Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Informasi yang akurat dan menyeluruh adalah dasar dari semua usaha bisnis yang sukses karena menyediakan banyak informasi tentang calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada, persaingan, dan industri secara umum. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menentukan kelayakan bisnis sebelum melakukan sumber daya yang substansial untuk usaha tersebut.

Riset pasar menyediakan data yang relevan untuk membantu memecahkan tantangan pemasaran yang kemungkinan besar akan dihadapi bisnis terutama di bagian integral dari proses perencanaan bisnis. Faktanya, strategi seperti segmentasi pasar (mengidentifikasi kelompok tertentu dalam pasar) dan diferensiasi produk (menciptakan identitas untuk produk atau layanan yang membedakannya dari pesaing) tidak mungkin dikembangkan tanpa riset pasar.

Usaha atau bisnis juga tidak bisa dijalankan tanpa riset pasar yang matang dan jelas karena ini akan mempengaruhi kelangsungan bisnis tersebut. Bisa saja bisnis tidak bisa diluncurkan, tidak dapat menyasar target yang tepat atau hancur oleh faktor internal karena tidak ada riset pasar sebelumnya. Semua hal buruk bisa terjadi pada bisnis dan usaha yang tidak siap dan tidak mempunyai panduan dasar yakni riset pasar tadi.

 

Memahami Apa Itu Riset Pasar

Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online
 

Secara umum, riset pasar adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi tentang pasar, tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan untuk dijual di pasar itu. Sebuah riset juga mempunyai informasi tentang pelanggan masa lalu, sekarang, dan calon pelanggan untuk produk atau layanan tersebut. Selain juga meneliti karakteristik, kebiasaan belanja, lokasi, dan kebutuhan pasar sasaran bisnis Anda, industri secara keseluruhan, dan pesaing tertentu yang akan pebisnis hadapi.

Metode ini juga didefinisikan sebagai proses evaluasi kelayakan produk atau jasa baru, melalui penelitian yang dilakukan secara langsung dengan calon konsumen. Penerapan metode ini juga memungkinkan organisasi atau bisnis untuk menemukan target pasar mereka, mengumpulkan dan mendokumentasikan pendapat dan membuat keputusan yang tepat. Adapun riset pasar dapat dilakukan secara langsung oleh organisasi atau perusahaan atau dapat dialihdayakan ke instansi yang memiliki keahlian dalam proses ini.

Proses riset pasar dapat dilakukan melalui penyebaran survei, berinteraksi dengan sekelompok orang yang juga dikenal sebagai sampel, melakukan wawancara dan proses serupa lainnya. Tujuan utama melakukan riset pasar adalah untuk memahami atau memeriksa pasar yang terkait dengan produk atau layanan tertentu, untuk memutuskan bagaimana audiens akan bereaksi terhadap produk atau layanan. Informasi yang diperoleh dari melakukan riset pasar dapat digunakan untuk menyesuaikan kegiatan pemasaran / periklanan atau untuk menentukan apa saja prioritas fitur / kebutuhan layanan (jika ada) konsumen.

 

Manfaat Riset Pasar bagi Bisnis Online

Riset pasar tersedia sebagai layanan untuk membantu setiap perusahaan, penyedia layanan, individu atau organisasi membuat keputusan yang lebih baik dan lebih tepat. Semakin banyak penelitian yang tertanam dalam rencana strategis suatu perusahaan, semakin baik perlengkapannya untuk menghadapi perubahan lingkungan di mana ia beroperasi. Berikut adalah daftar yang menguraikan manfaat utama berinvestasi dalam riset pemasaran:

  • Mengidentifikasi apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan Anda

    Siapa pelanggan Anda? Apa yang mereka bersedia bayar? Bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka dan melampaui harapan mereka? Riset pasar dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan memberi Anda pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan Anda. Dengan membaca laporan riset pasar tentang industri Anda, Anda dapat mempelajari informasi demografis seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan status ekonomi pelanggan target Anda. Anda juga dapat mengetahui produk dan layanan apa yang mereka gunakan saat ini dan apa yang mereka suka dan tidak suka tentang mereka.

  • Membantu Anda memahami pasar

    Melalui riset pasar, Anda dapat mengidentifikasi metrik utama seperti ukuran dan pertumbuhan pasar. Riset pasar dapat membantu Anda menilai apakah pasar sudah jenuh, atau jika ada rintangan peraturan atau perubahan teknologi yang sedang berlangsung. Faktor-faktor ini dapat memiliki efek yang kuat pada bisnis Anda dan prospek masa depan Anda. Tetap up to date pada publikasi industri dan laporan riset pasar akan membuat Anda tetap waspada terhadap perubahan semacam ini.

