mix : 4p dan 7p Untuk Kegunaan Bisnis

Business, Marketing / 1 | | 0

Setiap bisnis pasti mempunyai riset dan business plan yang telah mereka rancang sesuai dengan keperluan juga target mereka termasuk juga cara pemasaran atau marketing. Ini adalah juga bagian dari pondasi dasar setiap bisnis agar berjalan dengan sebagaimana mestinya. Jadi setelah sebuah bisnis mengidentifikasi audiens target dan pesaing mereka, langkah selanjutnya adalah mengembangkan bauran pemasaran atau marketing mix.

Sama dengan riset khusus yang bertujuan untuk kepentingan sebuah bisnis secara khusus, maka bisnis juga juga membutuhkan mengimplementasikan marketing mix untuk dapat menarik pelanggan yang tertarget. Bauran pemasaran atau marketing mix sendiri adalah serangkaian tindakan yang diambil bisnis untuk membangun dan memasarkan produk atau layanannya kepada pelanggannya.

Tujuan pembuatan marketing mix sendiri salah satunya adalah untuk membantu untuk memastikan bahwa bisnis agar dapat menawarkan produk yang tepat kepada pelanggan mereka, pada waktu yang tepat, dan di tempat yang tepat dengan harga yang tepat. Secara tradisional, marketing mix yang awalnya dikenal sebagai 4p juga mengalami evolusi menjadi 7p yang dianggap cukup sesuai dengan kebutuhan pemasaran baru. Mari simak dan pahami 2 jenis marketing mix dibawah ini beserta kegunaannya.

 

Mengenal dan Memahami Manfaat Penerapan Marketing Mix

Memahami Apa Itu Marketing Mix : 4p dan 7p Untuk Kegunaan Bisnis
 

Secara teknis bisnis pasti selalu menggunakan dan memerlukan alat pemasaran dalam mempromosikan serta menjual produk/layanan mereka. Meski bisni sudah ada sejak lama namun istilah marketing mix sendiri baru diciptakan dan diperkenalkan pada pertengahan abad ke-20 tentang bagaimana pemasar dapat mengembangkan dan melaksanakan rencana pemasaran yang sukses. Dengan mengidentifikasi dan mengatur elemen-elemen bauran pemasarannya memungkinkan bisnis membuat keputusan pemasaran yang menguntungkan di setiap tingkat. Dimana pengambilan keputusan ini membantu bisnis untuk :

  • Membantu memahami apa yang dapat ditawarkan produk atau layanan bisnis kepada pelanggan mereka.
  • Membantu mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan.
  • Membantu merencanakan penawaran produk yang sukses.
  • Membantu bisnis memanfaatkan kekuatan mereka dan menghindari biaya yang tidak perlu.
  • Membantu menentukan apakah produk atau layanan bisnis cocok untuk pelanggan mereka.
  • Membantu dengan perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif.
  • Membantu menjadi proaktif dalam menghadapi risiko.
  • Membantu mempelajari kapan dan bagaimana mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda.
  • Membantu bisnis untuk lebih kompetitif dan mudah beradaptasi di pasarnya.

 

Baca Juga  :    Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya

 

Mengenal Apa Itu Marketing Mix 4p

Pada dasarnya marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan bisnis untuk menjual produk atau layanan kepada pelanggan sasarannya. Di akhir tahun 70-an, pemasar diakui secara luas bahwa marketing mix juga harus diperbarui. Tetapi berikut ini adalah bagian inti 4p sebagai marketing mix terawal untuk bisnis di zaman itu :

  • Product

    Produk yang ditawarkan oleh bisnis harus sesuai dengan yang diinginkan konsumen, harus berfungsi dan harus sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen.

  • Place

    Produk harus tersedia dari tempat yang menurut konsumen target Anda paling mudah untuk bagi mereka menangkapnya dan berbelanja. Di masa lalu mungkin faktor ini lebih cenderung pada toko fisik namun saat ini adalah e-commerce atau toko online.

  • Price

    Produk harus selalu dilihat sebagai mewakili nilai terbaik dalam hal ini adalah uang sebagai harga. Bukan berarti harus menjadi yang termurah yang mengingat salah satu prinsip utama dari konsep pemasaran adalah bahwa pelanggan biasanya dengan senang hati membayar lebih sedikit untuk sesuatu yang bekerja atau yang dibutuhkan oleh pelanggan.

