Memahami Peran Website Dalam Bisnis Online

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Pendahuluan

Di Era Digital saat ini, Website merupakan salah satu kemewahan yang kiranya bisa didapatkan dengan muah. Selain itu juga Website merupakan salah satu teknologi yang saat ini banyak dimanfaatkan orang untuk bisa memperbesar bisnis mereka secara digital, menjangkau market yang lebih besar, serta mempermudah penyaluran informasi jualan serta transaksi yang ada di Bisnis Online Anda.

Bicara mengenai Peran Website Dalam Bisnis Online, tentunya banyak hal yang bisa kita manfaatkan dengan Adanya website. Namun faktanya masih banyak bisnis yang belum mendigitalisasikan produk mereka dengan baik. bahkan kita bisa sebut dari 140 juta pengguna internet saat ini diindonesia dan hanya kurang 5 % yang sudah mempunyai Website.

Padahal, saat ini domain website juga dijual dengan variasi sekali, salah satunya domain MY.ID yang beberapa hari lalu diberikan harga murah dimana harga domain MY.ID bisa didapatkan dengan harga cuma Rp 10.000 / tahun!. Kembali lagi ke Website sendiri tentunya harapannya kita akan lebih banyak UMKM dan Startup bisa lebih maksimal  dalam mendigitalisasikan produk mereka.

Apa Saja Peran Website Dalam Bisnis Online ? 

Sebelum kita melangkah lebih lanjut membahas Peran Website Dalam Bisnis Online, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu terkait apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan mempunyai Website untuk bisnis ? Berikut ini adalah beberapa keuntungan dengan mempunyai website :

  • Sumber Informasi bagi pelanggan
    Website dapat memberikan informasi yang valid terkait produk dan jasa kita (Bisnis Online). Dalam hal ini  selain mereka mendapatkan informasi mengenai bisnis kita di offline dan social media, website dapat menjadi media tambahan dimana mereka bisa mendapatkan banyak informasi terkait produk dan layanan kita. Sehingga di Website anda bisa menampilkan katalog produk serta informasi layanan  yang anda tawarkan.
  • Lebih Kredibilitas
    anda pernah melihat email dengan menggunakan namaemail@namawebsite(dot)com (menggunakan domain Website mereka sendiri) ? Nah fasilitas ini bisa anda dapatkan dengan mempunyai domain untuk bisnis anda sendiri, sehingga bisnis anda akan Lebih Kredibilitas di pandang oleh customer, mendapatkan kepercayaan lebih sehingga mereka yakin untuk membeli produk dan layanan dari bisnis anda.
  • Dapat memperluas Market / Segmentasi Pasar
    Nah hal ini salah satu manfaat yang paling besar didapatkan dengan anda mempunyai Website. Kita dapat menjanggkau market lebih besar sebagai contoh yang awalnya di satu kota dan provinsi, sekarang anda bisa menjangkau market se-Indonesia bahkan sampai luar negeri didukung juga dengan fasilitas Infrastruktur pengiriman yang saat ini juga berkembang pesat.
  • Meningkatkan Omset Penjualan
    Website juga bisa digunakan untuk bisa meningkatkan pendapatan penjualan. Tentunya dalam berbisnis kita ingin pendapatan kita bertambang besar dan juga dengan memanfaatkan website yang mendapatkan lead customer (calon pelanggan) yang lebih besar, memungkinkan kita juga berpeluang untuk mendapatkan omset yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Anda bisa memanfaatkan juga fasilitas periklanan yang nantinya mengarah ke website Anda untuk pengguna dan customer mau membeli produk Anda secara online.
  • Dapat Dikunjungi Pelanggan Kapanpun
    Nah hal ini juga salah satu manfaat  yang kiranya bisa membantu memperkenalkan bisnis Anda 24 jam. Meskipun toko kita sudah tutup pada jam tertentu, namun terkadang juga banyak customer yang mengakses informasi di jam tertentu dan membelinya disaat Toko Anda beroperasi pada jam kerja. Sungguh menguntungkan bukan ?
  • Mendekatkan dengan Pelanggan
    Hal ini menjadi salah satu faktor besar juga karena dengan adanya website dapat mempererat hubungan Anda dengan customer Anda. Anda bisa memasang fitur live chat sehingga customer dapat dengan gampang menghubungi Anda kapanpun, dan dimana pun mereka berada. Jika ada masalah pun mereka dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Cara Memulai Membuat Website untuk Bisnis Online

Nah, seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mempunyai website namun juga tidak sedikit yang masih bingung bagaimana memulai untuk membuat website apalagi tidak punya skill IT sama sekali. Nah pada bagian ini kita akan coba jabarkan sedikit bagaimana memulai membuat Website :

1) Menentukan Ide dan Konsep Website Bisnis Online

Memahami Peran Website Dalam Bisnis Online
 

Ini menjadi awal yang sangat penting untuk jadi apa website kita nantinya, anda harus tahu dulu apa yang menjadi tujuan dibuatkan website. Jangan sampai sudah susah payah membuat website namun tidak digunakan pada akhirnya. Menentukan tujuan pembuatan website ini nantinya akan mempengaruhi juga terkait fitur yang harus Ada pada website, sebagai contoh untuk website jualan fashion, apakah kita harus punya transaksi atau bisa beli secara online ? Jika dirasa belum waktunya, Anda cuma cukup membuat katalog informasi mengenai jualan fashion Anda.