  • Membantu Anda mengembangkan produk yang ingin dibeli pelanggan

    Riset pasar dapat membantu Anda mengetahui apakah ide produk Anda akan menarik bagi basis pelanggan Anda atau tidak. Anda juga dapat mengumpulkan intelijen kompetitif untuk mengetahui cara membedakan diri Anda dari perusahaan lain dengan produk dan layanan serupa. Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing Anda, Anda dapat mengembangkan penawaran unik dan menciptakan proposisi nilai yang kuat.

  • Membantu Anda memasarkan bisnis Anda secara efektif

    Supaya efektif, Anda harus menyesuaikan pesan pemasaran Anda agar sesuai dengan audiens yang Anda tuju. Menemukan kata-kata yang tepat, citra, dan nada dapat berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Riset pasar dapat membantu Anda mengetahui siapa audiens Anda dan apa yang mereka pedulikan.Ini juga dapat membantu Anda memahami kendaraan iklan mana yang paling mungkin menarik perhatian mereka. Untuk mengoptimalkan upaya pemasaran Anda, luangkan waktu untuk menyelidiki audiens target Anda dan menyusun strategi pesan Anda sesuai dengan itu.

 

Baca Juga  :   Manfaat Penggunaan Email Hosting Bagi Bisnis dan Usaha

 

Alasan Mengapa Riset Pasar Penting untuk Bisnis

Memahami Pentingnya Riset Pasar Dalam Membangun Bisnis Online
 

Ada beberapa alasan mengapa anda harus mengetahui alasan pentingnya riset pemasaran bagi bisnis anda, anda akan memahami tujuh ulasan yang akan diberikan di bawah ini, berikut ulasan yang harus Anda perhatikan dalam menyusun riset pasar Anda.

 

Menemukan Peluang Bisnis dengan Mudah

Setelah Anda melakukan riset pasar, akan menjadi jelas bagi Anda siapa yang ingin Anda jangkau yakni pelanggan target Anda, di mana Anda dapat menjangkau mereka pada saluran pemasaran Anda, dan apa yang mereka minati. Setelah Anda Setelah menentukan ini, Anda akan dapat dengan mudah melihat peluang bisnis yaitu :

  • Bentuk kemitraan dengan bisnis lain

    Mempelajari siapa pelanggan Anda, seperti demografi mereka, dapat membantu Anda menemukan bisnis kecil lain yang melayani mereka. Anda dapat mendekati bisnis ini untuk promosi bersama yang akan saling menguntungkan.

  • Meningkatan pesanan yang menguntungkan

    Mengetahui produk dan layanan lain yang cenderung dibeli pelanggan Anda dapat membantu Anda menghasilkan add-on, bundel produk, dan peningkatan penjualan yang meningkatkan nilai rata-rata setiap pesanan.

  • Temukan lokasi penjualan baru

    Mengetahui wilayah geografis tempat sebagian besar pelanggan target Anda tinggal akan memungkinkan Anda membuat kampanye bertarget yang menarik yang sesuai dengan kebutuhan dan budaya wilayah tersebut.

 

Menurunkan Risiko Bisnis

Sekitar setengah dari bisnis dengan karyawan tidak bertahan melewati tahun kelima, menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja. Cara untuk memastikan bahwa bisnis Anda bertahan lebih lama adalah dengan memastikan bahwa Anda memiliki aliran penjualan dan pelanggan yang stabil. Untuk melakukan itu, Anda perlu riset pasar reguler akan menjadi cara Anda untuk menghubungi pelanggan Anda saat ini dan pelanggan potensial untuk memastikan bahwa Anda masih memenuhi kebutuhan mereka. Adapun cara untuk dapat menerapkannya adalah :

  • Uji desain dan produk baru sebelum diluncurkan

    Sebelum Anda melakukan perubahan dramatis untuk bisnis Anda, Anda dapat mengujinya pada subset audiens yang lebih kecil untuk melihat apakah perubahan tersebut akan diterima. Misalnya, jika Anda berencana untuk mendesain ulang produk populer, tunjukkan desain baru tersebut kepada pembeli yang paling sering Anda kunjungi. Uji atau tanyakan apakah mereka lebih cenderung membeli desain baru versus, desain baru alternatif, atau desain lama.

