Memahami Analisis SWOT dan Kegunaannya Dalam Bisnis

Memahami Analisis SWOT dan Kegunaannya Dalam Bisnis

Setiap bisnis dan usaha selalu membutuhkan panduan serta susunan langkah yang tepat untuk dapat menjalankannya. Maka untuk menjalankan bisnis yang sukses, Anda harus secara teratur menganalisis proses Anda untuk memastikan Anda beroperasi seefisien mungkin. Meskipun ada banyak cara untuk menilai perusahaan Anda, salah satu metode yang paling efektif adalah dengan melakukan analisis SWOT.

Analisis SWOT yang merupakan singkatan dari strengths/kekuatan, weaknesses/kelemahan, opportunities/peluang and threats/ancaman adalah proses perencanaan yang membantu perusahaan Anda mengatasi tantangan dan menentukan prospek baru apa yang harus dikejar. Tujuan utama dari analisis SWOT adalah untuk membantu organisasi mengembangkan kesadaran penuh dari semua faktor yang terlibat dalam membuat keputusan bisnis.

Metode ini diciptakan pada tahun 1960 oleh Albert Humphrey dari Stanford Research Institute, selama penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi mengapa perencanaan perusahaan secara konsisten gagal. Sejak pembuatannya, SWOT telah menjadi salah satu alat yang paling berguna bagi pemilik bisnis untuk memulai dan mengembangkan perusahaan mereka. Mari simak mengenai analisis SWOT lebih jauh lagi berikut ini.

 

Mengenal Apa itu Analisis SWOT

SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Kekuatan dan kelemahan bersifat internal perusahaan Anda yakni termasuk hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan ubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan kekayaan intelektual Anda, dan lokasi Anda. Peluang dan ancaman bersifat eksternal sendiri adalah hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda, di pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya.

Adapun contoh yang termasuk dari faktor eksternal termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan. Analisis SWOT sendiri bertujuan untuk mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman teratas Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam kotak sederhana dua kali dua. Ini akan membantu Anda melihat keseluruhan bisnis Anda lebih detail dan teliti lagi sehingga tidak melewatkan hal-hal yang terkecil sekalipun.

 

Bagaimana Cara Melakukan Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik untuk menilai kinerja, persaingan, risiko, dan potensi bisnis, serta bagian dari bisnis seperti lini produk atau divisi, industri, atau entitas lain. Dengan menggunakan data internal dan eksternal, teknik ini dapat memandu bisnis menuju strategi yang lebih mungkin berhasil, dan jauh dari strategi di mana mereka telah, atau kemungkinan besar, kurang berhasil. Analis, investor, atau pesaing SWOT independen juga dapat memandu mereka tentang apakah suatu perusahaan, lini produk, atau industri mungkin kuat atau lemah dan mengapa.

  • Ikhtisar Visual

    Analis yang dibuat menyajikan analisis SWOT sebagai persegi tersegmentasi menjadi empat kuadran, masing-masing didedikasikan untuk elemen SWOT. Pengaturan visual ini memberikan gambaran singkat tentang posisi perusahaan. Meskipun semua poin di bawah judul tertentu mungkin tidak sama pentingnya, mereka semua harus mewakili wawasan kunci ke dalam keseimbangan peluang dan ancaman, keuntungan dan kerugian, dan sebagainya.

  • Strengths (Kekuatan)

    Kekuatan menggambarkan keunggulan organisasi dan apa yang membedakannya dari kompetisi pesaing yakni merek yang kuat, basis pelanggan yang loyal, neraca yang kuat, teknologi yang unik, dan sebagainya. Misalnya, dana lindung nilai mungkin telah mengembangkan strategi perdagangan eksklusif yang mengembalikan hasil pemukulan pasar. Kemudian harus memutuskan bagaimana menggunakan hasil tersebut untuk menarik investor baru.

  • Weaknesses (Kelemahan)

    Kelemahan menghentikan organisasi dari kinerja pada tingkat optimal. Ini adalah area di mana bisnis perlu ditingkatkan agar tetap kompetitif seperti merek yang lemah, omset yang lebih tinggi dari rata-rata, tingkat utang yang tinggi, rantai pasokan yang tidak memadai, atau kekurangan modal.

  • Opportunities (Peluang)

    Peluang mengacu pada faktor eksternal yang menguntungkan yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Misalnya, jika suatu negara memotong tarif, produsen mobil dapat mengekspor mobilnya ke pasar baru, meningkatkan penjualan dan pangsa pasar. Ini juga termasuk adanya perubahan undang-undang yang berpengaruh pada politik dan ekonomi sehingga menciptakan peluang.

  • Threats (Ancaman)

    Ancaman mengacu pada faktor-faktor yang berpotensi merugikan organisasi. Misalnya, kekeringan merupakan ancaman bagi perusahaan penghasil gandum, karena dapat merusak atau mengurangi hasil panen. Ancaman umum lainnya termasuk hal-hal seperti kenaikan biaya bahan, meningkatnya persaingan, pasokan tenaga kerja yang ketat, masalah politik, dan seterusnya.

