Bagaimana Cara Memilih Sertifikat SSL? | Mengenal jenis-jenis SSL

Development & Security, Tutorial / 0 | | 1

Keamanan Website adalah suatu hal yang paling penting bagi pengguna website. Salah satu manfaat SSL adalah memberikan keamanan tambahan bagi pengguna Anda. Jika pengguna Anda mengakses email menggunakan koneksi Internet yang tidak aman, seperti wifi atau jaringan yang tidak dienkripsi, akun pengguna Anda mungkin akan lebih rentan dibajak.

Baca Juga : Mengenal Protokol Secure Sockets Layer (SSL)

Mari kita mengenal SSL dari beberapa jenisnya, yaitu:

Pertama. Domain Validated SSL Certificate. digunakan untuk memvalidasi kepemilikan domain Anda, ini sangat populer dikalangan blogger. Data yang digunakan harus sama dengan data domain di WHOIS sehingga bagi para pengunjung dapat terjamin. Sertifikat ini cocok untuk siapa saja yang ingin websitenya terlihat profesional dan bonafit. Harga tergolong murah dan sangat terjangkau, serta setup yang mudah, Jika Anda menggunakan hosting di IDCloudHost maka sudah dipermudah karena sudah disediakannya SSL/TLS manager pada cPanel usernya.

Kedua. Organization Validation SSL Certificate (OV).  ini digunakan untuk memverifikasi organisasi/usaha yang berada dibalik nama domain yang diajukan sertifikatnya. Agar proses segera selesai Anda harus mempersiapkan segala macam dokumen legalitas organisasi/ usaha Anda dalam bentuk scan Asli serta harus terdaftar di badan hukum di badan hukum dimana negara Anda berada. Jika di Indonesia maka pihak penerbit sertifikat Anda terdaftar di sisminbakum.go.id. Dengan demikian apabila perusahaan Anda berupa CV atau perorangan yang hanya memegang SIUP/SITU saja tidak cukup. Cara lainnya adalah Anda haru mempunyai Tagihan Telephon atas nama usaha Anda dan rekening Bank ata nama usaha. Memang terkesan ribet, karena hal inilah yang menjamin keamanan pengunjung situs Anda untuk menekan kerugian akibat penipuan dari perusahaan ilegal dengan produk abal-abal.

Baca Juga : Pentingnya Memahami Keamanan Website Anda| Memahami Manfaat SSL

Ketiga. Extended Validation SSL Certificate (EV). Sertifikat ini menunjukkan keamanan dan kepercayaan yang tinggi suatu perusahaan, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang terdapat pada OV. Dengan memiliki Sertifikat jenis EV, Address Bar pada browser pengunjung situs akan berwarna hijau. Sertifikat ini biasanya dilengkapi dengan Site Seal (Logo) yang dapat dipasang diwebsite Anda dengan ling menuju halaman validasi perusahaan dan menjelaskan bahwa perusahaan Anda aman untuk bertransaksi terutama jika pengunjung menggunakan kartu kredit.

Keempat. Multi Domain SSL Certificate. Sertifikat yang mengandung unsur Multi Domain artinya dengan memiliki satu buah sertifikat saja Anda dapat menggunakannya pada banyak domain. Misalnya Comodo PositiveSSL MultiDomain dapat digunakan pada 100 Domain, secara default Anda dibolehkan menggunakan pada 3(tiga) domain, namun jika ingin menambahkannya (Maksimal 97 Domain Addons) maka harus menambah biaya untuk hal ini. Jumlah domain maksimal tergantung dari penerbit, berapa secara default dan berapa yang boleh ditambahkan.

Related Post :