Contoh lainnya adalah jika Anda konsultan hukum dan lainnya, mungkin company profile website sudah cukup untuk website Anda tanpa harus ada fitur orang bisa order layanan Anda di website. Rasanya juga kita harus bisa menentukan prioritas kita dalam membuat fitur-fitur yang ada di website.

2) Register Nama Domain untuk Alamat Website

Memahami Peran Website Dalam Bisnis Online
 

Selanjutnya jika anda sudah punya Brand dan sudah tahu konsep dan ide website anda, segeralah untuk membeli layanan domain untuk mengamankan website anda, hal ini sangatlah penting karena ektensi domain itu terbatas, jangan sampai anda tidak mendapatkan ektensi domain yang anda inginkan karena domain tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Dalam memilih Domain juga tidak asal asalan karena nama domain bisa dikatakan sebagai identitas sampai bisnis kita mati, sehingga perlu untuk memilih nama domain yang cocok untuk bisnis kita, mudah diingat oleh orang lain dengan nama domain yang simple, tidak ribet, serta nama domain yang sesuai dengan jualan kita juga pastinya.

3) Memilih Web Hosting untuk Penyimpanan

Memahami Peran Website Dalam Bisnis Online
 

Selanjutnya setelah Anda membeli nama domain, Anda juga bisa membeli layanan hosting untuk penyimpanan website anda. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting jangan sampai website Anda salah memilih hosting dikarenakan hostingnya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan hosting yang Anda gunakan aman dari serangan maupun gangguan, sekaligus pastikan Hosting dapat uptime selalu sehingga masalah-masalah yang ada pada hosting tidak menganggu bisnis Anda.

Domain dan Hosting yang berkualitas bisa Anda dapatkan di IDcloudhost, ada banyak pilihan Domain Murah dan Hosting Terbaik untuk kebutuhan Website Anda dimana ada banyak pilihan nama domain dan pilihan paket hosting untuk kebutuhan Website anda. IDcloudhost memberikan layanan uptime 99.99% untuk Anda, serta fitur dan teknologi terbaru yang sangat cocok untuk kebutuhan Website Anda.

4) Pilih Platform dan Buat Website

Nah, pada poin ini pastikan website yang anda gunakan mudah digunakan oleh Anda sendiri. Ada banyak orang yang sudah punya website malah pada akhirnya kebingungan sendiri karena tidak bisa menggunakan website mereka. Anda bisa menggunakan Content Management System atau CMS seperti WordPress atau Blogger untuk kebutuhan Website Anda.

Baca Juga : Perbedaan WordPress dan Blogger untuk Website

5) Buat Rencana untuk Mengembangkan Website Anda

Jika sudah punya Website, selanjutnya bagaimana ? jangan lupa untuk meningkatkan kualitas dan fungsi dari website Anda. yang penting adalah perlahan tapi pasti dimana fitur-fitur yang ada pada website bisa Anda tingkatkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika trafik Website anda semakin tinggi, anda bisa menggunakan fasilitas Server VPS yang bisa digunakan secara maksimal untuk menampung trafik Anda, sekaligus bisa menggunakan SSL Certificates untuk fitur keamanan website Anda juga serta fitur lainnya  untuk Website Anda.


 

 

Kesimpulan

Pada akhir artikel ini kita ingin menyampaikan bahwa ada banyak sekali Peran Website Dalam Bisnis Online, apalagi saat ini internet berkembang dari tahun ketahun bahkan pengguna internet di Indonesia masih menyentuh 1/4 dari total populasi yang ada di Indonesia.

Kita bisa menggunakan website sebagai salah satu fasilitas untuk Go Digital dan menjangkau market untuk mendapatkan untung yang lebih banyak dengan menggunakan website. Yang terpenting juga Peran Website Dalam Bisnis Online sangat berperan penting dalam banyak hal terutama untuk bisnis Online.

Jika Anda masih bingung gimana caranya ? jangan ragu untuk menghubungi tim IDcloudhost untuk dibantu konsultasi secara gratis bagaimana Peran Website Dalam Bisnis Online Anda. Kita juga menyediakan fasilitas Pembuatan Website untuk UMKM dan Startup dengan harga terjangkau untuk Anda. Kira kira apakah kamu punya masukan lain terkait Peran Website Dalam Bisnis Online ? Jangan lupa kirim Komentar di bawah postingan ini ya!

Related Post :

popup image