  • Cari tahu mengapa pelanggan tidak kembali

    Idealnya, bisnis kecil Anda harus memiliki pelanggan tetap. Jika mereka tidak kembali, Anda dapat melakukan survei terhadap pelanggan sebelumnya atau membuat grup fokus untuk mencari tahu mengapa Anda tidak melakukan penjualan berulang.

  • Dapatkan wawasan tentang area masalah

    Jika produk Anda yang paling populer mengalami penurunan penjualan yang besar selama tiga bulan berturut-turut, Anda perlu mencari tahu cara memperbaikinya sebelum benar-benar merusak keuntungan Anda. Survei pelanggan Anda yang paling sering tentang produk dan cari tahu di mana masalahnya. Itu bisa apa saja dari penurunan kualitas produk atau kesalahan pada toko online Anda. Anda tidak akan pernah tahu kecuali Anda bertanya.

 

Baca Juga  :    Memahami Analisis SWOT dan Kegunaannya Dalam Bisnis/Usaha

 

Membuat Materi Promosi yang Relevan

Jika Anda pernah bertanya-tanya teks atau gambar apa yang akan dimasukkan ke brosur, situs web, atau akun media sosial Anda, dengan riset pasar yang menyeluruh, Anda akan tahu persis apa yang harus dilakukan. Karena pelanggan target telah mengungkapkan semua keinginan, kebutuhan, dan frustasi mereka kepada Anda, Anda akan tahu persis apa yang harus ditangani dan bagaimana mengatasinya saat Anda mulai membuat materi pemasaran Anda. Berikut adalah beberapa cara lain untuk membuat materi pemasaran Anda lebih mudah :

  • Mengetahui apakah pelanggan melihat produk dan layanan Anda sebagai kebutuhan atau kemewahan dapat membantu Anda merancang label produk, brosur, dan situs web yang sesuai dengan persepsi mereka.
  • Mengidentifikasi rentang usia pelanggan Anda dapat memberitahu Anda jenis bahasa yang akan Anda gunakan dalam materi promosi Anda. Anda akan menulis dengan cara yang berbeda saat menangani Baby Boomers yang sudah pensiun dibandingkan saat menangani profesional muda.

 

Mengetahui Tempat Beriklan

Salah satu masalah yang dihadapi pemilik usaha kecil adalah anggaran yang terbatas. Karena itu, anggaran pemasaran Anda harus dioptimalkan untuk memberi Anda pengembalian terbaik. Riset pasar Anda dapat membantu memastikan bahwa Anda menjangkau audiens yang Anda tuju di saluran tempat mereka kemungkinan besar melihat pesan Anda. Ini adalah beberapa tugas anggaran yang dapat membantu riset pasar Anda :

  • Membeli iklan di media sosial

    Jika riset pasar Anda menunjukkan bahwa audiens target Anda menghabiskan sebagian besar waktu mereka di Instagram dan hampir tidak pernah menggunakan Twitter, Anda akan tahu untuk mengarahkan sebagian besar anggaran iklan media sosial Anda ke Instagram dan melupakan Twitter.

  • Pemasangan pamflet dan poster

    Mengetahui ruang fisik tempat pelanggan Anda menghabiskan waktu mereka akan memberitahu Anda di mana Anda dapat menempatkan iklan Anda dengan baik. Misalnya, mahasiswa cenderung berada di kampus, jadi memasang iklan untuk pasar tersebut berarti Anda dapat mencoba papan buletin di kampus atau di luar perusahaan lokal yang cenderung sering dikunjungi orang banyak.

  • Menargetkan iklan

    Iklan online seperti iklan media sosial dan iklan bayar per klik seringkali dapat ditargetkan dengan tepat. Artinya, Anda dapat menargetkan tidak hanya berdasarkan data demografis biasa, tetapi juga berdasarkan perilaku online, tahap kehidupan, dan minat. Jika Anda benar-benar mengenal pelanggan Anda, Anda akan dapat memaksimalkan potensi penargetan.

 

Menetapkan Tujuan yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda

Ketika pemilik bisnis menetapkan tujuan untuk bisnis mereka, biasanya terkait dengan pertumbuhan penjualan atau pelanggan. Tetapi tanpa riset pasar, Anda tidak akan dapat mengetahui apakah tujuan Anda dapat dicapai dan bagaimana cara mencapainya sejak awal. Anda mungkin mengatakan bahwa Anda ingin menggandakan penjualan pada akhir kuartal berikutnya. Bagaimana Anda tahu jika tujuan ini layak jika Anda tidak tahu apakah ukuran target pasar Anda lebih dari dua kali ukuran basis pelanggan Anda saat ini?

