Pentingnya Memahami Keamanan (SSL) Website Anda

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Bagi para pengguna web hosting pasti menginginkan keamanan pada website yang dibangunnya, Terutama bagi kalian yang mempunyai bisnis online melalui website. Mungkin kalian khawatir dan takut jika data-data pengunjung dan file penting kalian diketahui atau bahkan dicuri. Sebaiknya kalian memasang SSL agar kepercayaan pengunjung website meningkat. Jika kalian masih belum mengetahui apa itu SSL. Berikut Pembahasan tentang SSL serta manfaat menggunakannya.

SSL (Secure Socket Layer) merupakan sebuah protokol keamanan. Semua browser memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan web server secara aman bila menggunakan protokol SSL (Baca Juga : Mengenal Protokol Secure Sockets Layer (SSL)). Namun, browser dan server membutuhkan sertifikat untuk keamanan sambungan tersebut. Untuk mendapatkan serifikat, Anda harus membuat Certificate Signing Request (CSR) pada server kalian. Dengan begitu, browser memungkinkan pengguna mengetahui bahwa situs tersebut aman, sehingga pengguna dapat browsing situs dengan aman dan bahkan memasukkan informasi mereka.

Pentingnya Memahami Keamanan (SSL) Website Anda | IDcloudHost

Pada gambar diatas, kalian dapat melihat alamat pada bar hijau yang datang dengan validasi panjang (EV) Sertifikat SSL. Dan berikut adalah beberapa manfaat menggunakan SSL pada website:

  1. Sertifikat SSL dapat meningkatkan peringkat website di Google. Hal tersebut akan menjadi hal positif untuk rangking SEO.
  2. SSL menjaga informasi rahasia selama dalam proses pengiriman melalui internet dengan cara dienkripsi. Sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut.
  3. Sertifikat SSL juga menyediakan otentikasi. Dengan SSL, dapat dipastikan informasi anda terkirim ke server tujuan dan bukannya ke mesin lain yang tidak memiliki hak atas informasi tersebut.
  4. Melindungi pencurian data dalam bentuk pemalsuan (Phising). Sangat sulit bagi para kriminal menerima sertifikat SSL yang tepat, maka mereka tidak akan bisa dengan sempurna meniru situs anda. Hal ini memperkecil kemungkinan terjadinya phising, karena pengguna akan melihat tanda kepercayaan di browser mereka.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memilih Sertifikat SSL? | Mengenal jenis-jenis SSL

 

Related Post :