  • Promotion

    Iklan adalah bagaimana suatu bisnis memperkenalkan diri dan image mereka selain juga menjual produk mereka. Dulunya, iklan ini cenderung mengandalkan media cetak dan televisi, namun saat ini periklanan dan promosi penjualan juga melebar menggunakan media sosial dan semua alat komunikasi yang memungkin di era digital. Alat ini menjadi alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan sebuah bisnis kepada audiens yang benar dengan cara yang paling ingin mereka dengar, baik itu informatif atau menarik emosi mereka.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Marketing Terbaik Bagi Bisnis Online di Tahun 2021

 

Mengenal Apa Itu Marketing Mix 7p

Memahami Apa Itu Marketing Mix : 4p dan 7p Untuk Kegunaan Bisnis
 

Dari bagian pemasaran tahun 70-an yang sudah ada, 3 poin ditambahkan lagi ke dalam marketing mix pada tahun 1981 oleh Booms & Bitner. Penambahan ini memugkinkan marketing mix yang diperluas untuk memasukkan produk-produk yang merupakan layanan dan bukan hanya hal-hal fisik. Meskipun zaman juga semakin berkembang, marketing mix 7p ini masih digunakan secara luas karena logika fundamental yang baik di lingkungan pemasaran dan kemampuan pemasar untuk menyesuaikan marketing mix untuk memasukkan perubahan dalam komunikasi seperti media sosial, pembaruan di tempat-tempat yang dapat digunakan bisnis untuk menjual produk serta harapan pelanggan dalam lingkungan komersial yang terus berubah.

Adapun poin- poin yang ditambahkan dalam marketing mix 7p adalah :

 

  • People

    Layanan pelanggan yang sangat baik tidak hanya mengubah penjualan, tetapi dapat meningkatkan basis pelanggan Anda dengan referensi. Memperoleh referensi ini oleh orang-orang yang menyukai merek Anda juga dapat menjadi contoh yang bagus tentang bagaimana upaya pemasaran Anda dapat mendukung proses penjualan Anda. Penting bagi setiap orang yang mewakili merek Anda atau berurusan dengan pelanggan secara langsung dalam hal ini customer service manusia atau bot, dipastikan adalah profesional yang telah terlatih. Mereka yang ditugaskan dalam poin ini sebaiknya telah mempunyai pengetahuan mendalam tentang produk Anda dan bagaimana produk itu akan membantu meningkatkan kehidupan atau memecahkan masalah pelanggan Anda.

  • Process

    Proses pengiriman produk Anda ke konsumen harus dirancang untuk efisiensi dan keandalan maksimum demi menjaga kepuasan pelanggan. Tetapi juga dapat mencakup fitur yang sejalan dengan merek Anda, seperti berfokus pada lingkungan atau berkelanjutan. Dengan meningkatnya belanja online, kemitraan digital dan logistik telah menjadi bagian penting dari bauran pemasaran.

  • Physical evidence

    Bauran pemasaran Anda harus mempertimbangkan semua hal yang dilihat, didengar, bahkan dicium oleh pelanggan Anda yang dalam hal ini ada kaitannya dengan produk Anda. Tentu saja ini termasuk pengemasan dan branding, tetapi juga harus memperhatikan cara produk ditampilkan di toko, di mana mereka ditempatkan, dan konteks dimana produk ditata serta penempatan digital, termasuk di situs web dan media sosial Anda.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Penciptaan marketing mix sejatinya bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja lengkap untuk model bisnis modern dan strategi pemasaran di seluruh perjalanan pelanggan. Meskipun ada banyak variasi bauran pemasaran, kerangka kerja yang paling umum terdiri dari tujuh elemen, yang secara kolektif dikenal sebagai 7P. Idenya adalah bahwa bisnis dapat mengadopsi prinsip 7P dan menggunakannya sebagai kerangka kerja tujuh langkah untuk membangun strategi pemasaran yang sukses yang mencakup setiap tahap proses pembelian.

Sedangkan bidang pemasaran adalah disiplin ilmu yang terus berkembang dan dengan demikian dapat menjadi salah satu yang membuat perusahaan tertinggal jauh di belakang persaingan jika mereka tidak melakukan pembaruan. Salah satu contoh evolusi pemasaran ini bisa dilihat dari perubahan mendasar pada marketing mix dimana 4p saja tidak bisa diterapkan lagi sehingga 7p lebih dianggap berkembang. Marketing mix 7p telah menjadi bisnis bagi banyak bisnis era modern karena berhasil menambahkan lapisan kedalaman pemasaran yang lebih mengikuti trend serta perkembangan zaman yang serba cepat.

Related Post :