 

Baca Juga   :    Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Menjalankannya

 

Konsep Dasar dan Manfaat Analisis SWOT Dalam Bisnis

Sebelum memulai dan menjalankan bisnis dan usaha, maka pebisnis harus lebih dulu membuat riset pasar dan melakukan beberapa analisis dan salah satu yang terpenting adalah analisis SWOT. Mengingat analisis SWOT akan membantu Anda memahami posisi perusahaan yang akan mendorong ide dan pengambilan keputusan tentang bagaimana membangun kekuatan, memanfaatkan peluang, meminimalkan kelemahan dan melindungi dari ancaman.

Berikut adalah empat manfaat menggunakan analisis SWOT untuk bisnis Anda jika Anda mengaplikasikannya dengan benar :

  • Identifikasi kompetensi inti

    Cara ini memberikan pandangan yang jelas tentang kompetensi inti Anda, dan memungkinkan Anda membangun atau merancang opsi untuk mengatasinya untuk memenuhi tujuan bisnis Anda.

  • Identifikasi kelemahan

    Mengenali kelemahan perusahaan sendiri Anda adalah salah satu langkah pertama untuk meningkatkan bisnis Anda. Ini mengungkapkan kelemahan Anda dan memberikan kesempatan untuk memulihkan serta mengatasinya kelemahan tersebut.

  • Menjelajahi dan mencari peluang

    Langkah ini akan membantu Anda menjelajahi peluang yang ada di depan. Dengan menggunakan ini, Anda dapat menyusun rencana pertumbuhan strategis Anda berdasarkan kekuatan dan kelemahan Anda

  • Mengenali potensi ancaman

    Selanjutnya dengan mengenali potensi ancaman yang bisa muncul dan merusak bisnis Anda kapan saja, akan membantu Anda menganalisis kemungkinan ancaman terhadap bisnis Anda, dan selanjutnya Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan pada kebijakan bisnis dan tindakan yang diperlukan. Selain itu, memfasilitasi pembuatan rencana tambahan atau alternatif, rencana darurat, dan sebagainya.

 

Baca Juga  :    Strategi Pemasaran : Definisi, Cara Merancang dan Kepentingannya Dalam Bisnis

 

Tips Menggunakan Analisis SWOT

Memahami Analisis SWOT dan Kegunaannya Dalam Bisnis/Usaha
Agar analisis SWOT efektif, pendiri dan pemimpin perusahaan harus terlibat secara mendalam karena ini bukan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain. Tapi, kepemimpinan perusahaan juga tidak boleh melakukan pekerjaan mereka sendiri. Untuk hasil terbaik, Anda ingin mengumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan. Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan Anda, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus memiliki tempat duduk di meja.

Perusahaan yang inovatif bahkan melihat ke luar jajaran internal mereka sendiri ketika mereka melakukan analisis SWOT dan mendapatkan masukan dari pelanggan untuk menambahkan suara unik mereka ke dalam campuran. Jika Anda memulai atau menjalankan bisnis sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT. Rekrut sudut pandang tambahan dari teman yang tahu sedikit tentang bisnis Anda, akuntan Anda, atau bahkan vendor dan pemasok. Kuncinya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda.

Bisnis yang ada dapat menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi mereka saat ini dan menentukan strategi untuk bergerak maju. Namun, ingatlah bahwa segala sesuatunya terus berubah dan Anda ingin menilai kembali strategi Anda, dimulai dengan analisis SWOT baru setiap enam hingga 12 bulan. Untuk startup, analisis SWOT adalah bagian dari proses perencanaan bisnis. Ini akan membantu menyusun strategi sehingga Anda memulai dengan langkah yang benar dan mengetahui arah yang Anda rencanakan.

 

Baca Juga  :     Perbedaan Antara Lean Canvas dan Business Model Canvas (BMC) untuk Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Analisis SWOT adalah strategi yang sederhana namun komprehensif untuk mengidentifikasi tidak hanya kelemahan dan ancaman dari suatu rencana tindakan tetapi juga kekuatan dan peluang yang dimungkinkan. Namun, analisis SWOT hanyalah salah satu alat dalam strategi bisnis Anda. Alat analisis tambahan untuk dipertimbangkan termasuk analisis PEST (politik, ekonomi, sosial dan teknologi), analisis MOST (mission, objective, strategies and tactics) dan analisis SCRS (strategy, current state, requirements and solution).

Semua analisis ini adalah analisis yang harus diketahui dan dipahami oleh para pebisnis. Analisis bisnis dan perencanaan strategis yang konsisten adalah cara terbaik untuk melacak pertumbuhan, kekuatan, dan kelemahan. Gunakan serangkaian strategi analisis, seperti SWOT, dalam proses pengambilan keputusan Anda untuk memeriksa dan menjalankan strategi dengan cara yang lebih seimbang dan mendalam.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update