Memahami Manfaat dan Penerapan Strategi Video Marketing untuk Bisnis

Business, Video Marketing / 0 | | 0

Strategi dan teknik pemasaran atau marketing telah berubah seiring munculnya banyak inovasi serta teknologi baru. Ini membuat pemasaran tradisional tergeserkan dan menjadi kurang efektif sehingga pemasaran yang dikenal sekarang adalah digital marketing. Ada beberapa bagian dari teknik pemasaran ini termasuk video marketing yang menjadi inti dari sebagian besar rencana pemasaran.

Ahli strategi pemasaran di seluruh dunia percaya ini adalah salah satu teknik terbaik yang ditawarkan untuk memaksimalkan angka penjualan dan terus berkembang. Mengingat preferensi masyarakat global saat ini adalah pada konten berbentuk video, jadi tidaklah mengherankan kalau teknik pemasaran video menjadi strategi yang selalu dikedepankan oleh banyak brand dan bisnis.

Baik Anda baru saja meluncurkan bisnis atau telah telah lama berkecimpung dalam dunia bisnis, maka pertimbangkan untuk menggunakan video marketing dalam strategi pemasaran Anda sesegera mungkin. Strategi pemasaran video Anda harus sama pentingnya dengan eksekusi. Rencana yang solid dapat menjadi perbedaan antara mengetahui berapa banyak laba atas investasi/ return on investment (ROI) yang diberikan konten Anda dan melemparkan spageti metaforis ke dinding untuk melihat apa yang menempel. Jika bisnis Anda sudah berjalan dengan video, maka simak bagaimana menerapkan strategi yang efisien dan efektif yang berhasil untuk pemasaran bisnis Anda berikut ini.

 

Manfaat Penerapan Strategi Video Marketing untuk Bisnis

Memahami Manfaat dan Penerapan Strategi Video Marketing untuk Bisnis
 

Taktik pemasaran dalam hal ini adalah promosi video memiliki banyak ruang lingkup dan banyak manfaat dalam industri bisnis. Bisnis perlu mencerminkan tujuan, misi, kualitas produk mereka kepada pelanggan mereka. Cara terbaik adalah menunjukkan pandangan mereka tentang kepemimpinan, layanan pelanggan, dan penawaran menggunakan video. Adapun video itu sendiri tidak hanya dapat memicu emosi tetapi juga mempengaruhi orang untuk menghubungkan layanan atau produk Anda dengan kehidupan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat penerapan pemasaran video bagi bisnis :

  • Membantu membangun kepercayaan

    Kepercayaan adalah dasar untuk setiap bisnis yang sukses. Konsep membuat konten untuk mempromosikan produk didasarkan pada gagasan kepercayaan pelanggan. Alih-alih mempromosikan produk, ide utama pemasaran video adalah untuk menyadarkan orang tentang manfaat dan kegunaan produk Anda. Video sendiri dapat memicu emosi pada calon pelanggan dimana kebanyakan pembeli skeptis tentang produk dan takut penipuan atau kecurangan. Namun, pemasaran video dapat membantu mengurangi masalah kepercayaan ini dan membuat calon pelanggan memahami Anda.

  • Membantu untuk terhubung dengan pelanggan Anda

    Konten video adalah cara paling masuk akal untuk terhubung dengan pelanggan Anda dan mempengaruhi keputusan pembelian mereka. 98% orang menonton video untuk mencari penjelasan dari suatu hal termasuk review atau kisah dari sebuah produk dari suatu brand. Anda dapat menghasilkan konten yang menarik, intens, dan penuh emosi untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Temukan celah kerentanan dan hidupkan konsep untuk promosi yang lebih baik dengan peningkatan keterlibatan dengan calon pelanggan potensial.

  • Pemasaran video dapat menjelaskan tujuan sebuah brand

    Pemasaran video memiliki kekuatan untuk menggambarkan semuanya secara detail karena itu teknik ini digunakan untuk menjelaskan produk yang dijelaskan dengan detail agar dapat melibatkan pelanggan. Selain itu, Anda dapat memasukkan manfaat, kegunaan dan deskripsi produk dalam video sekaligus sehingga pelanggan dapat memperoleh gambaran tentang bagaimana produk tersebut akan meningkatkan atau mengatasi masalah dari pelanggan.

  • Bagus untuk pencarian di mesin pencari

    Konten video memungkinkan Anda meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda. Sebuah data menunjukkan bahwa Anda 53% lebih mungkin untuk sampai ke halaman pertama Google jika Anda memiliki video di situs web Anda. Selain itu, pemasaran jenis ini dapat membantu meningkatkan lalu lintas seluler 90% pengguna internet yang menonton video di ponsel mereka. Karena penggunaan seluler tumbuh dengan kecepatan tinggi, Anda pada akhirnya akan mendapatkan audiens yang lebih besar dari pengguna seluler ini.