Tanpa mengetahui ukuran pasar potensial Anda saat ini, Anda hanya akan menetapkan tujuan yang sewenang-wenang. Dengan riset pasar, Anda akan dapat menentukan arah spesifik yang Anda inginkan untuk mengembangkan basis pelanggan Anda. Misalnya, apakah Anda ingin menumbuhkan pelanggan melalui segmen pasar baru yang belum dimanfaatkan? Atau apakah Anda masih memiliki ruang untuk berkembang di antara audiens target Anda saat ini? Semuanya bisa terjawab jika Anda melakukan riset pasar dengan detail dan teliti.

 

Baca Juga  :     Alasan Website Bisnis Harus Menggunakan Virtual Private Server (VPS)

 

Menjual Lebih Banyak Dari Pesaing

Bisnis yang lebih mengenal pelanggannya cenderung menang lebih banyak. Jika Anda dapat mengalahkan pesaing Anda dalam menemukan kebutuhan pelanggan Anda dan Anda bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk menonjol dari persaingan. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menggunakan riset pasar untuk menjual lebih banyak dari pesaing:

  • Menargetkan pelanggan yang tidak puas

    Menanyakan kepada pelanggan target tentang frustasi mereka dengan produk pesaing Anda atau membaca ulasan produk mereka dapat membantu Anda meningkatkan produk Anda sendiri dan memasarkannya ke audiens yang siap untuk berganti merek.

  • Temukan segmen pelanggan yang kurang terlayani

    Riset pasar Anda mungkin mengungkapkan bahwa ada segmen pasar yang diabaikan oleh pesaing Anda. Ini akan memberi Anda segmen pelanggan baru untuk dijangkau.

  • Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan yang belum tertangani

    Selama riset pasar Anda, Anda mungkin menemukan beberapa poin atau keinginan pelanggan yang tidak Anda lihat dibahas dalam materi pemasaran pesaing Anda. Coba sertakan mereka dalam pemasaran Anda sendiri dan lihat apakah hasilnya menunjukkan peningkatan penjualan.

 

Pengambilan Keputusan Menjadi Sederhana

Kebutuhan dan pentingnya riset pemasaran sering muncul ketika membuat keputusan bisnis yang sulit. Alih-alih memiliki kriteria sewenang-wenang untuk keputusan yang Anda buat sebagai pemilik bisnis, Anda selalu dapat kembali ke laporan riset pasar Anda. Berdasarkan laporan tersebut, apakah keputusan ini akan menghasilkan lebih banyak pelanggan? Apakah Anda dapat menjangkau lebih banyak orang yang kemungkinan besar akan membeli dari Anda? Apakah jelas bagi mereka bahwa bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka? Meskipun tidak semua keputusan harus diselesaikan dengan riset pasar, banyak di antaranya dapat diselesaikan, seperti :

  • Dimana menghabiskan anggaran iklan atau pemasaran Anda
  • Apakah ada permintaan untuk produk baru yang ingin Anda buat
  • Jika Anda harus membuka etalase di lokasi baru
  • Produk mana yang harus dihentikan dan mana yang hanya perlu ditingkatkan
  • Bagaimana menentukan harga semua penawaran Anda

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Menerapkan Strategi Pemasaran Dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah Anda melihat pentingnya riset pemasaran, saatnya untuk memulai prosesnya. Jangan terintimidasi oleh banyaknya langkah yang harus Anda tempuh dalam membuat riset pasar yang baik. Sebaliknya, mulailah dengan mengumpulkan data hanya pada dua hal yaitu target pelanggan Anda dan pesaing Anda. Anda tidak perlu langsung mendapatkan semua informasi. Bagaimanapun, sentimen pelanggan target Anda mungkin berubah seiring waktu. Juga, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak dapat menghabiskan seluruh waktu Anda untuk penelitian dan melupakan eksekusi.

Jika Anda sudah memahami manfaat pentingnya riset pemasaran bagi pasar online, Anda dapat memasarkan bisnis online Anda dengan pemahaman yang telah Anda dapat dari penjelasan singkat diatas, bukan hanya memahami pentingnya riset pemasaran untuk bisnis online Anda juga mendapat pemahaman tentang riset pemasaran serta alasan Anda harus memahami pentingnya riset pemasaran bagi bisnis online, semoga artikel kali ini dapat membantu Anda yang ingin memasarkan bisnis Anda di bidang online.

Related Post :