  • Peluang kenaikan tarif terbuka

    Tingkat terbuka dalam pemasaran adalah persentase orang yang membuka email Anda. Metrik ini membantu menentukan berapa banyak orang yang menganggap serius email Anda dan meluangkan waktu untuk membacanya. Jika tingkat pemutaran Anda meningkat di email, tingkat terbuka akan meningkat secara bersamaan. Menggunakan istilah konten video di email akan membantu meningkatkan tingkat pembukaan hingga sebesar 19%.

  • Video mendorong adanya berbagi sosial

    Menurut pendiri Social Media Examiner, Michael Stelzner, 60% pembuat konten menggunakan konten video untuk promosi. Namun, perlu diperhatikan bahwa orang berbagi emosi dan perasaan, bukan iklan, dan fakta. Jadi, hanya video yang menyenangkan dan menghibur yang meningkatkan share sosial, bukan yang faktual.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan Digital Marketing Specialist Bagi Mendongkrak Laba Bisnis Online

 

Tips dan Cara Menentukan Sasaran Video Marketing

Untuk mengetahui apakah Anda benar-benar telah mencapai apa yang ingin Anda capai dengan strategi pemasaran video Anda, Anda perlu menetapkan tujuan yang terukur. Sedangkan untuk melakukan hal ini, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi yang bisa mengukur kecerdasan konten Anda dan menentukan tujuan pemasaran untuk pendapatan serta brand Anda. Sasaran brand sendiri bisa sama pentingnya dengan pendapatan karena membantu memposisikan Anda untuk kesuksesan di masa depan dan sering kali mempertimbangkan umpan balik kualitatif. Berikut beberapa cara sasaran video marketing yang umum dilakukan oleh brand atau bisnis :

  • Kesadaran merek/brand awareness

    Faktor ini biasanya diukur menggunakan ingatan dan pengenalan merek, frekuensi atau kualitas penyebutan termasuk juga penayangan video.

  • Permintaan dan konversi

    Sedangkan cara ini biasanya diukur dengan jumlah prospek, dampak pada tingkat konversi atau pengaruh pada peluang penjualan dan pembuatan saluran pemasaran.

  • Keterlibatan audiens

    Selanjutnya faktor ini seringnya diukur dengan keterlibatan rata-rata yang juga dikenal sebagai durasi rata-rata pemirsa menonton video yang Anda buat.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Return on Investment (ROI) Dalam Digital Marketing

 

Memahami Tantangan Video Marketing Bagi Bisnis Kecil

Memahami Manfaat dan Penerapan Strategi Video Marketing untuk Bisnis
 

Sebelum digitalisasi dan kehidupan masyarakat global yang menjadi online tanpa batas, mungkin pemasaran video terbentur oleh tantangan biaya seperti biaya peralatan, peralatan, perangkat lunak pengeditan, dan, dari sudut pandang pengguna akhir, biaya data untuk mengonsumsi video online. Saat ini, tantangan tersebut sebagian besar masih ada meskipun bisnis kecil dapat memanfaatkan perangkat dan aplikasi atau perangkat lunak yang lebih bervariasi bahkan beberapa diantaranya dapat digunakan secara gratis.

Meskipun begitu, untuk benar- benar dapat meluncurkan sebuah video yang baik, bisnis Anda tetap memerlukan panduan dan dukungan tim sepenuhnya. Dari sini, tantangan selanjutnya adalah strategi tentang bagaimana bisnis Anda bisa membangun strategi pemasaran video yang solid dan efektif, bagaimana membuat konten yang ingin dikonsumsi orang, dan bagaimana membuat video yang menarik audiens. Selain itu, pemasar konten video harus memiliki pemahaman yang kuat tentang metrik, dan bagaimana metrik tersebut menunjukkan keberhasilan video dan area yang perlu ditingkatkan.

 

Baca Juga :    Marketing Strategy : Pengertian, Kelebihan dan Cara Mengembangkannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran video pada tahun 2021 dan seterusnya bukanlah sebuah pilihan lahgi tetap melainkan suatu keharusan. Video marketing saat ini sudah lebih ternjangkau dan terbukti efektif yang digunakan oleh perusahaan di semua industri dalam skala yang terus meningkat. Itu berarti jika Anda tidak memasukkan pemasaran video sebagai bagian dari strategi pemasaran online Anda sendiri, Anda berisiko tertinggal jauh di belakang persaingan.

Tetapi dengan pemasaran video profesional yang Anda inginkan, Anda tidak hanya dapat mempertahankan dan meningkatkan keunggulan Anda atas pesaing Anda, tetapi juga menumbuhkan basis pelanggan Anda dan membangun kehadiran internet yang kuat. Ingat, semua orang telah hadir secara online dimana banyak hal terjadi di sana termasuk berbisnis, maka gunakan strategi pemasaran video yang bernas agar Anda dapat menarik perhatian mereka.

Related Post :